Riawani Elyta: Kenapa Bergabung di BP Network? (day 4)

New Romance Novel by Riawani Elyta

New Romance Novel by Riawani Elyta
Love Catcher
Friday, 23 November 2018

Kenapa Bergabung di BP Network? (day 4)

Saya sendiri sudah lupa darimana awalnya saya mengenal Blogger Perempuan Network. 

Kalau tidak salah, awalnya saya sekadar ikut bergabung setelah tahu nama komunitas ini dari beberapa rekan blogger. Dan (kalau tidak salah lagi), saya kemudian ikut bergabung di Partnership BP Network (blog pengembangan dari BP Network khusus untuk info-info job blog) setelah blog saya mencukupi persyaratan untuk monetisasi.

Yang jelas, sampai hari ini cukup banyak job yang saya peroleh melalui komunitas ini, baik job sebagai blogger maupun buzzer. Beberapa lomba blog yang saya ikuti, infonya pun saya peroleh dari komunitas ini. 

Adanya daily sharing dengan tema tertentu setiap hari juga turut menyemangati saya untuk tetap meng-update blog meski nggak rutin-rutin amat. 

Buat saya, bergabung dengan komunitas blogger itu banyak manfaatnya. Pertama, kita bisa mendapat info-info seputar job blogger dan even-even. Meskipun tidak bisa hadir karena terkendala domisili, minimal kita cukup update-lah dengan apa yang tengah terjadi di negeri ini. Ya maksudnya update tentang hal-hal yang positif, peluncuran produk baru misalnya, sosialisasi kebijakan pemerintah, dsb.

Kedua, kita juga bisa menambah ilmu seputar dunia blogging. Tahu sendiriah ya, saat ini perkembangan teknologi digital begitu cepatnya. Dan karena blog juga termasuk dalam media digital, ilmu tentangnya pun berkembang dengan pesatnya.

Ketiga, meningkatkan networking. Kita jadi punya kenalan dan teman-teman baru meski hanya sebatas di media virtual. Tetapi, networking yang terbangun justru lebih luas dan cepat meski tanpa bertatap muka. 

Keempat, meningkatkan traffic blog. Minimal, saat kita membagikan tautan blog kita di grup, lebih punya peluang untuk dibaca ketimbang enggak dibagikan, bukan? Apalagi kalau kontennya menarik, adanya sharing di grup lebih membuka potensi untuk blog kita lebih ramai disinggahi.

Kelima, sebagai dampak lanjutannya adalah menambah penghasilan sampingan dan juga eksistensi diri. Buat yang baru jadi blogger dan ingin memonetisasi blognya, saran saya sih sebaiknya jangan terlalu fokus dulu pada penghasilan. Tetapi fokuslah pada usaha. Usaha untuk merawat blog dengan baik agar konten dan penampilannya menarik serta bermanfaat, rajin di-update, sambil mempraktekkan tips-tips SEO friendly agar page viewnya tinggi. Karena tetap saja usaha akan berbanding lurus dengan hasil. Pingin dapet banyak 'hasil' dari blog, ya usahanya juga kudu rajin.

Yang jelas, hari gini, jadi blogger tetapi nggak gabung dengan komunitas, kayanya hidup kita kurang lengkap deh. Kecuali kalo kita ngeblog memang sekadar untuk jadi sarana curhat atau diari yang terbuka.

Nah...kalo kamu, kenapa nih ikut bergabung di BP Network?

No comments:

Post a Comment