Riawani Elyta: Lakukan 6 (Enam) Kegiatan Bermanfaat Ini Saat Ngabuburit Agar Ramadhan Lebih Bermakna

New Romance Novel by Riawani Elyta

New Romance Novel by Riawani Elyta
Love Catcher
Monday, 6 May 2019

Lakukan 6 (Enam) Kegiatan Bermanfaat Ini Saat Ngabuburit Agar Ramadhan Lebih Bermakna

Ngabuburit. Pasti udah pada familier dong dengan istilah ini? Berasal dari bahasa Sunda yang artinya waktu menjelang sore, istilah ini populer digunakan saat bulan puasa, ditujukan kepada mereka yang menunggu waktu berbuka sambil melakukan kegiatan, dengan maksud agar rasa lapar dan haus yang udah berada di menit-menit terakhir jadi enggak terlalu terasa.


Biasanya sih ngabuburit diisi dengan kegiatan santai seperti jalan-jalan, cuci mata atau nonton teve bagi yang di rumah.

Nah, sebenarnya waktu ngabuburit ini bisa banget lho diisi dengan kegiatan yang bermanfaat. Mau tahu apa aja bentuknya? Ini dia.

1.      Membaca dan mentadabburi Al-Quran
Ramadhan menjadi bulan penuh berkah dan bertabur pahala. Jadi, sudah selayaknya kita gunakan dengan memperbanyak amal ibadah. Salah satunya adalah dengan membaca dan mentadabburi Al-Quran. Selain membacanya sesuai tajwid yang tepat, kita juga sangat dianjurkan untuk membaca terjemahannya dan memahami artinya, sehingga ilmu dan hikmah yang terdapat didalam kitab suci ini dapat meresap ke dalam pemahaman dan sanubari kita. Dan pada akhirnya, setiap tindak tanduk, perkataan dan perbuatan kita akan selalu berpedoman kepada Al-Quran.

2.      Membaca buku
Hayo, kapan terakhir kali baca buku? Kemarin, seminggu lalu, sebulan lalu atau bahkan setahun lalu? Yuk, gunakan waktu ngabuburit di ramadhan ini untuk kembali baca buku. Selain dapat menambah pengetahuan dan wawasan, membaca buku juga dapat melatih kembali proses daya cerna pikiran kita yang selama ini sudah terbiasa melewati proses yang instan. Dengan membaca, kita akan melewati proses menyerap informasi, menganalisa dan mengevaluasi apa yang kita baca, untuk kemudian kita saring, mana yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

3.      Menyiapkan hidangan berbuka
Bagi yang sore hari sudah berada di rumah, waktu ngabuburit bisa kita gunakan untuk menyiapkan hidangan berbuka. Bagi ibu-ibu yang bekerja, mungkin mengalami keterbatasan waktu untuk memasak menu berbuka. Namun, bukan berarti kita meniadakan sama sekali kegiatan menyiapkan hidangan berbuka. Sekurang-kurangnya, membuat minuman segar dan memotong buah-buahan bisa kita lakukan sendiri. Sekecil apapun bentuk upaya kita, in sya Allah akan memberikan sentuhan penuh cinta yang dapat dirasakan oleh seluruh anggota keluarga.

4.      Berolahraga ringan
Bulan puasa, bukan berarti absen berolahraga lho. Justru kita harus tetap bergerak agar tubuh nggak gampang loyo. Saat ngabuburit adalah waktu yang tepat untuk berolahraga di bulan ramadhan, karena tidak lama setelah berolahraga, kita bisa segera mengganti energi yang hilang dengan berbuka.
Pilihlah olahraga yang tidak terlalu berat seperti jalan kaki atau senam ringan. Lakukan dalam waktu 15 – 30 menit.

5.      Mendengarkan tausyiah
Waktu menjelang berbuka, adalah waktu untuk tausyiah atau kultum kerap tayang di televisi. Kita bisa gunakan waktu ini untuk menyimak tausyiah tersebut, baik lewat tayangan di televisi maupun lewat youtube dan IG story. Biasanya sih, saat bulan ramadhan, hati kita lebih lembut dan terbuka untuk menerima nasehat-nasehat agama, selain tentu saja menambah pemahaman kita terhadap ilmu agama.

6.      Menyelesaikan target khusus
Yuk manfaatkan momen ramadhan ini dengan menyelesaikan target khusus. Misalnya nih, saya menantang diri sendiri untuk ikutan BPN 30 Day Ramadhan Blog Challenge. Kalian bisa merancang target tersendiri dan menantang diri sendiri untuk menyelesaikannya. Misalnya menyelesaikan 30 juz Al-Quran, menulis bab awal buku, menjahit, membuat craft, atau membuat sesuatu bersama anak-anak.

Nah, itulah 6 (enam) kegiatan bermanfaat yang bisa kita lakukan saat ngabuburit. Kalau kamu, ngabuburitnya digunakan untuk apa nih?

10 comments:

  1. Kalau waktu ramadan seperti ini, suka dengarkan radio karena banyak acara tausiyah yang diputar kak. Selain itu juga banyak murojaah. Senang

    ReplyDelete
  2. Baik kak, terima kasih banget tipsnya. Memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk ladang pahala di bulan ini.

    ReplyDelete
  3. Selamat menunaikan ibadah puasa ya kakak. Kalo saya ikut berbuka puasa aja kak hihi

    ReplyDelete
  4. Bener banget kak, daripada ngabuburit di luar, mending di rumah nunggu buka puasa. Apalagi berdoa menjelang berbuka puasa, kebanyakan doa yang makbul/ banyak dikabulkan. Sayang banyak yang gak tau ya.

    ReplyDelete
  5. Dengarkan tausiah paling enak, apalagi jaman teknologi seperti sekarang.. tinggal buka yutup

    ReplyDelete
  6. Saya pilih yang nomor 6, karena ingin menyelesaikan target khusus. Target yang dulu sering dilakukan tapi 3 bulan terakhir terbengkalai, yakni mengisi blog secara rutin lagi... hehehe.... habis beberapa bulan ini terkonsentrasi untuk yang lain, alhasil blog terbengkalai ngisinya.

    ReplyDelete
  7. Saya share linknya ke temen2ku yg lagi puasa ya kak Lyta.

    ReplyDelete
  8. klu saya ga ada waktu tuk ngabuburit
    pulang kantor jam 4...
    itu dihabiskan dengan perjalanan pulang ke rumah
    trus singgah di pasar juadah beli lauk dan takjil
    serba cepat .
    lanjut pulang
    masak nasi dan siapkan hidangan berbuka
    beres rumah..mandi dan udah magrib hehehe
    paling tadarus malam siap tarawih

    ReplyDelete
  9. Dan jangan lupa sedekah hehehe

    ReplyDelete