Wujudkan Liburan Keluarga ke Bandung bersama Traveloka


 
Ada beberapa kota di Indonesia yang memberi kesan mendalam ketika saya mengunjunginya. Baik untuk urusan pekerjaan, liburan atau berkaitan dengan aktivitas saya sebagai penulis. Dan salah satu kota yang membuat saya selalu kangen, adalah Bandung. 

 
Terkenal dengan julukan Paris Van Java, Bandung memiliki spot – spot wisata yang memang asyik untuk dikunjungi. Ditambah pula dengan beragam kulinernya yang pantang dilewatkan, seperti seblak, nasi tutug oncom, karedok, mie kocok hingga surabi.

Sekitar akhir tahun lalu, saya berkesempatan mengunjungi kota Bandung untuk acara pameran. Ketika itu, saya berada di sana selama lebih kurang 5 (lima) hari. Itu merupakan kesempatan ketiga, setelah pada tahun 2018, saya juga berkesempatan mengunjungi Bandung untuk pelatihan, dan pada tahun 2004 untuk kegiatan studi banding.

Ada beberapa tempat yang saya kunjungi dan meninggalkan kesan yang manis di dalam benak tentang Bandung. Tentu, tidak semuanya dapat saya ceritakan di sini. Berikut diantaranya  :

Jalan Asia Afrika
Jalan ini memiliki sejarah yang panjang dan tak terpisahkan dari kota Bandung. Di jalan ini jugalah diadakan Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955. Di jalan ini pula terdapat patok beton kecil yang menandakan titik 0 kilometer kota Bandung. Ada banyak objek wisata yang bisa dikunjungi di sepanjang jalan ini, selain tentunya Museum Konferensi Asia Afrika, seperti Mesjid Raya Bandung, Dynasty Antiques Arts & Furniture, Alun – Alun Bandung hingga Monumen Solidaritas Asia Afrika.
Berkunjung di jalan ini pada malam hari memberi kesan yang berbeda buat saya. Saya seolah terlempar ke masa lalu, menyaksikan deretan bangunan bersejarah yang menjadi saksi nyata dari perjalanan panjang kota Bandung dan negeri ini. Waktu beberapa jam rasanya tidaklah cukup untuk menyusuri kesyahduannya. Apalagi jika kita berniat untuk mengunjungi destinasi wisata yang turut memperkaya jalan ini. Hal inilah yang membuat saya membangun impian untuk kelak kembali lagi kesini.  


Lapangan Gasibu
Jalan – jalan ke Bandung belum lengkap rasanya jika belum sampai ke Lapangan Gasibu. Lapangan yang telah ada sejak jaman Belanda ini dulunya bernama Wilhelmina Plein atau Lapangan Wilhelmina.  Pada tahun 1950an, lapangan ini berubah nama menjadi Lapangan Diponegoro lalu berubah lagi menjadi Lapangan Gasibu. Perubahan nama ini terjadi pada tahun 1955.

Gasibu merupakan singkatan dari Gabungan Sepakbola Indonesia Bandung Utara. Ketika itu, Gasibu sering bermain di sekitar area lapangan ini sehingga lapangan ini lebih dikenal dengan nama Lapangan Gasibu. Kini Lapangan Gasibu merupakan tempat berolahraga bersama keluarga atau teman yang asyik. Dari lapangan ini, kita juga bisa menyaksikan Gedung Sate, ikon kota Bandung yang tak kalah terkenal dan historical. 

Mengunjungi lapangan ini, membuat saya seolah bagian dari masyarakat Bandung sendiri, yang menjadikan aktivitas di lapangan sebagai keseharian mereka. Suatu hari nanti, sepertinya saya ingin mengajak keluarga saya untuk berkunjung kesini juga.


Trans Studio Bandung (TSB)
Siapa tak kenal Trans Studio Bandung (TSB) ? Wahana permainan terintegrasi yang seru abis di kota Bandung, dan digadang – gadang sebagai Indoor Theme Park terbesar di dunia. Dibuka sejak tahun 2011 lalu, TSB menyajikan pengalaman yang tak terlupakan bagi saya. Berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Cibangkong, Batununggal, TSB terintegrasi dengan Trans Studio Mall (TSM) yang memiliki deretan outlet yang lengkap dan tentunya menawarkan suasana berbelanja yang istimewa.
Di sini kita juga bisa berwisata kuliner dengan deretan resto dan menunya yang memanjakan lidah para pecinta kuliner. Di TSB sendiri ada banyak permainan dan wahana yang sangat seru. Sayangnya saya dan teman – teman tidak sempat mencoba banyak wahana permainan karena waktu yang mepet. 

Bakso Boedjangan
Mengunjungi tempat ini berawal dari ketidaksengajaan. Cuaca yang dingin, hujan yang turun rintik kala itu dan perut lapar pasca mengikuti pelatihan, membuat kami memutuskan untuk menuju resto terdekat dari tempat menginap. Sungguh, kami nggak menduga kalau itu adalah salah satu resto bakso terkenal di Bandung : Bakso Boedjangan. Tersedia beragam menu bakso istimewa di resto ini. Dan kekhasannya terdapat pada varian kuahnya yang bisa kita pilih sesuai selera.

Martabak Tropica
Kami mengunjungi tempat ini pada malam hari, sekalian nyari wifi gratisan untuk ngerjain tugas, kala itu. Meski hari sudah menunjukkan pukul sepuluh malam, kelezatan Martabak Tropica dengan beraneka pilihan topping yang menggoda, bikin kami betah di sini sampai larut dan tugas-tugas selesai.
post IG saya yang di-RT martabak Tropica

Uncle Storage
Ini cafe yang saya kunjungi bersama teman kantor dan temannya yang tinggal di Bandung. Cafe ini punya suasana yang cozy, sedikit temaram dan asyik untuk nongkrong juga foto-foto. Meskipun dalam suasana kerja, saya dan teman – teman kantor tetap bisa menikmati perjalanan yang memberikan pengalaman istimewa ini.

Mengunjungi Bandung memberikan saya banyak cerita. Namun, saya tetap ingin kembali kesini untuk merekam jejak-jejak baru bersama keluarga dan mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah saya kunjungi.
Dan saya bersyukur, bersama Traveloka, ada begitu banyak penawaran menarik dan terpercaya dalam mempersiapkan liburan termasuk akomodasi.

Jika dulu kita hanya fokus pada pilihan hotel sebagai tempat menginap, kini terdapat beragam pilihan apartemen di Bandung yang dapat kita pilih melalui Traveloka. Bahkan aplikasi ini juga memperluas referensinya dengan menghadirkan pilihan apartemen yang bisa kita sewa saat berada di Bandung. Dan jika nanti Allah memperkenankan rencana saya untuk berlibur bersama keluarga ke Bandung, saya berencana akan menyewa apartemen dengan pertimbangan sebagai berikut :

 Sewa harian apartemen jauh lebih murah
Apartemen yang disewakan sudah lengkap dengan beberapa kamar, ruang tamu, ruang keluarga hingga dapur. Jika dihitung – hitung, kalau membawa keluarga, akan jauh lebih hemat menyewa apartemen daripada menginap di hotel.
  
Fasilitas yang lengkap serasa tinggal di rumah sendiri
Di hotel, kita biasanya akan mendapatkan satu buah kamar dengan fasilitas sesuai pilihan (misalnya kamar standar, deluxe hingga suite) dan budget kita. Sementara di apartemen, kita bisa bebas masak sendiri karena tersedia kitchen set bahkan beberapa apartemen menyediakan alat pemasak nasi. Hal ini tentunya akan jauh lebih menghemat budget selain tentunya membuat kita serasa di rumah sendiri.

    Bisa menjadi pilihan menginap jangka panjang
Liburan tidak selalu identik dengan menipisnya tabungan pada  akhir masa liburan. Jika kita cerdas memilih tempat menginap terutama untuk liburan jangka panjang bersama keluarga seperti sewa apartemen, maka liburan kita bakal lebih asyik dan tabungan tidak akan terkuras habis.

Kalian tertarik untuk mencari apartemen saat liburan? Silakan langsung aja telusuri di aplikasi Traveloka. Ketik lokasi dan schedule, lalu klik Vila dan Apartemen. Terdapat beragam pilihan apartemen dilengkapi informasi dan fasilitas yang tersedia. Misalnya The Suite Metro Apartemen. Dengan harga mulai dari 160 ribuan rupiah saja per malamnya, kita bisa mengajak seluruh anggota keluarga menikmati fasilitas di sini dan merasakan selayaknya di rumah.
 
interior Suites Metro Apartemen
Traveloka juga menyediakan banyak pilihan pembayaran. Terdapat sistem pembayaran cashless berupa “Uangku” dan “My Cards”, sehingga kita bebas bertransaksi dengan nyaman tanpa harus diribetkan dengan membawa cash dalam perjalanan. Selain itu, kita juga bisa melihat detil transaksi yang telah dilakukan sehingga bisa mengontrol pengeluaran. Jika menggunakan sistem pembayaran “Uangku”, kita tinggal top up dana dengan terlebih dahulu mendaftar di aplikasi Traveloka. 
Sementara dengan pilihan pembayaran “My Cards”, kita cukup menambahkan data kartu kredit dengan maksimal tiga kartu kredit. My Cards ini sendiri masuk ke dalam sistem pembayaran cashless yang akan memberikan kita banyak benefit. Oh ya, jika ternyata kamu menginginkan pembayaran dengan debit, kamu bisa melakukannya juga lho. Traveloka emang juaranya dalam hal memanjakan kita semua ya.

Nah, ada lagi nih penawaran menarik lainnya dari Traveloka.
Pengen liburan tapi budget belum cukup? Kita bisa menikmati fitur PayLater yang akan memberi pinjaman hingga mendapatkan produk–produk dari Traveloka hingga Rp 50.000.000. *Wow, bisa berapa kali liburan itu*. Cicilannya juga sangat bersahabat, bisa cicil 1 bulan, 3 bulan hingga 12 bulan. Dan proses verifikasinya juga sangat singkat. Cukup 60 menit saja, kita sudah bisa mengetahui apakah rencana liburan kita akan disetujui. Traveloka Paylater ini juga didukung oleh Danamas mitra resmi yang terdaftar dan pertama kali memiliki izin beroperasi dari OJK sehingga kita nggak perlu khawatir. Untuk detil informasinya, kamu bisa cus langsung ke fitur Traveloka PayLater.

Dengan fitur ini juga, kita nggak perlu khawatir saat terlambat membayar cicilan, cemas oleh para penagih yang akan membuat kita merasa terganggu.  Traveloka memiliki cara yang santun dan beretika saat mengingatkan tentang pembayaran cicilan yang sudah sampai waktunya. Sehingga kita tidak akan mengalami mimpi buruk yang bakal mengganggu liburan. Sistem pembayaran ini juga cepat dan tidak ribet. Serta tanpa adanya biaya tambahan.

Oke. Urusan pembayaran kelar. Lalu, bagaimana kalau masalah yang nggak diduga-duga muncul, misalnya, saat liburan hampir tiba dan kamu tiba – tiba harus mengubah jadwal? Tidak perlu panik. Karena Traveloka juga menyediakan  layanan “Easy Reschedule” untuk kita menjadwal ulang rencana keberangkatan. Dan jika ternyata karena sesuatu dan lain hal liburan kamu harus batal, tersedia pula layanan “Easy Refund”. Berikut 4 (empat) simple step saat kamu terpaksa melakukan refund :
1. Melalui My Booking, buka e-tiket penerbangan yang akan kita ajukan refund. Klik refund, lalu request refund.


2. Pilih penerbangan yang akan di-refund, setelah itu isi bagian select reason and select passenger 

3. Lengkapi detail transfer dan unggah dokumen refund bila diperlukan

4. Periksa sekali lagi semua pengisian, lalu klik submit refund



Selain itu, terhadap apapun transaksi yang kita lakukan, kita akan mendapatkan points yang bisa dimanfaatkan untuk transaksi selanjutnya. Ini belum termasuk promo-promo menarik dari berbagai fitur yang ada.
Dan bagi kamu yang anti ribet dan menginginkan layanan paripurna yang terintegrasi, kamu benar – benar bisa mengandalkan Traveloka. Tinggal pilih waktu keberangkatan, moda transportasi, lanjut pilih apartemen yang kamu inginkan, lanjut lagi tiket ke berbagai wahana bahkan hingga tempat kuliner yang akan kamu datangi. Semuanya bisa kamu dapatkan hanya dengan satu aplikasi dengan pilihan pembayaran yang sangat lengkap.

Untuk liburan pertengahan tahun ini, mudah-mudahan saya sudah bisa mewujudkan impian saya berlibur di kota Bandung bersama keluarga, dan tentunya bersama Traveloka. Traveloka dulu, liburan kemudian.

26 comments

  1. kalau yang didatangi sebanyak dan semenarik itu, rasanya 5 hari saja kurang ya, mbak..

    ReplyDelete
  2. Duh ini wabah covid-19 bisa mengacaukan dunia pariwisata, ya

    Cuma kabar baiknya wisata domestik jadi laku

    Dan banyak diskon biar bergairah lagi

    ReplyDelete
  3. Ternyata bakso boedjangan asli Bandung ya mbak...endesss rasanya. Bandung memang banyak spot yang menarik ya, ingin rasanya kesana..apalagi jika saat ini traveloka memberikan kemudahan bagi para traveler untuk traveling kesana. Bisa pesan tiket pesawat dan booking hotel dengan mudah.

    ReplyDelete
  4. Setuju bangeet kalau Bandung itu bikin betah. Sebagai warganya saya juga gak perlu jauh-jauh kalau mau liburan. Cukup di dalam kota saja, sudah banyak tempat menarik dan kulineran yang enaak!

    ReplyDelete
  5. Mengunjungi objek wisata yang ada di Bandung itu memang bikin betah. Semakin nyaman kalau tempat menginapnya juga dengan suasana seperti rumah sendiri ya. Apalagi ada fitur PayLater dr Traveloka, liburan kapanpun bs dilakukan ya kak.

    ReplyDelete
  6. Wiih jadi makin pengin ke Bandung berlama-lama nih baca tulisan ini.
    Enaknya euy pakai Traveloka, fiturnya banyak, memudahkan kita, sampai milih penginapan juga.

    ReplyDelete
  7. Jadi kangen sama Bandung juga nih, banyak sekali pasti yang berubah sama Bandung. Dan senang sekali ya dengan Traveloka bisa mewujudkan keinginan berlibur. Cukup pake Traveloka aja semua urusan liburan bisa terlaksana :)

    ReplyDelete
  8. Tempat wisata dan kuliner di Bandung emang banyak banget ya Mbak macemnya. Dan kayaknya semuanya menyenangkan deh. Tapi sayangnya saya belum pernah ke sana, hehehe.. pengen deh suatu waktu ke sana dan dischedule bareng Traveloka. Kayaknya asyik ya :)

    ReplyDelete
  9. Asyik ya..Traveloka bisa reschedule bahkan refund. Mantab deh ah.. BTW,baca tulisan ini jadi kangen Bandung..hehe..

    ReplyDelete
  10. Aku pengguna Traveloka untuk experience atau cari hotel namun belum pernah coba fitur pay later sih hehe soale takut ga bisa bayar.

    ReplyDelete
  11. Wah asik ya pake Traveloka. Segala bisa. Btw, jadi pingin ke Bandung lagi...terakhir Januari kemarin. Belum puas menyusuri kota Bandung. Bandung selalu bikin kangen.

    ReplyDelete
  12. Ngga ada kata ngga bisa liburan karena ngga punya uang ya mbak, traveloka bantu wujudkan mimpi liburan bersama keluarga yang bisa dicicil.. bagi aku sistem cicilan ini jadi motivasi banget untuk mewujudkan impian liburan bersama keluarga

    ReplyDelete
  13. Jalan Asia Afrika bersejarah dan bangunan-bangunannya cantik. Cuma jalan kaki aja udah bisa bikin senang.

    ReplyDelete
  14. Biasanya saya menginap di homestay, tapi sekali2 mau juga nyobain apartemen kalau pergi ke Bandung

    ReplyDelete
  15. The Suite Metro Apartemen itu ada di Jalan Soekarno-Hatta kah?
    Memang paling syahdu itu menikmati Bandung di malam hari.
    Berasa banyak kenangan yang bisa diukir.

    ReplyDelete
  16. LOveee kotaku tercinta pokonya, sampe ga mau pindah akutu dari Bandung. Selain wiskul, travelingnya, mojang jajakanya, ada perasaan dan banyak kisah disiniii eaaaa..

    Hayu kalo ke Bandung kabarin yak, kita kopdar sambil ngebakso bujangan ato nyeblak ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku beberapa kali ke BDG kok ya lupaaaa kagak makan cuanki trus iga Jangkung

      InsyaAllah setelah corona ini hengkang, kita mit ap d kota BDG yg keceeee ya Teh.


      Aamiiinn

      Delete
  17. Reviewnya seruu.. jadi pingin ke Bandung.. huhuu.. Moga Corona segera enyah dari muka bumi. secara Bandung masuk ke dalam zona merah.. hiks..

    ReplyDelete
  18. Kangen mau ke Bandung. InsyaAllah suatu saat lagi ke sana :)

    ReplyDelete
  19. Pengen suatu saat bisa jalan-jalan ke Bandung, Paris Van Java. Nabung dulu aah.

    ReplyDelete
  20. Aku pengen coba ajukan pay later tapi masih maju mundur kak.. takut ketagihan liburan..heheh tpi gak diajukan penasaran maximal..

    ReplyDelete
  21. Pengen juga jalan ke Bandung..mau juga Traveloka pay later.

    ReplyDelete
  22. Dari dulu pengen ke Bandung tapi belum kesampaian, huhu.

    ReplyDelete
  23. Bandung mota impian untuk jalan jalan

    Baca tulisan kak ria jafi tambah puengiin ke sana

    ReplyDelete
  24. Sekarang tuh semua ada dalan genggaman, ingin pergi tinggal buka traveloka. Nggak kayak dulu. Dengan begini waktu gak terbuang sia-sia.

    ReplyDelete