Tanjung Pandan, Bukan Sekadar Destinasi Wisata Biasa


Salah satu hal yang selalu membangkitkan rasa rinduku adalah pantai. Memiliki kesempatan mengunjungi pantai selalu memberikan pengalaman tak terlupakan. Dan meskipun aku tinggal di sebuah pulau dan pantai telah menjadi bagian penting dalam hidupku, berkesempatan mengunjungi pantai di wilayah lain di belahan nusantara ini selalu menjadi daftar wisata yang ingin kukunjungi.

Dan salah satu destinasi wisata pantai yang menimbulkan rasa keinginan besar untuk mengunjunginya adalah Tanjung Pandan. Ibukota kabupaten Belitung sekaligus kota terbesar di kabupaten tersebut mulai aku kenal ketika aku berkenalan dengan tetralogi Laskar Pelangi. Tak cukup membaca novel – novelnya saja, deretan film yang diadaptasi dari novel fenomenal karya Andrea Hirata, putra asli Belitong ini pun selalu aku tonton. Disinilah aku melihat sendiri keindahan pantai yang ada di pulau tersebut.

Tanjung Pandan sendiri beberapa kali disebut di novel tersebut dimana tempat tinggal Ikal, panggilan Andrea Hirata (daerah asal Andrea Hirata bernama Gantong atau Gantung) di novel tersebut berada kurang lebih 1,5 jam perjalanan. Sehingga mengunjungi Tanjung Pandan akan memberikan sebuah nuansa yang berbeda, apalagi setelah Laskar Pelangi menjadi sebuah karya fenomenal yang telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 40 bahasa asing dan terbit di 120 negara. 

Bagi kamu yang ingin merasakan atmosfir seperti juga aku yang seperti terbuai ketika membaca novel tersebut, dan berniat menjadikan Tanjung Pandan sebagai destinasi wisata kamu, berikut tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Tanjung Pandan :

1.      Pulau Leebong

Keindahan pulau ini bisa diibaratkan seperti layaknya keindahan Maldives. Dengan laut biru membentang, hamparan pasir putih ditambah ketenangan berwisata di pulau yang berjarak 1 jam perjalanan dari Tanjung Pandan ini, dijamin akan membuatmu terpesona dan akan selalu mengingat pengalaman indah ini.
sumber : idntimes.com
Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berenang,  kayaking, bersepeda, jelajah mangrove di sekitar pulau Leebong dan banyak aktivitas lainnya. Pulau yang mengutamakan privasi ini juga memiliki staf yang ramah dan akan melayani kamu sepenuh hati.

2.      Pantai Punai
Ciri khas Belitung yang tak dimiliki pantai lainnya sekaligus menjadi tujuan wisatawan saat mengunjungi Belitung adalah pantainya yang memiliki batu granit beraneka ukuran. Pantai Punai sendiri memiliki batu - batu granit ayng berukuran relatif kecil dengan suasana yang sangat tenang.   
sumber : contenttugas.wordpress.com

3.      Tanjung Tinggi
Tempat yang dijadikan lokasi syuting Laskar Pelangi ini luar biasa indahnya. Berlokasi sekitar 27 kilometer dari Tanjung Pandan, disini kita bisa melihat batu – batu granit berukuran besar persis seperti di filmnya.
sumber : id.wikipedia.org
 4.      Tanjung Kelayang
Dihiasi oleh batu granit yang eksotis berbentuk kepala burung garuda, pantai ini juga ditetapkan pemerintah sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di bidang pariwisata. Destinasi wisata ini juga masuk ke dalam “10 Bali Baru” yang merupakan strategi pemerintah untuk memperkenalkan destinasi wisata baru yang bisa dikunjungi di Indonesia.
sumber : liputan6.com

5.      Danau Kaolin
Selain pantai – pantai yang indah, seperti yang selalu membuat saya ingin dan ingin datang lagi, Tanjung Pandan juga memiliki danau. Danau Kaolin berasal dari bekas penambangan kaolin yang tak dipakai lagi, berisi air yang memancarkan warna biru yang indah.
Bagi kamu yang menyukai ketenangan, kamu bisa mendatangi lokasi wisata ini. Dijamin kamu akan merasakan kedamaian dengan melihat birunya danau dengan suasana tenang ini.
sumber : hipwee.com

Ada begitu banyak destinasi wisata yang bisa kamu datangi saat kamu berwisata ke Tanjung Pandan. Walaupun disini tidak terlalu banyak kendaraan umum, kamu bisa menyewa kendaraan melalui hotel untuk menjelajahi keindahan tempat ini. Ditambah lagi, kamu bisa menjumpai jejak sejarah yang kental perpaduan multi kultural yang sangat kental.
Diantaranya adalah peninggalan Kerajaan Badau dan jejak kolonial ditambah bangunan – bangunan khas Tionghoa seperti Kelenteng Hok Tek Che. Beberapa bangunan bersejarah lainnya antara lain Emplassemen dan Juliana Park di Tanjung Pendam, Hooddkantoor (sekarang menjadi Barata Departemen Store), Landraad (berubah menjadi Kantor Dinas Pendidikan), holand Indische School (berubah menjadi SMPN 1 Tanjung Pandan) atau Gedung Societet.

Jika kamu ingin melihat peninggalan sejarah lainnya, kamu bisa berkunjung ke Museum Tanjung Pandan. Disini tersimpan koleksi berharga berupa keramik tua dari Tiongkok seperti mangkok, kendi dengan berbagai macam ukuran, ornamen dan bentuk. Terdapat pula gerabah yang berasal dari Thailand. Kamu juga bisa melihat hewan – hewan langka yang telah diawetkan. Tak lupa, koleksi peralatan dan senjata tradisional dari Kerajaan Balok dan Kerajaan Belantu. Dan tentunya jejak sejarah Belitung sebagai penghasil timah dan mineral lainnya juga bisa kamu lihat disini.   
 
sumber : medium.com
Suasana malam pun tak kalah mempesonanya. Kamu bisa mendatangi Tugu Batu Satam yang merupakan ikon kota Tanjung Pandan.  Tugu ini terletak di Simpang Lima dan diberi nama Tugu Batu Satam karena pada puncak tugu dipasangi Batu Satam, batu yang berasal dari proses jatuhan meteorit ke bumi. Di sekeliling tugu ini, terdapat taman – taman yang indah dan beberapa tempat makan yang menyajikan makanan khas Belitung dan tentunya kopi. 
 
sumber : youtube.com
Bagi masyarakat di kawasan Belitung, kopi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan mereka. Sehingga menikmati kopi tidak hanya sekedar menyantap minuman berwarna hitam dengan rasa yang nikmat tersebut, tetapi juga menikmati sejarah yang diracik dengan kebudayaan masyarakat Belitung yang kaya.

Jika kamu ingin mengeksplorasi kelezatan kopi di daerah ini, kamu bisa mengunjungi Kedai Kopi Kong Djie yang telah mulai berjualan sejak tahun 1943. Cukup lima menit dari Tugu Batu Satam, kamu sudah bisa bertemu kedai kopi legendaris ini. Selain itu kamu juga bisa mendatangi Warung Kopi Ake, yang terletak persis di sebelah warung Mak Janah yang sangat terkenal di Belitung.
 
sumber : femina.co.id
Jika berwisata di Tanjung Pandan belum menuntaskan rasa penasaranmu, kamu bisa berkunjung ke Manggar. Cukup 1,5 jam saja, maka kamu sudah bisa melihat Replika SD Laskar Pelangi, Rumah Keong, Museum Kata Andrea Hirata, Bendungan Pice, Pantai Burung Mandi dan sejumlah objek lainnya.

Bagi kamu yang belum pernah ke Tanjung Pandan, kamu tidak perlu khawatir. Disini tersedia paket wisata yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginan, budget dan berapa lama rencana liburan kamu. Sedangkan untuk hotel, kamu tinggal pilih yang sesuai di hati. 

Beberapa hotel di Tanjung Pandan yang bisa jadi referensi kamu antara lain Grand Hatika Hotel, BW Inn, La  Lucia Boutique Hotel by Prasanthi, BW Suite Belitung, Golden Tulip Essential, Fairfield by Marriot Belitung, Demuon Hotel, Bahamas Hotel & Resort, Grand Puncak Lestari Hotel,  Green Tropical Village Hotel & Resort, Hotel Martani, The Holiday Guest House dan masih banyak lagi. Soal harga, kamu tinggal menyesuaikan dengan budget kamu tentunya.
Liburan ke Tanjung Pandan memang akan memberikan suasana berbeda yang sulit kita temui di destinasi wisata lainnya. Selain keindahan alamnya yang mempesona, Tanjung Pandan juga memberikan pengalaman yang akan memperkaya nilai rasa sekaligus menambah kecintaan kita terhadap keindahan alam yang telah diberikan Tuhan di muka bumi ini.
Nginep Mana Lagi di Tanjung Pandan, bisa jadi cerita tak terlupakan dari negeri Laskar Pelangi ini.

Sumber :


https://www.belitungisland.com/

http://www.belitunginfo.com/

https://www.bangkatour.com/

http://www.indonesia-tourism.com/

https://www.simphortour.com/



16 comments

  1. Makin dan makiiiin ingin segera jejakkan kaki di Belitung nan indah. Semoga semesta mendukung.. Aamiin..

    ReplyDelete
  2. Cantiiikk bangeett Tanjung Pandan ini yaaa.
    Pastinya aku juga penasaran karena aku pun baca Laskar Pelangi by Andrea Hirata.
    Pengin cuss ke sini

    ReplyDelete
  3. Ini kali ke sekian aku membaca tentang Tanjung Pandan, makin ingin aku ke sana mbak. Indah banget ya Tanjung Pandan, semoga suatu hari beneran bisa menjejakan kaki ke sini

    ReplyDelete
  4. Saya dong waktu itu sempet tinggal di Palembang padahal tinggal selangkah lagi menuju Belitung, tapi rencana liburan ke sana hanya wacana, krn lihat pantainya keinginan ke Belitung jadi bangkit kembali :)

    ReplyDelete
  5. Wiih, ini sih destinasi impian aku, semoga pada saatnya aku bisa sampai ke sana ya mba, alamnya memukau.

    ReplyDelete
  6. Lihat foto alamnya belitung cantik-cantik, masya Alloh

    Pernah lihat satu foto di kalender bank, sepertinya yang pantai batu granit itu.

    Museumnya secantik itu ga ya penataannya?

    ReplyDelete
  7. Belitung salah satu destinasi impianku semoga ada kesampaian bisa kesana suatu hari

    ReplyDelete
  8. Tanjung Pandan ini juga destinasi wisata yg bikin penasaran saya karena membaca buku Laskar Pelangi. Pantainya Belitung juara banget ya, kak.

    ReplyDelete
  9. Juara emang Tanjung Pandan ini. Indah banget. Semoga ada umur panjang bisa berkunjung ke sana.

    ReplyDelete
  10. Belum pernah kesini. Sudah rencana tapi batal melulu. Belum rejeki. Semoga lain kali beneran bisa berangkat. Aamiin.

    ReplyDelete
  11. Dari awal Adrea Hirata mengangkat cerita dari tanah Belitung, aku udah langsung tertarik dan semakin ingin ke sana. Apalagi sekarang pariwisatanya semakin maju. Ahhhh keren banget. Sip, Tanjung Pandan masuk ke list untuk traveling kalo ke sana.

    ReplyDelete
  12. Belaum lama aku ke Belitung juga tapi gak semoat ke museum Tanjung Pandan. Kalau ke Kedai Kopi Kong Djie sempat minum kopi sama ngemil di sana

    ReplyDelete
  13. Masya Allah ternyata banyaj tempat bagus ya di Belitung, pantainya masih bersih pemandangannya pun indah yes, semoga bisa kesana sama keluarga.

    ReplyDelete
  14. Tanjung Tinggi dan Danau Kaolin ini bagus banget ya mbak, banyak banget tempat wisata di sini. Kalau ada kesempatan pengen main kemari mbak.

    ReplyDelete
  15. Pantai pandan sangat eksotik apalagi harga buat ke sini bisa di sesuaikan dengan budget harga terjangkau

    ReplyDelete