Riawani Elyta: Tips Mengatasi Bete saat macet kala mudik

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Tuesday, 20 June 2017

Tips Mengatasi Bete saat macet kala mudik

 
enak banget ya kalo pas mudik, jalanannya selengang ini? :)
Dalam beberapa hari ke depan, sebagian besar umat muslim negeri ini akan kembali menghadapi rutinitas yang berulang setiap tahunnya : mudik alias pulang kampung. Ya. Mudik sudah menjadi semacam tradisi di negeri ini saat menyambut Lebaran. Berkumpul dan bersilaturahim bersama keluarga besar yang sudah lama tak dikunjungi, memang membuat suasana Lebaran jadi lebih berkesan. Tak peduli akan biaya yang tak sedikit, ataupun perjalanan mudik yang cukup melelahkan, tetap saja arus mudik terjadi setiap tahunnya, dengan jutaan penduduk bergelut didalamnya demi menikmati Lebaran bersama orang tua dan sanak keluarga.

Bagi teman-teman yang tahun ini merencanakan akan mudik melaluiperjalanan darat, ada satu hal yang sulit dihindari : macet parah. Dan saat terjebak didalamnya selama berjam-jam, tentunya situasi ini akan sangat menyebalkan, bukan?

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang dapat teman lakukan saat terjebak macet parah sekaligus bisa mengurangi rasa kesal akibat macet :

      1.      Membaca dan menghapal Al-Quran
Bawalah Al-quran saku di dalam tas, ataupun install aplikasi Al-Quran di ponsel.  Dalam kondisi macet, teman bisa mengisinya dengan membaca Al Quran atau menghapal satu dua ayat dalam Al-Quran. Ini akan menjadi aktivitas yang bermanfaat untuk mengisi waktu dan insya Allah berpahala.

       2.      Berzikir
Daripada mengomel dan menggerutu saat melihat deret panjang kendaraan yang terjebak macet, lebih baik kita gunakan waktu untuk berzikir, bukan? Mengingat Allah di dalam perjalanan akan membuat hati menjadi tenang dan insya Allah rasa kesal kita karena macet juga akan berkurang.

      3.      Maksimalkan penggunaan gadget
Saat terjebak macet, kita bisa memanfaatkan gadget semaksimal mungkin. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan bersama gadget. Bagi yang hobi menulis, bisa menggunakannya untuk menulis di gadget. Bagi para quter (quiz hunter), daripada bete, silakan manfaatkan waktu kemacetan untuk mencari dan mengikuti quiz-quiz menarik di media sosial. Bagi yang hobi belanja, bisa cuci mata atau window shopping di toko-toko online. Buat yang suka main game, boleh-boleh aja main game asal enggak kecanduan. Terlepas dari tujuan kita untuk mengisi waktu karena macet, tentu saja kegiatan yang paling baik bersama gadget adalah kegiatan yang bermanfaat.

       4.      Menyelesaikan pekerjaan
Bagi teman yang bekerja, saat terjebak macet bisa digunakan untuk mencicil atau menyelesaikan pekerjaan yang belum tuntas. Bagi teman yang penulis, silakan gunakan waktu ini untuk menuliskan ide yang melintas untuk dilanjutkan dengan tulisan utuh saat waktunya sudah lapang. Bagi yang bekerja di bidang jasa, coba cek surelnya, siapa tahu ada pesanan dari klien atau job order yang belum sempat terbaca. Dan bagi kalian yang bekerja sebagai desainer, ayo gunakan waktu ini untuk membuat rancangan desain. Siapa tahu saja, waktu yang sempit justru bisa memancing kreativitas.

      5.      Ngobrol 
Ayo ingat-ingat siapa di antara keluarga, kerabat, saudara dan sahabat yang sudah lama tidak kita sapa dan ajak ngobrol. Daripada bete, kita bisa menggunakan waktu dan sarana komunikasi yang ada untuk mengobrol. Siapa tahu saja, obrolan singkat dan sederhana bisa membangkitkan kembali kehangatan yang selama ini beku oleh jarak dan waktu.

      6.      Bermain dengan anak
Bagi teman yang mudik bersama anak, khususnya anak yang masih kecil (bayi, balita dan batita), saat macet adalah saat-saat “krusial” untuk menjaga situasi agar anak-anak tetap betah, enggak rewel karena bosan apalagi sampai membuat keributan. Jadi, pastikan persiapan dan perlengkapan anak termasuk mainan dibawa saat mudik. Saat kemacetan terjadi, gunakan waktu ini untuk bermain bersama anak. Entah membuat games yang seru, bernyanyi-nyanyi bersama, bermain origami, dan sebagainya. Ini juga bisa menambah kehangatan dan keakraban antara anak dan orang tua yang dalam rutinitas sehari-hari mungkin saja banyak terenggut oleh kesibukan.

Demikianlah di antara aktivitas yang dapat teman lakukan saat terjebak macet kala mudik. Tetapi, jika teman adalah yang mengemudikan kendaraan, sebaiknya keenam hal di atas hanya dilakukan saat macetnya benar-benar parah ya, karena tetap harus fokus pada jalan raya dan mengemudi dengan selamat sampai tujuan.

Selamat mudik :)

P.S.
Tulisan pernah dimuat di Ummi Online dengan beberapa perubahan.

Gambar : Koleksi pribadi

10 comments:

  1. Poin nomor satu dan dua yg saya sukaaaaa :-)

    ReplyDelete
  2. Tips sangat bermanfaat Mbak... Kalau saya memang waktu macet saya gunakan untuk menulis banyak hal, hehehe

    ReplyDelete
  3. Tidur sama ngemil nggak masuk opsi ya? Baca buku juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo macet aku malah gak bisa tidur. Ini ceritanya mudik lebaran jd sapa tau yg mudik tetep puasa di jalan. Baca buku noted. Ntar ditambahin. Tks

      Delete
  4. Selamat mudik....semoga gak ada drama macet parah seperti tahun sebelumnya ya....tips-tipsnya OK banget nih😊😊

    ReplyDelete
  5. Macet emang nyebelin, tapi bisa gak kerasa kalau kita isi aktu dgn hal2 yg positif tanpa ngeuh ya mbk? TFS

    ReplyDelete
  6. Kalau macet aku tidur Mbk xixixi...

    ReplyDelete
  7. aku bawa gadget terus powerbank 20.000 mah, kuota unlimited, macet gak berasa

    ReplyDelete