Riawani Elyta: Untungnya Berinvestasi Emas

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Friday, 1 September 2017

Untungnya Berinvestasi Emas

sumber : pixabay.com
Idealnya untuk rencana investasi emas lebih diarahkan ke pembelian emas batangan, sebab jauh lebih menguntungkan dibanding emas perhiasan. Dulunya, masyarakat yang ingin membeli emas batangan tidak semudah sekarang sebab cetakannya berat sehingga butuh modal tinggi. Namun seiring berjalannya waktu, pemerintah berusaha memperkuat perekonomian masyarakat menengah ke bawah. Sehingga menawarkan transaksi emas batangan dengan persyaratan yang lebih simpel dan tentunya semakin murah dengan cetakan berat terkecil 1 gram.

Jaminan adanya kemudahan dalam membeli emas batangan baiknya dimanfaatkan secara optimal, toh keuntungan dan manfaat yang diberikan cukup besar. Apabila selama ini sering melihat saldo rekening mendekati tanggal tua sudah sangat kritis bahkan zonk. Maka mulailah perencanaan membeli emas batangan dengan cara kredit, tunai dengan berat terkecil, atau mungkin menabung emas. Sehingga meski gaji standar, kebutuhan tetap terpenuhi dan mampu menabung untuk masa depan lebih baik.

Keuntungan Maksimal Investasi Jenis Emas Batangan

Apabila masih ragu dalam mempertimbangkan baik buruknya membeli emas batangan sebagai investasi, maka kenali dulu beberapa keuntungan terbaiknya berikut ini:
1.     Harga emas umumnya selalu naik,
Membeli emas ibarat membeli gabah, jika disimpan lebih lama lalu dijual maka akan memperoleh harga jual lebih tinggi. Pasalnya harga emas batangan ketika dijual mengikuti harga yang berlaku hari itu, padahal ketika dibeli bisa jadi harga masih murah. Meski ada kemungkinan harga emas turun namun penurunannya kecil dan ketika naik malah drastis.

2.    Kemudahan untuk membeli emas batangan,
Membeli emas batangan untuk tujuan investasi emas yang sifatnya jangka panjang kini jauh lebih mudah ketimbang dulu. Pasalnya, ada beberapa tempat yang bisa dituju untuk membeli emas batangan, mulai dari perbankan syariah, toko perhiasan, dan tentunya di Pegadaian. Bahkan kini cicil emas murni Antam bersertifikat di Bukalapak dapat dilakukan secara online dengan jaminan keamanan. Pembeliannya bisa tunai bisa pula kredit bahkan di Pegadaian bisa dengan sistem menabung sedikit demi sedikit. Sehingga bisa dikatakan untuk investasi logam mulia ini terasa mudah dan bisa dilakukan siapa saja.

3.    Jenis investasi yang tidak bergantung pihak lain,
Kalau Anda belanja produk investasi di pasar modal tentu akan memerlukan perantara berupa perusahaan broker, sementara untuk transaksi logam mulia bisa dilakukan langsung. Ibarat belanja di toko online, Anda langsung menghubungi penjualnya bukan melalui situs jual beli online terpercaya. Sifat investasi logam mulia yang mandiri membuat siapa saja bisa mengusahakannya bahkan ketika kondisi keuangan tidak terlalu subur.

4.    Investasi yang tidak terpengaruh kebijakan pemerintah,
Sebenarnya produk investasi ada banyak dan terbagi ke dalam beberapa golongan, bagi pemilik kantong tebal tentu bisa berinvestasi produk dengan risk maupun return yang tinggi. Namun jika ingin aman tanpa cemas akan kebijakan pemerintah di bidang perekonomian yang mungkin saja bakal berubah, maka logam mulia adalah jawabannya. Sebagai contoh Anda investasi saham, ketika perekonomian memburuk bisa jadi harga saham jatuh dan merugi. Sementara logam mulia justru tidak memiliki efek atas kebijakan ekonomi apapun, sehingga lebih aman.

5.    Sebuah produk investasi yang bisa dijaminkan,
Investasi dengan emas batangan termasuk menguntungkan karena sifatnya fleksibel, bisa diuangkan kapan saja sekaligus bisa dijadikan jaminan. Kalau investasi dalam bentuk deposito tentu butuh modal lebih tinggi begitu pula dengan investasi properti yang sama-sama bisa dijaminkan ke bank. Namun, emas batangan tentu lebih terjangkau sehingga ketika punya simpanan emas batangan bisa dijadikan jaminan untuk pengajuan kredit ke bank. Kalau bisa dijadikan jaminan tentu investasi emas menjadi sangat menarik untuk ditekuni.

1 comment:

  1. Tahun ini harga emas mencapai harga tertinggi ya Kak Ria, lumayan untuk yabg sudah rajin berinvestasi emas sejak lama. Baru tahu juga kalau di bukalapak bisa cicil emas Antam jg. Tfs yaa

    ReplyDelete