Riawani Elyta: INDOZONE, CARA ASYIK UNTUK UP TO DATE YANG “BEDA”

New Romance Novel by Riawani Elyta

New Romance Novel by Riawani Elyta
Love Catcher
Tuesday, 29 October 2019

INDOZONE, CARA ASYIK UNTUK UP TO DATE YANG “BEDA”


          
Perkembangan pesat dunia digital saat ini memberikan begitu banyak kemudahan untuk kita - warga era millenial. Salah satunya adalah kehadiran multi platform news dan media daring yang semakin memudahkan kita dalam mengakses informasi. 

Kita tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk berburu media cetak dan membolak-balik lembarannya hanya untuk menyelesaikan membaca satu berita. Cukup ambil ponsel, cari info yang kita butuhkan atau inginkan, maka beragam pilihan berita pun akan terpampang di layar. Kita pun akan selalu up to date. World is always in our hand.  Everywhere. Every second. 

Dari survei yang dirilis oleh Nielsen Indonesia, jumlah pembaca media cyber naik pesat dalam beberapa tahun belakangan. Jumlahnya bahkan naik hingga 500% sementara pembaca media cetak, penonton televisi dan pendengar radio turun drastis. Survei lain menunjukkan bahwa prosentase anak muda pada rentang usia 10 hingga 19 tahun memperoleh informasi melalui internet sebanyak 17% dan pada rentang usia 20 hingga 49 tahun memperoleh informasi dari internet sebanyak 80%.

                Multi platform news dan media daring dinilai mampu menyajikan berita dan informasi yang lebih up to date, menggunakan bahasa yang lebih ringan, bisa diakses dalam waktu singkat dan dimana saja (selama ada sinyal internet atau wifi) serta menginformasikan banyak hal yang kita butuhkan. Faktor-faktor inilah yang membuat pembaca media daring dari waktu ke waktu meningkat tajam.
                
Salah satu multi platform news yang menurut saya asyik untuk dibaca dewasa ini adalah Indozone. Sebagai pengguna internet aktif yang selalu butuh info-info terkini dan referensi untuk menunjang pekerjaan, membuat saya harus rajin – rajin berselancar di dunia maya. Dinamika peristiwa terjadi hampir di setiap menit di seluruh belahan dunia. Info-info terkini dan tips-tips menjalani hidup pun terus mengalir. Dibagikan oleh begitu banyak platform dan media daring. Jadi, kita perlu selektif dalam memilih media atau situs untuk mengakses informasi yang terpercaya dan tentu saja nggak membuang-buang waktu produktif kita.

Berikut ini alasan utama saya memilih Indozone sebagai platform andalan  :

  • Memiliki menu berita yang lengkap dan info yang up-to-date 
Pada  platform Indozone terdapat menu News, Fakta dan Mitos, Game, Tech, Food, Soccer, Beauty, FYI, Videografik, Infografik, Movie, Music, Youtube, Otomotif, Sport, Travel, Health, dan Life. Tuh, lengkap banget 'kan?
menu Indozone

 Sesuai dengan tagline #KAMUHARUSTAHU, Indozone yang meluncur pertama kali pada 18 September 2014 dan berawal dari Instagram ini memang ditujukan untuk generasi milenial. Tak heran, semua menu dan sebagian besar info yang disajikan memang menyasar dan memenuhi kebutuhan informasi para kaum milenial dan Gen Z. Kaum dengan kekhasan akan kebutuhan info yang serba cepat, memiliki wawasan luas dan akrab dengan penggunaan teknologi. 
 
ciri-ciri generasi millenial

  • Bahasanya yang ringan, mengalir dan santun
Saya sangat mengapresiasi media dengan penggunaan bahasa yang baik karena telah ikut serta dalam melestarikan budaya berbahasa dan bahasa yang berbudaya. Terkadang, kita gerah juga bukan, membaca berita yang ditulis dengan kalimat yang kurang sopan, banyak kesalahan ejaan atau cenderung mendiskreditkan satu pihak? Nah, di Indozone, saya tidak menemui hal tersebut. Bahasanya ringan, santun, dengan pilihan kalimat yang bermutu. Itulah yang membuat saya makin menyukai situs ini.  

Biasanya, ketika kita menemukan sebuah artikel yang menarik, kita akan cenderung meneruskan membaca artikel-artikel lainnya pula di situs yang sedang kita buka, baik di menu yang sama maupun menjajal menu-menu lainnya. Nah, pintarnya Indozone (yang membuat saya betah berlama – lama membuka situsnya) adalah judul artikelnya yang selalu eyecatching dan menggelitik rasa penasaran, tetapi tetap sopan dan tidak bombastis yang berlebihan.
diantara judul-judul artikel di Indozone

  •  Konten yang padat
Pernah ketemu nggak, artikel yang bahasannya mbulet, panjang lebar hingga gagal fokus? Nah, kamu nggak perlu khawatir saat mengakses situs Indozone. Karena konten Indozone pada umumnya disajikan secara singkat, padat, tidak bertele-tele dan to the point, kalimatnya efektif, dan rata-rata artikelnya berkisar 200 - 300 kata saja. Ini membuat pembaca millenial tidak perlu menghabiskan waktu terlalu lama untuk menyerap sebuah informasi. Dan dalam waktu yang singkat, kita sudah bisa mendapatkan beragam informasi dari berbagai menu yang tersedia di Indozone. 
Saya menyukai hampir semua kategori di Indozone. Terutama kategori Beauty, Food dan Health. Menyusul kategori Infografik dan FYI. Aslinya saya juga bingung memilih mana yang terfavorit. Ini nih lebih tepatnya urutan saya saat membaca, setelah sekilas membaca berita terkini. Biasanya, saya akan mulai dari kategori Beauty, dilanjutkan ke kategori Food lalu Health. 
Saya menyukai kategori Beauty, karena sebagai emak-emak millenial yang tetap ingin tampil gaya dan menolak tua di tengah padatnya rutinitas, maka cara paling efektif untuk keep informed dengan perawatan kecantikan, adalah dengan mengakses informasi di media daring. Nah, yang saya suka dari menu Beauty di Indozone, artikel-artikelnya selalu berisi tips-tips kecantikan yang praktis, mencerahkan, dan belum pernah saya ketahui sebelumnya.

 
deretan artikel dalam kategori Beauty
Seperti yang baru aja saya baca nih, tentang  5 Manfaat dan Cara Membuat Masker Kopi, saya jadi tahu kalo bubuk kopi nggak hanya bisa diseduh untuk diminum, tetapi juga bisa dijadikan masker untuk merawat kulit wajah.

Untuk kategori Food, saya menyukainya karena sangat mendukung upaya emak-emak seperti saya dalam memanjakan keluarga, apalagi kalo bukan mencari ide-ide resep terbaru agar menu masakan di rumah bisa bervariasi setiap hari. Resep yang disajikan Indozone umumnya simpel, mudah dipraktikkan dan bahan-bahannya pun mudah didapat.

Sementara untuk kategori Health, saya menyukainya karena kesehatan bagi saya adalah harta paling berharga. Memasuki usia kepala 4 ini, metabolisme terasa mulai menurun, tubuh juga gampang capek. Jadi, adalah penting bagi saya untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang tips-tips hidup sehat yang up-to-date.

Kategori Infografik, cocok buat anda yang butuh informasi detil tetapi selalu bergelut dalam kesibukan sehingga tidak punya banyak waktu untuk menyerap informasi. Dan saya biasanya mengakses kategori ini saat berada dalam situasi tersebut. Cukup dalam satu tampilan layar, kita sudah bisa langsung membaca informasi yang kita butuhkan. Belakangan, infografik kian populer dan diminati di kalangan millenial karena dapat menyajikan informasi yang kompleks secara terstruktur, lengkap, memiliki tampilan visual yang menarik dan mudah diingat.
infografik di Indozone



Kategori FYI pula menyajikan informasi-informasi ringan, tips-tips lifestyle, dan hal-hal unik di dunia dalam bentuk slide. Cocok banget buat kamu yang suka visual dan ngantuk kalo baca teks murni. Kategori ini menjadi pilihan saya kala senggang, saat butuh penyegaran dan sejenak rileks dari rutinitas pekerjaan.

  • Perspektif yang berbeda
 Hal lain yang menurut saya menarik dari Indozone adalah metode pembahasan artikelnya yang “beda”. Tidak hanya mengungkap dari sudut pandang berbeda, tetapi juga menyajikan informasi dengan perspektif yang lebih orisinil, segar dan membuka cakrawala.


Kadangkala, saya menemukan berita yang sama di beberapa media daring. Hanya berbeda judul dan posisi kalimatnya saja. Informasi jadi terasa kurang bernilai. Sementara Indozone, selalu menggunakan perspektif berbeda dalam "memotret" sebuah pemberitaan. Ditunjang dengan penuturan informasi yang padat dan efektif serta bebas hoax, membuat pembaca millenial akan merasa terdorong bahkan bangga bisa membagikan artikel – artikel berkualitas dari Indozone di media sosial. 
Kamu pasti ngertilah fenomena kaum millenial saat ini. Membagikan informasi yang bernilai,  atau yang bermanfaat, atau yang unik-unik di media sosial mereka, apalagi saat menjadi orang pertama yang membagikan informasi tersebut,  sudah menjadi gaya hidup atau bahkan kebutuhan akan eksistensi (jika bisa dibilang demikian) segolongan warga millenial. Nggak semuanya sih begitu. Tetapi, fenomena ini memang baru muncul di era sekarang. Sejak dunia terangkum didalam benda petak kecil bernama ponsel pintar  dan aktivitas membagikan berita cukup dilakukan dengan satu kali sentuhan jemari pada layarnya.

  • Menghadirkan solusi
 Satu hal lagi yang saya suka dari artikel – artikel di Indozone, adalah memberikan solusi. Sebuah artikel yang baru – baru ini saya baca di kategori Tech, contohnya, tentang bagaimana tips agar laptop tidak lemot. Buat saya yang setiap hari harus menggunakan laptop untuk bekerja, informasi ini sangat – sangat membantu. 
Kalo boleh saran nih, saya pingin Indozone juga menambah menu dengan kategori Book, yang berisikan bahasan tentang buku-buku terbaru. Sesuatu yang sepertinya sudah banyak ditinggalkan oleh platform dan media daring. Meskipun di era millenial saat ini, minat baca buku sudah semakin menurun, budaya membaca buku tetaplah harus dipertahankan mengingat fungsi utamanya sebagai salah satu sarana literasi untuk memajukan dan meningkatkan kualitas generasi.  Dan saya sangat-sangat mengapresiasi media daring dan platform news yang mendukung upaya meningkatkan minat baca (buku) masyarakat.

  • Tampilan yang elegan
Lanjut lagi nih tentang kelebihan Indozone. Secara tampilan, Indozone tidak neko – neko. Tampil simpel, chic, dengan tetap menampilkan keeleganan yang proporsional. Apa yang tak kalah penting, tampilan iklan di Indozone sama sekali tidak mengganggu. Jujur, saya sering sebel kalo buka media daring langsung disambut dengan pop-up iklan yang memenuhi layar dan butuh beberapa detik baru bisa ditutup. Berikut kelebihan-kelebihan Indozone yang saya coba rangkum dalam infografik berikut :

                Itulah mengapa,  Indozone layak menjadi multi platform news andalan kaum millenial yang selalu haus informasi terkini, membutuhkan hal-hal untuk menunjang kualitas hidup, menyukai sajian yang padat, efektif namun tetap informatif.  Dijamin, Indozone akan membuat waktumu efektif dan wawasanmu makin bertambah. 

Pas banget, Indozone, The Most Engaging Media For Millenials and Gen-Z. 

28 comments:

  1. Setuju kakak.
    Saya juga suka mantengin Indozone :-)

    ReplyDelete
  2. Indozone salah satu media online yang jadi kebutuhan netizen sih sekarang ini. Karena masyarakat kita rasanya sudah mulai malas beli koran yang fisik.

    ReplyDelete
  3. Widiiiiih, indozone, mau nyoba buka ah, semoga ngga ketutupan banyak iklan dan kebanyakan next page next page, seperti ketika membaca detik atau tribun -_-

    ReplyDelete
  4. Aku masih suka baca indozone yang di IG. Seru sih, isinya up to date, bener banget.

    ReplyDelete
  5. Indozone ya?
    sampai saat ini sih masih bacanya tirto sama kumparan, mungkin bisa dilirik juga nih buat selingan dulu hihi..

    ReplyDelete
  6. Paling suka baca Indozone di IG, keterangan di "kamu harus tau" bener2 informatif banget, next kepoin webnya ah

    ReplyDelete
  7. Saya baru tahu indozone ini. Bisa jadi alternatif sumber terpercaya ya Mbak? Coba kepoin, penasaran hehehe

    ReplyDelete
  8. Baru tau ada Indozone. Nice info sih

    ReplyDelete
  9. Wajib banget sih untuk follow IG nya Indozone, banyak berita menarik dan up to date, dijamin gak bakalan garing kalau lagi gobrol soalnya udah tau berita Up to date jadi gak mati kutu deh hehehe

    ReplyDelete
  10. Saya beum install apps ini. Tetapi, suka lihat di IG. Banyak berita ringannya, ya. Saya suka yang ringan-ringan

    ReplyDelete
  11. Aku termasuk salah satu yg jadi suka baca berita semenjak ada portal berita online.
    Suka baca di Indozone ttg game sama travel, kadang baca2 yg receh juga sih, hehe

    ReplyDelete
  12. Aku baru tahu tentang indozone. Kontennya cukup lengkap ya. Mau coba baca-baca deh buat cari berita terkini

    ReplyDelete
  13. Duh..aku ketinggalan berita nih, sampai blom kenalan dg Indozone ini. TFS y mba..

    ReplyDelete
  14. hampir tiap hari buka indozone,, karena suka sama tampilannya, bikin betah mbakk,,,

    ReplyDelete
  15. Barutau ttg Indozone. Konten berita dh kalimay efektif memang penting banget. Nggak kayak yg lainnya, diulang-ulang cuma buat ngejar judul2.click bait.

    ReplyDelete
  16. Asyiiik, ada Indozone yang membuat kita ga ketinggalan informasi dan nyaman untuk dibaca dengan konten yang tak kalah lengkap ya.

    ReplyDelete
  17. Platform Indozone memang lengkap sekali, ya. Banyak fitur menarik yang bisa dibaca, mulai dari info berita terkini hingga tips gaya hidup. Menarik!

    ReplyDelete
  18. Infografiknya menarik ya jadi ga bosen baca beritanya terus yang pasti bebas Hoax sih itu yang penting.

    ReplyDelete
  19. Wow new in nih.. dari tampilan depannya aja udah padat berisi informasit terupdate ya.. apalagi menikmati semua fitur fitur yang ada didalamnya.. setuju banget sama taglinenya "kamuharustau" ya memang dijaman era digita seperti sekarang ini kta semua harus tahu, jangan sampai kudet juga ya mbak

    ReplyDelete
  20. Bener mbak.... semenjak internet bisa dinikmati oleh masyarakat luas, dan berita mulai dikemas dalam kanal-kanal online, seperti media cetak yang berisi berita terkini jadi jarang peminatnya. Masyarakat beralih ke kanal online yang lebih mudah diakses. Indozone ini memberikan kita banyak informasi up to date dan berita terkini ya mbak...dan siapapun hendaknya harus tahu hal-hal baru.

    ReplyDelete
  21. Rasanya sudah lama aku gak baca berita di media cetak baik koran maupun majalah. Kasihan juga sih ya banyak perusahaan media cetak yang gulung tikar tapi semuanya mengalami perkembangan teknologi. Praktis ya baca berita melalui Indozone gak perlu beli banyak koran lagi tinggal 1 gadget aja

    ReplyDelete
  22. Belum tau ada media Indozone. Wah jadi penasaran nich. Soalnya memang generasi milenial itu senengnya up to date dalam apapun

    ReplyDelete
  23. Baru tahu platform indozone ini. Banyak keunggulannya ya Mbak, ku jadi penasaran. Cuss pengen kepoin langsung.

    ReplyDelete
  24. Wah baru tau nih..mau coba buka ah..semoga beda ga pke nextpage atau berat dibukanya krn ada video iklan..hehe.

    Bete kalau sdh gitu mah..

    ReplyDelete
  25. aku tahunya Indozone tuh di instagram kak. sering banegt muncul di explore dan aku jadi suka lihat kontennya. nggak nyangka skerang ada web nya jadi lebih enak bacanya, soalnya di IG kan juga agak terbatas captionnya

    ReplyDelete
  26. Wah senang banget mbak ruang baca kita sama nih Indozone pilihan tepat untuk para milenial dan aku paling senang sama kanal Beauty :)

    ReplyDelete
  27. Aku kadang buka indozone kak, karena banyak berita dan tips-tips yang keren untuk kehidupan sehari-hari
    Cocok banget deh diakses untuk milenial.

    ReplyDelete
  28. Jadi kontennya memang millennials bangeet ya mba.. boleh jugaa tuh

    ReplyDelete