Tips Memilih Furniture Kantor Guna Meningkatkan Semangat Bekerja





Furniture kantor perlu kita perhatikan ketika membuka kantor baru. Pasalnya, furniture dapat memengaruhi suasana di dalam kantor. Interior ruangan juga akan dipengaruhi oleh furniture kantor. Pemilihan furniture yang tepat akan memengaruhi kinerja para karyawan. Berikut ini ulasan tips memilih furniture kantor guna meningkatkan semangat bekerja.


5 Tips Memilih Furniture Kantor
Bagi anda yang memiliki usaha dan kantor, baik kantor berkapasitas kecil, sedang hingga besar, Anda dan para karyawan tentunya membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai seperti perlengkapan alat tulis kantor, perlengkapan komputer, sarana komunikasi, hingga berbagai jenis furniture guna menunjang pekerjaan. Untuk itu, lengkapilah ruang kantor dengan berbagai furniture sesuai fungsinya sehingga karyawan lebih produktif. Tips-tips berikut ini mudah-mudahan dapat membantu dalam memilih furniture kantor guna meningkatkan semangat bekerja.

1.     Sesuaikan furniture dengan ruang kerja karyawan

Tips yang pertama dalam memilih furniture kantor yakni menyesuaikan furniture dengan ruang kerja karyawan. Hindari menggunakan furniture dengan dimensi yang luas di ruang sempit. Hal tersebut akan membuat ruangan makin sempit dan sangat mengganggu kinerja para karyawan. Selain itu, warna furniture juga perlu disesuaikan dengan tema ruangan sehingga tidak mengganggu desain interior ruangan.


2.     Sesuaikan furniture dengan fungsi pekerjaan

Sebelum membeli furniture, Anda harus melakukan analisis terhadap karyawan Anda. Dilanjutkan dengan mengklasifikasi kebutuhannya. Ini akan memudahkan Anda untuk membeli furniture yang tepat sesuai kebutuhan karyawan. Apabila kebutuhan karyawan terpenuhi maka otomatis semangat untuk bekerja akan semakin meningkat.

3.     Pilih material furniture yang berkualitas

Kualitas material furniture haruslah menjadi perhatian. Pasalnya, material furniture berhubungan erat dengan masa ekonomis dari suatu barang. Jangan sekadar mencari harga murah. Anda harus memperhitungkan jangka waktu pemakaian dengan harga. Dari situ, Anda bisa menentukan harga yang ditawarkan ekonomis atau tidak.


4.     Kalkulasikan jenis furniture dan anggaran belanja

Sebelum Anda memilih furniture kantor yang harus dibeli, Anda harus membuat kalkulasi anggaran terlebih dahulu. Kalkulasi tersebut akan sangat membantu dalam menentukan kebutuhan kantor dan jenis furniture yang harus dibeli. Usahakan untuk mencukupi kebutuhan karyawan terlebih dahulu. Karena hal tersebut sangat erat kaitannya dengan produktivitas karyawan.

5.     Pilih mitra yang terpercaya

Ketika Anda sudah melakukan tips di atas, hal yang tidak kalah penting yakni pemilihan mitra yang tepat. Mitra akan membantu Anda dalam memilih jenis furniture, menentukan jenis material bahan baku, menentukan desain dari furniture, hingga mengatur pengiriman barang. Oleh sebab itu, Anda harus memilih mitra penyedia yang terpercaya. Hal itu sangat vital, karena apabila salah memilih mitra, kualitas furniture menjadi pertaruhannya. Jangan ragu untuk bertanya apakah mereka memiliki layanan after sales atau tidak.

Itulah 5 tips penting dalam memilih furniture kantor yang dapat meningkatkan semangat bekerja. Mengingat furniture merupakan salah satu komponen vital dalam menunjang pekerjaan, pilihlah mitra penyedia furniture yang terpercaya. Salah satu mitra yang dapat diandalkan yakni Arkadia Furniture. Selain menyediakan furniture yang berkualitas, perusahaan tersebut juga memiliki after sales yang cukup baik.

 Sumber gambar : pixabay.com

23 comments

  1. Sayangnya sebagai pekerja, kita tidak bisa memilih furniture yang sesuai mau kita dan kita nyaman. Kebanyakan, selama furiture itu nggak rusak dan layak pakai, ya dipakai. Mungkin nanti kalau sudah jadi pemilik usaha, baru bisa improve sama furniture sesuai yang disukai dan sesuai kenyaman

    ReplyDelete
  2. memang benar sih, suasana kantor juga turut menentukan semangat bekerja karyawan, kalo rapi dan enak dipandang kerjanya juga betah dan semangat ya mba.

    ReplyDelete
  3. Memilih funrnitur kantor juga harus memperhatikan , jangan sampai furniturnya membuat ruang gerak karyawan terbatas, ya Mbak.

    ReplyDelete
  4. Dulu saya kerja, cuman pas kerja di kantor proyek baru bisa bebas pilih meja kerja sendiri, soalnya saya ikutan belanjanya hahaha.

    Kalau di kantor malah yang dipake sisa-sisa inventaris proyek, padahal menata ruang meja kerja itu bikin karyawan lebih semangat ya :)

    ReplyDelete
  5. Nah bagusnya kalau pemilik kantor paham dengan kriteria ini. Karena sebagai karyawan kan biasanya cuma pasrah aja dengan suasana kantor. Paling untuk menyamankan diri dengan bawa pernak-pernik :D

    ReplyDelete
  6. Buibu yg kerja dari rumah better juga memperhatikan furnitur, karena ini IMHO berpengaruh di mood tatkala berkreasi yaa

    ReplyDelete
  7. Waduh aku udah nggak ngantor, resign. Tapi anakku pernah ikut lomba design furnitur kantor karena sesuai dg bidang kuliahnya di engineering. Kata dia, furnitur kantor itu harus ergonomik, entah artinya apa, belum tanya heheee

    ReplyDelete
  8. Dari segi ergonomis juga penting ya. Suami saya kurang cocok sama kursi kantor. Sampe kepikiran untuk beli kursi sendiri yang pas untuk tubuhnya

    ReplyDelete
  9. Bener banget Mbak, memilih furniture untuk kantor itu gak sekedar pilih aja. Tapi harus mementingkan kebutuhan dan kenyamanan karyawan juga, secara bisa dibilang karyawan tu lebih banyak menghabiskan waktu produktifnya di kantor daripada di rumah lho. Biar makin semangat gitu kerjanya :)

    ReplyDelete
  10. Saya lagi cari meja a la kantor untuk di kamar sih mbak. Pengen punya furniture yang oke buat investasi kerja di rumah (bekal masa depan, pengennya nggak ngantor terus gitu).

    Ohya sebagai anak kantoran, memang kalau furniture kantor oke, mood kerja juga bisa lebih oke. Ngerasain banget sih waktu visit ke kantor pabrik yang supply barang di tempatku.

    ReplyDelete
  11. Furniture kantor memang sangat penting untuk semua karyawannya ya. Karena mereka bekerja seharian dikantor. Jika furniture nya ga nyaman, mereka bekerjanya juga ga nyaman.

    ReplyDelete
  12. Kayaknya aku harus rekomendasiin ini ke manajer aku deh biar kerja aku makinproduktif soalnya furniture cakeeep dan menunjang pekerjaan banget hahaha

    ReplyDelete
  13. Tips ini paling cocok diketahui pimpinan nih, secara dia itukan penentu kebijakan,hehehe
    Kalau karyawan sih tahunya tinggal pakai saja.

    ReplyDelete
  14. Penting bgt poin terakhir: layanan after sales...kadang stlh bbrp waktu pemakaian furniture yg kita beli ada yg krg ini itu...kalao salesnya lepas tangan jadi repot sendiri. Tp biasanya kl di kantoran sdh ada supplier khusus gitu setau saya

    ReplyDelete
  15. Furniture yang keceh khususnya ruang kerja bisa jadi motivasi tersendiri ya untuk tambah semangat kerja.. akupun dulu waktu ngantor juga gitu.. pengennya ruang kerja tuh nyaman dan menyenangkan.. jadi waktu kerja tidak terasa.. betah deh kerjanya hehe

    ReplyDelete
  16. Aih jadi inget masa lalu ..senang juga menghias meja kerja oke penitipan lucu2..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok jd penitipan pke printilan lucu2 maksudnya

      Delete
  17. Nah bener pilih mitra terpercaya. Kmrn baru aja ada salah satu toko furnitur viral krn gak tanggung jawab kirim barangnya pdhl mayan terkenal lho. Udah gtu pegawainya ubah file foto kliennya jd nama yang jelek dan gak sopan. Jelaslah pembelinya marah. Kok udah gak pro gak ngehargain pembeli gtu katanya

    ReplyDelete
  18. Dulu pernah mba pengin ini itu pelengkap untuk ruang kantor, eehh.. ternyata kekecilan malah. Jadi space ruang yang lebar malah terlihat banyak yang sisa karena furniturenya kecil-kecil. ;)

    ReplyDelete
  19. Kalau aku yg penting nyaman dan setelah itu suka yang unik dan colorful

    ReplyDelete
  20. kalau furniture kegedean terus ruangan kantornya kekecilan yang ada emang jadi sumpek deh. Makanya aku setuju nih, milih furniturenya harus tepat guna

    ReplyDelete
  21. Asli penting banget ini bun pilih furniture yang Pas
    soalnya bisa bikin mood naik drastis dan kerja jadi semangat.

    ReplyDelete
  22. Terima kasih infonya mba
    Aku seneng banget liat furniture nya
    Tapi belum.butuh untuk beli.
    Lumayan untuk cuci mata
    Hahaha

    ReplyDelete