Riawani Elyta: Olahraga Simpel di Rumah dan di Kantor

New Romance Novel by Riawani Elyta

New Romance Novel by Riawani Elyta
Love Catcher
Wednesday, 14 August 2019

Olahraga Simpel di Rumah dan di Kantor

gambar dari pixabay.com
Ngaku deh, pasti ada di antara kalian yang malas berolahraga kan?

Ada-ada saja alasannya: mulai dari sibuk bekerja, tidak punya waktu, atau tak punya dana untuk jadi anggota di pusat kebugaran (gym). Wah, padahal berolahraga itu penting untuk kesehatan lho. Dengan berolahraga, badan kita terjaga aktivitasnya sehingga stamina lebih terjaga. Apalagi dengan bertambahnya usia, otot-otot badan kita harus sering dilatih supaya tidak gampang pegal-pegal.

Kebanyakan dari kita yang terbiasa duduk bekerja seharian di kantor, atau tidak punya banyak kegiatan pasti jarang bergerak. Makanya kinerja otot berkurang, sementara asupan makanan selalu lancar sehingga kadar lemak menumpuk. Akhirnya nanti jadi mengeluh, "duh kok tambah gemuk ya," atau "duh badanku gampang capek nih."

jarang olahraga, bikin cepet ngantuk di kantor (dok. pribadi)
Daripada mengeluh, lebih baik mencari solusi, bukan? Nah, saya ingin berbagi solusi nih buat yang ingin menjaga tubuh tetap bugar dengan beberapa jenis olahraga yang simpel dan bisa dilakukan di rumah atau di kantor. Tidak perlu mahal-mahal membayar keanggotaan di gym, atau memakan waktu banyak. Cukup bergerak sekitar 30 menit atau satu jam sehari, kebugaran tubuh bisa tetap terjaga.

Naik turun tangga

Kalau di rumah atau di kantormu ada tangga, cobalah lakukan ini. Gerakan mudah ini hanyalah menaiki dan menuruni tangga selama sekitar 30 menit - bisa diatur misalnya lima menit naik-turun tangga, kemudian ulangi lagi sebanyak enam kali dengan interval 10 menit. Kelihatannya simpel, padahal gerakan ini melatih otot kaki, paha, pinggang dan menjaga ritme jantung.

naik turun tangga ginian deh 10x sehari, lumayan buat ngelemasin betis, hehe (dok. pribadi)
Untuk yang bekerja di gedung perkantoran, bisa menggunakan tangga darurat saat istirahat atau break. Atau gunakan tangga daripada lift supaya lebih terbiasa. Kalau di rumah tidak ada tangga? Bisa gunakan bangku kecil atau balok kayu untuk gerakan naik-turun.

Jalan kaki

Jalan kaki adalah bentuk olahraga yang paling mudah. Selain itu, jalan kaki dapat menjaga kestabilan jantung, menguatkan stamina tubuh serta kekuatan otot.

Jalan kaki lho, apa susahnya?

Bisa jalan kaki keliling kompleks rumah atau sekitar kantor. Lakukan selama 30 menit sampai satu jam sehari. Pasang target harian misalnya 10ribu langkah. Nggak akan terasa kok.  
jalan kakinya juga bisa dengan bantuan alat olahraga (dok. pribadi)
 
Mengepel lantai dan mengelap jendela

Meski kelihatan sepele, kegiatan rumahan ini I juga membantu otot-otot tubuh tetap terjaga. Gerakan maju-mundur dan gerakan tangan membuat otot kaki, lengan, punggung, dan pinggang bekerja. Lakukan gerakan ini bergantian dengan gerakan naik-turun tangga tadi. Rumah bersih, badan sehat. 

ngepel dan beberes rumah bikin badan sehat, rumah pun rapi (dok. pribadi)


Gunakan botol minum sebagai pemberat

Salah satu bentuk olahraga untuk menjaga bentuk dan kekuatan lengan adalah menggunakan alat bantu beban atau dumbell. Alat ini bisa dibuat sendiri di rumah dengan menggunakan botol minum.

(dok. pribadi)
Caranya, isi dua botol minum ukuran 600ml dengan air sampai penuh. Pegang dengan masing-masing tangan kanan dan kiri. Lakukan gerakan mengangkat dan menarik dua botol itu dengan kedua tangan secara bergantian, ke atas, ke depan, dan ke samping. Lakukan sebanyak 10 kali gerakan, ulangi sebanyak tiga kali.

Gunakan Youtube video

Manfaatkan teknologi untuk membantu menjaga kebugaran. Dengan adanya koneksi internet, kamu bisa mengakses aplikasi video seperti Youtube dan carilah berbagai video senam atau aerobik yang sesuai dengan minatmu. Saat ini sudah banyak sekali video-video tutorial senam atau olahraga ringan dengan musik yang menambah semangat. Ikuti gerakan dari video tersebut selama 15-30 menit, dijamin kamu akan berkeringat dengan gembira dan jantung lebih sehat.

Kenapa menggerakkan badan ini penting? Karena kita harus selalu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Seiring bertambahnya usia, maka semakin menurun pula stamina kita. Untuk itu, kita harus pandai-pandai menjaga kesehatan supaya tidak gampang sakit. Tentu saja berolahraga saja tidak cukup, harus diimbangi dengan asupan gizi yang memadai dan pola makan yang baik pula.

Yang terakhir, jangan lupa untuk melindungi diri dengan asuransi kesehatan ya. Kenapa harus punya asuransi? Karena yang namanya sakit sering datang tanpa permisi, apalagi terkait penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman atau tertular dari orang lain. Ingat, biaya berobat itu mahal loh!

Dengan memiliki asuransi, setidaknya kita udah berupaya mengurangi pengeluaran tidak terduga. Jadi, bukan cuma kesehatan tubuh yang harus dijaga tapi juga keuanganmu.

So, hidup sehat nggak susah kan, hanya butuh kesadaran diri dan disiplin aja. Sebuah tindakan simpel pun bisa membantu agar hidup kita lebih baik.

Yuk kita mulai menyayangi diri sendiri, demi kehidupan kita dan orang-orang tersayang kita juga.


1 comment:

  1. Iya, benar sih. Bagi yang jarang banget berolahraga, mending beli asuransi kesehatan aja untuk berjaga jaga jikalau sampai jatuh sakit. Daripada sudah jarang berolahraga tapi juga gak punya asuransi kesehatan sama sekali. Wah bisa repot ini.

    ReplyDelete