Riawani Elyta: Menemukan Kunci-kunci Kesuksesan Startup Business bersama EV Hive Coworking Space

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Sunday, 3 September 2017

Menemukan Kunci-kunci Kesuksesan Startup Business bersama EV Hive Coworking Space

sumber : pixabay.com
Coworking space.  Apa yang tergambar di benakmu saat mendengar dua frasa ini? Mungkin, kamu akan langsung menghubungkannya dengan makna kata per kata, yaitu suatu tempat untuk bekerja dengan konsep kerjasama. 

Yup. Makna itu benar adanya. Pengertian coworking place memang mengacu pada makna harfiahnya. Atau dalam versi lain, coworking space adalah tempat dimana para individu yang memiliki latar belakang pekerjaan ataupun bisnis bekerja dalam suatu tempat.

Namun, dalam implementasinya, coworking space lebih dari sekadar tempat “untuk bekerja bersama-sama”. Dalam perkembangannya, coworking space menjadi tempat bagi para founder dan pelaku startup business untuk mengembangkan usahanya secara maksimal dalam suasana yang kondusif dan mendukung kreativitas.

Sebenarnya, nggak terbatas hanya untuk para individu yang bergerak dalam startup business aja sih. Coworking place juga cocok bagi para freelancer profesional ataupun para individu yang bergerak dalam dunia digital. Namun, diantara berbagai jenis profesi tersebut, coworking place memang paling relevan dan supportive terhadap pengembangan startup business.

Nah, apa pula itu startup business?
Menurut Wikipedia, startup business adalah perusahaan yang belum lama beroperasi, atau yang baru didirikan, dan masih berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Namun, tidak semua jenis usaha yang baru berkembang dapat dikategorikan sebagai startup. Sebagaimana disebutkan oleh Andrew Wang, CEO Tech in Asia di Balai Sarbini pada 11 November 2015, bahwa startup business identik dengan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi khususnya teknologi informasi.

Startup business ini mulai tumbuh pada periode awal tahun 2000an seiring dengan berkembangnya internet, sehingga kala itu memunculkan fenomena bubbledotcom, yang ditandai dengan banyaknya perusahaan “dotcom” didirikan secara bersamaan.

Startup business pun bermunculan bak cendawan di musim hujan, perkembangannya paling pesat di negara maju, lalu terus menjalar hingga negara-negara berkembang. Meski saat ini pertumbuhan ekonomi melambat, startup business terus berkembang. Sebagaimana disinyalir oleh dailysocial.net, saat ini tak kurang ada 1500 local startup business di Indonesia, dan sudah tercatat beberapa perusahaan startup lokal yang meraih kesuksesan, diantaranya Urbanesia, Kaskus, Bukalapak, Tiket.com, NulisBuku.com, dan sebagainya.

Diperkirakan, bisnis ini memiliki potensi sangat besar untuk terus berkembang pada masa-masa yang akan datang, seiring dengan semakin meningkatnya jumlah masyarakat di tanah air yang melek internet dan menjadi pengguna internet dalam kehidupan sehari-sehari, serta semakin meningkatnya kesadaran akan pentingnya internet untuk menunjang aktivitas kehidupan.

Sebagai gambaran sederhana, dalam sehari, coba saja hitung berapa kali kita melakukan aktivitas bersama internet, mulai dari browsing informasi, berinteraksi di dunia maya, belanja online hingga main game. Tinggal dikalikan berapa jumlah pengguna aktif internet di negeri ini, surely, it will reach an amazing number. Dan jika dilakukan survei terhadap para pengguna aktif internet saat ini, saya yakin, 90% lebih merasa galau saat ketinggalan ponsel di rumah, ketiadaan sinyal wifi, kehabisan paket internet, atau apapun itu yang memutus akses dengan internet ketimbang ketinggalan dompet.

Kembali pada perbincangan tentang coworking space, yang pada awalnya keberadaannya boleh dibilang merupakan “dampak” dari pertumbuhan startup business itu sendiri, namun pada gilirannya terus berkembang hingga menjadi sarana utama pendukung kesuksesan sebuah startup business.
Nah, kamu mungkin ingin tahu bagaimana coworking space dapat mendukung secara maksimal perkembangan sebuah Startup business? Jawabannya akan saya uraikan dalam beberapa poin manfaat dan keuntungan coworking space berikut ini :

      1.       Efisiensi biaya
Startup business adalah usaha yang pada umumnya memiliki karakteristik sebagai berikut : perusahaan yang usianya kurang dari 3 tahun, jumlah pegawainya kurang dari 20 orang, pendapatan kurang dari $100.000/per tahun, masih dalam tahap berkembang, umumnya bergerak di bidang teknologi, produknya berupa aplikasi digital, dan menjadikan website sebagai tempat operasionalnya.

Dengan karakteristik ini, sebuah Startup business tentunya belum memerlukan keberadaan sebuah kantor konvensional dengan segala sarana prasarana lengkap untuk beroperasi, karena selain memakan biaya yang tidak sedikit untuk kebutuhan sewa kantor dan pengadaan sarana, juga sangat tidak efektif untuk sebuah bisnis yang masih dalam tahap pengembangan dan sebagian besar pekerjaannya dilakukan melalui website.

Dalam hal ini, coworking space memberikan solusi alternatif yang lebih efisien berupa tempat kerja yang fleksibel, mengakomodir apa yang dibutuhkan untuk bekerja seperti fasilitas rapat, sarana kantor, akses internet, tempat penyimpanan dan tersedia dalam range biaya yang terjangkau serta variatif sesuai kebutuhan.

      2.       Pengembangan jaringan (networking)
Sesuai dengan konsepnya sebagai tempat berbagi area bekerja yang terbuka dan transparan, maka di dalam coworking place, kita akan bertemu banyak orang dari berbagai bidang yang berbeda-beda, sehingga dapat saling berinteraksi dan mengembangkan jaringan. Fakta menunjukkan, bahwa interaksi secara langsung (face to face) dalam suasana yang nyaman akan lebih mudah untuk membangun sebuah jaringan yang solid dan mutual. Selain membangun jaringan dengan sesama pelaku startup business, juga sangat terbuka peluang dan kesempatan untuk membangun jaringan dengan para pemilik modal dan pelaku usaha pendukung lainnya.

      3.       Memacu kreativitas dan produktivitas
Sejalan dengan poin 2, dan selaras dengan karakteristik startup business yang bergerak di bidang teknologi informasi, coworking space adalah tempat berkumpulnya para individu dengan segudang ide kreatif dan cemerlang. Ditunjang oleh suasana yang nyaman, interaksi yang bernilai positif, setiap pelaku startup business akan termotivasi untuk memacu kreativitasnya dan lebih mudah menemukan ide-ide baru serta lebih produktif saat bekerja di coworking space.

      4.       Menjaga kualitas etos kerja
Generasi millenium adalah generasi yang identik dengan budaya kerja fleksibel, instan dan mengutamakan keterbukaan. Coworking space adalah tempat yang paling sesuai dengan karakteristik tersebut sehingga dapat mendukung para pelaku Startup business untuk menjaga bahkan meningkatkan etos kerjanya.
 
       5.       Selalu update dengan perkembangan
Dunia teknologi informasi memiliki pertumbuhan yang sangat pesat. Maka saat berkumpul bersama individu-individu yang bergerak di bidang ini dalam sebuah coworking space, akan mempermudah proses saling tukar informasi tentang perkembangan dunia digital, sehingga akan sangat membantu dalam mengembangkan ide pembuatan aplikasi yang sesuai selera pasar dan perkembangan teknologi, serta menemukan pasar konsumen yang tepat.

sumber : evhive.co

 Sebuah coworking space yang kredibel dan berkualitas, tentunya adalah coworking space yang mampu memberikan kelima manfaat dan keuntungan diatas kepada para pelaku Startup business.  Dan salah satu coworking space yang memenuhi kualifikasi tersebut, adalah EV Hive. Selain mampu mengakomodir kebutuhan para pelaku Startup business dengan memberikan kelima manfaat diatas, EV Hive juga memiliki beberapa keuntungan ekstra lainnya, yaitu :
 
1.       Lokasi strategis
Saat ini, EV Hive memiliki 4 (empat) coworking place yang terletak di lokasi strategis dan tersebar di Jakarta dan Tangerang, yaitu :
-          EV Hive Tower @IFC Building, di Jalan Sudirman, Jakarta
-          EV Hive Satellite @Equity Tower, di SCBD, Jakarta Selatan
-          The Maja, di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
-          D Lab, di Menteng, Jakarta Pusat
-          Dimo, di Sarinah, Jakarta Pusat
-          Jakarta Smart City (JSC) Hive, di Karet Kuningan, Jakarta Selatan
-          The Breeze, di BSD City, Tangerang

Coworking Place EV Hive di JSC Hive
 
Coworking EV Hive di The Breeze

2.       Menyediakan paket komplit dan fleksibel
EV Hive tak hanya menyediakan tempat yang nyaman tetapi juga menawarkan sarana kerja yang lengkap mencakup : internet berkecepatan tinggi, minuman, meja komputer dan printer, tempat penyimpanan sarana kerja, akses untuk mengikuti even tentang dunia usaha dan sessi pengembangan jaringan, tergantung pada jenis paket yang diambil. Dalam hal ini, EV Hive menawarkan paket biaya sewa dengan harga terjangkau bahkan mulai dari Rp. 50K per hari.


3.       Terdapat even-even pengembangan usaha
Secara frekuentif, EV Hive menggelar even-even pengembangan usaha digital di coworking space-nya yang tentu saja sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan para pelaku startup business.

4.       Mengutamakan kenyamanan
Selain menyediakan tempat untuk bekerja, EV Hive juga memiliki sarana hiburan berupa playing room, yang didalamnya terdapat playstation 4, arcade game, billiard hingga ping pong. Jadi, buat kamu yang ingin rileks setelah bekerja bersama tim, bisa memanfaatkan playing room EV Hive untuk bersantai dan menenangkan pikiran, sehingga produktivitas pun akan meningkat.

5.       Menciptakan ekosistem komunitas dunia usaha digital yang kompeten
EV Hive tak hanya membuka diri sebagai tempat dan sarana kerja, lebih dari itu, EV Hive juga memiliki misi membangun komunitas startup business yang saling bersinergi, saling dukung dan saling berbagi untuk mencapai keberhasilan bersama.
Komitmen ini ditunjukkan EV Hive antara lain melalui :
-          penyediaan tempat kerja yang terbuka, transparan dan mampu menghubungkan berbagai pihak dari latar yang berbeda untuk saling bersinergi dan mendorong kreativitas masing-masing pelaku usaha.
-          Membuka peluang dan kesempatan kerjasama pelaksanaan even-even dan kelas-kelas pengembangan dunia usaha di setiap coworking space
-          Memiliki program EV Hive Ambassador yang bertujuan untuk mengenalkan dan melibatkan para pelajar dalam dunia usaha sekaligus memediasi informasi tentang EV Hive kepada masyarakat khususnya generasi muda.

Sejauh ini, apa kamu merasa tertarik untuk memulai startup business? Ataupun saat ini kamu sudah memulai startup business dan butuh sarana pendukung untuk mengakselerasi keberhasilan bisnis kamu? Silakan saja kunjungi coworking space EV Hive terdekat ataupun mengakses informasi lebih detail di http://evhive.co.

Sekadar sharing, meskipun saya bukan seorang founder startup business, namun pekerjaan sampingan saya saat ini sebagai content writer dan blogger, tak terlepas dari dunia startup business itu sendiri. Ya. Saat ini saya termasuk bagian dari orang-orang yang terlibat dalam usaha pengembangan startup business melalui kerjasama review dan article placement dari produk-produk yang ditawarkan oleh startup business, dan jujur saja, pekerjaan-pekerjaan yang menuntut kreativitas semacam ini, sangat bergantung pada suasana kondusif dan lingkungan yang supportive untuk mendorong kreativitas tersebut. 
 
sumber : pixabay.com
Dan menurut saya, coworking space EV Hive adalah sarana yang sangat sesuai untuk itu, karena tak hanya nyaman untuk bekerja, tetapi juga mempertemukan orang-orang kreatif dalam interaksi positif yang saling dukung, membuka akses untuk even-even dunia usaha sehingga ide-ide baru untuk menciptakan inovasi-inovasi baru pun bisa bermunculan dengan mudah dan terus mengalir.

Ke depannya nanti, saya membayangkan coworking space tak hanya mampu mendukung pengembangan startup business, tetapi juga menjadi tempat kerja alternatif untuk bidang usaha yang sudah mapan sekalipun, dengan menawarkan konsep tempat kerja yang menghapus kekakuan sekat kubikel, yang memungkinkan para karyawan untuk bekerja dengan jam kerja fleksibel tanpa mengurangi produktivitas, yang mampu mereduksi tingkat stress para karyawan, dan bagi para individu pekerja kreatif, coworking space menjadi tempat yang mampu “meledakkan” kreativitas saat mereka saling bertemu dan berkolaborasi, sehingga bukan tidak mungkin, akan menumbuhkan para founder startup business baru dengan tim-tim hebat dan segudang penemuan baru di bidang teknologi informasi.

Impian yang saya yakin bisa diwujudkan oleh EV Hive, sebagaimana tagline-nya yang berbunyi  :
"Offices without cubicles and workspaces with no walls; A coworking space in Jakarta, Indonesia, where you can work to the beat of your own drums, be surrounded by inspiration and network with the best."

Berikut saya kutip beberapa kalimat inspiratif dari para founder local startup business tentang kunci keberhasilan sebuah startup business :
“Semua orang bisa bekerja di dunia teknologi dan startup. Yang penting adalah keterbukaan untuk berkolaborasi dan keinginan untuk berinovasi – keduanya adalah kunci sukses di dunia startup. Dengan kolaborasi, seseorang bisa membuka kemungkinan yang tak terbatas yang akan membantu startup untuk tumbuh.” (Ollie, founder Nulis.com)

“Pengusaha yang sukses adalah mereka yang dapat membuat perbedaan dalam hidup orang lain. Selalu melayani orang lain, terdepan dalam setiap pertempuran, dan tidak hanya berada di belakang orang lain untuk mengarahkan mereka berbuat ini dan itu.” (Kevin Mintaraga, founder Magnivate Group)

“Startup perlu memahami pentingnya pemasaran. Anda mungkin memiliki produk yang benar-benar buruk, tapi tetap saja, jika Anda memiliki tim pemasaran yang baik, Anda bisa sukses." (Natali Ardianto, co-founder Tiket.com)

Keterbukaan, kolaborasi, membuat perbedaan, dan tim yang solid. Inilah kunci-kunci keberhasilan Startup business yang dapat kita tarik dari para tokoh diatas. Dan semua kunci ini, akan (lebih) mudah kita temukan saat menjalaninya bersama-sama didalam ecoworking space yang berkualitas seperti EV Hive, bukan?

Referensi :
www.evhive.co
www.maxmanroe.com
www.idtechinasia.com
www.ruangreka.com

5 comments:

  1. Halo, mbak. Setuju agar ke depan co-space *ev hive* ini tdk hanya utk para start up... dan buka cabang di berbagai kota di Indonesia biar gampang aksesnya hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju...semoga lebih banyak buka cabang di kota2 lain

      Delete
  2. perbanyak kolaborasi kurangi kompetisi. Kalau tempat kerjanya seperti ini, saya yakin para startup bakal cepat berkembang. EV Hive emang terbaik deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju...kolaborasi bisa melejitkan goal

      Delete
  3. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa co-space ini banyak sekali manfaatnya, semoga kedepannya semakin banyak co-space diseluruh nusantara, utamanya untuk daerah-daerah yang memiliki SDM yang melimpah ruah...

    ReplyDelete