Riawani Elyta: Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat, Kolak Durian Ketan ala Sasa Santan Kelapa

New Romance Novel by Riawani Elyta

New Romance Novel by Riawani Elyta
Love Catcher
Wednesday, 20 December 2017

Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat, Kolak Durian Ketan ala Sasa Santan Kelapa


Sasa, Santan, Kelapa, Kreasi, Masakan, Resep


Siapa yang tak kenal buah durian? Buah yang juga dijuluki “the King of fruit” ini sangat populer karena bentuknya yang unik dengan kulit keras dan tajam, rasanya yang lezat dan aromanya yang tajam.

Durian, yang memiliki nama latin Durio zibethinus memiliki banyak kandungan nutrisi dan kalori yang berguna untuk tubuh. Kandungan nutrisi dalam 100 gram durian meliputi 67 g air, 28 g karbohidrat, 2,5 gr lemak, 2,5 gr protein, 1,4 gr serat, dan energi sebesar 520 kj. Durian juga banyak mengandung vitamin B1, B2, vitamin C, kalium, kalsium dan fosfor.

Durian termasuk pohon tahunan, dalam artian memerlukan waktu tahunan untuk bisa dinikmati buahnya yang matang. Selain enak dimakan begitu saja, durian juga enak diolah menjadi hidangan pencuci mulut, selai, hingga minuman.

Resep dan Cara Membuat Kolak Durian Ketan ala Sasa Santan Kelapa
Jika dikombinasikan dengan santan, durian bisa menjelma hidangan yang lezat untuk dinikmati. Rasa manis dan aromanya yang khas berpadu dengan rasa gurih santan mampu memanjakan lidah siapapun yang memakannya. Berikut ini adalah salah satu resep hidangan pencuci mulut Kolak Durian Ketan yang bisa anda coba praktekkan

Bahan-bahan yang dibutuhkan terdiri dari:

  • 1  buah durian ukuran sedang, ambil dagingnya dan suwir-suwir dengan garpu
  •  Santan berkualitas seperti Sasa Santan Kelapa sebanyak dua bungkus. Dengan begitu kuah santanya akan nikmat dan kental. Sasa Santan Kelapa ini diolah dan dibuat dari santan kelapa asli pilihan, tanpa pengawet. Dikemas dalam keadaan sudah matang dan siap pakai. Bahkan secara kualitas, aroma dan rasa sesegar kelapa yang diperas. Makanya, bahan ini cocok untuk semua jenis masakan, makanan dan minuman.
  • Gula secukupnya
  •  500 gram ketan putih
  •  1 liter air
  • Daun pandan
Cara Membuat Kolak Durian Ketan
Nah untuk membuat Kolak Durian Ketan ala Sasa Santan Kelapa, sangatlah mudah. berikut langkahnya:

1.    Kukus ketan putih sampai matang, sisihkan
2.    Campur dua Sasa Santan Kelapa, air dan daging durian, rebus sampai santan mendidih
3.    Tambahkan gula secukupnya. Rasa manis disesuaikan dengan selera dan tingkat kemanisan daging durian
4.    Tambahkan daun pandan.
5.    Kolak Ketan Durian siap disajikan bersama ketan

Kini kamu bisa menyajikannya sebagai hidangan pencuci mulut ataupun hidangan sore bersama keluarga. Selain durian, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan lain untuk hidangan kolakmu seperti pisang, ubi, labu kuning ataupun jagung manis. Membuatnya juga tidak perlu repot-repot karena kamu tinggal mencampurnya dengan Sasa Santan Kelapa yang praktis dan alami. Karena Sasa Santan, Aslinya Santan.

No comments:

Post a Comment