Riawani Elyta: Cantik di luar, Cantik di dalam, Cantik Sekarang, Tambah Cantik Kemudian (part-4)

New Romance Novel by Riawani Elyta

New Romance Novel by Riawani Elyta
Love Catcher
Saturday, 7 September 2019

Cantik di luar, Cantik di dalam, Cantik Sekarang, Tambah Cantik Kemudian (part-4)

Berada di tahapan usia 10 hingga 20 tahun, pada sebagian remaja, akan timbul masalah – masalah yang mengganggu penampilan mereka. Mulai dari kondisi kulit yang berjerawat akibat hormon, perubahan fisik seperti ukuran berat dan tinggi badan, membuat banyak remaja putri mulai melakukan diet untuk mencapai tubuh ideal. Sesungguhnya, kecantikan fisik di usia ini tidaklah terlalu sulit untuk dijaga, selama menggunakan cara yang tepat dan tidak berlebihan. 


Oh ya, yang terpenting tidak hanya cantik dan menarik, tetapi juga sehat. Karena seorang remaja akan segera menjadi wanita dewasa yang akan berubah peran menjadi seorang istri dan ibu. Yang dengan perannya tersebut, seorang wanita seyogyanya memiliki tubuh yang sehat agar bisa melahirkan generasi yang sehat dan cerdas.
 
Berikut tips – tips merawat kecantikan bagi seorang remaja usia 10 hingga 20 tahun, yang bisa bunda sarankan kepada putri-putri remaja bunda :
 
1.       Gunakan perawatan muka sesuai usia
Saat ini banyak produk kecantikan dan perawatan muka yang ditujukan untuk berbagai tahapan usia. Bagi remaja, penggunaan make up belum terlalu dianjurkan. Namun untuk merawat kulit wajah, sudah bisa mulai dilakukan. Misalnya mencuci muka dengan sabun wajah yang tepat, menggunakan lotion dan tabir surya hingga menggunakan masker untuk menjaga kekenyalan kulit. Semangati mereka untuk mulai melakukan kebiasaan baik ini karena manfaatnya akan terasa ketika usia mulai bertambah nantinya. 

2.       Olahraga dan aktivitas fisik yang tepat
Tidak harus melakukan olahraga khusus di gym untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda – beda, dipengaruhi faktor keturunan, gaya hidup, metabolisme tubuh dan lain-lain. Mengidamkan tubuh ideal dengan melakukan diet yang tidak tepat justru akan menghancurkan tubuh dan dapat berefek jangka panjang. Maka, seorang remaja putri sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga yang teratur dan aktivitas fisik yang menyenangkan. Membersihkan rumah, mencuci pakaian dan berbagai aktivitas fisik lainnya juga bisa dilakukan untuk menjaga berat badan yang ideal. Juga tentu saja insya Allah berpahala karena sudah membantu meringankan orang tua.
Pada tahapan usia ini, seorang remaja masih berada dalam tahap pertumbuhan sehingga penting untuk menghindari diet ekstrim yang bisa mengakibatkan kondisi malnutrisi.

3.       Konsumsi makanan dan minuman sehat
Godaan mengosumsi makanan yang enak tapi minim gizi di usia remaja memang sangat besar. Dalam jumlah sedikit, hal ini memang tidak mempengaruhi kondisi tubuh karena tubuh masih berfungsi baik untuk menyaring zat tak berguna. Tetapi, kebiasaan mengonsumsi makanan tak sehat akan mengganggu kondisi tubuh dalam jangka panjang.

Usahakan membangun kebiasaan baik dengan memilih makanan dan minuman sehat untuk mereka ya bunda, juga tak bosan-bosan mengingatkan agar tidak terlalu banyak mengonsumsi junk food dan fast food. Saat ini dikenal istilah super food, yaitu makanan dengan gizi yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Pelajari jenis – jenis makanan yang membuat tubuh semakin sehat. Karena tubuh yang sehat akan memancarkan kecantikan fisik secara natural.

Anjurkan juga mereka untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup. Minuman yang mengandung soda dan pemanis buatan sebaiknya tidak sering – sering dikonsumsi karena akan berpengaruh pada kesehatan dan kecantikan.

4.       Miliki waktu istirahat yang cukup
Energi yang tinggi di tahapan usia ini membuat tidur dalam rentang waktu sedikit tidak akan mempengaruhi tubuh. Tetap dalam jangka waktu panjang, kebiasaan ini bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Maka, usahakan untuk tidur dengan jumlah jam yang sama atau hanya beda-beda tipis saja setiap hari. Kedisplinan ini akan sangat membantu menjaga kesehatan dan membuat tubuh tetap segar sehingga membawa efek positif pula ke kulit wajah dan tubuh.

5.       Hadapi stress dengan cara yang tepat
Tak bisa dipungkiri bahwa remaja sangat rentan dengan stress akibat berbagai perubahan yang terjadi di rentang usia ini. Stress juga bisa berpengaruh ke kondisi fisik. Maka, dampingi mereka tidak hanya dalam pelajaran akademis, tetapi juga dalam belajar mengelola stres dengan cara yang bijak. Temukan sumber – sumber stresnya, beri dukungan dan dorongan agar mereka mampu menyelesaikan masalahnya sendiri dengan cara yang baik.
Jika mereka mampu mengelola stress dengan baik, maka sel – sel tubuh pun akan merasa relaks. Dan membuat kondisi tubuh  baik sehingga kecantikan juga akan ikut terjaga.

Peduli dengan kesehatan dan kecantikan diri bisa dimulai dari usia muda. Jeli memilih makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh, merawat kulit tubuh dan wajah dengan produk sesuai usia, melakukan aktivitas fisik yang rutin dan memiliki kemampuan mengelola stress dengan baik akan sangat bermanfaat untuk kesehatan fisik dan psikis. Yuk bunda, dampingi putri kita yang beranjak remaja untuk mulai merawat jiwa dan raga agar  tetap cantik kini dan nanti.

*Untuk para remaja yang ingin selalu tegar dalam menghadapi masalah, buku ini bisa menjadi bahan bacaan yang bergizi namun sangat ringan dan mudah dicerna, berisi langkah-langkah jitu untuk mengempaskan masalah. Harganya juga sangat terjangkau. Hanya 28rb saja. Bisa dipesan melalui WA 081904715588 (penerbit Indiva).



1 comment:

  1. jd inget pas masa2 remaja dulu, mamaku yg paling getol bgt ingetin utk selalu bersihin muka, pakai pembersih yg sesuai pastinya. trus dilarang makan aneka mie instan.. untungnya krn aku dulu tinggal di kota kecil, resto junkfood blm ada mba. yg ada resto biasa yg kebanyakan makanan rumahan. jd memang ga terlalu sering jajan. baru setelah pindah ke jkt jd agak sering jajan -_-..

    memang sebaiknya dibiasakan dr awal sih yaaa..

    ReplyDelete