Support Me on SociaBuzz

Support Me on SociaBuzz
Dukung Blog Ini

Mengenal Lebih Jauh Plester Anti Air Luka Kronis Dan Akut

Luka didefinisikan sebagai gangguan pada kontinuitas lapisan epitel kulit atau mukosa akibat kerusakan fisik atau termal. Menurut durasi dan sifat proses penyembuhan, luka dikategorikan sebagai akut dan kronis. 

Luka akut adalah cedera pada kulit yang terjadi secara tiba-tiba karena kecelakaan atau cedera operasi. Luka kecil dapat ditolong dengan menggunakan plester anti air. Ini akan sembuh pada jangka waktu yang dapat diprediksi dan biasanya dalam 8-12 minggu tergantung ukuran, kedalaman dan tingkat kerusakan pada lapisan epidermis dan dermis kulit.

 Luka kronis, di sisi lain gagal berkembang melalui tahap penyembuhan normal dan tidak dapat diperbaiki secara teratur dan tepat waktu. Luka kronis umumnya akibat ulkus dekubitis, ulkus kaki, dan luka bakar. Penyembuhan luka adalah proses yang dinamis dan kompleks dari regenerasi jaringan dan kemajuan pertumbuhan melalui empat fase yang berbeda:

(i)        fase koagulasi dan hemostasis (segera setelah cedera);
(ii)      fase inflamasi, (segera setelah cedera jaringan) selama pembengkakan terjadi;
(iii)    periode proliferasi, di mana jaringan baru dan pembuluh darah terbentuk dan
(iv)    fase pematangan, di mana renovasi jaringan baru terjadi. 
       Fase-fase ini terjadi secara tertib yang saling tumpang tindih dalam kaskade yang terhubung dengan baik . 

Promosi fase-fase ini sangat tergantung pada jenis luka, kondisi patologis terkait dan jenis bahan ganti. Salah satu inovasi pada plester anti air untuk luka ringan melindunginya dari infeksi lebih lanjut. Dengan kemajuan teknologi, saat ini, berbagai jenis bahan pembalut luka tersedia untuk semua jenis luka. Tetapi pemilihan bahan untuk luka tertentu penting untuk mencapai penyembuhan yang lebih cepat. Dalam ulasan ini, upaya telah dilakukan untuk mengkonsolidasikan berbagai jenis bahan pembalut luka dan fungsinya pada proses penyembuhan.


2. Faktor yang mempengaruhi proses penyembuhan luka
Penyembuhan luka adalah hasil interaksi antara sitokin, faktor pertumbuhan, darah dan matriks ekstraseluler. Luka ringan dapat dilakukan pertolongan pertama dengan plester anti air. Penyembuhan luka dengan Sitokin meningkatkan penyembuhan dengan berbagai jalur seperti merangsang produksi komponen membran basal, mencegah dehidrasi, meningkatkan peradangan, dan pembentukan jaringan granulasi. 
Jalur ini dipengaruhi oleh berbagai faktor lokal dan sistemik. Faktor-faktor lokal yang meliputi hipotermia, nyeri, infeksi, radiasi dan tekanan oksigen jaringan secara langsung mempengaruhi karakteristik luka di mana sebagai faktor sistemik adalah keseluruhan kesehatan atau keadaan penyakit individu yang mempengaruhi kemampuan individu untuk sembuh. Selain faktor-faktor ini, gizi buruk, usia dan protein, kekurangan vitamin dan mineral juga dapat memperpanjang waktu penyembuhan.

2.1 Sindrom yang terkait dengan penyembuhan abnormal
Sindrom Ehlers-Danlos (EDS) adalah kelainan jaringan ikat genetik yang ditandai oleh cacat dari protein struktural utama Kolagen. Bentuk EDS autosomal dominan dan resesif autosom sama-sama memengaruhi pria dan wanita. Karena kolagen adalah protein struktural utama dan memberikan elastisitas pada sel-sel dan jaringan tubuh, kerusakannya menghasilkan mobilitas hiper artikular yang menyebabkan dislokasi sendi dan kulit elastis sebagian atau seluruhnya. Berdasarkan mode cacat dan warisan, EDS dikategorikan ke dalam enam subtipe utama dan mereka berbeda dalam mempengaruhi individu.


Cutis Laxa ditandai dengan defisiensi enzim (Lysyl oksidase) yang mengakibatkan kelainan metabolisme tembaga yang menyebabkan kulit lepas yang abnormal, organ otot, dan kelainan kerangka. Kulit yang keriput, terutama di leher dan retardasi mental ringan juga ditandai dengan gangguan ini. Cutis laxa terkait-X juga disebut sebagai sindrom tanduk oksipital (OHS), gangguan langka yang secara resmi diklasifikasikan sebagai subtipe EDS. 

Cutis laxa selanjutnya diklasifikasikan ke dalam empat bentuk genetik berdasarkan pola pewarisannya. Ini termasuk cacat terkait seks pada kromosom X, cacat dominan autosom pada kromosom autosom dan dua jenis cacat resesif warisan autosom pada kromosom 5 Di antara jenis ini, bentuk resesif autosomal lebih parah daripada bentuk lainnya. Beragam luka yang disebabkan banyak faktor baik dari gesekan fisik maupun ditimbulkan oleh penyakit kronis. Plester Hansaplast digunakan untuk melindungi luka dengan sifat plester anti air yang diakibatkan banyak hal tadi untuk pertolongan pertama sebelum perawatan lebih lanjut oleh tim medis.


2 comments