Riawani Elyta: Apa Hebatnya Ironman 70.3 Bintan 2017?

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Wednesday, 23 August 2017

Apa Hebatnya Ironman 70.3 Bintan 2017?

 
Langit masih gelap saat mobil Avanza yang kami tumpangi melaju membelah jalanan Tanjungpinang – Bintan yang lengang. Sebagian langit Bintan masih berkabut. Dan matahari baru menunjukkan sinarnya saat mobil mulai berbelok ke Simpang Lagoi. Pukul 06.15. Masih terlalu pagi memang. Tetapi, tentu saja tidak terlalu pagi untuk para atlit peserta Ironman 70.3 Bintan 2017. Karena tepat pukul 06.00, mereka telah memulai start lomba yang mengambil lokasi di kawasan Lagoi, Bintan.

Saat kami tiba di lokasi, tepatnya di Lagoi Bay, para atlit tengah mengikuti tahap pertama lomba, yaitu berenang sejauh 1,9 km dari titik start di Plaza Lagoi, pusat pengembangan pariwisata Teluk Lagoi di zona khusus Bintan Resort.



Usai berenang 1,9km, masih gagah perkasa gini ya? :D

Selepas menyelesaikan renang, para peserta melanjutkan dengan bersepeda. Rute sepeda ini menempuh jarak 90 km, dengan rute yang sama seperti penyelenggaraan tahun lalu. Rute ini juga dianugerahi “The Best Long Course” di Asia pada 2016 oleh Asia Tri.


 Para peserta kemudian melanjutkan dengan tahap terakhir lomba, yaitu berlari dengan jarak tempuh sejauh 21 km melintasi jalanan Bintan dengan pemandangan sekeliling yang lebih menarik dibandingkan tahun sebelumnya.



Hanya di Ironman, bisa lihat bule "mandi" pake gayung :D
Pada kompetisi yang diikuti oleh 20 atlit pro dan 1.200 atlit amatir (rekreasional) ini, New Zealand kembali mendominasi perolehan pemenang dengan menempatkan 3 pesertanya sebagai pemenang utama, baik di kategori Men Pro maupun Women Pro.

Berikut daftar lengkap peraih 5 besar Ironman 70.3 Bintan 2017 sebagaimana dirilis oleh laman resmi Ironman :


Pada even ini, saya juga sempat bertemu dan berfoto dengan atlit pro asal Kepri, Aditya Prabowo yang siap berlaga di kejuaraan GF I di Paris pada 22 Agustus 2017. 

Saat melihat langsung para atlit berlaga di ajang ini, dalam hati saya tak urung berdecak kagum, para atlit ini makannya apa ya, latihannya seperti apa, kok ya stamina fisik mereka luar biasa banget, dan mampu menyelesaikan semua rangkaian lomba yang rutenya enggak main-main. (Baca : 6Atlit Dunia Membagikan Rahasia Kebugarannya).

Bahkan saat menyelesaikan renang, mereka masih bisa lari-lari di pantai sambil senyum-senyum dan lambai-lambai ke kamera sebelum lanjut bersepeda. Lha saya yang cuma ngikutin buat jepret sana-sini aja udah ngos-ngosan.

Mungkin juga ada yang bertanya-tanya, apa sih hebatnya even ini, sehingga  mampu mendatangkan peserta sampai ribuan orang dari mancanegara, yang notabene mendaftar dan membawa sendiri perlengkapan olahraga serta jauh-jauh datang ke Bintan?

Setidaknya ada 4 alasan, mengapa Ironman 70.3 Bintan mampu menarik minat ribuan atlit mancanegara untuk mengikutinya :
1.   Ironman 70.3 Bintan berada di posisi 3 dunia, berada di bawah penyelenggaraan seri kejuaraan di Jerman dan Perancis. (survei global Ironman 70.3)
2.       Even di Bintan ini merupakan salah satu kejuaraan Ironman 70.3 yang paling pesat perkembangannya di dunia, bahkan menembus 60% sejak dihelat pertama kalinya pada tahun 2015.
3.       Lokasi yang strategis dan mudah dijangkau.
4.       Rute lomba melintasi kawasan Bintan yang menyajikan pemandangan indah dan tak akan mudah dilupakan oleh para peserta.

Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya turut menyatakan dukungannya untuk Ironman 70.3 Bintan ini, karena menurutnya bisa mengangkat citra pariwisata Indonesia, memiliki track yang bagus, menantang dan juga memberikan pengalaman berkesan dengan pemandangan indah yang disajikan sepanjang rute lomba.

Sampai jumpa di Ironman 70.3 Bintan di tahun mendatang!

bersama para Genpi Tanjungpinang dan Batam

 


No comments:

Post a Comment