Riawani Elyta: Tips Olahraga Yang Benar untuk Lanjut Usia

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Friday, 2 December 2016

Tips Olahraga Yang Benar untuk Lanjut Usia

[PLACEMENT] Pria dan wanita yang sangat peduli terhadap kesehatan, umumnya menyukai aktivitas olahraga. Tak terkecuali mereka yang sudah lanjut usia, tak sedikit dari golongan ini yang justru lebih rajin berolahraga atas alasan kesehatan. Namun, tips olahraga yang tepat dan benar harus diperhatikan oleh golongan ini, agar kesehatan dan stamina tetap terjaga tanpa mengakibatkan cedera.

Berikut beberapa tips olahraga yang sebaiknya diperhatikan oleh golongan lanjut usia :
     1.       Mencari referensi yang tepat, baik melalui internet maupun konsultasi langsung dengan ahlinya. Pastikan bahwa sumber referensi adalah sumber yang terpercaya agar olahraga yang dilakukan sesuai dengan usia.

    2.   Jangan melakukan olahraga yang berat-berat, karena selain tidak nyaman, lebih gampang lelah juga bisa membahayakan kesehatan, mengingat pada usia lanjut, kekuatan otot dan stamina sudah jauh berkurang.
  
     3.   Jalan pagi ataupun berlari-lari kecil bisa menjadi alternatif olahraga rutin untuk para lanjut usia, karena mudah dilakukan dan tidak terlalu memberatkan tubuh. Jangan lupa melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelahnya.

    4.  Perbanyak konsumsi air putih untuk menggantikan cairan yang hilang selama berolahraga. Air putih bisa dikonsumsi beberapa menit sebelu memulai dan beberapa menit setelah usai berolahraga.

     Melakukan olahraga secara benar sesuai tips olahraga yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan kekuatan fisik. Bagi anda yang jarang berolahraga, jangan bayangkan bahwa berolahraga di usia lanjut adalah sebuah aktivitas yang sulit. Olahraga cukup dilakukan 30 menit, 3 kali seminggu. Selain jalan kaki, berenang dan senam ringan juga bisa menjadi alternatif olahraga untuk para lanjut usia.

Lengkapi penjagaan kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat dan vitamin (jika diperlukan) secara rutin. Jika olahraga sudah menjadi aktivitas rutin, maka anda pun akan merasakan efek positifnya terhadap kesehatan tubuh dan meningkatkan stamina saat melakukan berbagai aktivitas harian.

Jangan takut untuk melakukan olahraga di usia lanjut. Selama anda tetap memperhatikan dan menjalankan tips olahraga yang tepat, anda akan terhindar dari cedera saat berolahraga dan usia bukan penghalang untuk anda tetap tampil bugar dan sehat.
Selamat berolahraga :)

3 comments:

  1. Papahku juga dulu begitu kalau libur jalan santai trus kalau uda 1 keliling baru jalan cepat sampe dengan lari padahal uda tua aku yang muda ikutin ritem gitu malah sesak napas karena ga rutin hahaha jadi malu sama diri sendiri :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga sekarang sering ngos2an kalo jalan kaki, jarang sih, hehe

      Delete
  2. Kerjaan papa mama di rumah tiap hari nih begini, papa sih minum air putihnya kuat, mama nih yang agak susah, hmm.

    Salam,
    Shera.

    ReplyDelete