Riawani Elyta: Cantik di luar, Cantik di dalam, Cantik Sekarang, Tambah Cantik Kemudian (part-2)

New Romance Novel by Riawani Elyta

New Romance Novel by Riawani Elyta
Love Catcher
Saturday, 31 August 2019

Cantik di luar, Cantik di dalam, Cantik Sekarang, Tambah Cantik Kemudian (part-2)


       
      
  Kecantikan fisik bagi wanita merupakan hal yang penting, Tetapi, kecantikan fisik tak akan bermakna jika tak memiliki kecantikan hati. Secara umum, kecantikan hati meliputi sifat – sifat dan perilaku baik, santun dan menyenangkan. Seseorang yang memiliki kecantikan hati akan menjadi pribadi yang disenangi dan diterima dengan baik dalam pergaulan hidup sehari – hari. Kecantikan hati pada diri seorang wanita tak terbentuk dengan sendirinya. Dibutuhkan lingkungan yang baik dan pembentukan watak dengan membiasakan hal – hal baik.

                Nah, latihan ini sesungguhnya bisa dimulai dari usia yang masih sangat muda yakni sejak balita. Di usia ini, peran orangtua dan keluarga menjadi sangat penting karena menjadi lingkungan terdekat yang membentuk kepribadian seorang anak. Berikut tips simpel menjadikan gadis kecil kita menjadi pribadi yang menyenangkan dan memiliki kecantikan hati sedari kecil :

1.       Tanamkan nilai keimanan dan keagamaan kepadanya
Langkah utama dan pertama adalah dengan menanamkan nilai keimanan dan keagamaan kepadanya. Ajarkan kepadanya bahwa seluruh tingkah lakunya senantiasa dilihat oleh Allah Yang Maha Kuasa sehingga anak tidak akan melakukan perbuatan yang tidak baik. Ajarkan pula praktek ibadah, dan tanamkan bahwa dengan berperilaku baik maka  Allah akan semakin menyayanginya. Nilai keimanan dan keagamaan inilah yang akan menjadi benteng pertahanan utama bagi kehidupan putri kecil kita kelak.

2.       Ajarkan cara berpakaian yang baik

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengajarkan cara berpakaian yang baik. Memakai pakaian yang sesuai dengan tuntunan agama dan adat – istiadat yang berlaku di masyarakat kita akan membuat anak terbiasa dan mengetahui bagaimana cara berpakaian yang benar. Mereka yang terbiasa mengenakan pakaian yang baik memperlihatkan bahwa mereka menghargai diri mereka dan pada akhirnya bisa menghargai orang lain. 


3.       Ajarkan adab pergaulan yang benar

Adab pergaulan yang benar dibutuhkan saat putri kecil kita kelak berinteraksi dengan dunia yang lebih luas. Bagaimana mereka bergaul dengan baik sembari menjaga batasan interaksi terutama dengan lawan jenis. Kemampuan interaksi ini akan membuat seorang wanita jauh lebih dihargai dan memiliki kecantikan hati yang terjaga.

4.       Ajarkan mereka untuk menghargai dirinya sendiri

Tanamkan kepada putri kecil kita bahwa mereka sangat berharga. Sehingga mereka harus memanfaatkan potensi kebaikan dengan berlaku baik dan santun. Penghargaan diri ini penting karena akan membuat putri kita menjadi pribadi yang juga mampu menghargai orang lain.

5.       Gunakan cara berbicara yang santun

Intonasi bicara dan apa yang kita bicarakan merupakan dua hal penting saat berkomunikasi dengan orang lain. Berikan contoh yang baik kepada putri kecil kita tentang bagaimana mengembangkan cara berkomunikasi yang baik, penggunaan bahasa yang baik dan juga dengan intonasi yang tepat. Hal ini juga termasuk bagaimana berkomunikasi dengan orang yang lebih muda, sebaya dan yang lebih tua. Sikap – sikap seperti memberi salam, bersalaman saat bertemu juga termasuk hal yang harus dibiasakan.

6.       Ajak anak untuk mengembangkan empati

Selanjutnya ajarkan mereka untuk menjadi pribadi yang memiliki empati terhadap orang lain. Libatkan mereka saat berbagi dengan orang lain. Tunjukkan bagaimana kita merasa bersedih dengan kemalangan yang dirasakan orang lain dan bagaimana cara berempati terhadap kemalangan tersebut. 


7.       Ajar anak menjadi mandiri
Kemandirian juga merupakan bagian dari kecantikan hati seseorang. Ajarkan kepadanya bagaimana mengurus dirinya sendiri, dilanjutkan dengan mengurus lingkungan terdekat yakni lingkungan rumah. Kemandirian ini juga termasuk kemampuan berhemat terhadap barang – barang miliknya dan uang yang dimilikinya. Seseorang dengan kemandirian dan kemampuan menghargai barang – barang miliknya merupakan seseorang yang memiliki kecantikan hati karena mampu bersyukur terhadap amanah yang dititipkan kepadanya.

Tentu sangat menyenangkan ya bunda, jika putri kita memiliki sikap yang baik, mandiri dan menyenangkan. Untuk itu, kebiasaan baik perlu diajarkan sedini mungkin. Kesabaran memang sangat dibutuhkan dalam proses ini. Tetapi, ketika tiba saatnya putri kita menunjukkan hasil keteladanan itu, kita akan tersenyum dan bersyukur untuk semua kerja keras yang kita lakukan untuk membentuknya menjadi pribadi dengan hati yang cantik. Karena kecantikan fisik akan tergerus usia sementara kecantikan hati akan bertahan selamanya.(Lyta & Risa)

1 comment:

  1. bener mbaa.. sedari kecil anak2ku slalu aku ajarin hal2 basic seperti sopan santun, empati kepada sesama, respect kepada siapapun yg lbh tua ato berbeda dengan kita.. tentang ptgnya antri.. hal2 kecil yg sbnrnya akan membentuk pola pikir dan attitudenya di masa depan :). kalo ga sedari kecil mereka diajarin begitu, bakal lbh susah membentuknya saat udh gedean.

    gpp anakku mungkin ga cantik secara fisik. lbh ptg buatku dia cantik di hatinya

    ReplyDelete