Riawani Elyta: Saatnya Berpaling pada Apartemen, Hunian yang kian Diminati

New Romance Novel by Riawani Elyta

New Romance Novel by Riawani Elyta
Love Catcher
Thursday, 27 June 2019

Saatnya Berpaling pada Apartemen, Hunian yang kian Diminati

Seiring perkembangan zaman dan kebutuhan akan hunian yang menjawab kebutuhan kaum urban, tinggal di apartemen merupakan salah satu pilihan yang kian diminati terutama di kawasan perkotaan. Selain itu, keterbatasan lahan untuk membangun rumah tinggal, turut menjadikan pilihan untuk tinggal di apartemen sebagai pilihan yang jauh lebih efisien.

 Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, apartemen diartikan sebagai tempat tinggal (terdiri atas kamar duduk, kamar tidur, kamar mandi, dapur dan sebagainya) yang berada pada satu lantai bangunan bertingkat yang besar dan mewah, dilengkapi dengan berbagai fasilitas (kolam renang, pusat kebugaran, toko dan sebagainya). Tetapi, seiring perkembangan dan tuntutan pengguna apartemen, maka apartemen dibangun dengan menyesuaikan kebutuhan penggunanya.  

Selain dijadikan pilihan tempat tinggal, memiliki apartemen untuk dijual kembali atau disewakan juga menjadi pilihan bisnis properti yang menjanjikan. Berikut beberapa keunggulan apartemen sebagai hunian yang layak dipertimbangkan :
 
1.  Tingkat mobilitas dan kesibukan yang tinggi membuat pemilik rumah tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus rumah. Walhasil, rumah umumnya hanya berfungsi sebagai tempat beristirahat. Sehingga, apartemen bisa menjawab kebutuhan tersebut.
2.   Lokasi apartemen yang biasanya berada di tengah kota dan dekat dengan berbagai pusat kegiatan seperti bisnis, pertokoan, sekolah, rumah sakit, hiburan dan lain – lain. Hal ini bisa memangkas biaya transportasi terutama bagi pasangan muda dengan tingkat penghasilan yang belum begitu tinggi.
3.    Bagi pasangan muda dengan anak – anak yang masih kecil dan menuntut perhatian ekstra, tinggal di apartemen dengan lokasi yang lebih strategis membuat mereka bisa cepat dan sering bertemu dengan anak – anak mereka.
4.    Fasilitas yang ditawarkan oleh pengembang apartemen umumnya cukup menarik (misalnya pusat kebugaran, taman, kolam berenang, toko serba ada, salon, sauna dan spa, apotik dan sebagainya) sehingga mereka yang tinggal di apartemen bisa memanfaatkan fasilitas tersebut tanpa perlu pergi jauh – jauh dengan mengeluarkan biaya dan waktu ekstra. 

Di Indonesia, beberapa tipe apartemen yang sudah dikenal antara lain tipe studio, satu bedroom (1BR) tipe dua bedroom (2BR) dan tipe tiga bedroom (3BR). Tipe – tipe ini dianggap cukup menjawab kebutuhan penggunanya. Pada beberapa pengembang, tipe – tipe lain juga turut ditawarkan, yang umumnya merupakan pengembangan dari tipe – tipe di atas, misalnya tipe loft yang memiliki tambahan mezanine di atasnya. Tipe ini biasanya merupakan pengembangan tipe studio dengan langit – langit yang tinggi sehingga sirkulasi udaranya lebih lega. Pada area yang tinggi, umumnya terdapat setengah ruangah tambahan yang biasanya digunakan sebagai kamar tidur.

 Pemilihan tipe apartemen ini tentunya berkorelasi dengan biaya yang dimiliki dan kebutuhan dari calon pembeli/penyewa. Bagi mereka yang memilih untuk melakukan sewa apartemen, sistem yang ditawarkan kini juga jauh lebih  beragam. Dari mulai harian, bulanan hingga tahunan. Apartemen umumnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti tempat tidur, AC, dispenser, kitchen set, meja makan, kompor, televisi, lemari es hingga water heater seperti rumah hunian yang nyaman sehingga calon penyewa biasanya tidak akan bingung lagi untuk membawa peralatan mereka sendiri. 

Sementara bagi mereka yang ingin melakukan jual apartemen, biasanya akan menawarkan dengan konsep unfurnished, semi furnished hingga full furnished. Selain itu, menawarkan apartemen juga jauh lebih mudah dengan menggunakan situs terpercaya yang biasanya digunakan calon pembeli atau penyewa yang mencari informasi lengkap tentang apartemen yang mereka butuhkan. Di situs tersebut, calon penjual/pihak yang menyewakan tinggal memasukkan lokasi apartemen mereka, tipe dan luas apartemen, fasilitas yang ditawarkan, kondisi, harga, nomor telepon yang bisa dihubungi hingga info tambahan sebagai sarana promosi. Dengan menggunakan sarana promosi di situs terpercaya, biasanya memasarkan apartemen jauh lebih mudah dan cepat. 

Memilih tinggal di apartemen tentunya juga memiliki sejumlah hal yang harus dipertimbangkan. Sejumlah peraturan yang harus diikuti hingga biaya bulanan yang harus dikeluarkan. Biaya bulanan ini meliputi biaya air, listrik, pemeliharaan gedung, keamanan, sinking fund, parkir hingga laundry bagi yang ingin memanfaatkan jasa cuci pakaian. Tetapi hal ini tentunya sebanding dengan fasilitas dan kenyamanan yang diperoleh oleh penghuni apartemen.  

Jadi, memilih apartemen baik untuk dipakai sendiri, disewakan maupun dijual kembali memiliki sejumlah keuntungan terutama untuk menjawab kebutuhan zaman yang kian cepat. Tinggal bagaimana menyesuaikan dengan kebutuhan dan berbagai penawaran apartemen di sejumlah lokasi strategis di terutama di Jakarta dan kota – kota besar lainnya siap menanti.


Sumber :
kbbi.web.id
sewa-apartemen.com
jual-apartemen.com
properti.kompas.com
enviroapartment.com
jendela360.com
pixabay.com

No comments:

Post a Comment