Riawani Elyta: Mengenal Lebih Dekat Kereta Api Bima Jurusan Jakarta Malang

New Romance Novel by Riawani Elyta

New Romance Novel by Riawani Elyta
Love Catcher
Wednesday, 23 October 2019

Mengenal Lebih Dekat Kereta Api Bima Jurusan Jakarta Malang

(sumber : wikipedia)
Kereta api Bima adalah salah satu layanan kereta api yang dihadirkan kembali oleh PT. KAI. Jalurnya masih sama, yaitu jurusan Jakarta Malang. Sama seperti kereta api lainnya, kereta api yang satu ini, melayani 2 titik keberangkatan, yaitu dari stasiun Gambir yang ada di Jakarta dan juga Stasiun Malang Kotabaru. Yang menarik adalah, kereta ini hanya berangkat 1 (satu) kali dalam sehari, lantaran jarak tempuhnya yang cukup panjang, yaitu sekitar 907 km, dengan waktu tempuh sekitar 15,5 jam. 
 
Sejarah kereta api Bima 
Kereta api Bima termasuk salah satu kereta api tertua dan cikal bakal kereta api AC. Kereta api jenis ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1967. Awalnya kereta api ini sudah mempunyai kereta tidur buatan pabrik Waggonbau Gorlitz yang berasal dari Jerman Timur. Sejak awal, kereta ini sudah dilengkapi dengan kereta pembangkit yang ada di dalam rangkaiannya. Awalnya kereta api tersebut menghubungkan jalur Jakarta dan Surabaya, dengan memberikan layanan ternyaman sekelas hotel berbintang pada masanya. Namun pada tahun 1986, gerbong kereta tempat tidur diganti menjadi gerbong tempat duduk. Kemudian direnovasi kembali, hingga akhirnya menggunakan rangkaian eksekutif terbaru di tahun 2016 silam.  

Nama Bima 
sumber : wayangku.id
Anda tentu tahu, bahwa Bima adalah salah satu nama pewayangan yang mempunyai tubuh sangat kuat dan gagah berani, maka, diharapkan kereta api tersebut juga mempunyai karakter yang tidak jauh berbeda. Namun selain itu, nama Bima sendiri adalah singkatan dari Biru Malam, dimana pengambilan nama tersebut, adalah dari hasil penampakan kereta api tersebut di masa awal. Kereta api Bima menggunakan warna biru di keseluruhan gerbong, dan hanya beroperasi di malam hari. Ini yang membuat rangkaian kereta tersebut dikenal dengan BIMA atau biru malam. 

Rute Kereta api Bima 
Kini Kereta api tersebut ditunjuk untuk menghubungkan antara Jakarta hingga ke Malang atau sebaliknya. Lalu kemana saja rute kereta Bima akan berjalan ? Pastinya sepanjang jalur dari Jakarta ke Malang, tepatnya ada sekitar 12 stasiun transit utama, yaitu Stasiun Cirebon, Stasiun Purwokerto, Stasiun, Karanganyar, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Madiun, Stasiun Jombang, Stasiun Mojokerto, Stasiun Gubeng, Stasiun Sidoarjo, Stasiun Lawang, dan Stasiun Jatinegara.  Dari Malang sendiri, kereta tersebut akan berangkat sekitar pukul 14.24 setiap harinya. Sedangkan dari Jakarta, kereta tersebut berangkat dari pukul 16.30 sore. 

Fasilitas dalam kereta api Bima 
Walaupun sempat mengalami penurunan akibat berbagai macam hal, namun kini kereta api Bima sudah mulai bangkit, dan siap memberikan layanan prima untuk para penumpang. Hal ini dapat dilihat dari jenis layanan yang diberikan, yaitu kereta api eksklusif. Sebagaimana kereta api eksklusif, maka fasilitas yang diberikan sangatlah memadai. Mulai dari interior gerbong yang dirancang cantik dan juga bersih. Dilengkapi dengan AC, TV dan juga toilet yang nyaman. Pada masing-masing kursi penumpang, Anda akan menemukan stop kontak, bantal, selimut, meja lipat, bagasi dan juga pijakan kaki. Seperti kebanyakan kursi eksekutif lainnya, kursi penumpang di KA Bima ini juga dapat di-setting posisi sandaran punggungnya. Ini yang membuat Anda nyaman duduk dalam jangka waktu yang cukup lama. 
bagian dalam kereta api Bima (sumber : jalancerita.com)

Memesan tiket kereta api Bima 
Malang adalah satu kawasan wisata yang saat ini ramai dikunjungi. Ada banyak sekali objek wisata menarik yang dapat dikunjungi bersama keluarga, seperti museum transportasi, Jatim Park 2 dan yang lainnya. Anda yang ingin mengunjungi berbagai kawasan tersebut tidak ada salahnya jika menggunakan moda transportasi kereta api, terutama kereta api Bima. 

Untuk memperoleh tiket kereta api tersebut, kini tidak sulit, cukup menghubungi tiket pemesanan online, dan pilih tanggal keberangkatan dan kepulangan Anda. Yang menarik disini adalah semakin jauh tanggal pemesanan dan hari keberangkatan, maka harga tiket yang akan ditawarkan akan semakin murah. Sebaliknya, jika semakin dekat tanggal keberangkatan dan tanggal pemesanan, maka tarif tiket yang diberikan, agak sedikit naik. Apalagi jika Anda memesan tiket tersebut untuk musim liburan. 

1 comment:

  1. Karena anakku fans die hardnya kereta, aku kenyang diceritain nama-nama kereta plus rutenya. Wkwkwk herannya ya gak hafal2, kacuali kereta yg aku pernah naiki. Bima ini, salah satu yg anakku pengin coba. Cuma masih belum ada kesempatan.

    ReplyDelete