Miliki Hidup Sehat dan Tingkatkan Wawasan Kesehatan bersama Sehatq.com

       
    
      Kesehatan adalah anugerah yang sangat berharga. Jika kesehatan kita baik, kita bisa melakukan berbagai kegiatan dengan optimal, hidup pun akan lebih berkualitas. Sebaliknya, “mahal”nya nilai sehat, baru terasa saat kita sakit. Ketika kondisi tubuh lemah dan didera penyakit, nikmat hidup akan terasa berkurang, aktivitas terganggu, target hidup pun sulit dicapai.
        Perubahan gaya hidup masa kini disinyalir memicu timbulnya berbagai masalah kesehatan. Tuntutan karir, ambisi, hidup yang kian individualis dan kompetitif membuat manusia modern rentan mengalami stress. Jika stress terjadi berkepanjangan, dapat meningkat menjadi depresi. 
           Ketua Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) mengatakan, bahwa saat ini di negeri ini terdapat 15,6 juta penduduk yang mengalami depresi. Dari jumlah tersebut, baru sekitar 8% saja yang mencari pengobatan ke profesional.


            Masalah lain yang juga muncul dari pergeseran gaya hidup adalah meningkatnya jumlah penderita masalah mata akibat penggunaan gawai dan alat elektronik. Juga meningkatnya penderita penyakit kardiovaskular yang semula menyerang usia 40 tahun ke atas, kini turut menyerang manusia pada rentang usia 20 hingga 30 tahun ke atas.

            Namun, di tengah beragam perubahan dan pergeseran yang berdampak terhadap kesehatan, ada sisi lain yang harus kita syukuri. Hidup di era millenial berarti hidup dengan dikelilingi informasi yang dapat kita akses dalam setiap detiknya. Termasuk informasi tentang upaya – upaya menjaga kesehatan. 

            Data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyatakan, bahwa terdapat 171,17 juta penduduk Indonesia yang terhubung dengan internet di sepanjang tahun 2018. Terdapat pertumbuhan sebesar 27,9 juta pengguna internet dibanding tahun 2017 lalu. Peningkatan jumlah pengguna internet ini juga digambarkan dari infografis dari validnews.id berikut ini :

            Apa yang unik, hasil survei menunjukkan, akses terhadap internet di negara kita didominasi oleh chatting yang prosentasenya mencapai 89,35%, disusul social media dengan prosentase 87,13%. Ini menunjukkan, bahwa kecenderungan masyarakat kita yang sejak dulu gemar “guyub”, alias berkelompok  dan bersosialisasi, ternyata juga memiliki kecenderungan yang sama di dunia maya.

            Terkait pemanfaatan internet di bidang kesehatan, survei menunjukkan prosentase 51,06 % untuk tujuan mencari informasi kesehatan, dan 14,05 % yang melakukan konsultasi dengan ahli kesehatan. 

Prosentase yang belum dapat dikategorikan tinggi ini, antara lain dipicu oleh faktor-faktor berikut :
  • Kecenderungan sebagian besar masyarakat untuk mencari informasi kesehatan hanya di saat mengalami masalah kesehatan
  • Keragu-raguan terhadap informasi yang diberikan oleh platform kesehatan
  • Sugesti bahwa konsultasi kesehatan lebih nyaman dilakukan secara langsung dengan dokter langganan
           Terlepas dari faktor-faktor diatas, sebagai seorang yang sering mengakses platform kesehatan digital, saya dan keluarga merasakan bahwa platform kesehatan digital sangat bermanfaat dalam menambah informasi dan membantu mengelola kesehatan keluarga.

Beberapa tahun lalu, keponakan saya yang kala itu berusia tujuh bulan didiagnosa mengalami anemia karena defisiensi zat besi. Terus terang, ini adalah yang pertama terjadi dalam keluarga besar kami. Bermula dari pemeriksaan klinis terhadapnya yang kala itu mengalami demam. Hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan kadar hemoglobinnya kurang dari 6. Ibunya, yang juga adik saya, tak urung langsung menangis. Tetapi, dia berusaha tetap tenang agar pikiran tetap terbuka dalam mencari solusi. Selain terus berkonsultasi dengan dokter anak, adik saya juga mencari informasi di platform kesehatan digital tentang masalah yang dialami anaknya.
 
keponakan saya saat bayi
            Berbekal informasi yang diperoleh, adik saya pun memberikan asupan makan yang tepat kepada anaknya untuk menaikkan kadar hemoglobin, dipadukan dengan suplemen zat besi yang diresepkan dokter.  Alhamdulillah, dalam rentang waktu kurang dari tiga bulan, permasalahan ini bisa diselesaikan. Kini keponakan saya telah berusia delapan tahun dan dia tumbuh menjadi anak yang aktif dan cerdas. 
keponakan saya di usia 8 tahun
             Kasus berikutnya terkait  pemanfaatan platform kesehatan digital  yang dirasakan keluarga kami, adalah manakala adik saya mengalami Blighted Ovum pada kehamilan ketiganya tahun lalu. Ini juga menjadi kasus pertama dalam keluarga kami. Kembali, platform kesehatan digital  menjadi andalan untuk mendapatkan informasi. Adik saya pun terhindar dari kepanikan dan tahu cara yang tepat untuk mengatasi masalah yang dialaminya. Enam bulan pasca kasus tersebut, adik saya dikaruniai anak ketiga, seorang bayi perempuan yang cantik dan lucu.

Dari pengalaman tersebut, dapat saya simpulkan bahwa platform kesehatan digital sangat bermanfaat untuk :
1.    Menyediakan informasi kesehatan melalui media digital yang mudah diakses oleh siapa saja dan dimana saja, khususnya kalangan milenial yang memang menjadikan akses internet sebagai bagian dari gaya hidup.
2.    Membuka wawasan dan menambah pengetahuan terhadap ilmu dan pengetahuan di bidang kesehatan yang belum kita ketahui.
3.    Memberikan solusi penanganan yang tepat dan saran alternatif tindakan ketika kita berada dalam kondisi darurat. Misalnya ketika mendapat serangan penyakit mendadak di luar jam pelayanan kesehatan dan konsul dokter, ataupun berada di lokasi yang jauh dari faskes.
4.    Menyediakan layanan konsultasi gratis secara online untuk menjawab pertanyaan kita terkait keluhan penyakit, gangguan kesehatan dan sebagainya
5.     Membantu meningkatkan kualitas hidup dengan menghadirkan informasi kesehatan dan tips-tips penjagaan kesehatan yang selalu up to date.


Di tengah perkembangan teknologi informasi yang kian pesat dan menjamurnya platform berita termasuk platform kesehatan digital, tentu, kita harus selektif dalam memilih sumber informasi. Karena urusan kesehatan, menyangkut urusan jasmani dan rohani, atau lebih sederhananya, kesehatan adalah sesuatu yang langsung terhubung dengan hidup dan kehidupan. 

Oleh karena itu, saya dan keluarga selalu mengakses informasi dari platform yang terpercaya. Dan khusus untuk masalah kesehatan, kini kami mempercayakannya pada Sehatq.com. Platform kesehatan yang diluncurkan pada 25 September 2019 ini, meski masih terhitung baru dalam usia, namun sejak kali pertama mengaksesnya, berhasil merebut hati saya dengan sejumlah keunggulannya berikut ini :

1.   Tampilan yang simpel dan eye catching
Dengan background warna putih bersih dan tampilan yang simpel, platform ini memang pas merepresentasikan dunia kesehatan yang identik dengan warna putih namun tata letaknya tetap eye catching dan tidak kaku. Pemilihan jenis huruf dan tampilan visual berada dalam porsi yang tepat, tidak berlebihan atau dengan kata lain, proporsional.

     2.   Mudah dalam navigasi
Urutan menunya juga sesuai  dengan tingkat kebutuhan pengakses, dimana pada umumnya, orang mengakses platform kesehatan adalah karena alasan penting atau sesuatu yang urgen. Misalnya, karena tengah mengalami sakit, butuh informasi segera tentang obat atau gejala tertentu, ataupun karena mengalami gangguan kesehatan.
tampilan beranda Sehatq.com

Berada di urutan teratas platform adalah menu Chat dokter gratis, yang juga tersedia pada bagian kanan bawah dan bila diklik akan langsung menggiring kita pada slide chat dengan dokter. Tepat dibawah menu Chat Dokter adalah barisan horizontal yang memuat ikon menu utama, yaitu obat, artikel, dokter dan lainnya. Urutan ini sangat tepat dalam memenuhi kebutuhan pengakses sesuai prioritas, karena pada umumnya orang membutuhkan informasi penting tentang obat, yang terkait kesehatan atau penyakit, jadwal konsul dokter, dan lain-lain.

Menyusul dibawahnya terdapat menu info kesehatan, fasilitas kesehatan, dan promo layanan kesehatan. Ketiga jenis informasi ini, secara prioritas memang tidak seurgen kebutuhan untuk mengakses menu utama sebagaimana telah disebutkan diatas.

3.  Device friendly
Platform ini juga sangat device friendly. Saya telah mencobanya pada 3 (tiga) device berbeda : ponsel, tab dan laptop. Dan waktu untuk mengaksesnya pada ketiga perangkat ini sangat cepat, hanya membutuhkan beberapa detik saja. Begitupun waktu yang saya butuhkan untuk mengakses setiap menu, baik melalui jaringan 4G maupun dengan  wifi gratis. Ini jelas sangat penting dalam mengakomodir kebutuhan para pengakses platform kesehatan digital yang umumnya membutuhkan informasi secara cepat.

4.    Fiturnya lengkap

          Semua fitur yang tersedia di platform ini, boleh dibilang sudah menyajikan semua informasi yang dibutuhkan terkait dunia kesehatan. Fitur-fitur tersebut terdiri dari :


          Chat dokter
Pada fitur ini, kita bisa Tanya Dokter atau berkonsultasi secara gratis dengan dokter terpercaya tentang kesehatan ataupun keluhan penyakit yang kita alami. Layanan tersedia setiap hari mulai dari pukul 07.00 – 20.00.

          Obat
Fitur ini berisi informasi lengkap tentang obat sesuai urutan abjad mulai dari golongan obat, HET, kemasan, produsen, deskripsi obat, indikasi, komposisi, dosis, aturan, efek samping, kontraindikasi hingga warning. Ini penting bagi kita untuk mengecek resep obat dari dokter namun tidak mendapat informasi yang cukup tentang obat tersebut dari tenaga farmasi.


          Artikel
Fitur ini memuat artikel-artikel seputar dunia kesehatan seperti tentang kulit dan kecantikan, kesehatan mental, tips hidup sehat, penyakit, kehamilan dan sebagainya.
Adanya ikon kategori di bagian bawah platform memudahkan kita untuk melakukan navigasi terkait informasi kesehatan yang kita butuhkan. Dan tentu saja, artikel-artikelnya bersifat up to date, disajikan secara ringkas dan efektif.


          Dokter

Ini adalah direktori dokter yang memuat data 15.294 dokter dari beragam spesialisasi yang bisa kita cari cukup dengan meng-klik ikon kategori pada bagian bawah. Jika kita sudah memiliki akun di platform dan melakukan login terlebih dahulu, direktori dokter akan memprioritaskan daftar dokter yang terdekat dengan domisili.


          Rumah Sakit
Direktori ini menampilkan data 2452 faskes mulai dari klinik, puskesmas, rumah sakit hingga lab. Sama halnya dengan menu Dokter, jika kita terlebih dahulu melakukan login, direktori ini akan memprioritaskan tampilan data faskes terdekat yang ada di sekitar tempat tinggal kita.

Kita juga dapat melakukan navigasi yang lebih cepat terkait dokter dan faskes dengan meng-klik icon Booking Dokter yang ada di bagian bawah platform.

          Penyakit
Masuk ke fitur ini, kita akan menemukan data lengkap tentang beragam penyakit sesuai abjad, mulai dari pengertian, gejala, penyebab, diagnosis, pengobatan pencegahan hingga kapan harus berkonsultasi dengan dokter. Di bagian bawah terdapat referensi, dokter dan juga artikel terkait info tentang penyakit yang tengah kita akses.


          Promo
Sesuai nama fiturnya, di sini terdapat beragam promo yang tengah digelar oleh berbagai faskes. Ini tentu sangat membantu kita yang ingin melakukan perawatan di faskes di sekitar tempat tinggal kita dengan harga yang lebih hemat.


          Forum

Selain Chat Dokter, kita juga bisa bertanya melalui menu forum. Bedanya, jika pada chat dokter, konsultasi bersifat privat, pada menu forum, pertanyaan kita dan jawaban dokter bisa diakses publik.
Kelebihan fitur Forum Kesehatan ini, kita dapat menyerap informasi tentang berbagai keluhan penyakit yang mungkin juga kita atau orang terdekat kita mengalaminya lewat pertanyaan para pengakses, dan mengetahui bagaimana solusinya lewat jawaban para dokternya.

          Acara
Anda termasuk yang senang menghadiri seminar kesehatan untuk menambah pengetahuan? Silakan klik menu ini untuk menemukan informasi tentang acara seminar atau penyuluhan yang bermanfaat dan menarik untuk anda ikuti dalam waktu dekat.


5.    Pelayanan konsultasi cepat dan efektif
 Saat kita mengalami masalah atau gangguan kesehatan yang membingungkan, dan belum ada waktu untuk berkonsultasi langsung dengan dokter,
serta membutuhkan saran solusi yang cepat, kita bisa menggunakan fitur layanan Chat Dokter, yang juga merupakan salah satu fitur andalan platform ini. Anda tidak perlu khawatir pertanyaan anda akan di-PHP. Saya sudah membuktikannya saat melakukan konsul tentang kesehatan mata. Hanya dalam hitungan detik, platform sudah menghubungkan saya dengan dokter yang tepat dan beliau menjawab semua pertanyaan saya. Dari waktu maksimal 30 menit yang disediakan, keluhan saya tuntas dijawab hanya dalam tempo 15 menit saja. Dan saya pun bisa menyimpan histori konsul tersebut untuk menjadi referensi jika mengalami keluhan serupa di kemudian hari. Berikut adalah screenshoot dari konsul saya dengan dr. Andre Zaini :








6.    Bahasanya mudah dipahami
Sebagai orang yang awam terhadap ilmu kesehatan, seringkali saya menemukan istilah kesehatan yang tidak familier atau bahkan terasa sangat asing. Namun di platform SehatQ.com, penggunaan bahasanya sangat mudah dipahami dan selalu disertai penjelasan untuk istilah-istilah medis. Misalnya tentang gejala penyakit, anatomi tubuh, reaksi terhadap obat, dan sebagainya. Ini sesuai dengan misi SehatQ untuk membantu pengguna membuat keputusan seputar kesehatan, yang salah satunya diwujudkan dengan mengemas informasi yang rumit menjadi mudah dipahami pembaca.

7.    Informasi yang up to date
Seperti juga bidang lainnya, dunia kesehatan terus berkembang dengan sangat cepat. Banyak penemuan baru seputar dunia kesehatan yang terkadang berada di luar jangkauan kita. Untungnya, Sehatq.com selalu menyajikan informasi yang up to date terkait dunia medis sehingga saat mengaksesnya, kita tidak hanya akan menemukan solusi dari masalah kesehatan yang kita alami, tetapi juga sekaligus dapat memperbaharui pengetahuan dan wawasan kita terhadap dunia medis.

8.    Informasi yang terpercaya
Kita tentu tidak bisa main – main dengan masalah kesehatan. Sehingga sangatlah penting memilih platform kesehatan digital yang terpercaya. Dan kredibilitas Sehatq.com dalam hal ini, tidak perlu diragukan lagi. Platform ini diasuh oleh tim tenaga ahli yang kompeten di bidangnya dan memiliki kebijakan editorial yang mencakup :

-   Kualitas : tulisan yang dimuat adalah berdasarkan standar tertinggi editorial dengan bahasa penyajian yang jelas dan dapat dimengerti masyarakat awam.
-  Objektivitas : informasi yang diberikan adalah berdasarkan sudut pandang medis, didasari riset dan data yang berasal dari sumber yang kredibel.
-   Integritas : tim editorial memegang komitmen berlandaskan prinsip jurnalisme, yang salah satunya adalah dengan membuat pembedaan yang jelas antara konten berita dan konten yang mengandung iklan
-    Konten sponsor dan iklan : konten jenis ini dibedakan secara jelas dalam tampilannya. Sehingga tidak akan mengganggu “kemurnian” konten berita dan informasi. Dan kita tidak perlu khawatir akan menemukan iklan yang mengganggu tampilan platform. SehatQ.com sangat mengerti psikologis para pengakses platform kesehatan yang tujuan utamanya adalah sesuatu yang urgen terkait masalah kesehatannya.


Kesimpulannya, Sehatq.com tidak hanya “mempersembahkan” eksistensinya sebagai sumber informasi kesehatan, lebih dari itu, sesuai visinya, SehatQ.com hadir untuk membantu setiap orang dalam mengelola kesehatan pribadi dan keluarga, membersamai dalam setiap tahap perjalanan kesehatan, dan memenuhi kebutuhan kita akan informasi kesehatan yang jelas, kredibel dan terpercaya. 

Menjaga kesehatan adalah hal yang utama. Disinilah peran sebuah platform kesehatan digital dalam memberi informasi yang terpercaya, sangat kita butuhkan. Baik dalam membantu pemeliharaan kesehatan sehari-hari, pencegahan penyakit hingga perawatan pasca penyembuhan maupun up date informasi kesehatan teraktual yang perlu kita ketahui. Mari miliki hidup yang sehat, plus tingkatkan pengetahuan dan wawasan kesehatan dengan menjadikan Sehatq.com sebagai platform sahabat kesehatan kita dan keluarga.

Referensi :
https://www.sehatq.com/
https://inet.detik.com/
https://www.liputan6.com/
https://health.detik.com/
https://apjii.or.id/



22 comments

  1. Iya kak.
    Platform kesehatan digital emang berasa banget sih manfaatnya.
    Ntar mo cobain berselancar juga dech di sehatq.

    ReplyDelete
  2. Memang sih hoax yang paling tinggi saat ini selain politik adalah hoax tentang kesehatan
    Makanya butuh banget sumber informasi yang bisa dipercaya seperti Sehatq ini, biar masyarakat gak mudah termakan hoax gak bertanggung jawab yah

    ReplyDelete
  3. Gemes banget liat fotonya si dedek :D
    Asyiknya ya pakai aplikasi SehatQ ini, fiturnya tuh lengkap banget.
    Yang paling menyenangkan tuh, kita bisa cari tahu fakta tentang kesehatan langsung pada ahlinya setiap saat, jadi nggak bakalan kemakan mitos-mitos kesehatan :)

    ReplyDelete
  4. Baru tau sehatQ ini, fitur-fiturnya komplit juga ya. Keren!
    Aplikasi yang sangat bermanfaat tentunya, apalagi bisa konsultasi gratis secara online. Tampilannya juga simple, nggak bikin bingung pengguna yang baru download.

    ReplyDelete
  5. Wah ada situsnya yang bagus buat rekomendasi. Memang zaman sekarang cara ini efekti untuk menyampaikan informasi..

    Thx to share :)

    ReplyDelete
  6. Fitur2 di SehatQ sangat membantu utk update info kesehatan yah. Direktorinya lengkap bgt mulai dari obat sampai rumah sakit terdekat

    ReplyDelete
  7. Mbak makasih udah sharing tentang sehatQ. Aplikasi seperti ini banyak dicari orang.

    ReplyDelete
  8. Salah stau hoax paling mengerikan memang tentang kesehatan. Memang bagus ada apps seperti SehatQ. Jadi kalau mau cari informasi terpecaya bisa di sini

    ReplyDelete
  9. Anakku juga pernah dpt diagnosa anemia pas usianya 1 bulan. Campur aduk rasanya, krn akhirnya dia ditransfusi. Alhamdulillah sampe skrg anaknya jarang sakit. Kebayang deh perasaan adiknya Lyta saat itu.

    ReplyDelete
  10. sbg anak kosaku terbantu loh dgn sehatq,, aku bisa nanya2 ke dokter yang online ttg obat apa yang aku butuhin sewaktu waktu ga enak body

    ReplyDelete
  11. Aplikasi SehatQ ini memudahkan sekali buat emak2 biar gak gampang panik buat pertolongan pertama fiturnya lengkap bgt mulai dari layanan chat dokter,info rs, juga info obat,rekomen banget.

    ReplyDelete
  12. Aku juga pakai aplikasi Sehatq mba. Alhamdulillah andalan bener untuk sekeluarga jaga kesehatan

    ReplyDelete
  13. Bener mbak....semakin maju teknologi dan peradaban manusia, masalah yang dihadapi semakin kompleks. Termasuk kesehatan. Saat ini penyakit makin banyak ragamnya. Dan sebagai masyarakat modern yang berada di era millenium sudah seharusnya kita menggali berbagai informasi kesehatan dari sumber yang akurat. SehatQ ini memang aplikasi yang terpercaya tentang seputar kesehatan dan berbagai pencegahan penyakit. Bisa didownload dg mudah demi menjaga kesehatan kita.

    ReplyDelete
  14. Aku suka banget dengan aplikasi sehatq ini mbak. Apalagi membantu di saat panik kalau si kecil sakit, fiturnya lengkap banget.

    ReplyDelete
  15. Wahhh lengkap banget yaa di sehatq ini. Saya juga pakai aplikasi ini, Mba :)

    ReplyDelete
  16. Bersyukur banget sekarang ada aplikasi seperti ini yang bisa jadi rujukan informasi ya Mbak. Nggak lagi terjebak dengan info yang hoax dan simpang siur....

    ReplyDelete
  17. Sehatq ini websitenya mudah diakses. Dan pas buka-buka isinya, duuh ilmu semua. Banyak hal yang saya nggak tahu tentang kesehatan terjawab sudah di Sehatq.

    ReplyDelete
  18. Aku juga pengguna sehatQ lho, sering pakai untuk cari pertolongan pertama saat butuh masukan dokter

    ReplyDelete
  19. Jadi platform ini lebih pada memberi referensi tambahan untuk kesehatan ya mba..

    ReplyDelete
  20. Ya Ampun
    Efektif waktu banget.

    Aplikasi begini yang aku butuhin.
    Info kesehatan bisa didapat dengan mudah.

    ReplyDelete
  21. Sebagai ibu dari dua bocah yang masih kecil-kecil, penting banget deh unduh aplikasi sehatQ apalagi suka panik kalau anak-anak sakit, khan bisa praktis booking dokter ya via aplikasi

    ReplyDelete
  22. wah sangat kreatif dan informatif ya, aplikasi yang bagus bangettt sangat membantu :D

    ReplyDelete