Riawani Elyta: Having Fun With Faber Castell Colour To Life

New Romance Novel by Riawani Elyta

New Romance Novel by Riawani Elyta
Love Catcher
Sunday, 5 August 2018

Having Fun With Faber Castell Colour To Life

Hari gini....boleh dibilang banyak orang tua – termasuk saya – nyaris kewalahan menghadapi gempuran gawai  dan segala pernak-perniknya yang sudah sedemikian mendominasi aktivitas anak-anak. Mulai dari games, youtube, socmed, dan sebagainya. Sudah bermacam cara ditempuh, termasuk membatasi waktu dan kuota, tetap saja tidak benar-benar optimal untuk meminimalisir interaksi antara anak-anak dengan gawai.



Sebenarnya, terlibat dalam aktivitas digital bukanlah hal yang buruk, apalagi, sekarang ini memang era millenium. Anak-anak yang lahir di jaman ini otomatis langsung tumbuh dan besar dalam dunia digitalisasi, jadi, justru terasa aneh jika mereka kudet terhadap teknologi digital dan internet.

Namun, yang kemudian menimbulkan kekhawatiran, adalah terpaparnya anak-anak dengan hal-hal negatif dari internet, seperti muatan pornografi, kekerasan, kabar-kabar hoax, ataupun kecanduan games dan berselancar di dunia maya sehingga membuat anak menjadi seorang gadget freak. Ini tidak hanya dapat menurunkan konsentrasi belajar dan merusak kesehatan, khususnya kesehatan mata dan syaraf, tetapi juga lama kelamaan akan mempengaruhi perkembangan karakter dan mental anak.
Untunglah, sebuah solusi inovatif telah ditempuh oleh Faber Castell, yaitu dengan meleburkan permainan konvensional dengan teknologi digital melalui Colour to Life.
Mendengar nama Faber Castell, ingatan kita pasti akan langsung terhubung dengan piranti mewarnai yang kualitasnya sudah teruji dari masa ke masa. Bahkan sejak anak sulung saya masih balita, saya sudah membelikan Faber Castell untuk menjadi sahabat bermainnya. Karena anak sulung saya laki-laki, selain untuk menggambar, dia juga sering membuat bentuk-bentuk kreatif seperti pistol, robot atau kendaraan dari pewarna Faber Castell.


Dan brand ini terbukti konsisten dalam menjaga kualitas, juga terus meningkatkan inovasinya sesuai zaman. Melalui aplikasi Colour To Life yang diluncurkan pada 7 April 2018 lalu di Gramedia Central Park, Faber Castell memperkenalkan sebuah teknologi terbaru yaitu Augmented Reality Colouring Book, dimana gambar yang sudah diwarnai akan menjelma dalam ujud tiga dimensi pada layar gawai saat kita men-scannya melalui aplikasi yang dinamakan Colour To Life.


Di sini, anak-anak tidak hanya bisa mewarnai gambar, namun sekaligus dapat berinteraksi dengan gambar tersebut melalui games dan berfoto bersama termasuk swafoto (selfie).

Sekarang, kita lihat dulu yuk isi produknya :

Didalam satu set Faber Castell Augmented Reality Colouring Book, terdapat buku gambar berisi 15 lembar gambar yang siap diwarnai, 20 Connector Pen,  juga lembaran petunjuk. 

buku gambar
Connector Pen
leaflet petunjuk
Kelima belas (15) lembar gambar didalam bukunya merepresentasikan 5 (lima) games yang siap dimainkan dalam aplikasi Colour To Life yaitu : Giddy Up, Pogo Boy, Dress Up Challenge, Balance Your Brain dan Safe Flight.
5 (lima) karakter games Colour To Life

 Masing-masing games memiliki karakter dan manfaat yang berbeda-beda. Giddy Up, Pogo Boy dan Safe Flight misalnya, dapat melatih konsentrasi dan motorik, sementara Dress Up Challenge dan Balance Your Brain sangat baik untuk melatih keseimbangan otak kiri dan kanan.

Ingin tahu bagaimana serunya mewarnai dan bermain bersama Faber Castell Colour To Life? 


Yang pertama harus dilakukan tentu saja mewarnai gambar. Tinggal pilih saja karakter mana yang disukai. Kalau anak saya favoritnya adalah karakter Dress Up Challenge. Mungkin karena ini satu-satunya karakter perempuan, hehe.

Setelah itu, tibalah saatnya untuk bermain bersama aplikasi Colour to Life. Berikut langkah-langkahnya :

Pertama, install aplikasi Colour To Life melalui play store pada gawai, ataupun scan barcode yang terdapat pada cover buku mewarnai.


Kedua, klik start, pilih karakter yang akan dimainkan, lalu akan muncul cara-cara menggunakan aplikasi. Tnggal klik saja tanda panahnya sampai muncul tulisan OK, dan setelah itu gambar yang sudah diwarnai siap untuk di-scan.


Step 1, klik 'start'
Step 2, pilih karakter games
Step 3, ikuti petunjuknya dengan klik tanda panah

Ketiga, scan gambar karakter yang telah diwarnai dalam jarak minimal 30 cm dan posisi tegak lurus sampai muncul karakter gambarnya dalam ujud tiga dimensi. Oh ya, bingkai atau frame gambarnya tidak boleh diwarnai ya, nanti gambarnya bakal gagal di-scan. 


proses scan berhasil apabila gambar untuk sesaat berwarna hijau

setelah warna hijaunya lenyap, disusul bundaran warna-warni, barulah muncul ujud 3D

Keempat, untuk berfoto bersama karakter games, setelah memilih games dan scan gambar, lanjutkan dengan meng-klik gambar kamera yang ada di sisi kanan. Mau swafoto, tinggal lanjutkan dengan klik ikon kamera kecil yang di bawah.
klik ikon kamera di sisi kanan untuk berfoto bersama karakter

 Beberapa contoh foto selfie dan wefie bersama karakter games :




 Kelima, jika ingin bermain games, setelah melakukan scan dan ujud 3D-nya sudah muncul, lanjutkan dengan klik play the games, maka games yang seru pun siap dimainkan.

klik 'play the games'
 
Selamat bermain :D


Sangat mudah, bukan?

Dan aktivitas ini terbukti memang sangat mengasyikkan dan bermanfaat. Saya yang orang dewasa aja senang memainkannya. Apalagi putri bungsu saya, nyaris tidak ada hari yang terlewati tanpa mewarnai dan bermain bersama Colour To Life. 

Yuk, saksikan video aktivitas putri bungsu saya bersama Colour To Life  :D :

Sebagaimana dilansir oleh kidzartindonesia.com dan jejakpendidikan.com, aktivitas mewarnai dapat menstimulasi motorik anak, meningkatkan kemampuan konsentrasi, menjadi media ekspresi, mengembangkan imajinasi dan mengajarkan anak tentang pencapaian terhadap target. 

Bermain games juga memiliki manfaat positif lho. Selain manfaat dari kelima games Colour To Life yang sudah saya sebutkan diatas, dari berbagai sumber juga menyebutkan bahwa bermain games di internet dapat melatih otak kanan, meningkatkan refleks, melatih kemampuan berbahasa Inggris (karena rata-rata games berbahasa Inggris termasuk games dalam aplikasi Colour To Life), juga mengurangi tingkat stress. Tentu saja jika tidak dilakukan dengan berlebihan dan proporsional dengan aktivitas yang lain.
Nah, beragam manfaat aktivitas mewarnai dan bermain games itu, kini bisa didapat sekaligus dari Faber Castell Colour To Life. Lebih dari itu, aktivitas bersama produk ini juga bisa mempererat bonding orang tua dan anak, karena memberi ruang dan kesempatan kepada kita untuk berinteraksi dengan anak dalam suasana yang fun. Mewarnai bersama, bermain games bersama, ataupun berfoto bersama.


Ayah dan bunda juga bisa mengisi waktu luang dengan melakukan aktivitas bersama Colour To Life lho. Sebagaimana dilansir oleh brilio.net, aktivitas menggambar buat orang dewasa juga memiliki manfaat yang kurang lebih sama dengan manfaat yang diperoleh anak, apalagi jika ditambah dengan bermain games dan swafoto, ini bisa jadi salah satu obat manjur penghilang stress, bukan?

Saya sendiri sudah merasakannya. Ketika pekerjaan kantor lagi numpuk, dan dalam benak sudah terasa overload, saya mencoba meredakan ke-hectic-an itu dengan mewarnai. Dan Alhamdulillah, setelah mewarnai karakter Safe Flight, pikiran saya terasa jauh lebih tenang dan ringan.


anak-anak berswafoto dengan karakter yang saya warnai, hehe


Ayah dan bunda ingin mendapatkan produk yang keren ini? Tempat pembelian Produk Colour To Life ada di Tokopedia, Gramedia atau toko buku terdekat. 

So, tunggu apa lagi? Segera dapatkan produk Colour To Life dan selamat menikmati hari-hari yang menyenangkan bersama sang buah hati dan Faber Castell Colour To Life ya ....

16 comments:

  1. Ini keren banget ya mbak. Anak-anak tidak hanya belajar mewarnai tapi gambar yang di scan juga bisa di scan dan jadi wujud 3D. Ada gamesnya pula. Kebetulan nih punya ponakan yang suka aktivitas gini. Jadi bisa buat referensi produk yang mau dibeli. Tenkyu2 untuk infonya mbak.

    ReplyDelete
  2. Keren banget ya inovasi Faber Castel. Gak hanya anak-anak ini, emaknya juga pasti suka deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, saya udah coba mewarnainya...emang bikin rileks

      Delete
  3. Emak2 malah ngajarin nge-game, nih ��

    ReplyDelete
  4. Wah asyik banget. Jadi mau ngajarin ponakan ngegambar juga :D

    ReplyDelete
  5. fabercastell mmg andalan ya mbak

    ReplyDelete
  6. Seru.. cowok cewek bisa mainan ini. Dress Up Challenge jadi favorit Fathia dong ya

    ReplyDelete
  7. Seru banget emang main-main dan berkreasi sama produk Colour to Life ini..

    ReplyDelete
  8. si kriwil cantik di videonya lucuuu ..pingin cubit deh ..gemeez..
    Keren ya, Faber Castell ..

    ReplyDelete