Mudahnya Mengelola Pembukuan Usaha Rumahan yang Terintegrasi dengan Accurate Online


Mungkin, tidak banyak lulusan universitas di negeri ini yang langsung bercita-cita ingin menjadi pengusaha setamat kuliah. Lebih banyak yang bercita-cita ingin bekerja di kantor atau perusahaan. Tidak heran, jika saat ini, Indonesia masih memiliki rasio pengusaha di sekitar kisaran 3,1%. Sementara, untuk menjadi negara maju dibutuhkan rasio pengusaha alias enterpreneur lebih dari 14%.
       
 Padahal, pentingnya keberadaan pelaku usaha di sebuah negara, khususnya pelaku usaha skala kecil, atau di negara kita disebut UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah),  terbukti dapat “menjamin” keberlangsungan perekonomian sebuah negara. Atau dengan kata lain,  si “kecil” ini memiliki kontribusi yang besar dan krusial bagi ekonomi makro. 

Sebagai contoh, negara Taiwan yang berhasil selamat saat badai krisis moneter melanda dunia, ternyata memiliki pelaku UMKM dengan jumlah yang besar di negaranya. Saat krisis moneter melanda negara kita pada tahun 1998, dimana banyak perusahaan besar bangkrut dan terpuruk, usaha kecil justru mampu untuk tetap bertahan dari krisis. Ketahanan ini antara lain didukung oleh faktor permodalan, dimana UMKM umumnya menggunakan modal sendiri dan tidak bergantung pada pinjaman dari luar. 

Kontribusi penting lainnya dari UMKM, adalah dalam hal penyerapan tenaga kerja. Tercatat, UMKM mempekerjakan 97,3 % tenaga kerja dari keseluruhan tenaga kerja di unit usaha, dengan 99,9 % unit usaha di Indonesia, didominasi oleh usaha mikro.

Maka, kualitas dan kuantitas UMKM tentu harus terus ditingkatkan. Kualitas UMKM salah satunya tercermin dari kualitas SDM yang mengelola usaha, termasuk di dalamnya penguasaan teknologi sebagai alat bantu dalam mengembangkan usaha. 
Saat ini jumlah pengusaha UMKM  telah mencapai 59,2 juta (data dari Kemenkop UKM). Dari jumlah tersebut, baru sekitar 3,79 juta pengusaha saja yang sudah Go Online atau baru di kisaran 8% saja. 
Angka ini secara tidak langsung menunjukkan, bahwa sebagian besar pengusaha UMKM masih menggunakan cara – cara manual untuk menjalankan usahanya. Padahal, menilik data dari hasil studi Polling Indonesia yang bekerjasama dengan  Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di seluruh Indonesia telah mencapai 64,8 % atau sekitar 171,17 juta jiwa. Data ini diambil pada rentang periode Maret hingga April 2019 dan melibatkan 5.900 sampel dengan margin of error sebesar 1,28%.

Data tersebut diatas menunjukkan, bahwa besarnya jumlah pengguna internet di Indonesia, tidak diimbangi dengan jumlah pengusaha UMKM yang menggunakan teknologi informasi atau sistem online dalam mengembangkan usahanya.

Fenomena umum menunjukkan, bahwa teknologi informasi bagi pengusaha UMKM lebih banyak digunakan untuk tujuan promosi. Padahal, pengusaha UMKM juga semestinya dapat memanfaatkan teknologi untuk melakukan proses paling penting dalam bisnis, yaitu  pembukuan.

Menurut UU Nomor 28 Tahun 2007 Pasal 28, pembukuan adalah suatu proses pencatatan yang dilakukan secara teratur untuk mengumpulkan data dan informasi keuangan yang meliputi harta, kewajiban, modal, penghasilan, dan biaya, serta jumlah harga perolehan dan penyerahan barang atau jasa, yang ditutup dengan menyusun laporan keuangan berupa neraca, dan laporan laba rugi untuk periode tahun pajak tersebut.

Sebagai pengusaha, pembukuan merupakan sebuah keharusan agar bisa menjalankan usaha dengan lebih baik, karena pembukuan memiliki manfaat baik jangka pendek maupun jangka panjang antara lain :
»  Pemisah aset perusahaan dan pribadi
»  Acuan dalam membuat keputusan
»  Menunjukkan keuntungan perusahaan
»  Acuan dalam perhitungan dan pelaporan pajak
»  Laporan kepada pihak eksternal

Dulu, pencatatan terhadap debit, kredit, neraca, stok opname dan sebagainya dilakukan secara manual di dalam buku sebesar kertas folio, namun kini, telah hadir berbagai pilihan aplikasi laporan keuangan yang dapat membantu para pelaku/pengusaha UMKM untuk melakukan pembukuan dengan lebih praktis, mudah dan akurat. Ini tentunya dapat menjadi pertimbangan bagi para pelaku UMKM untuk meninggalkan pola pembukuan secara manual dan beralih kepada aplikasi pembukuan. 

Bambam Bakery salah satunya. UMKM yang dikelola kakak saya di kampung kelahiran di Tanah Pilih Pesako Betuah, Jambi ini, juga telah menggunakan software akuntansi untuk mendukung pengelolaan usahanya.

Sekilas Profil dan Perjalanan Bambam Bakery
            
bag. depan ruko Bambam Bakery
Kakak saya merintis usaha home bakery ini sejak bulan Maret 2008.  Berawal dari gelombang PHK dan perusahaan tempatnya bekerja mengalami gulung tikar, kakak saya kemudian memutuskan untuk terjun ke dunia usaha.

Selanjutnya, didorong oleh semangat menyediakan makanan halal dengan pengolahan yang baik untuk konsumsi masyarakat menengah ke bawah, sekaligus menyediakan lapangan pekerjaan bagi ibu – ibu rumah tangga sehingga dapat membantu pendapatan keluarga mereka, Alhamdulillah, usaha rumahan ini mampu bertahan hingga hari ini. Segmentasinya adalah kalangan mahasiswa dan siswa sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMU. Dengan kualitas premium dan harga yang sangat bersahabat, boleh dibilang, Bambam Bakery menjadi satu – satunya pemain untuk usaha bakery di kelas tersebut. Sementara sebagian besar usaha bakery di Jambi, didominasi oleh industri kelas menengah.

Mulanya usaha roti ini hanya mempekerjakan satu orang karyawan dengan produksi sekitar tiga ribuan roti perbulan. Seiring waktu dan respon pasar yang Alhamdulillah terus membaik, produksinya terus bertambah hingga pernah mencapai 25 ribu roti/bulan dengan mempekerjakan delapan karyawan. Berikut adalah video proses pembuatan roti di Bambam Bakery :



Satu hal yang membedakan roti produksi Bambam dengan roti bakery lainnya, adalah tidak menggunakan bahan pengawet tambahan yang biasa digunakan dalam industri roti. Untuk menjaga keawetan roti, kakak saya mengedepankan kebersihan tempat dan alat serta hanya menggunakan bahan pengawet alami yakni gula dan garam. Untuk menjaga kualitas produk, setiap produk yang dijual akan ditarik setelah dijual selama dua hari saja. Selain itu, varian rasanya juga sangat beragam untuk ukuran usaha skala kecil. Pernah memiliki hingga 23 varian rasa, kini Bambam Bakery menghadirkan 18 rasa pilihan dan pengembangan aneka bentuk roti. Selain roti, Bambam Bakery juga menjual kue kering dan kue basah pada pada momen lebaran serta menerima pesanan kue kotak.  



Pengelolaan Pembukuan Bambam Bakery

Pembukuan Bambam Bakery dikerjakan langsung oleh kakak saya selaku owner.  Sebagai usaha rumahan, sebenarnya masih tergolong wajar ketika pembukuan langsung ditangani oleh pemilik. Apalagi, tidak satupun karyawan Bambam Bakery yang berlatar pendidikan accounting. Berikut adalah proses sederhana bisnis Bambam Bakery :
 



            Mulanya kakak saya menggunakan cara manual dalam proses pencatatan alur keluar masuk uang. Dengan menggunakan sebuah buku catatan, kakak saya mencatat pembelian bahan baku,  pengeluaran biaya hingga laba. Sayangnya, selama beberapa tahun hanya mengandalkan cara pembukuan konvensional, kakak saya kerap menemui kendala seperti :

            Setelah beberapa tahun berjalan, Bambam Bakery pun tak luput dari mengalami pasang surut. Kenaikan harga yang cukup signifikan juga berdampak pada volume produksi Bambam Bakery, yang pada dua tahun terakhir mengalami penurunan hingga mencapai 50%. Namun, penurunan omset tidak berarti sistem pembukuan manual tetap bisa diandalkan.  Justru menjadi kian kompleks karena Bambam Bakery harus berekspansi mengembangkan bentuk – bentuk bisnis baru dan menyiapkan strategi lain sebagai antisipasi penurunan omset. Adapun pengembangan yang dilakukan Bambam Bakery antara lain :
  • Pengembangan layanan dengan menyediakan fasilitas Outing Class atau Kunjungan Edukasi dengan konsep Open Kitchen bagi sekolah – sekolah dari tingkat PAUD hingga SMA.
  • Pengembangan varian baru yaitu Roti Bun dan Roti gandum
  • Penambahan jumlah tenaga pemasaran untuk memperluas cakupan penjualan
 Ketiga jenis pengembangan ini tentunya menambah elemen dalam pencatatan pembukuan, mulai dari pencatatan persediaan, pengeluaran hingga gaji karyawan, selain elemen lain yang muncul sewaktu-waktu, misalnya saat mendapat pesanan di luar produksi rutin. Sarana produksi yang telah digunakan selama bertahun-tahun juga tak luput harus diperhitungkan biaya penyusutannya dan biaya tak terduga ketika mengalami kerusakan.
pencatatan Bambam Bakery secara manual


Maka, di awal tahun 2019 ini, kakak saya mulai melirik sistem pembukuan dengan menggunakan aplikasi pembukuan. Beliau menyadari, bahwa salah satu bentuk adaptasi usaha skala kecil terhadap perkembangan teknologi informasi agar bisnisnya bisa naik kelas, adalah dengan memanfaatkan peran teknologi untuk mendukung pengembangan usaha. Namun, sebagai seorang yang juga tidak memiliki latar akuntansi, kakak saya memerlukan aplikasi pembukuan yang mudah dipahami, praktis dalam penggunaan dan tidak menguras kantong. Dan saat ini, aplikasi Accurate Online adalah software akuntansi online yang mampu menjawab kebutuhan kakak saya dalam mengelola Bambam Bakery.

Accurate Online merupakan software akuntansi dari Accurate Accounting software milik anak bangsa yang dikembangkan oleh CPSSoft berbasis web dan cloud database. Saat ini, aplikasi ini telah memiliki  basis pengguna hingga lebih dari 60 ribu users dan digunakan sebagai mata kuliah di 20 universitas terkemuka. Terdapat beberapa keunggulan dari aplikasi ini yang sangat membantu dalam proses pembukuan, khususnya pembukuan UMKM, yaitu :

Fitur yang lengkap
sumber : accurate.id
Terdapat 8 (delapan) fitur didalam aplikasi ini, yang dapat dipilih oleh pelaku usaha dalam menjalankan proses bisnisnya, sebagai berikut :
  • Fitur umum : multi pengguna, multi cabang, persetujuan transaksi, pengaturan karyawan, cost dan profit center, dan lain-lain
  • Fitur penjualan : penawaran dan pesanan penjualan, faktur penjualan, retur, pengiriman pesanan, komisi penjual,  dan lain-lain
  • Fitur pembelian : permintaan pembelian, pesanan, faktur, retur, harga pemasok, dan lain-lain
  • Fitur persediaan : stok opname, multi gudang, pengaturan persediaan, dan lain-lain
  • Fitur perpajakan : PPN, PPh pasal 23, PPh pasal 15, dukungan eFaktur, dukungan eSPT Masa, dan lain-lain
  • Fitur buku besar : jurnal umum, akun perkiraan, anggaran, pencatatan beban, dan lain-lain
  • Fitur kas dan bank : pembayaran, penerimaan, transfer bank, rekening koran, dan lain-lain
  •   Fitur aset tetap : pengaturan, perubahan, disposisi, transfer aset, dan lain-lain
Dengan fitur yang superlengkap tersebut, aplikasi ini dapat membantu efisiensi usaha, apapun bentuk proses bisnisnya. Mulai dari penawaran penjualan, pengiriman pesanan, faktur penjualan, hingga penerimaan pembayaran dengan mudah dan cepat. Fitur kas dan bank dapat memudahkan pengguna untuk menarik data rekening koran dari internet banking dan melakukan rekonsiliasi bank dengan mudah dan cepat. Fitur perpajakan pula dapat membantu penghitungan pajak secara otomatis dan efisiensi dalam pekerjaan perpajakan. Jadi, dengan satu aplikasi, sudah dapat mengakomodir proses bisnis dari hulu hingga ke hilir.
contoh fitur pemenuhan pesanan pada Accurate Online  (sumber : cpssoft.com)



Layanan eksklusif Accurate Online (AOL) Private Cloud
Sebagai aplikasi berbasis cloud database, AOL Private Cloud menyediakan layanan eksklusif kepada penggunanya dengan keunggulan sebagai berikut :
  •  Privasi lebih terjaga
Database keuangan perusahaan akan tersimpan di server milik pelanggan dan di lokasi yang ditentukan pelanggan sendiri, sehingga privasi lebih terjaga dan sepenuhnya berada dalam kontrol pelanggan.
  •  Memiliki kontrol lebih
Pelanggan memiliki kontrol dan fleksibilitas yang lebih baik atas alokasi sumber daya yang dibutuhkan.
  •  Lebih reliabel
Dengan layanannya yang eksklusif, sumber daya yang ada tidak digunakan secara berbagi dengan pengguna lainnya, sehingga pelanggan dapat lebih optimal dalam menggunakan sumber daya server.
sumber : accurate.go.id

Efisiensi dalam pengawasan laporan dan kinerja
Pengguna dapat memantau dan melihat lebih dari 200 laporan keuangan dan operasional secara instan tanpa perlu menunggu karyawan membuat laporan. Gambaran umum bisnis ini dapat diakses secara cepat melalui halaman dashboard yang tampilannya dapat diatur sesuai kebutuhan.

Tersedia aplikasi Accurate Lite bagi Pelaku UMKM
Bagi pelaku UMKM yang tergolong awam terhadap akuntansi ataupun ketiadaan SDM accounting yang handal seperti yang dialami Bambam Bakery, tersedia aplikasi Accurate Lite yang lebih ringan, simpel dan fungsional dengan sejumlah keunggulan yang sangat memudahkan dalam penggunaannya yaitu :
Tampilan yang ringkas dan mobile friendly 
Berbagai proses pembukuan dapat dilakukan melalui smartphone atau gawai dengan sistem yang mudah dipahami, sehingga pengguna dapat melakukan pembukuan kapan saja dan dimanapun dengan cepat dan praktis.

Selalu terkontrol 
Adanya fitur perubahan stok persediaan dan scan barcode pada aplikasi ini, membuat pengguna dapat memantau dan mencatat ketersediaan stok dengan mudah tanpa harus menghitung secara manual.

Mengatur pengeluaran dengan lebih bijak 
Tersedianya fitur pembuatan dan pencetakan faktur langsung dari smartphone dengan menggunakan bluetooth printer, sangat membantu pengguna dalam mengawasi pengeluaran, memproses transaksi dan mengarsipkannya tanpa harus menyimpannya di folder laptop atau di buku pencatatan.

Memantau laporan keuangan dengan mudah dan efisien 
Aplikasi ini juga menyediakan fitur laporan yang lengkap dan mudah dipahami sehingga pengguna dapat mengecek secara rinci setiap detil transaksi dan pencatatan keuangannya.

Dengan sejumlah keunggulan tersebut, inilah kemudahan dan manfaat yang diperoleh kakak saya sebagai pelaku UMKM  dengan penggunaan Accurate Online, khususnya Accurate Lite :
*      Mudah dipahami
Meskipun memiliki fitur layanan yang kompleks, aplikasi ini terbilang mudah dipahami sehingga tidak menyita waktu pengguna untuk mempelajarinya, termasuk yang awam terhadap akuntansi sekalipun.  Sistem ini juga menyediakan pelayanan (support center) yang siap menjawab pertanyaan customer setiap saat anda memerlukannya atau menemui kesulitan dalam pengoperasiannya. 
*      Bebas ribet
Sebagai pemilik usaha yang sekaligus bertindak sebagai akuntan dan manajer Bambam Bakery, banyak hal yang menyita waktu, pikiran dan energi kakak saya dalam mengembangkan usahanya. Selain masalah pembukuan, kakak saya juga harus terus memikirkan strategi promosi dan inovasi, bagaimana meningkatkan volume produksi dengan biaya yang efisien, bagaimana menyiasati kenaikan harga bahan baku yang tidak terprediksi dan berbagai urusan lainnya. Maka, sistem akuntansi berbasis online ini sangatlah membantunya dalam hal menangani pembukuan. Accurate online membuat pembukuan Bambam Bakery menjadi lebih mudah, cepat dan terintegrasi secara detil. 

*      Harga yang bersahabat
Sebagai pelaku usaha, terlebih-lebih pengusaha skala kecil, celah pengeluaran sekecil apapun tetaplah harus diperhitungkan. Untungnya, Accurate Online khususnya Accurate Lite menyediakan paket dengan harga yang sangat bersahabat, yaitu mulai dari Rp. 200 ribu per bulan.  Pengguna sudah dapat melakukan beragam proses bisnis secara lengkap dan cepat,  mudah dalam pengontrolan, serta prosesnya bisa dilakukan secara mobile cukup dengan gawai atau smartphone. Ini dapat memangkas pengeluaran dalam hal penggajian karyawan karena banyak pekerjaan manusia yang telah tergantikan oleh aplikasi.
Bagi anda yang pemula dan belum pernah menggunakan aplikasi sebelumnya, terdapat paket coba gratis selama 30 hari plus video panduan yang menjelaskan tentang sistem kerja aplikasi. 
*      Tingkat akurasi yang tinggi dan meminimalisir kesalahan
Pencatatan secara manual yang dilakukan di Bambam Bakery selama ini, sangat berpotensi mengalami resiko kesalahan, mengingat dalam prosesnya sepenuhnya mengandalkan sumber daya manusia. Maka, saat terjadi kesalahan dalam penghitungan, yang biasanya antara satu proses dengan yang lain saling terkait, penghitungan ulang akan memakan cukup banyak waktu dan energi yang seharusnya bisa dimaksimalkan untuk pekerjaan lainnya.
Dengan Accurate Online yang menyajikan perekaman dan pembukuan data secara akurat, kesalahan peghitungan dapat diminimalisir, pembukuan bisa dikerjakan dengan lebih cepat, kalkulasi untung rugi usaha dapat langsung terlihat, dan kontrol atas keseluruhan proses keuangan dapat berlangsung dengan lebih efisien. 


Aplikasi ini bisa diunduh melalui play store, dan untuk Accurate Lite, saat ini telah digunakan oleh lebih dari 5000 pelaku UMKM.  Cara mengunduhnya bisa anda simak pada video berikut :


Jadi, jika anda adalah seorang pelaku UMKM atau pengusaha rumahan yang awam terhadap akuntansi, yang tidak memiliki SDM accounting yang handal, yang selama ini terbiasa menggunakan pencatatan secara manual, yang merasa kerepotan saat harus melakukan berbagai proses bisnis dengan sistem konvensional, yang ingin mengembangkan usaha dengan bantuan sarana yang praktis dan efisien, kini saatnya anda beralih dan menggunakan Aplikasi Accurate Online. Satu aplikasi yang akan mempermudah seluruh proses bisnis dalam usaha anda, meningkatkan efisiensi (waktu, tenaga dan biaya), dan memberi anda peluang lebih banyak untuk mengalokasikan waktu dan tenaga bagi pengembangan usaha anda.

Saya yakin, dengan semakin banyaknya UMKM yang menggunakan aplikasi berbasis teknologi dalam proses bisnisnya, akan berkontribusi terhadap akselerasi pertumbuhan UMKM di Indonesia, dan semakin banyak UMKM yang naik kelas menjadi usaha skala menengah bahkan industri besar yang layak diperhitungkan. 

Referensi :
accurate.id
accuratego.id
republika.co.id
Buku Jangan Mau Seumur Hidup jadi Orang Gajian - Valentino Dinsi


           
 



16 comments

  1. Mantul kakak...
    Emang kini kita sudah harus beralih manfaatkan aplikasi drpd mengandalkan manual ya.
    Jadi hasil bisnisnya lebih keliatan.

    ReplyDelete
  2. Nice review, detail oke, tertarik tanpa ada unsur penggiringan opini berlebihan

    ReplyDelete
  3. Tidak hanya sekelas perusahaan, anggaran rumah tangga juga memang lebih baik dibuatkan catatan keuangan nya ya. Meksi terlihat sepele saya akui catatan keuangan ini memang sangat penting dan banyak manfaatnya

    ReplyDelete
  4. Wahhh adik kakak yg sungguh warbiaysaaakk. Salut banget aku, Teh.
    Dgn metode pmbukuan transaksi yg rapi, insyaAllah UMKM bakal majuuuu, naik kelas dan berjaya d negeri sendiri

    ReplyDelete
  5. Catatan keuangan penting banget, karena bisa untuk kontrol usaha, juga kerapian manajemen salah satunya dengan akutansi ini.
    Aku masih perlu belajar lagi nih tentang akutansi, sekalian juga lagi cari ide mau usaha

    ReplyDelete
  6. Wah perlu kuinfokan ke rekan yang sedang berusaha mengembangkan UKMnya nih.. TFS ya mba..

    ReplyDelete
  7. pembukuan itu wajib buat usaha kak, gak ada pembukuan nggak mungkin bisa tahu laba dan rugi pasti yg dialami dalam 1 periode hehe

    ReplyDelete
  8. Mantul banget mbak Aplikasi accuratenya memudahkan banget para penjual untuk mengolah keuangan agar lebih tepat.

    ReplyDelete
  9. Lengkap deh aplikasi ini. Harganya terjangkau, penggunaannya juga mudah sehingga membantu usahanya menjadi lebih mudah ya mba :)

    ReplyDelete
  10. Benar-benar ngebantu banget ya kak ini, semoga banyak yang tahu mengenai software ini. Dan memang zaman sekarang harus benar2 memanfaatkan teknologi.

    ReplyDelete
  11. Sukses untuk usahanya ya mba semoga makin banyak cabang, utk keuanganya sudah ada aplikaai ini membantu banget yaa

    ReplyDelete
  12. Fiturnya lengkap banget mbak, aku juga udah cobain ini dan bagus untuk pencatatan jadi pengen langganan perbulan.

    ReplyDelete
  13. Wah mantap penting nih buat para pelaku UKM supaya bisa memenej usahanya dgn baik.

    ReplyDelete
  14. Oh pantesan Mba Lyta bisa bikin kue ya. Ternyata kakaknya juga punya toko bakery. Kalo udah pake pembukuan gitu, jadi makin maju nih tokonya karena tau persis keuntungannya berapa.

    ReplyDelete
  15. Sekarang mau usaha tambah mudah ya. Banyak fitur yang membantu memudahkan usaha kita

    ReplyDelete
  16. di zaman yang serba digital begini emag mau ga mau kita harus beralih ke sesuatu yang terintegrasi dan lebih praktis ya kak. mudah mudahan para pengusaha lebih mudah memajukan usahanya dengan ini

    ReplyDelete