Jejak-jejak Prestasi Insan Bumi Mandiri di Wilayah Pedalaman

Pertama kali saya mengenal Insan Bumi Mandiri, adalah sekitar awal tahun lalu. Ketika itu, saya ikut serta dalam campaign donasi yang digelar lembaga ini untuk seorang anak yang mengalami sakit jantung. Setelah itu, saya pun rutin menerima email dari lembaga filantropi ini tentang campaign dan program-program mereka.

 
Email balasan Insan Bumi Mandiri untuk campaign yang saya ikuti
Dari situlah saya jadi mengetahui lebih banyak tentang sepak terjang Insan Bumi Mandiri atau selanjutnya dalam tulisan ini saya singkat dengan IBM saja. Lembaga filantropi yang berdiri pada 1 Februari 2016 dan kantor pusatnya terletak di Antapani, Bandung ini, memiliki kekhasan tersendiri pada prioritas kegiatan sosialnya, yaitu fokus pada pemberdayaan wilayah pedalaman Indonesia. Wilayah yang jarang tersentuh dikarenakan terbatasnya akses, minimnya informasi dan letak geografis yang sulit dijangkau.

Namun, bagi IBM, kesulitan dan kendala tersebut justru menjadi pemicu untuk berbuat lebih banyak dan lebih baik. IBM membuktikan, dengan komitmen yang tinggi dan kinerja yang profesional, kesulitan-kesulitan tersebut berhasil ditembus. Terbukti, selama 4 (empat) tahun fokus bergerak di wilayah pedalaman, IBM telah menorehkan jejak-jejak kebaikan yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Berikut adalah jejak-jejak prestasi IBM yang saya rangkum dari beberapa sumber :

1.      Menggelar lebih dari 300 campaign donasi
Setiap donasi yang dihimpun melalui campaign IBM dikelompokkan dalam 4 (empat) program utama, yaitu : pembangunan, pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan. Pogram pembangunan diinisiasi sesuai prioritas setiap wilayah di pedalaman. Dalam program pembangunan, IBM telah menggelar sejumlah campaign donasi untuk pembangunan dan renovasi tempat ibadah, rumah layak huni, sekolah, tempat mengaji hingga jembatan. 
salah satu campaign dalam program pembangunan IBM

Dalam program pendidikan pula, IBM fokus pada campaign pemberian beasiswa, pengadaan sarana edukasi dan perbaikan kualitas sarana pendidikan. Dalam program kesehatan, IBM siap membantu warga di pedalaman untuk bisa mengakses layanan kesehatan dan membantu individu yang mengalami masalah kesehatan dan penyakit namun terkendala biaya, mulai dari biaya pengobatan, operasi hingga pemulihan. 
 
Campaign beasiswa dalam program pendidikan IBM
Campaign penyembuhan dalam program kesehatan IBM
Sementara dalam program pemberdayaan, IBM memprioritaskan pada pengembangan potensi ekonomi untuk menghidupkan sumber daya lokal, antara lain dengan memberi bantuan sarana bagi SDM yang berdedikasi agar mereka dapat lebih optimal dalam bekerja. Dari keempat program utama ini, tercatat lebih dari 300 campaign donasi dan 213 program telah digelar IBM selama kurun waktu 4 (empat) tahun.
 
Campaign pembuatan keramba dalam program pemberdayaan IBM

2.       Menjangkau wilayah pedalaman di 11 provinsi
Selama 4 (empat) tahun, program-program IBM berhasil menjangkau 11 provinsi,  29 Kabupaten/Kota, 77 kecamatan dan 146 desa/kelurahan. Adapun provinsi yang menjadi fokus pemberdayaan IBM adalah NTT, NTB, Papua, Papua Barat, Sulawesi Tengah dan Sumatera Selatan. Diantara ke-11 provinsi tersebut, NTT menjadi prioritas utama IBM, dengan hampir 60% program IBM terkonsentrasi di NTT, khususnya dalam program pendidikan.

3.      Memiliki 73.000 Sahabat Pedalaman
Sahabat Pedalaman adalah nama untuk donatur IBM. Sampai hari ini, IBM telah memiliki 73.000 Sahabat Pedalaman yang telah berpartisipasi dalam campaign-campaign yang digelar IBM.

4.     Program rutin dan strategis yang menyentuh kebutuhan masyarakat
Mungkin, banyak orang mengira bahwa lembaga filantropi hanya bergerak base on campaign yang dilatarbelakangi kebutuhan tertentu. Namun, IBM juga memiliki program rutin dan strategis yang langsung menyentuh kebutuhan masyarakat. Sebagai contoh, untuk program rutinnya antara lain diwujudkan melalui Ramadhan di pedalaman dan Qurban di pedalaman. Dalam program ini, para donatur diajak untuk berbagi kebahagiaan melalui campaign buka bersama, mudik gratis untuk guru di pedalaman dan berbagi THR.
program Qurban di pedalaman
Sementara itu, program strategis IBM salah satunya diwujudkan melalui Tenun.in. Program ini diprakarsai IBM sebagai bentuk dukungan dan pemberdayaan para pengrajin tenun di Alor, NTT. Tenun.in  yang merupakan singkatan dari Tenun Indonesia ini, diresmikan pada bulan November 2018, dan berlokasi di Kabupaten Alor, NTT. Dalam upaya mewujudkannya, IBM berkolaborasi dengan pemerintah daerah setempat dan PT. Sarana Multi Infrastruktur (PT. SMI). Perjalanan Tenun.in sejak diresmikannya dapat kalian ikuti pada video berikut ini :


5. Program yang berhasil menggerakkan potensi pemberdayaan masyarakat
Tidak hanya dari segi kuantitas, program IBM juga menunjukkan kualitasnya dalam memberdayakan dan menggerakkan potensi masyarakat.  Salah satunya melalui program Qurban di pedalaman.

Kabupaten Alor, NTT, tercatat sebagai salah satu daerah penghasil ternak di Indonesia. Namun, sayang, potensi ternak tersebut belum maksimal dan masyarakat kesulitan dalam menjual ternaknya. Untuk mengatasi masalah ini, IBM berinisiatif menggelar Qurban di pedalaman, dimana hewan-hewan kurbannya dibeli dari masyarakat setempat, dan dalam pelaksanaan Qurban, IBM bekerjasama dengan jaringan masjid-masjid di daerah pedalaman. 
 
daerah terkena bencana tak luput dari penyaluran qurban
Tahun lalu, sebanyak 1.495 qurban berhasil tersalurkan ke berbagai daerah di pedalaman, tepatnya di 3 provinsi : NTT, NTB dan Sumsel. Program ini menunjukkan keberhasilan IBM dalam menggerakkan potensi masyarakat di daerah pedalaman.

6.      Dana tersalur mencapai lebih dari 8 miliar
Berdasarkan laporan keuangan terakhir yang diumumkan IBM di web-nya (posisi per 31 Desember 2018), IBM telah menyalurkan kurang lebih 8,6 miliar donasi pada tahun 2018, meningkat dari angka 3,8 miliar pada tahun 2017. Penyaluran terbesar diberikan untuk dana bantuan masjid, disusul oleh dana kesehatan dan dana sarana dan infrastruktur. Tentu, tidak hanya akumulasi nominalnya yang layak diapresiasi, apa yang lebih penting, IBM menyalurkan bantuan tepat sasaran sehingga dapat membantu mengentaskan masalah sosial dan berkontribusi positif terhadap pemberdayaan masyarakat.


Sebagai lembaga filantropi, IBM membuka kesempatan seluas-luasnya bagi siapapun untuk ikut menabur jejak kebaikan. Bagi kalian yang ingin ikut berpartisipasi dalam campaign-campaign yang digelar IBM, silakan berkunjung ke websitenya di insanbumimandiri.org. Di web tersebut kalian bisa memilih campaign yang diinginkan untuk berdonasi, dan mari menjadi bagian dari puluhan ribu Sahabat Pedalaman yang telah ikut bersumbangsih untuk kemajuan masyarakat pedalaman.

Tentu, kita berharap pada tahun-tahun mendatang, IBM dapat terus eksis dan “istiqomah” dengan program-program sosialnya dan dapat menjangkau wilayah pedalaman lainnya yang tersebar di Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan Papua. 

Jujur, saya merasa sangat bersyukur dengan kehadiran IBM yang amanah dan visioner. IBM memediasi setiap orang untuk beramal jariah dengan membantu saudara-saudaranya yang berada di wilayah pedalaman dengan cara yang mudah. Cukup dengan 4 (empat) langkah mudah : meng-klik tombol donasi, memilih program campaign, mengisi jumlah donasi dan data, dilanjutkan dengan proses pembayaran, yang semuanya dilakukan secara online, kita sudah bisa menabung pahala dan menabur jejak kebaikan yang bermakna bersama IBM.    

Terakhir, saya ucapkan Selamat ulang tahun yang keempat untuk Insan Bumi Mandiri. Semoga jejak-jejak prestasi IBM akan terus bertambah seiring usia yang melaju, semakin banyak warga masyarakat yang terbantu dan terstimulasi untuk menjadi lebih “berdaya”, dan jejak-jejak prestasi tersebut akan terus membawa keberkahan dan kebaikan yang bertebaran di muka bumi.


     Referensi : 
insanbumimandiri.org
Wikipedia.org
Republika.co.id
Wartaekonomi.co.id

Sumber gambar :
insanbumimandiri.org
dok. pribadi 

Sumber video :
Youtube Insan Bumi Mandiri

27 comments

  1. IBM kiprahnya super duper kereeennn!!
    Daku tertarik banget untuk tahu lebih lanjut Mba
    Kontribusi mereka luar biasa ya

    ReplyDelete
  2. Baca nama IBM jadi teringat sama sistem komputer. Tapi ternyata nama organisasi sosial yak. Keren banget deh.

    Met milad ya IBM!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe sama. saya kira dulu apa bagian dr misi kemanusiaan IBM dg bagi2 profitnya ya? ternyata lain. sebab IBM yg ini sudah punya banyak campaign membantu mereka di pedalaman

      Delete
  3. Keren Insan BUmi Mandiri atau IBM ini ya, Mbak. alau aru 4 tahun, tapi sudah banyak menebarkan kebaikan dengan membantu sesama. Saya jadi terinspirasi dengan komitmen yang tinggi dan usaha yang keras, segala kesulitan-kesulitan berhasil dilalui IBM.

    ReplyDelete
  4. Lembaga-lembaga sperti IBM ini sangat dibutuhkan, karena luasnya wilayah Indonesia dan tentu pemerintah tak mampu melakukan berbaaagai program sendirian.
    Salut sama IBM, dan layak untuk selalu disupport

    ReplyDelete
  5. Wah, ternyata udah 4 tahun, ya. Semoga ke depannya IBM dapat terus menjadi penyalur kebaikan dan kemanfaatan untuk masyarakat

    ReplyDelete
  6. Tulisan ini semacam pengingat untuk ikut bergerak juga membangun negeri. Mungkin dimulai dari yang dekat.

    ReplyDelete
  7. Terima kasih, Mbak, baca tulisan ini punya makna tersendiri bagiku untuk terus bangkit dari keterpurukan. Banyak yang lebih buruk keadaannya dibandingkan diriku. Tentunya kalau mau bergerak, aku bisa bermanfaat bagi orang lain.

    ReplyDelete
  8. Waaa keren banget ya Insan Bumi Mandiri. Banyak banget program yang manfaatnya bisa sampai banyak orang. Semoga Istiqomah dan makin banyak yang bisa dilakukan

    ReplyDelete
  9. Masha allah benar2 kebermanfaatanya luas sekali ya hingga ke pedalaman, karena hak mereka untuk bisa juga tercukupi dan IBM totalitas membantuny

    ReplyDelete
  10. Program sosial yang sangat membantu terutama untuk yang paling membutuhkan. Serius sih di Indonesia tuh masih banyak banget pedalaman-pedalaman yang masih tertinggal. Setidaknya bersama IBM dapat mengurangi masalah ketertinggalan.

    ReplyDelete
  11. Totalitas Insan Mandiri ini dalam membangun negeri sampai ke pedalaman. Apalagi untuk desa pedalaman yang memang jarang tersentuh bahkan belum tersentuh oleh beberapa pihak. Semoga memberikan manfaat yang sangat besar buat pertumbuhan perekonomian juga.

    ReplyDelete
  12. Penyebutan nam adonaturnya unik ya Sahabat Pedalaman. Semoga semakin banhak sahabat pedalaman yang berpastisipasi di tiap campaignya IBM ya

    ReplyDelete
  13. Semoga apa yang sudah dimulai oleh insan bumi mandiri dapat diikuti oleh yang lain... harapannya kesejahteraan, pendidikan dan lainnya seragam di semua daerah

    ReplyDelete
  14. Keren IBM ya donasinya udah bisa mencapai 11 daerah di Indonesia. Bahkan jenis bantuannya pun tidak hanya untuk oendepend sakit tertentu. Tapi juga untuk pembiayaan pendidikan, dan membantu masalah sosial di masyarakat pedalaman

    ReplyDelete
  15. Wahhh aku juga baru tahu ada event seperti ini. Sudah mencapai 11 daerah lagi. Keren..

    ReplyDelete
  16. Aku salut angkat topi untuk semua relawan baik yg mandiri maupun tergabung pada filantropi. Semangat dan tenaganya melebihi kita-kita yg engga kemana-mana. Mana seringkali membahayakan keselamatan pula. Semoga Insan Bumi Mandiri semakin eksis dan kuat...

    ReplyDelete
  17. Keren nih mbak kiprah IBM dan tak terasa sudah empat tahun saja. Dengan event seperti ini semoga semua masyarakat di daerah terpencil terutama di pedalaman mendapatkan bantuan dan dukungan sepenuhnya. Dan hararapannya event IBM ini berkelanjutan hingga mampu menyejahterahkan masyarakat di daerah terpencil khususnya di pedalaman.

    ReplyDelete
  18. Jempol deh buat IBM, karyanya nyata, semoga lebih banyak lagi program yang menyentuh langsung masyarakat jadi lebih berdayaguna

    ReplyDelete
  19. Lembaga-lembaga seperti IBM ini sangat diperlukan banget nih untuk pemberdayaan masyarakat di daerah. semoga setiap program dari IBM juga berjalan lancar dan makin banyak yang ikut serta juga

    ReplyDelete
  20. Luar biasa ya potensi kita semua membantu penyaluran dana ke daerah pedalaman. Caranya sangat mudah, bisa dilakukan melalui web IBM. Semoga makin banyak yang terbantu ya saudara-saudara kita di pedalaman.

    ReplyDelete
  21. Ini organisasi kemanusiaan ya. Keren nih programnya. Aku selalu dukung penuh sama lembaga-lembaga kemanusiaan kayak gini.

    ReplyDelete
  22. Wah keren ya insan bumi mandiri.
    Organisasi kemanusian yg bermanfaat utk org banyak.

    Semoga makin banyak jg lembaga2 seperti insan bumi mandiri yg berkembang di negara ini. Agar semakin meluas jg jangkauan bantuannya.

    ReplyDelete
  23. saya baru dengar nih Insan Bumi Mandiri ini. Ternyata kiprahnya sudah banyak banget yaa

    ReplyDelete
  24. Ternyata Insan Bumi Mandiri ini sudah banyak sekali manfaatnya ya. Aduh, ke mana saja saya ini, padahal sudah melakukan kegiatan sosial yang bnayak sekali. Bahkan dana yang sudah tersalurkan sampai 8 M. Mantap banget. Semoga IBM makin banyak untuk membantu mereka-mereka yang membutuhkan, terutama yang di daerah pedalaman.

    ReplyDelete
  25. Baru tau IBM dari tulisan mba Ria. Semoga IBM bisa terus berkontribusi untuk Indonesia. Secara saya pernah ngerasain hidup di pedalaman karena ikut suami kerja dan qodarullah resiko fresh graduate ya, jadi terpaksa mau2 aja.

    ReplyDelete
  26. The content is utmost interesting! I have completely enjoyed reading your points and have come to the conclusion that you are right about many of them. You are great, and your efforts are outstanding! dewa poker

    ReplyDelete