Riawani Elyta: 10 Kue Kering yang Wajib Kalian Coba Saat Lebaran

New Romance Novel by Riawani Elyta

New Romance Novel by Riawani Elyta
Love Catcher
Saturday, 22 September 2018

10 Kue Kering yang Wajib Kalian Coba Saat Lebaran

Pada momen hari raya, persediaan makanan pada umumnya meningkat. Aneka makanan dan minuman dibuat semenarik dan selezat mungkin untuk menyambut momen istimewa ini. Hari Raya Idul Fitri memang telah menjadi momen tahunan untuk berkumpul bersama sanak keluarga. Bagi sebagian keluarga muslim, selain hidangan khas Lebaran seperti ketupat, opor ayam, sambal goreng hati, rendang, penganan yang wajib ada saat Lebaran adalah kue kering.


Selain memiliki rasa yang gurih dan renyah, kue kering juga terkenal awet. Ada banyak sekali ragam kue kering yang muncul saat Lebaran. Kue kering juga sangat cocok dijadikan camilan saat senggang. Biasanya digemari anak-anak dan keluarga kala santai. Sembari menyambung tali silaturahim, kalian juga dapat duduk bersama kerabat menikmati secangkir teh manis dan berbagai kue kering. Berikut 10 (sepuluh) kue kering yang wajib kalian coba saat Lebaran :

1. Kue Kering Nastar
Popularitas kue yang satu ini sebagai kue kering Lebaran sepertinya belum tergantikan oleh kue kering yang lain. Selain teksturnya yang renyah sekaligus lembut, ciri khasnya terletak pada isi selai nenas didalamnya. Tak hanya selai nenas, kalian pun bisa mengisinya dengan selai lain seperti stroberi, blueberi, dan lain-lain sesuai selera. Cara membuatnya meski sedikit rumit namun hasilnya memuaskan. Jika ingin rasa nenasnya lebih terasa, kalian bisa membuat selai nenas sendiri dengan menggunakan sari buah nenas asli.

2. Kue kering Keju
Sesuai namanya, kue kering yang juga populer dengan nama kaastengels ini menggunakan keju dalam adonannya dan taburan pada kulitnya. Biasanya, yang digunakan dalam adonan adalah keju edam dan yang menjadi taburan adalah keju cheddar. Dengan tekstur renyah dan rasa gurih asin, kue kering ini menjadi pilihan mereka yang tidak terlalu menyukai kue kering dengan rasa manis.

3. Kue Kering Kacang Tanah
Ini termasuk kue kering yang bahan-bahannya relatif lebih ekonomis. Karena bisa menggunakan minyak goreng sebagai pengganti mentega. Rasa kacang tanah yang khas membuat kue ini tetap digemari dan cocok juga disajikan sebagai makanan ringan kala sore hari.

4. Kue Kering Putri Salju
Sudah sejak lama kue kering ini menjadi favorit kala Lebaran datang. Meski namanya kue putri salju, bukan berarti kue ini berbentuk putri salju yang cantik bersama 7 (tujuh) kurcaci. Kue ini justru berbentuk bulat atau bulan sabit. Namun karena bertabur gula donat yang putih bersih dan memberi sensasi dingin kala dikunyah, membuat kue ini disebut putri salju. Banyak yang mengira membuat kue salju sangat ribet dan melelahkan. Padahal tidak juga.

Hal penting yang harus diperhatikan, kue sudah dalam suhu ruang saat ditaburi gula dan gunakan gula halus khusus atau gula donat, karena gula jenis ini tidak mudah lumer pada suhu ruang.

5. Kue Kering Coklat
Kue kering yang selalu jadi favorit anak-anak saat Lebaran. Kue kering ini bisa dimodifikasi dengan beragam bahan, seperti irisan kacang, kismis, oatmeal, dan sebagainya. Kue ini juga bisa dibuat untuk makanan camilan sehari-hari yang pastinya disukai anak-anak.

6. Kue Kering Mentega
Satu lagi yang tak kalah enaknya adalah kue kering mentega. Kue kering ini biasanya disimpan dalam toples kedap udara agar teksturnya tetap renyah. Bahan dasarnya terdiri dari mentega tawar, terigu, gula halus dan telur. Bisa dimodifikasi dengan berbagai bahan sesuai selera, baik dicampur langsung dalam adonan dasar maupun sebagai topping.

7. Kue Kukis Coklat Kacang
Belakangan, kue yang punya nama populer niegrita ini menjadi salah satu yang laris manis dibuat oleh produsen kue rumahan. Sekilas terlihat seperti kue kering cokelat biasa, tetapi teksturnya gurih dan padat saat dikunyah. Penggemar kukis kacang cokelat dan brownis pasti akan menyukainya.

Kombinasi warna cokelat dengan icing putih vanili dan taburan remah kacang, membuat kue kering ini begitu menggoda siapapun untuk mencicipinya.

8. Kue Kering Semprit Larut
Kue Semprit memiliki bentuk yang unik untuk melengkapi sajian kue kering saat Lebaran. Teksturnya yang lembut dan tidak terlalu manis cocok untuk menjadi teman minum teh di sore hari diluar momen Lebaran.

9. Kue Lidah Kucing
Kue khas Lebaran sejak jaman penjajahan Belanda ini memang terkenal dengan kerenyahan dan rasa yang mirip egg roll cookies. Lidah kucing, sesuai namanya, bentuknya mirip lidah kucing dengan kepadatan yang tipis. Hidangan ini patut melengkapi meja hidangan kalian sebagai kue kering yang renyah.

10. Kue Kering Apel
Bagi kalian yang ingin membuat kue kering variasi lain dan memiliki rasa yang tidak umum, kalian bisa mencoba kue kering apel sebagai kue yang tampil beda saat Lebaran.


No comments:

Post a Comment