Riawani Elyta: SKANDINAVIA LAGOM, KESEIMBANGAN HIDUP DI TENGAH HIRUK – PIKUK PERKOTAAN DAN MODERNITAS

New Romance Novel by Riawani Elyta

New Romance Novel by Riawani Elyta
Love Catcher
Sunday, 20 October 2019

SKANDINAVIA LAGOM, KESEIMBANGAN HIDUP DI TENGAH HIRUK – PIKUK PERKOTAAN DAN MODERNITAS

        
   
 Bagi kalian yang tinggal di daerah perkotaan, barangkali turut merasakan salah satu masalah umum terkait hunian, yaitu keterbatasan lahan. Akibatnya, ruang gerak terasa sempit, kesegaran udara berkurang karena tanaman dan pepohonan harus “mengalah” ruang hidupnya kepada bangunan. Fasilitas umum pun sulit dijangkau karena berada jauh dari lokasi pemukiman. 

Persoalan ini, kemudian memicu keinginan dan kebutuhan masyarakat modern  terhadap konsep hidup yang efisien dan nyaman di tengah hiruk – pikuk perkotaan. Masyarakat mendambakan tinggal di hunian yang memberikan perasaan nyaman, tenang, namun tetap memiliki konektivitas yang mudah dengan fasilitas publik. Maka, atas dasar inilah, apartemen mulai menjadi pilihan hunian masa kini. Lokasi apartemen yang biasanya berada di tengah kota pun turut menjadi daya tarik utama. 

            Secara umum, apartemen diartikan sebagai tempat tinggal yang berada di sebuah gedung dan memiliki berbagai fasilitas seperti pusat perbelanjaan, apotek, kolam renang, pusat kebugaran dan lain sebagainya. Seiring pertumbuhan di dunia properti, konsep apartemen masa kini pun dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Nah, berikut ini adalah beberapa keunggulan apartemen yang membuat kian banyak warga perkotaan jatuh hati lalu memilihnya sebagai hunian :

  1. Lokasi yang biasanya berada di tengah kota, dekat dengan fasilitas dan pusat kegiatan bisnis seperti rumah sakit, gym dan spa, salon, sekolah, pertokoan, pusat hiburan dan sebagainya, bisa menghemat waktu dan biaya untuk mencapai berbagai fasilitas tersebut. Warga perkotaan yang umumnya mengalami keterbatasan waktu dan memiliki kesibukan yang padat, akan merasakan efisiensi dan beban hidup jauh berkurang dengan tinggal di apartemen yang dekat dengan fasilitas publik. 
  2. Lokasi yang strategis membuat mobilitas penghuninya terutama bagi pasangan muda yang masih memiliki anak – anak usia balita menjadi lebih cepat saat mereka ingin segera bertemu anak – anaknya.
  3.  Dilengkapi fasilitas yang menjawab kebutuhan penggunanya dan tersedia di lingkungan sekitar sehingga mudah untuk diakses. Hal ini membuat penghuninya tidak perlu repot menjangkau lokasi dimana fasilitas tersebut berada. 
  4.  Apartemen biasanya dilengkapi para petugas yang akan membantu kesulitan penghuninya misalnya untuk laundry pakaian, memperbaiki kerusakan hingga membersihkan apartemen.



Apartemen – apartemen di Indonesia pada umumnya dibagi dalam beberapa tipe tergantung jumlah kamar yang dimiliki, misalnya tipe studio, satu bedroom (1BR), tipe dua bedroom (2BR) dan tipe tiga bedroom (3BR). Juga ada beberapa pengembang yang menawarkan tipe apartemen sesuai kebutuhan penggunanya dan anggaran yang mereka miliki. 

Tertarik untuk mencari apartemen khususnya di wilayah Tangerang? Apartemen Skandinavia bisa kamu jadikan pertimbangan. Selain harganya yang  lebih terjangkau, memiliki fasilitas lengkap dan berkonsep unik, nilai investasinya pun sangat menarik.

Sekilas tentang Apartemen Skandinavia
            Apartemen Skandinavia, dikembangkan oleh developer terkemuka PT. Pancakarya Griyatama yang berlokasi di superblock TangCity Tangerang. Berdiri di atas lahan seluas 10 hektar, apartemen ini dibangun setinggi 37 lantai dan terdiri dari 387 unit dengan berbagai tipe. 

Lantas, mengapa namanya Skandinavia?
Adapun alasan dibalik pemilihan nama ini, mengacu kepada konsep hunian penduduk negara – negara Skandinavia yang mengusung nuansa minimalis modern, mengombinasikan unsur warna, keindahan dan fungsi sebuah hunian sebagai ciri khasnya.

            Desain arsitektur Skandinavia sendiri mulai diperkenalkan sekitar tahun 1950-an melalui pameran desain di Amerika dan Kanada. Desain interior ini sangat populer di kawasan Eropa Timur karena tampilannya yang klasik namun tetap stylish dan modern. Prinsip Skandinavia menekankan pada hasil produk yang fungsional dan tahan lama dengan harga yang efisien dan tampilan yang menarik.


            Berbasis konsep tersebut, maka pada masing – masing unit apartemen Skandinavia, kita akan menemukan sebuah paduan modernitas dengan sentuhan alam ala masyarakat Skandinavia. Kombinasi tersebut, tidak lain dimaksudkan agar para penghuni apartemen memiliki kualitas hidup yang baik dan merasakan kebahagiaan tinggal di hunian yang indah dan menyatu dengan alam. Dengan lokasi yang strategis di superblock TangCity, apartemen ini berada dekat dengan bandara yang hanya butuh waktu sekitar 20 menit saja untuk mencapai bandara. Kawasan superblock sendiri merupakan kawasan pengembangan mixed-use yang di dalamnya terdapat business park, mall, hotel, tempat hiburan, taman dan lain sebagainya.

            Akses untuk menuju apartemen ini terbilang sangat mudah. Bisa dicapai dari berbagai arah seperti dari Alam Sutera, BSD City, Serpong, Gading Serpong dan dekat dengan tol Jakarta – Merak. Terdapat pula Padang Golf, kawasan pendidikan dan beberapa rumah sakit ternama. Ingin tahu apa saja fasilitas unggulan yang kian menambah nilai dari hunian berkonsep unik ini ?

  • Taman terbuka hijau ; Taman Potret, Taman Cikokol, Taman Bambu dan Taman Gajah Tunggal dan One Park.
Taman Potret merupakan area terbuka hijau dengan luas 8.000 meter persegi yang menjadi taman ikonik di kota Tangerang. Taman ini ditumbuhi pepohonan hijau nan rindang, dipercantik oleh Pop Art Unik serta turut dilengkapi fasilitas free wifi hotspot.
Sementara One Park, berupa area seluas 2.500 meter persegi yang terletak diantara Apartemen Skandinavia dan hotel Amaris. Lokasi ini dirancang berada didalam sebuah promenade outdoor al-fresco dining dengan konsep hip dan modern serta dilengkapi tenant – tenant Food and Beverages ternama hingga taman bermain anak.
  • Beberapa Rumah Sakit di sekitar Apartemen Skandinavia ; RS Awal Bros, RS Mayapada, RS Usada Insani, RS Hermina dan Siloam Hospital
  •  Kawasan pendidikan ; Universitas Pelita Harapan, Binus Alam Sutera dan Universitas Multimedia Nusantara
  • Pusat Perbelanjaan : TangCity Mall, Mall Bale Kota dan Metropolis Townsquare
Tangcity Mall merupakan mall populer dan menjadi pusat lifestyle, entertainment dan bisnis di Kota Tangerang. Tahun ini, Tangcity telah memasuki usia ke-7 dengan pengunjung mencapai hingga puluhan ribu perhari. Memiliki tenant mix brand yang sangat lengkap mulai dari Cinema XXI, Electronic Solutions, Hanamasa, Burger King, Domino’s Pizza, J.Co, Maxx Coffee, Baskin Robbins, Carrefour, Fun World, Giordano, Polo Ralph Lauren, Body Shop, Erafone dan masih banyak lagi. 

Selain itu, Tangcity Mall juga terhubung dengan Novotel hotel dan bersebelahan dengan pusat bisnis Tangcity Business Park. Pusat bisnis yang memiliki 199 unit ruko dan 24 premium office buildings yang di dalamnya terdapat 30 bank nasional serta lebih dari 45 institusi keuangan. Tangcity Mall juga memiliki sarana transportasi yang lengkap seperti Taxi Stand, Grab Point, Tangstation untuk pelayanan shuttle ke berbagai daerah hingga Transjabodetabek Premium dengan rute Tangerang – Kuningan dimana posisi halte ini terletak tepat di depan mall

Sampai di sini, sudah terbayang bukan? Gimana rasanya tinggal di sebuah hunian apartemen bernuansa alam yang berdekatan dan dikelilingi fasilitas-fasilitas publik terlengkap dan ternama?

Tidak hanya itu. Apartemen Skandinavia juga dilengkapi fasilitas internal yang tak kalah memanjakan penghuninya seperti kolam renang berkonsep tropis, Jatomi Fitness Center, Cinema XXI, Nano Health Family, ATM Center, Apotek, Laundry, salon, barbershop, minimarket, multipurpose room, day care dengan sistem keamanan dan CCTV yang terpasang 24 jam hingga tempat bermain anak. Apartemen ini juga memiliki area parkir yang luas dengan rasio parkir 1:1. Ini membuat setiap penghuni tidak akan kesulitan mencari parkir untuk kendaraannya. 

Satu lagi penawaran yang sangat menarik di apartemen ini adalah fasilitas premium berupa Genius Home System, yaitu layanan smart home dengan level yang lebih tinggi sehingga penghuni bisa mendapatkan pelayanan ala hotel bintang 5 mulai dari e-concierge, e-engineering, e-tenant relation, e-billing sampai e-shopping. Wow!
 
Seakan tidak kenal lelah dalam berinovasi dan memenuhi impian masyarakat terhadap hunian yang prestisus dan nyaman, pada 20 September 2019 lalu, bertempat di Novotel Hotel, Tangerang, produk terakhir dari apartemen Skandinavia telah diluncurkan. Mengambil nama Skandinavia Lagom, 206 unit siap ditawarkan kepada para calon pembeli yang menginginkan konsep hunian seimbang di tengah hiruk – pikuk perkotaan. PT Pancakarya Griyatama menjelaskan, bahwa Skandinavia Lagom ditawarkan dalam dua tipe unit, yaitu 1 Bedroom Suite dan 2 Bedroom Suite Junior dengan ukuran seluas 44,81 meter persegi namun memiliki lay out yang berbeda. 




Apartemen Skandinavia Lagom
            Konsep yang ditawarkan apartemen ini mengangkat prinsip Skandinavia dalam menjalani kehidupan. Skandinavia merupakan negara – negara di Eropa Utara yang meliputi Swedia, Denmark dan Norwegia. Dalam beberapa literatur, Finlandia ikut masuk ke dalam negara Skandinavia.  Berdasarkan laporan dari World Happiness Report yang setiap tahunnya memberi peringkat kepada negara – negara yang dianggap paling bahagia, negara – negara Skandinavia seperti Nordik Denmark, Norwegia, Swedia, Finlandia dan Islandia masuk Top Ten negara – negara paling bahagia di dunia. 

            Para ahli melihat bahwa di negara – negara ini terdapat dukungan sosial yang kuat diantara tetangga maupun melalui program pemerintah. Filosofis dari Skandinavia yang dianggap memberi pengaruh positif dalam kehidupan meliputi lima hal  :

  •  Hygge
Hygge dalam bahasa Denmark diterjemahkan sebagai “kesenangan jiwa”. Hal ini diartikan tentang bagaimana membuat diri merasa bebas dari kesalahan terutama ketika mengalami masa – masa yang berat. Contoh Hygge misalnya berkumpul dan makan bersama keluarga dan teman.



  • Lagom
Lagom berasal dari bahasa Swedia yang diterjemahkan sebagai “tepat” atau “optimal”. Falsafah ini berarti keseimbangan tubuh dan kesehatan. Lagom menuntun manusia untuk menemukan tingkat kepuasan, kedamaian batin dan kondisi yang paing alami. Penulis “Lagom: The Swedish Secret to Living Well”, Lola Akinmade-Akerstrom mengatakan bahwa Lagom menuntun manusia untuk menemukan tingkat kepuasan, kedamaian batin dan kondisi yang paling alami.

  • Sisu
Sisu merupakan istilah Finlandia yang jika diterjemahkan bermakna kekuatan atas dasar kemauan, tekad, ketekunan dan tindakan rasional dalam menghadapi kesulitan. Sisu juga berarti tentang bertahan dalam menghadapi tantangan hingga mencapai akhir hayat.

  • Fika
Fika diartikan sebagai rehat sejenak dari tekanan hidup dnegan menjalin ikatan bersama orang – orang yang terdekat. Hal ini menekankan pentingnya hubungan kekeluargaan yang erat.

  • Lykke
Lykke dalam bahasa Denmark berarti "kebahagiaan". Denmark merupakan negara yang selalu menempati urutan teratas sebagai negara paling bahagia menurut World Happiness Report. Versi kebahagiaan menurut orang Denmark dibagi dalam 6 (enam) kategori yaitu kebersamaan, uang, kesehatan, kebebasan , kepercayaan dan kebaikan (dalam buku The Little Book of Lykke - Meik Wiking).

Dari kelima filosofis Skandinavia tersebut, Lagom diambil sebagai konsep hidup untuk apartemen terbaru yang diluncurkan oleh PT Pancakarya Griyatama. Lagom bermakna keseimbangan. Keseimbangan antara keluarga, pekerjaan dan sahabat yang akan menciptakan kesehatan yang baik. Menurut Bronte Aurell (koki dan pemilik Scandinavian Kitchen) yang dikutip dari Telegraph, lagom merupakan kependekan dari kalimat “laget om” yang bermakna “di kalangan tim”. Kata tersebut berasal dari era Viking. Pada masa itu, minuman berupa bir saling dioper, dan semuanya minum bersama. Intinya adalah tentang bagaimana menjaga keseimbangan dalam hidup, bersyukur dan merasa cukup. Lagom tercermin dalam gaya hidup orang Swedia dan menjaga kehidupan mereka tetap bahagia.


Filosofi Lagom yang diadaptasi untuk produk Skandinavia Lagom ini, mengaplikasikan prinsip keseimbangan tersebut baik dalam desain maupun fasilitasnya, sehingga para penghuni apartemen Skandinavia Lagom berpeluang mendapatkan keseimbangan hidup yang pada akhirnya akan melahirkan kebahagiaan. 


Selain itu, apartemen Skandinavia Lagom sebagai produk terakhir yang diluncurkan oleh PT Pancakarya Griyatama memiliki begitu banyak keunggulan, diantaranya  :
  •        Memiliki harga yang kompetitif dengan bonus menarik
Dipasarkan dengan harga mulai 850 jutaan, pembeli sudah bisa mendapatkan bonus desain interior dan gambar kerja yang dikerjakan oleh Bitter Design Studio, sebuah jasa desain interior yang telah memperoleh banyak penghargaan atas karya – karya mereka. Apartemen ini hanya ditawarkan sejumlah 200 unit saja. Oleh karenanya, memiliki apartemen Lagom merupakan sebuah pilihan yang prestisius, eksklusif dan memiliki nilai investasi yang terus berkembang.
  • Kapasitas efisien dan fungsional
Apartemen ini menawarkan dua tipe apartemen yaitu tipe 1 kamar tidur dan 2 kamar tidur dengan luasan semigross 44,81 meter persegi per unit. Dengan adaptasi desain interior Skandinavia yang mengusung konsep produk yang fungsional, kuat namun memiliki harga yang efisien dan tetap mengedepankan tampilan yang menarik dan modern, luas apartemen ini dianggap bisa memenuhi kebutuhan penghuninya.
  • Mengedepankan keseimbangan hidup
     Pengambilan filosofis Lagom, membuat tinggal di apartemen berkonsep unik ini  menawarkan pengalaman yang berbeda. Tidak hanya menjadikan apartemen sebagai sebuah hunian, tetapi lebih daripada itu, apartemen menjadi hunian yang membantu terwujudnya  kebahagiaan batin dengan memiliki kehidupan yang seimbang antara keluarga, teman, pekerjaan dan kesehatan.

Hal ini antara lain ditunjang oleh berbagai fasilitas yang mengedepankan gaya hidup sehat, memungkinkan kalian bertemu dan bersahabat dengan sesama penghuni apartemen, lokasinya yang sangat strategis dengan akses yang mudah ke berbagai kawasan strategis lainnya, akan menunjang mobilitas ke tempat kerja, menghemat waktu sehingga akan membuat kalian memiliki waktu lebih untuk bersantai dan menikmati hidup. 
 



Saat ini, komplek Skandinavia Apartments & Commercials ini sudah semakin lengkap. Terdapat KCU BCA yang terletak persis di bawah apartemen yang telah beroperasi penuh. Starbucks dan Rumah Makan SB Bintaro juga menambah deretan tenant yang telah beroperasi. Juga menyusul tenant Indomaret dan Mc Donalds yang akan beroperasi 24 jam.

Pengembang juga melakukan berbagai program untuk menjalin kedekatan dengan konsumen melalui berbagai acara gathering maupun open house yang diselenggarakan tiap bulannya. Memiliki apartemen ini di kawasan Tangerang merupakan sebuah pilihan yang tepat. Selain untuk dihuni, apartemen tersebut juga bisa dijual kembali atau disewakan dengan nilai yang menguntungkan.  Harga beli apartemen di Tangerang lebih terjangkau daripada apartemen di Jakarta. Kondisi Jakarta yang lebih macet daripada Tangerang dan fasilitas di kawasan Tangerang yang semakin lengkap ikut mempengaruhi peningkatan nilai investasi.


Nilai Return of Investement (ROI) dari apartemen Skandinavia diperkirakan akan kembali dalam waktu tujuh tahun saja. Dengan lokasi yang strategis, nilai investasi yang tinggi, fasilitas lengkap seperti kolam renang, guests room dan fitness center, berbasis konsep unik yang diadaptasi dari hunian Skandinavia, apartemen Skandinavia Lagom, merupakan properti masa kini yang lebih dari sekadar tempat tinggal, melainkan juga menyajikan keseimbangan dan kenyamanan hidup dengan nilai investasi yang sangat menguntungkan.

Sumber :
http://www.skandinavia.co.id/en/skandinavia/location
https://today.line.me/id/pc/article/5+Falsafah+Kehidupan+Skandinavia+yang+Bisa+Membuatmu+Lebih+Bahagia-ROLmx3
https://wartakota.tribunnews.com/2019/09/25/skandinavia-lagom-produk-terakhir-apartemen-skandinavia-ditawarkan-mulai-rp-850-juta
https://swa.co.id/property/melalui-lagom-skandinavia-habiskan-unitnya
https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/lagom-tren-gaya-hidup-dari-skandinavia
https://setoelkahfi.wordpress.com/2018/11/14/skandinavia-tentang-apartemen-investasi-dan-filsafah-hidup/
https://palapanews.com/2019/09/21/skandinavia-luncurkan-lagom-sebagai-produk-terakhir/
https://www.tangcity-apartment.com/skandinavia-tangcity/

Sumber gambar :
skandinavia.co.id
pixabay.com
malio.net

 


           

16 comments:

  1. LAGOM sungguh filsofi yg mantab djiwa sekaleeee! Pilihan utk berinvestasi di apartemen ini beneran cerdas, ya Mba.
    Fasilitasnya uhuyyy bangeett
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Di tengah hiruk pikuk kota besar, kita memang perlu memiliki hunian yang nyaman sebagai tempat melepas penat. Skandinavia itu memang pilihan yang tepat digunakan untuk hunian yang nyaman ya..

    ReplyDelete
  3. Tempatnya sangat nyaman sekali ya, mbak. Apa lagi fasilitasnya cukup lengkao juga :)

    ReplyDelete
  4. Tempat hunian idaman banget ini ya mbak, punya ciri khas sendiri dan memang sudah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat jaman sekarang yang menginginkan tempat hunian yang nyaman dan bisa membuat betah pemiliknya untuk berlama-lama di tempat hunian ini

    ReplyDelete
  5. weh kliatan nyaman banget mbak..
    aku suka konsep penataan indoor nya.. eye catching bikin betah di dalam kamar pasti itu

    ReplyDelete
  6. Suka seklai dengan konsep lagom ini. kayaknya yang cukup-cukup aja udah pas. enak bgt yah kalau bisa tinggal di apartemen yang berkonsep begitu hehehe

    ReplyDelete
  7. Wah bagus banget ya Mbak Filosofis dari apartemen Skandinavia ini. Memang dalam hidup kita butuh yang namanya keseimbangan. Btw idaman banget bisa tinggal di apartemen bergaya modern minimalis ini.

    ReplyDelete
  8. mobilitas kota yang tinggi memang membutuhkan hunian lebih fleksibel untuk mendukung kegiatan warganya

    ReplyDelete
  9. Memang rumah dg pekarangan luas itu idaman. Tapi untuk Jakarta, itu jadi nggak manusiawi kalau terlalu jauh dari pusat aktivitas keluarga. Waktu habis di jalan & bikin stress. Mendingan di apartemen.

    ReplyDelete
  10. Sempurna ini ya Bun Lagom.
    Aku jadi pengen punya hunian begini
    Nyaman dan idaman

    ReplyDelete
  11. Lumayan nyaman banget ya apartemennya apalagi ada kolam renangnya juga. Fasilitasnya cukup lengkap sih yang pasti ya dekat dengan mall juga.

    ReplyDelete
  12. Baca artikel apartemen Skandinavian Lagom ini bikin pengen punya tempat tinggal yang begini. Fasilitasnya lengkap dan lokasinya juga strategis. Lingkungan yang nyaman untuk tinggal memang ya.

    ReplyDelete
  13. Fasilitas lengkap dan apartemennya terlihat nyaman. Interiornya juga instagramable dan bikin betah.

    ReplyDelete
  14. Filosofi lagom ini menyenangkan ya bila diterapkan dalam keseharian. Tidak lebih dan tidak kurang. Selain itu kelengkapan apartemen dan lingkungan yang mendukung bisa menjadi sarana pencapaian keseimbangan hidup.

    ReplyDelete
  15. Duh duh menyenangkan sekali jika bisa punya hunian seperti ini
    Homey banget dan bikin saya mager ke event blogger deh kayaknya hehehe

    ReplyDelete
  16. Wah asik banget bisa tinggal di sini ya mbak dan membawa kesenangan kalau melakukan lagom dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete