Riawani Elyta: 6 (enam) Wajah Wonderful Indonesia di Pulau Bintan

New Romance Novel by Riawani Elyta

New Romance Novel by Riawani Elyta
Love Catcher
Saturday, 1 December 2018

6 (enam) Wajah Wonderful Indonesia di Pulau Bintan

Keindahan alam jagat raya yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, adalah anugerahNya yang tiada terhingga bagi bumi Indonesia. Tak heran, banyak destinasi wisata di negeri ini yang dideskripsikan sebagai “Sepotong Syurga yang Jatuh ke Bumi”.
Dan salah satu potongan itu, Dia anugerahkan kepada Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Pulau yang berdekatan dengan negara tetangga Singapura dan Malaysia ini, memiliki beragam destinasi wisata yang mempesona, yang turut menambah deretan kekayaan Wonderful Indonesia.

Untuk berkunjung ke Pulau Bintan, kalian bisa menempuhnya dengan moda transportasi udara Jakarta – Tanjungpinang (terdapat tiga kali penerbangan langsung), ataupun bagi kalian yang berdomisili di luar Jakarta, kalian dapat menempuh perjalanan menuju bandara Hang Nadim di Batam dan dilanjutkan dengan perjalanan laut selama satu jam menggunakan ferry menuju Pulau Bintan.

Lalu....apa dong objek wisata yang menarik di Pulau Bintan? Berikut 6 (enam) darinya yang bakal mendatangkan sesal kalau nggak sempat dikunjungi saat sudah menjejakkan kaki di sini :

   1. Pantai Trikora
Inilah salah satu destinasi wisata tertua di Pulau Bintan. Terletak di Desa Malang Rapat, Kabupaten Bintan, pantai dengan panjang 25 km ini terbagi menjadi Trikora 1, 2, 3 dan 4.


Pasirnya yang putih bersih, batu-batu karang dan batu alam, nyiur melambai di sepanjang jalan dan tepian pantai serta lautnya yang bergelombang, menciptakan harmonisasi alam yang tidak hanya memanjakan mata, tetapi juga memberikan perasaan rileks dan ketenangan.

Berwisata di sini juga tergolong irit. Kita boleh membawa makanan dari rumah, dan tinggal menyewa pondok kayu dengan harga Rp.40 ribu untuk duduk-duduk di sini seraya menikmati keindahan pantai. Jika ingin berenang, kita cukup membayar Rp.3000,- untuk mandi bilas dan ditambah Rp.2000,- jika ingin membeli sabun dan shampoo sachet untuk sekali pakai.

   2.  Madu Tiga Beach Resort
Masih berada di lokasi yang sama dengan Pantai Trikora, tempat wisata yang tergolong baru ini menyediakan akomodasi, restoran, aktivitas hiburan seperti memancing, bersepeda, jetski, snorkeling dan menyelam. Apa yang unik, tempat ini menggabungkan beberapa ciri keberagaman adat tradisional dan modern untuk desain eksteriornya.

Mulai dari resort yang mirip rumah adat Papua, kain corak kotak-kotak pembungkus tiang kayu dan meja pondok ala Bali, nama-nama tempat yang menggunakan bahasa melayu Malaysia, hingga objek bernuansa modern untuk spot foto.

Untuk berwisata di sini, kita cukup membayar parkiran sebesar Rp.10.000,- dan kita sudah bisa bersantai sambil menikmati keindahan pantai dan laut. Jika ingin menggunakan sarana permainannya, tentu saja kita harus membayar biaya tambahan. Sebagai contoh, untuk 1 jam bermain jetski dikenai tarif sekitar Rp.600.000,-. Tetapi, kita juga bisa menyewa dengan harga lebih murah untuk durasi kurang dari 1 jam.

Oh ya, bagi kalian penyuka kopi, cobain deh kopi yang dijual di resto Madu Tiga ini. Rasanya enaaak banget. Harganya juga terjangkau. Hanya Rp.15.000,- secangkir. Bagi yang ingin merasakan pengalaman menginap di resort-nya, tarifnya sekitar Rp.550.000,- pada hari kerja dan Rp.650.000,- saat weekend. Sebagai tambahan info, untuk malam pergantian tahun nanti, resort-resort di sini sudah full-booked!


   3. Pemancingan Poyotomo
Berlokasi di kaki Gunung Bintan, destinasi wisata yang menjadikan danau pemancingan sebagai objek unggulan ini, pelan tetapi pasti mulai dikenal sebagai salah satu wisata populer di Bintan. 
Selain menyajikan spot-spot foto yang menarik dari berbagai angle dan view, Poyotomo terus berbenah dan meningkatkan fasilitas permainannya. Dari yang semula dikenal karena danau pemancingan dan sarana berkemah, saat ini Poyotomo juga menyediakan area bermain untuk anak termasuk memanah, ayunan dan patung-patung animasi Disney di beberapa spot.

Tiket masuknya sebesar Rp.10.000,- untuk dewasa dan Rp.5.000,- untuk anak-anak. Untuk anak dibawah 6 tahun gratis.
Untuk memancing kita harus membayar Rp.30.000,-, dan kita akan mendapat alat pancing dan bubu ikan. Untuk memanah, kita harus membayar Rp. 20.000,- untuk delapan anak panah. Di sini juga tersedia fasilitas resto, mushola dan toilet umum.


   4. Lagoi Bay
Siapa yang tak kenal kawasan wisata Lagoi di Bintan. Kawasan yang menyimpan beragam objek wisata mulai dari wisata alam, resort-resort berbintang hingga lapangan golf berkelas internasional. 
Diantara berbagai destinasi wisata yang populer di kawasan ini, salah satunya adalah Lagoi Bay. Pantai dengan keindahan laut ini juga dilengkapi beragam objek wisata buatan seperti Lantern Park dan Rumah Imaji, serta restoran dengan harga cukup terjangkau, membuat Lagoi Bay ramai dikunjungi saat liburan da akhir pekan.

Untuk menikmati pemandangan pantai dan laut, kita tidak perlu mengeluarkan biaya dan boleh membawa bekal sendiri. Objek wisata Lantern Park dibuka khusus malam hari dengan tiket masuk sebesar Rp.25.000,-. Didalamnya kita bisa berfoto-foto dengan patung-patung hewan purba yang menyala seperti lampion.

Rumah Imaji pula menyediakan spot foto tiga dimensi dan rumah terbalik. Dengan membayar tiket sebesar Rp.50.000,-, kalian sudah bisa berfoto sepuasnya pada tak kurang 50 spot foto 3D di sini, yang cukup banyak menampilkan kearifan lokal seperti masjid Penyengat, hutan mangrove dan rumah adat melayu. Kalian juga nggak perlu khawatir kelaparan, karena di luar Rumah Imaji terdapat pujasera yang menyajikan beragam makanan jajanan.



   5. Wisata Desa Ekang
Ini tergolong tempat wisata yang masih baru di Bintan, yang dalam pengelolaannya bekerja sama dengan Bumdes Ekang Anculai. 
Sekilas, konsep tempat wisata yang terletak di jalan yang berseberangan Lagoi ini mirip dengan pemancingan Poyotomo. 
Namun fasilitas permainan yang tersedia cukup beragam, mulai dari kolam renang, kuda andong, boat mini, taman kelinci, dan layang-layang. Saat ini juga tersedia fasilitas villa dan camping glamp. Selengkapnya tentang objek wisata yang ini bisa kalian baca disini.

   6. Gurun pasir Busung
Bekas area penambangan bauksit yang terletak di Desa Busung Kecamatan Seri Kuala Lobam ini belakangan menjadi kian populer. 
Bentuk gundukan-gundukan pasirnya yang mirip gurun dan adanya telaga biru di tengah-tengah area yang berwarna tosca menjelmakan keunikan tersendiri pada objek wisata yang satu ini.

Untuk menikmati gurun pasir Busung, kita cukup membayar parkir, dan jika hendak berfoto dengan properti yang disediakan kita cukup membayar Rp.5.000,- per properti.

Oh ya, untuk sampai ke tempat-tempat wisata ini, kalian sebaiknya menyewa mobil karena tidak tersedia angkutan umum untuk menuju ke setiap lokasi. Tarif sewa mobil mulai dari Rp.450.000,- untuk perjalanan dari pukul 08.00 – 17.00.

Nah, itulah 6 destinasi wisata yang menjadi wajah Wonderful Indonesia di Bintan. Kalian juga ingin berbagi cerita tentang destinasi wisata di daerah kalian? Yuk ikuti Wonderful Indonesia Blog Competition dengan meng-klik tautan ini untuk info detailnya : https://goo.gl/forms/RJuGs5pjTXEj5ZpD3 .



13 comments:

  1. udah lama pengen ke poyotomo, tapi belum kesampaian juga sampai sekarang.

    ReplyDelete
  2. Itu yang di madu tiga kok asik banget pantainya. Aku belom pernah kesana. Hahaha... okesip dicatet buat kapan kalo main lagi ke Bintan ya... :)

    ReplyDelete
  3. madu tiga beach resort itu kok lucu gitu yaa namanya. tapi jadi penasaran yaaa. apalagi biaya masuknya juga terjangkau.

    ReplyDelete
  4. Bintan memang pantas untuk dikunjungi karena bangak destinasi wisata yang indah disana. Biayanya juga sangat murah dan terjangkau. Namun sayang, aku belum berwisata ke point nomor dua dan lima. Mungkin suatu hari nanti bakal kesana

    ReplyDelete
  5. Bintan dah banyak bebenah, destinasi wisatanya mulai diperhitungkan. Pengen ke poyotomo ama wisata desa ekang.

    ReplyDelete
  6. yang menyenangkan dari bintan adalah kini menjadi tempat wisata yang bersahabat dengan wistawan lokal dan berkantong tipis :D

    ReplyDelete
  7. Belum sempat ke wisata desa ekang, pengen banget kesana deh seperti na seru

    ReplyDelete
  8. Bintan sekarang luar biasa. Didukung bupati dan kadispar serta pelaku usahanya yang memang selalu think out of the box. Luar biasa.

    ReplyDelete
  9. Gurun pasir busungnya keren banget

    ReplyDelete
  10. Keren kak lengkap... Bintan memang layak jd wonderful Indonesia...

    ReplyDelete
  11. Sebenarny relatif murah2 y mb karcia tempat wisatany, yg mahal itu tiket ke sananya
    Moga2 nanti ad rezeki

    ReplyDelete
  12. Resort dan Poyotomo menarik buat dikunjungi. Moga suatu saat bisa ke sana.

    ReplyDelete
  13. Wah...udah tambah obyek wisatanya niiih. Pernah dulu banget ke Bintan, hanya sempat ke Pantai Trikora dan pulau Penyengat.
    Keren nih kalau obyeknya banyak...Wonderful Indonesia...

    ReplyDelete