Bunga Untuk Ibu, Lambang Cinta Yang Tak Lekang oleh Waktu

Bunga memiliki beragam makna. Dan makna terindah dari bunga, adalah simbol cinta yang tak lekang oleh waktu. Cinta yang hanya dimiliki oleh manusia paling berjasa dalam hidup kita : ibu.


Dulu, waktu remaja, saya pernah menonton sebuah film asal negara tetangga. Dalam sebuah adegan, sang cowok menitipkan bunga mawar pada temannya untuk disampaikan ke cewek incarannya. Saat bunga itu sampai ke si cewek, kalian tahu gimana responnya? Begini katanya.
“Untuk apa dia kasih bunga? Mending kasih makanan. Bunga ‘kan nggak bisa dimakan.”
Dan ....setangkai bunga mawar itupun berakhir nasibnya di tong sampah.

Untung aja itu cuma di film ya? Dan adegan tersebut, memang menggambarkan kepolosan si cewek yang tidak mengerti makna dibalik pemberian bunga. Andai dia tahu, bahwa bunga mawar mewakili perasaan cinta yang tengah mekar bersemi, pastilah dia akan menerimanya dan merasa tersanjung diberi setangkai bunga mawar.

Untungnya, dalam kehidupan nyata, apalagi di era millenial saat ini, banyak orang telah memahami makna dibalik pemberian bunga. Tidak heran, bunga selalu hadir dalam berbagai acara dan perayaan. Mulai dari momen-momen bahagia seperti pertunangan, pernikahan, pesta, wisuda, launching produk, hingga momen-momen duka seperti saat mengunjungi si sakit ataupun bela sungkawa. Bunga pun hadir dalam beragam kemasan, mulai dari buket, pot, parcel, box, hingga bunga papan.

In joy or sadness, flowers are our constant friends – Okakura Kakuzo

Dan....diantara begitu banyak momen indah yang anda alami, pernahkah anda mempersembahkan bunga kepada orang yang paling berjasa dalam hidup anda?

Bunga Untuk Ibu
  
“Berbicaralah dengan tanaman saat kau menyirami dan memupuknya, maka mereka akan tumbuh dengan indah dan bahagia. “

Ini adalah pesan nenek yang sering terngiang di telinga saya, setiap kali saya melihat kebun bunga. Nenek sangat senang merawat bunga. Hobi ini juga menurun kepada ibu saya. Ibu gemar bertanam bunga, tanaman hijau dan pepohonan di halaman rumahnya yang luas, juga menghiasi interior rumah dengan rangkaian bunga plastik.

Di rumahnya yang asri, terdapat taman di halaman belakang rumah. Taman ini ditanami beragam tumbuhan hijau, juga terdapat kolam ikan. Di taman inilah, kami sering duduk dan minum teh, setiap kali saya pulang mudik.
taman belakang rumah ibu

rangkaian bunga di rumah ibu
tanaman di halaman rumah ibu


Saya bersyukur memiliki keluarga yang tidak sungkan untuk mengungkapkan rasa cinta dan perhatian. Termasuk mengungkapkannya lewat bunga, yang saat itu terbilang cukup langka, dilakukan anak-anak seusia kami.

Ada satu episode keluarga kami yang tidak pernah saya lupakan. Yaitu ketika saya dan saudara – saudara saya masih duduk di bangku sekolah (kami empat bersaudara dan semuanya perempuan). Kami selalu menyisihkan uang jajan untuk membeli seikat bunga untuk kami persembahkan saat hari ulang tahun ibu. 

saya dan ketiga saudara

Tentu, dengan uang yang jumlahnya tidak seberapa itu (uang jajan kami dulu pas-pasan saja), bukan bunga hidup dengan wangi semerbak yang kami beli, melainkan bunga plastik berwarna mencolok yang kemudian kami semprot dengan parfum milik ibu.  Entahlah, apa yang ada dalam benak ibu dulu saat menerima hadiah kami. Yang kami tahu, beliau selalu menyambutnya dengan senyum merekah. Kalau mengingat hal ini, kadang saya jadi tersenyum – senyum sendiri.

Episode lain saat kami kecil dulu tentang bunga, adalah ketika momen hari ibu datang. Adik bungsu saya sangat suka menulis puisi. Biasanya, dia akan membungkus hadiah patungan dari kami bertiga bersama secarik kertas puisinya, plus setangkai bunga yang diambilnya dari rangkaian bunga milik ibu.  Biasanya sih, ibu juga akan tersenyum, terkadang air matanya menetes. Mungkin saja dia terharu. Tetapi, mungkin ibu juga merasa geli melihat hadiah yang disertai seikat bunga plastik miliknya. Apapun itu, kami merasa bahagia, bisa menghadiahi ibu dengan sesuatu yang mewakili ungkapan perasaan kami, dan kami yakin, ibu pun merasakan kebahagiaan yang sama besarnya.

Bunga pada Momen Hari Ibu

           
“I realized when you look at your mother, you are looking at the purest love you will ever know.” – Mitch Albom, For One More Day

Barangkali, tidak semua keluarga punya kebiasaan seperti yang dilakukan keluarga kami. Mungkin saja, antara anda dan ibu, lebih suka mengungkapkan cinta dan kasih sayang lewat perbuatan. Tidak perlu ada ucapan khusus dan momen khusus pula untuk menyatakannya.

Namun, percayalah, setiap wanita, terutama ibu, sangat bahagia tatkala menerima cinta dan kasih sayang yang diungkapkan lewat kata-kata. Lewat hadiah dan pemberian. Terutama dari kita anak-anaknya. Sampai hari ini pun, ibu kami tetap merasa bahagia saat kami memberinya ucapan selamat setiap kali ulang tahunnya datang. Dan biasanya, ayah atau kakak akan mengingatkan saya via telpon, takut kalau-kalau saya lupa memberi ucapan. 

Nah, selain momen ulang tahun, kita beruntung karena punya momen khusus lainnya untuk mengenang jasa-jasa ibu, yaitu Hari Ibu. Hari yang peringatannya jatuh pada tanggal 22 Desember, ditetapkan oleh Ir. Soekarno melalui Keputusan Presiden Nomor 316 tahun 1959, dan bertepatan dengan ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia.

Bagi kita yang masih memiliki ibu, momen Hari Ibu adalah momen yang tepat untuk mengungkapkan rasa cinta dan penghargaan kita akan kasih sayang dan jasa-jasa ibu selama ini. Memang, seorang ibu tidak pernah meminta jasanya diperingati, namun, percayalah, ibu akan merasa sangat bahagia, tatkala momen ini kita isi dengan menunjukkan perasaan dan kasih sayang kita terhadapnya.

Jika anda merasa sungkan atau canggung untuk mengungkapkannya dengan kata-kata, ada satu cara yang sangat manis dan berkesan untuk mengungkapkannya : Say it With Flower. Katakan dengan bunga. Bunga Untuk Hari Ibu.

Ya. Semua wanita menyenangi bunga. Dan bunga lebih dari sekadar hadiah yang indah, tetapi juga mampu mewakili ungkapan perasaan kita terhadap ibu. Bunga melambangkan keindahan. Karenanya, wanita yang dihadiahi bunga akan merasakan dirinya memiliki kecantikan dan keanggunan. Bunga melambangkan cinta. Karenanya, wanita yang diberi bunga akan merasa dicintai. Bunga menggambarkan kepribadian penerimanya. Karenanya, wanita yang mendapat hadiah bunga yang sesuai dengan karakternya, akan merasa tersanjung oleh pemahaman kita terhadapnya. 

Dan bunga .......sebagai perekam kenangan. Karenanya, wanita yang menerima bunga akan mengingat begitu dalam, orang yang telah memberinya bunga dan momen ketika bunga itu dia terima. Itulah sebabnya, sangatlah penting menggunakan momen-momen khusus untuk memberi hadiah yang spesial. Salah satunya, dengan memberi hadiah bunga kepada ibu kita bertepatan Hari Ibu.

Jika anda belum terbiasa memberi hadiah bunga, dan bingung mau memberi bunga apa kepada ibu, tips-tips memilih bunga berikut ini mudah-mudahan bisa mengatasi kebingungan anda :

Pilih sesuai makna
Berbagai jenis bunga mewakili makna yang berbeda-beda. Dan diantara beragam jenis tersebut, terdapat beberapa jenis bunga yang tepat untuk mewakili perasaan kita terhadap ibu. Contohnya, bunga mawar merah yang menjadi simbol cinta dan kelembutan, bunga matahari yang menggambarkan kesetiaan, bunga anyelir melambangkan perasaan yang kuat, anggrek mewakili lika-liku perjuangan hidup, dan bunga lilac yang melukiskan kekuatan cinta. Nah, kalian bisa memilih jenis bunga sesuai makna dan rasa yang ingin kalian ungkapkan kepada ibu, ataupun yang paling tepat mewakili karakter ibu.
mawar merah jambu, lambang cinta dan kelembutan



Pilih sesuai bunga favorit ibu
Setiap wanita umumnya memiliki bunga favorit. Seperti ibu saya, beliau sangat menyenangi bunga mawar.
Nah, anda bisa memilih hadiah bunga yang disukai ibu. Misalnya saja bunga mawar, anggrek, carnation, atau lily.  Anda juga bisa memilih hadiah berupa buket berisi campuran berbagai bunga yang tentunya didominasi dengan bunga favorit ibu.


Pilih sesuai warna

Alternatif lain adalah memberi bunga dengan warna yang disukai ibu, ataupun warna yang menggambarkan karakter ibu kita. Misalnya, warna merah menyala menggambarkan karakter yang kuat dan berani, warna merah jambu cocok untuk karakter yang romantis dan lemah lembut, kuning menggambarkan keceriaan dan kegembiraan, ungu memancarkan daya tarik, pesona dan kemewahan.
Nah, kira-kira apa nih warna yang cocok dengan karakter ibu kalian?



#BridgingTheDistance bersama Flower Advisor


“Saya tinggal berlainan kota dengan ibu. Bagaimana caranya memberi hadiah bunga?”

“Di kota saya, varian bunganya terbatas. Sementara saya ingin mencari rangkaian bunga yang unik dan spesial untuk ibu.

 Bagaimana saya bisa mendapatkannya?”


Now, you needn’t worry anymore. Karena anda bisa mewujudkan impian untuk memberi hadiah bunga terbaik untuk orang yang paling anda cintai, bersama FlowerAdvisor.
FlowerAdvisor adalah toko bunga online nomor satu di Indonesia dan telah meluaskan pemasarannya hingga menjangkau 110 negara di dunia. Ini tentunya sangat cocok menggambarkan tagline FlowerAdvisor yaitu #BridgingTheDistance.  Ada banyak kemudahan dan keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan memesan bunga di FlowerAdvisor, yaitu :


Melayani pengiriman dalam dan luar negeri
Dimanapun anda berada, anda bisa mempercayakan pemesanan bunga kepada FlowerAdvisor, untuk dikirimkan kepada ibu, ataupun kepada orang-orang yang anda cintai, termasuk jika anda atau ibu anda berada di luar negeri.  Cara pemesanannya cukup mudah, anda tinggal memilih nama negara, produk yang diinginkan, tanggal pengiriman dan menyelesaikan pembayaran, dan FlowerAdvisor akan memproses pengiriman bunga pesanan anda. FlowerAdvisor juga melayani permintaan untuk mengirimkan pesanan pada hari yang sama.

Juga tersedia menu tracking order untuk memfasilitasi anda melacak posisi pengiriman.


Layanan CS 24 jam
Tinggal di negara berbeda dengan jam yang berbeda, terkadang menyulitkan kita untuk melakukan pembelian secara online. Untungnya, FlowerAdvisor memahami kesulitan itu dengan menyediakan layanan CS 24 jam penuh. Anda tinggal klik icon 24 hours customer service yang akan mengarahkan anda ke layanan melalui Whatssap. Atau anda juga bisa menghubungi via telpon dan surel.
klik ikon yang dilingkar untuk berkomunikasi dengan CS


nomor kontak di beberapa negara dan surel


Menyediakan varian bunga yang superlengkap

Di FlowerAdvisor, anda akan dimanjakan dengan pilihan bunga yang superlengkap, baik varian jenis, warna, maupun kemasan seperti buket, parcel, hampers, dan bunga papan, yang disesuaikan dengan momen yang kalian inginkan, seperti hari ibu, ulang tahun, perayaan keagamaan, wisuda, kelahiran, dan sebagainya.

Khusus untuk hari ibu, FlowerAdvisor akan merekomendasikan pilihan bunga yang cocok dan menjadi favorit banyak pembeli, seperti Pink Gerberas, Peach Roses, Red Carnations dan Purple Roses.

Terdapat 5 (lima)  kategori teratas diantara beragam pilihan rangkaian bunga yang tersedia untuk momen Hari Ibu, yaitu Fond of You, Your Infinite Love, Take A Bow, Versailles Charm dan Enchanted. Kalian bisa pilih sesuai selera, karakter ataupun bunga favorit ibu.
Fond of You

Your Infinite Love

Enchanted

Take A Bow

Versailles Charm


Jika paket-paket yang tersedia belum sesuai dengan selera dan keinginan kalian, ataupun kalian menginginkan sesuatu yang berbeda, kalian tinggal mengisi form customize order dan mendeskripsikan rangkaian bunga yang kalian inginkan.









Kemudahan pembayaran

Sebagai toko bunga online lintas negara, FlowerAdvisor menyediakan kemudahan pembayaran dengan menerima transaksi melalui Visa Master Card, Pay Pal, American Express dan Pay Now. Jenis mata uang yang digunakan juga disesuaikan dengan keinginan anda dan negara dimana anda berada.

Harga yang kompetitif
FlowerAdvisor menyediakan beragam pilihan bunga mulai dari harga yang paling murah hingga yang paling mahal. Kalian bisa menyesuaikan pilihan sesuai anggaran yang kalian miliki. Dan kalian nggak perlu khawatir, karena FlowerAdvisor menyediakan produk-produk dengan kualitas terbaik dan pelayanan yang excellent.

Jangan biarkan rasa cinta kepada ibu hanya mengendap di dasar hati karena anda sungkan mengatakannya. Mari ungkapkan dengan memberinya rangkaian bunga yang mewakili dalamnya rasa cinta kita, serta  rasa terima kasih kita untuk cintanya yang abadi. Cinta yang tak lekang oleh waktu. Cinta yang akan menambah hangatnya hubungan kita dengan ibu. Karena sosok ibu, adalah bunga cinta itu sendiri, sebagaimana yang pernah diungkapkan oleh Stevie Wonder :

Mama was my greatest teacher, a teacher of compassion, love and fearlessness. If love is sweet as a flower, then my mother is that sweet flower of love.” – Stevie Wonder(Mama adalah guru terhebatku, seorang guru yang penuh kasih sayang, cinta, dan tak kenal takut. Jika cinta semanis bunga, maka ibuku adalah bunga manis dari cinta itu.
 Cari bunga untuk dihadiahkan kepada ibu atau orang-orang tercinta? Di FlowerAdvisor aja.
When it comes to give flower, comes to FlowerAdvisor.

Bahan bacaan :
www.floweradvisor.co.id
https://uprint.id/blog/bunga/

Sumber gambar :
Dokumentasi pribadi
www.floweradvisor.co.id
www.pixabay.com


17 comments

  1. Hari ibu kemarin kesedihan menaungi saya. Bukan karena tidak ada bunga, tetapi saya tidak bisa berjumpa.
    Padahal melalui bunga sesungguhnya semua perasaan kita bisa terwakilkan ya. Apalagi untuk mendapatkannya bisa secara online.

    ReplyDelete
  2. diantara bunga bunga saya paling suka diberi bunga mawar merah, nggk ada yang bisa ngalahin cakepnya bunga mawar

    ReplyDelete
  3. Aha, katakan dengan bunga bisa mewakilinya. Flower advisor adalah tempat yang tepat untuk menyajikan rangkaian bunga yang bisa kita pilih untuk dikirimkan kepada orang yang tersayang.
    Di Indonesia budaya memberi bunga belum populer, semoga nanti lebih populer lagi. Rangkaian bunganya juga cantik.

    ReplyDelete
  4. Bunga memiliki arti yang begitu dalam ya, sayangnya seumur hidupku rasanya belum pernah ada yang memberi bunga. Wakakaka kasihan banget akuh

    ReplyDelete
  5. Mbak, itu di photo Karim's daughter, yang paling depan dan belakang kembar ta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak mbak. Yg depan yg sulung..yg belakang itu akuh 😊

      Delete
  6. Ya ampun kok aku ngga kefikiran kasih bunga ke Ibu mertua aku ya.. nice to share mbak, kadang kita terlalu mikirin yang terlalu jauh.. tapi hal simpel berupa bunga ngga terfikir ya.. well noted mbakku

    ReplyDelete
  7. Bunga memang selalu istimewa... ada perasaan gimanaaa gitu ya mba kalau menerima bunga

    ReplyDelete
  8. Aku mah salfok sama 4 dara itu meni atlantik bagai bunga hahaha

    ReplyDelete
  9. Aku jadi ingat pernah minta dibeliin bunga ama suami saking nggak pernah dbeliin bunga tapi aku bbrapa kali yang beliin buat suami. Hahaha


    Tapi sedih nggak semapt beliin buat mama :(

    ReplyDelete
  10. Bunga salah satu simbol yang maknanya dalam banget. Emang bunga Salah satu hadiah istimewa ya apalagi hari ibu.

    ReplyDelete
  11. Saya belum pernah ngasih ibu saya bunga hehhe. Soalnya ibu saya tidak terlalu suka bunga yang hidup, katanya enggak bisa tahan lama soalnya. Tapi saya pikir, gapapalah sekali-kali dikasih bunga hidup, siapa tahu sekarang beliau suka heheh

    ReplyDelete
  12. Kayanya bunga itu emang melambangkan wanita banget yaaa, lembut wangi indah.. duuh. Belum sempet beliin ibu apa-apa nih di hari Ibu kemarin. DUlu sempet ngasih kado pas hari ibu, eh Ibu ngga ada terharu-terharunya hahah jadi kaga pernah kasih kejutan lagi setelah itu hahaah

    ReplyDelete
  13. Waah...jangan-jangan tokoh yang memerankan film itu, Ibuku.
    Huhuu~
    Ibuku juga tipikal "Gak mau dikasih bunga".

    Makanya aku nelangsaaa...samsap saat ini belum ada yang kasih bunga.
    Hhehee...((jaman sekolah pernah siih...trus diumpetin, biar ga dibuang sama Ibu))

    ReplyDelete
  14. Bunga juga bisa jadi kado terbaik ya Mbak untuk orang yang kita sayangi. Untungnya sekarang udah ada FlowerAdvisor jadi kalau mau pesan bunga nggak perlu pusing cari kemana-mana , tinggal kunjunguli toko onlinenya saja.

    ReplyDelete
  15. Mbaa, itu rumah ibu asri zekali :) Bunganya tumbuh subur. dan hadiah bunga di hari ibu menurutku tepat zekali :)

    ReplyDelete
  16. Jadi ingat masa kuliah, tiap ada temen wisuda dikasih bunga rasanya seneng banget merasa spesial. Enak ya ada Flower Advisor bisa beli bunga online

    ReplyDelete