Riawani Elyta: Cantik di luar, Cantik di dalam, Cantik Sekarang, Tambah Cantik Kemudian (part-1)

New Romance Novel by Riawani Elyta

New Romance Novel by Riawani Elyta
Love Catcher
Wednesday, 14 August 2019

Cantik di luar, Cantik di dalam, Cantik Sekarang, Tambah Cantik Kemudian (part-1)


          
Setiap wanita itu cantik. Setuju? Bahkan saat baru lahir pun, seorang bayi perempuan sudah terlihat cantik. Namun, mungkin nggak banyak yang menyadari, bahwa kecantikan  yang dianugerahkan Tuhan, sudah sepatutnya dipelihara sejak lahir. Disini, peran seorang ibu sangatlah penting. Mulai dari merawat putrinya sejak bayi, dilanjutkan dengan mengajarkan putrinya untuk menjaga kecantikan sesuai tahapan usia.

Kecantikan secara umum dapat dibagi dua : fisik dan non fisik. Kecantikan fisik, meski banyak yang bilang bukanlah sesuatu yang utama, tetapi nyatanya sangat penting untuk meningkatkan rasa percaya diri. Kalau tidak, mustahil produk pemutih selalu laris, skincare anti jerawat selalu dicari, dan produksi kosmetik terus bertumbuh baik jenis maupun jumlahnya. 

Sementara kecantikan non fisik atau kecantikan hati dan pikiran, meski terdengar klise, inilah sebenarnya yang harus senantiasa diasah, dilatih dan ditingkatkan kualitasnya sebagai pendongkrak value seseorang. Namun kali ini, saya akan lebih fokus pada pembahasan soal kecantikan fisik dulu.

                Usia 0 hingga 10 tahun, bisa dibilang merupakan tahap pertama mengajak putri – putri kecil kita menjaga diri dan kecantikannya. Walaupun tidak ada perawatan khusus yang harus dilakukan, karena kulit mereka masih sangat terjaga, tak ada salahnya untuk mulai mengenalkan tentang perawatan tubuh dengan baik. Hal ini sangat penting untuk membangun kebiasaan baik sebagai pondasi dasar untuk tahapan usia selanjutnya dan insya Allah, nggak ada rugi-ruginya menjaga kecantikan sejak dini.

                Berikut tips – tips sederhana untuk menjaga kecantikan putri kita di tahapan usia 0 hingga 10 tahun :

  •  Melatih untuk memakai pakaian yang sopan

Ketika putri kita masih bayi hingga balita, kenakan mereka pakaian yang sopan. Setelah mereka bisa mengenakan pakaian sendiri, sediakan atau belikan pakaian yang sopan dan tanamkan kebiasaan berpakaian yang sopan meskipun hanya dikenakan di rumah. Hal ini untuk mengajarkan bahwa berpakaian yang sopan adalah bentuk penghargaan terhadap kecantikan fisik yang harus dijaga dengan baik.

  • Pilih asupan makanan yang tepat

Makanan yang tepat akan membuat tubuh sehat sehingga menunjang pertumbuhan dan menjaga kulit tetap sehat. Sediakan makanan bergizi di rumah, ajarkan putri – putri kecil kita memilih makanan yang sehat. Variasi makanan juga sangat dibutuhkan. Sesekali ajak dan libatkan gadis kecil kita untuk mengolah berbagai menu makanan sehat sehingga mereka pun akan dengan senang hati mengonsumsi makanan sehat.

  • Ajak anak untuk berolahraga

Olahraga dan gerak fisik sangat dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembang yang sehat. Selain dapat mencegah berbagai kemungkinan penyakit akibat kurang gerak di kemudian hari, olahraga juga dibutuhkan untuk menjaga kenaikan berat badan yang tepat di masa pertumbuhan dan menopang anak mencapai tumbuh kembang yang maksimal. 
  •  Ajak anak membangun kebiasaan baik mulai dari menyikat gigi hingga mandi dengan benar
Berbagai kebiasaan baik seyogyanya mulai ditanamkan sedini mungkin. Mulai dari menyikat gigi yang benar, mencuci muka sebelum tidur, rajin mencuci tangan hingga cara mandi dan membersihkan tubuh dengan benar. Kebiasaan baik ini akan tertanam untuk terus dilakukan putri kita seumur hidupnya.
  •  Ajari putri – putri kita untuk mengurus dirinya sendiri
Hal – hal terkait perawatan diri seperti menyisir rambut sendiri, memotong kuku hingga mencuci peralatan pribadi bisa mulai diajarkan sejak kecil. Kebersihan merupakan bagian kecantikan yang utama. Kebersihan juga bagian dari iman. Tanpa kebersihan, kecantikan tak ubahnya hiasan kristal yang berdebu. Pancaran keindahannya akan tertutup dan hanya suram yang terlihat.

Memiliki putri kecil yang cantik tentunya menjadi harapan kita semua. Kita pun akan lebih berbahagia jika mereka terbiasa merawat kecantikan sejak dini. Oleh karenanya, moms, yuk tanamkan kebiasaan baik kepada putri kecil kita agar sedini mungkin mereka mulai menjaga kecantikan yang dianugerahkan Tuhan dengan sepenuh kesadaran. Yakinkan mereka bahwa tak ada usaha yang sia-sia. Kebiasaan yang dimulai sejak dini akan membentuk mereka menjadi wanita yang percaya diri kelak dan mampu menghargai diri dengan cara yang tepat.


 

1 comment:

  1. good post 😊 would you like to follow each other? if the answer is yes, please follow me on my blog & i'll follow you back. https://camdandusler.blogspot.com

    ReplyDelete