Liburan Sendiri atau Pakai Agen Travel? Yuk Simak Plus Minusnya

Musim liburan telah tiba. Mungkin, teman-teman ada yang berencana untuk berlibur ke tempat yang belum pernah dikunjungi, sudah lama tidak dikunjungi, ataupun ke luar negeri untuk pertama kali, dan lagi bingung apakah mau menggunakan agen travel atau menyusun liburan sendiri?

Keduanya jelas punya plus dan minus. Kelebihan dan kekurangan. Bagi sebagian orang mungkin akan berpendapat, zaman google map ini, aplikasi translator tinggal klik, tiket dan hotel bisa dipesan lewat ponsel, masa’ sih masih pake agen travel?

Sebagiannya lagi mungkin berpendapat, daripada pusing-pusing mikirin itinerary dan mengatur segala hal sampai urusan yang kecil-kecil, kenapa nggak mendelegasikan aja sebagian besar urusan ke agen travel? Toh pergi berlibur tujuannya untuk bersenang-senang, bukannya untuk menambah kerepotan.

Nah, berikut ini saya mencoba merangkum beberapa tips untuk memilih, apakah sebaiknya menyusun liburan sendiri atau bersama agen travel, dari pengalaman saya baik yang bepergian sendirian maupun bersama agen travel ke tempat yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya.

Menyusun liburan sendiri / tanpa agen travel
Menyusun liburan sendiri saat bepergian ke luar negeri, atau ke suatu tempat untuk pertama kali tanpa menggunakan agen travel, memang bisa menjadi alternatif yang lebih murah. Tetapi jatuhnya bisa lebih mahal jika kita tidak mempersiapkan dengan matang dan asal mencoba. Pilihan untuk bepergian sendiri atau bersama rombongan tanpa agen travel, akan cocok buat kamu yang :

1.       Punya jiwa petualang
Buat seseorang yang punya jiwa petualang, hal yang paling menyenangkan adalah melakukan perjalanan yang menantang, termasuk mengunjungi tempat-tempat baru tanpa guidance. Meskipun harus berhadapan dengan resiko tersesat, kesulitan berkomunikasi, merasakan akomodasi dan transportasi yang kurang nyaman, membeli barang dengan harga mahal bahkan ditipu, buat para traveller’s heart, petualangan adalah segalanya. Semakin menantang dan semakin sulit, semakin seru rasanya. Jadi, jika kamu dan teman-teman serombonganmu, sebagian besarnya memiliki jiwa petualang, kalian memang lebih baik bepergian tanpa agen travel untuk mendapatkan pengalaman yang seru dan tidak terlupakan.


2.       Cenderung ‘rewel’
Kamu tergolong orang-orang yang superselektif dan nggak bisa hidup sembarangan? Nggak bisa makan makanan tertentu, nggak bisa mandi atau buang hajat kalo toiletnya kotor, nggak bisa tidur nyenyak kalau bukan di kasur empuk, sukanya hanya bepergian ke tempat-tempat yang nyaman seperti mal? Jika kalian ternyata termasuk tipe yang begini, sebaiknya pikir ulang deh kalau mau bepergian sendiri atau berombongan dengan agen travel. Menyusun liburan sendiri sepertinya lebih baik, karena kalian bisa mengatur sesuai selera dan standar kalian.

3.       Punya teman seperjalanan yang sudah pernah pergi ke destinasi
Jika kalian berencana berlibur bersama teman atau kerabat yang sudah pernah mengunjungi tempat yang bakal kalian tuju, dan yang bersangkutan juga paham tentang daerah tersebut, tentu, nggak ada salahnya berlibur tanpa agen travel. Toh kalian punya ekstra “kompas” yang lebih bisa dipercaya selain google dan juga ini bisa menekan pengeluaran.


 
4.       Biaya terbatas
Jika berlibur atau bepergian tanpa agen travel, biaya memang bisa lebih irit, karena kalian bisa menyesuaikan tempat-tempat yang akan dikunjungi  dengan kondisi keuangan. Cara ini cocok buat kalian yang biayanya terbatas tetapi hasrat untuk berlibur sudah mendesak-desak. Tetapi, biaya malah bisa lebih mahal jika kita tidak mempersiapkan dengan matang dan kurang menggali informasi. 
Sekadar berbagi pengalaman, saat saya akan berangkat ke Hongkong dua tahun lalu, saya mendengar kalau Hongkong sedang musim semi. Saya pikir, musim semi itu dinginnya relatif masih bisa ditahan. Maka, saya pun nggak mempersiapkan baju dingin. Tetapi, saat transit di Singapura dan mengecek suhu di Hongkong lewat internet, ternyata lumayan dingin. Sekitar 20 derajat. Akhirnya saya pun membeli coat di Singapore seharga S$60. Dan ini jadi baju termahal yang pernah saya beli, hehe. Memang sih coat nya tebel dan menghangatkan, tetapi kalo saya udah mempersiapkan jauh-jauh hari, kali aja saya bisa dapet coat yang lebih bagus dan lebih murah.


  Tips buat yang mau berlibur tanpa agen travel :
1.   Gali informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat yang bakal dikunjungi. Termasuk do and don’t nya, moda transportasi dan akomodasi, rute terdekat, kuliner, tempat ibadah, dan lain-lain.

2.   Jika bepergian bersama rombongan, lakukan briefing terlebih dahulu sebelum pergi. Tentukan hal-hal yang harus disepakati bersama, urunan biaya, dan langkah-langkah yang akan diambil jika terjadi hal-hal di luar rencana.


3.    Persiapkan “alat perang” dengan maksimal buat mengantisipasi kemungkinan buruk di perjalanan. Mulai dari alat perang untuk komunikasi seperti kartu seluler atau paket data, power bank, ponsel ganda kalo perlu. Juga P3K, stok baju ekstra, makanan ringan dan pernak-pernik lainnya termasuk skincare sesuai musim. Contohnya, kalo berlibur ke negeri di Asia saat musim panas, atau mau berlibur ke pantai, sunblock wajib banget dibawa. Jika bepergian ke luar negeri yang lagi musim dingin, jangan lupa bawa body lotion dan lip balm.

4. Jika berlibur keluar negeri, minimal kuasai bahasa Inggris dasar, at least kamu bisa tanya-tanya petunjuk arah atau tempat makan atau halte terdekat tanpa harus buka google translator. Kecuali di beberapa negara yang sebagian besar penduduknya memang nggak bisa berbahasa Inggris, ya apa boleh buat, google translator harus difungsikan saat kalian perlu bertanya.

5. Pelajari petunjuk yang tertera pada pelang atau papan informasi atau apapun dengan sebaik-baiknya, entah itu petunjuk tentang alamat, kode nomor bis, jarak tempuh, dan sebagainya. Ini buat antisipasi agar nggak tersesat.

Hal-hal kurang menyenangkan yang mungkin akan ditemui dari menyusun liburan sendiri
1.   Kerepotan. Karena harus merancang segalanya mulai dari menyusun itinerary, memilih akomodasi dan transportasi, menentukan pembiayaan sampai mengatur rombongan.
2.   Meleset dari ekspektasi. Pergi berlibur ke tempat yang baru pertama kali dikunjungi, bisa saja akan berbeda kenyataannya dengan informasi yang ditemukan di internet. Jadi, butuh kelapangan hati terhadap kemungkinan terburuk
3.   Biaya lebih mahal. Menyusun liburan sendiri malah lebih mahal? Ini bisa saja terjadi, jika kita kurang menggali informasi ataupun memesan akomodasi dan tiket pada hari-hari berdekatan hari H, utamanya saat peak session seperti sekarang.

Menggunakan agen travel
Jika kalian termasuk dalam golongan di bawah ini, sepertinya nggak ada salahnya untuk memilih menggunakan agen travel untuk berlibur ke tempat yang belum pernah dikunjungi ataupun ke luar negeri :

1.    Mengutamakan kenyamanan
Kalian tipe orang “yang penting nyaman?” nggak mau direpotkan dengan mikirin ini itu? atau yang selalu merasa khawatir jika bepergian ke tempat asing? Kalian sebaiknya menggunakan agen travel aja deh. Daripada selama perjalanan kalian banyak mengeluh, cemas dan ngomel-ngomel saat realita tidak seindah harapan dan impian, lebih baik mempercayakan urusan liburan ke mereka yang memang berkompeten dan sudah menjadi job desk mereka.

2.    Berlibur bersama keluarga
Kalian ingin mengajak keluarga yang terdiri dari berbagai kalangan usia? Anak-anak, remaja, bahkan juga ada yang manula? Agen travel bisa kalian jadikan pilihan untuk meminimalisir konflik yang timbul antara anggota keluarga. Maklum aja deh ya, orang tua biasanya gampang capek dan jatuh sakit, si abege terkadang swing mood, dan anak-anak pinginnya main aja. Kalau bepergian dengan mengatur itinerary sendirian, boleh jadi enggak banyak tempat bisa dikunjungi karena masing-masing bertahan dengan selera dan keinginan. Belum lagi harus menyesuaikan diri dengan psikis para anggota rombongan yang berbeda-beda.


3.         Punya biaya yang mencukupi
Jika kalian memang sudah merencanakan sejak jauh-jauh hari termasuk mempersiapkan tabungan untuk liburan, tidak ada salahnya menggunakan jasa agen travel untuk sebuah perjalanan yang nyaman, punya jadwal yang padat sehingga liburan pun efektif, serta dilayani dengan baik.

Tips jika menggunakan agen travel :
1. Jika belum pernah menggunakan jasa agen travel, carilah informasi dan rekom dari orang terpercaya yang sudah pernah menggunakan jasa agen travel
2. Pelajari itinerary, fasilitas dan estimasi biaya yang ditawarkan oleh agen travel. Dengan begitu banyaknya informasi yang beredar di internet, kita bisa melakukan komparasi dengan mudah terutama dalam soal pembiayaan.
3. Jangan sungkan berkomunikasi dengan agen travel untuk mengonfirmasi hal-hal yang perlu untuk kalian ketahui. Dan jika sudah fix menggunakan jasa agen travel tersebut, lakukan komunikasi dengan efektif setidaknya H-1 jelang keberangkatan agar semua persiapan dapat dilakukan dengan baik.

Hal-hal kurang menyenangkan yang mungkin akan ditemui dari menggunakan agen travel
1.   Kelelahan. Jadwal tur yang padat terkadang bikin stamina kita merosot. Mau di-skip, rasanya sayang. Udah bayar tetapi nggak dikunjungi. Jadi, biar capek dikit atau banyak, ya ditahan aja
2. Teman seperjalanan yang kurang nyaman. Tur bersama agen travel akan mempertemukan kita dengan orang-orang dari latar belakang berbeda dalam satu rombongan. Syukur-syukur kalo ketemu yang asyik, tapi kalo yang rewel, nggak disiplin, ribut atau jorok misalnya, tentu bikin kebahagiaan saat berlibur jadi berkurang ‘kan? Kecuali kalo isinya memang hanya rombongan kita sendiri yang orang-orangnya sudah kita kenal baik atau keluarga sendiri, konflik dalam perjalanan bisa lebih mudah diantisipasi
3.  Biaya yang lebih mahal. Ini sudah jadi konsekuensi yang harus dibayar untuk jasa pelayanan. Namanya juga apa-apa diurusin orang. Bahkan ngantri tiket atau boarding pass pun di-handle sama agen. Kita tinggal duduk manis. Tetapi, jika pelayanan dan paket turnya mengasyikkan, mahal pun nggak akan bikin kita menyesal.

 
Nah, itulah beberapa tips sederhana dari saya. Semoga bermanfaat ya. Selamat memilih destinasi liburan, cara untuk berlibur dan semoga liburan kalian menyenangkan. Buat yang nggak kemana-mana, jangan sedih, liburan nggak akan berkurang indahnya meski kita di rumah aja, karena ada banyak hal seru dan asyik yang tetap bisa kita nikmati bersama teman dan keluarga. Ya ‘kan?

15 comments

  1. Saya sering liburan sendiri, tapi terkadang pakai tour juga kalau negara yang saya kunjungi kurang familiar, kurang aman, atau saya kesulitan dalam bahasanya. Seperti India, atau China dan beberapa negara lain hehe :D

    Memang ada plus minusnya, cuma dari pribadi saya, nggak enaknya pakai tour itu kadang cuma mampir satu tempat ke tempat lain dalam waktu singkat jadi nggak bisa begitu menikmati perjalanan. Terus selalu berangkat pagi jadi nggak bisa bangun siang :< haha. However, sesekali nggak masalah~ demi sebuah pengalaman :D

    Eniwei, salam kenal mba :>

    ReplyDelete
  2. Iyaaa.

    Memang sih ya, berlibur dengan atau tanpa agen pasti ada keuntungan dan kekurangannya. Begitu pun liburannya di rumah saja. Tapi di mana pun dan bagaimana pun liburannya. Kalau memang dinikmati yaa pasti nikmat-nikmat saja. Iya, kan Mbak Ria? :)

    ReplyDelete
  3. Thanks for share, artikelnya menarik,.

    ReplyDelete
  4. Tiap gaya liburan pasti punya plus minus ya Mba
    Begitu pula yg gaya koper vs ransel, atau gaya liburan mevvah ala sultan vs gaya backpacker.

    Yg penting JANGAN beg-packer aja yaaa.

    ReplyDelete
  5. Saya ingin traveling sendiri bersama teman yang gak rewel, sehingga bisa adventure hehhe

    ReplyDelete
  6. Ada plus minusnya ya mbak. Tapi enakan traveling sendiri soalnya luwes

    ReplyDelete
  7. Msing-masing punya plus minusnya ya. Kadang kalau sekeluarga aku gak pakai agen travel, apalai akalau anakku suka di suatu tempat dia gak mau buru2 pindah tempat lain. Nah kalau pakai agen travel aku biasanay kasih tau mereka dulu, kalau kita ada jadwal yg harus dipenuhi

    ReplyDelete
  8. Untuk ke luar negeri aku belum pernah sih tapi kalau dilihat memang masing2 punya kelebihan dan kekurangannya makanya sebelum memilih kita banyak2 gali informasi tempat yang akan dituju. Sing penting sebelum traveling budget kudu dilebihin hehe.

    ReplyDelete
  9. Keluarga kami kalo liburan seringnya mandiri. Lebih nyaman sih. Bahkan pas umroh aja kami berangkat mandiri.

    ReplyDelete
  10. Klo sya si lbh suka lburan sndiri klo cuman pergi sndiri atau 2 org.. Tapi klo udah rame2 bawa keluarga atau komunitas keknya kok mending pake travek agen aja ya kak

    ReplyDelete
  11. Sebenernya sy seneng kalau jalan jalan pake agent travel. Tapi sejak nikah, suami tipenya ga mau pake agent travel, jadi lebih seneng explore sendiri 🤭☺️

    ReplyDelete
  12. Lebih enakan sendiri atau bareng teman ya kalau yang ga pake travel agent. Tapi kalau sama keluarga, apalagi bawa anak kicik, enakan pake travel agent.

    ReplyDelete
  13. Intinya tergantung tempaat ya mba.. kalau aku prefer jalan sendiri siih, lebih seruuu aoalnyaa

    ReplyDelete
  14. Semuanya memang ada kelebihan dan kekurangan yah mbaaak.

    Kalo travelling sendiri atau berdua suami, aku lebih memilih get lost dan backpaker aja deh sekalian berpetualang, tapi kalo bawa anak2 atau orang tua mendingan pake travel aja supaya lebih nyaman deh.

    ReplyDelete
  15. aku pernah liburan pake agen travel pernah juga tanpa agen travel. iya sih bener, masing2 suasananya berbeda. Dan setuju dengan semua poin plus minus yang kamu tulis di atas.

    ReplyDelete