Riawani Elyta: Mempelajari Ragam Jenis Gitar untuk Mendukung Usaha Jual Gitar Akustik Anda

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Wednesday, 7 December 2016

Mempelajari Ragam Jenis Gitar untuk Mendukung Usaha Jual Gitar Akustik Anda

[PLACEMENT] Gitar. Alat musik petik yang satu ini sangat populer di kalangan anak muda dan remaja. Selain harganya yang terjangkau, alat musik yang satu ini juga amat mudah dipelajari. Dan umumnya, gitar amat mudah diterapkan ke berbagai jenis lagu. Gitar juga cocok digunakan sebagai media hiburan dalampergaulan muda-mudi, terutama gitar jenis akustik. Karena itulah, peluang jual gitar akustik amat besar dan menjanjikan.

Bagi Anda yang tertarik membuka usaha jual gitar akustik, ada baiknya kenali dulu lebih jauh tentang gitar akustik juga gitar-gitar jenis lainnya. Tujuannya agar pengetahuan Anda tentang alat musik petik ini tak diragukan oleh pelanggan. Dan hal ini tentunya bisa makin mendukung berkembangnya usaha jual-beli gitar Anda.

Hal utama yang wajib Anda ketahui adalah tentang jenis-jenis alat musik gitar. Ada 3 jenis gitar yang wajib Anda ketahui, yaitu :

  1. Gitar akustik
Gitar akustik  adalah jenis gitar yang suaranya dihasilkan oleh getaran senar gitar yang dialirkan melalui saddle dan leher gitar tempat mengikat senar kedalam lubang suara di badan gitar. Suara yang dihasilkan akan beresonansi terhadap badan kayu gitar. Dan karena itulah, maka kualitas dan jenis kayu yang digunakan juga senar yang dipakai akan sangat mempengaruhi bunyi suara yang dihasilkan gitar akustik.

Berdasarkan pemakaian senarnya, gitar akustik dibagi menjadi dua jenis:

·         Gitar nylon (gitar klasik)
Gitar akustik ini menggunakan senar besi (steel). Suara yang dihasilkan sangat nyaring, tapi karakter senarnya keras dan tajam dan butuh keahlian tersendiri untuk bias memetiknya tanpa menyakiti jari pemain.

·         Gitar folk (gitar string)
Gitar akustik ini menggunakan tali senar nylon. Senar ini lebih lembut daripada senar stainless namun bunyi suara yang dihasilkan tidak keras dan nyaring seperti senar string.

Adapun karakteristik bentuk gitar akustik adalah:


  •  Body gitar berbentuk kotak yang kosong, berfungsi sebagai kotak resonansi suara.
  •  Terdapat lubang suara (sound hole), fungsinya adalah menguatkan getaran suara yang dihasilkan senar gitar.
  •  Memiliki senar sejumlah 6 buah

  1. Gitar elektrik (gitar listrik)
Gitar elektrik atau gitar listrik adalah gitar yang memakai beberapa pickup untuk dapat mengubah suara atau getaran string gitar menjadi arus listrik. Arus ini akan dikuatkan lagi dengan mempergunakan alat amplifier dan loud speaker. Suara yang timbul dari gitar elektrik dihasilkan oleh getaran senar yang menyentuh kumparan (pickup) di badan gitar. Gitar elektrik memiliki dua jenis body/ badan gitar, yaitu Hollow Body dan Solid Body.

  1. Gitar bass
Gitar ini biasa disebut bass elektrik atau bass saja. Bass merupakan alat music petik yang menggunakan listrik sebagai pengatur besar bunyi atau suara yang dihasilkan. Tampilannya mirip dengan gitar elektrik namun body gitarnya jauh lebih besar dan leher gitarnya pun lebih panjang. Senar yang dimiliki bass hanya berjumlah 4 senar saja, berbeda dengan gitar lainnya yang memiliki 6 buah senar.

Adapun karakteristik bass adalah:

·      Senarnya lebih tebal dari senar gitar lain. Fungsinya untuk menjaga kerendahan nada bunyi/ suara yang dihasilkan.
·       Bobot bass lebih berat daripada gitar elektrik.
·      Kayu body gitarnya lebih keras dan padat agar bias mengimbangi tekanan pada leher gitar (neck).
·      Ukuran fret (kolom gitar) lebih besar.

Inilah 3 jenis gitar yang perlu diketahui bila Anda berniat untuk membuka usaha jual gitar akustik. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

6 comments:

  1. Ternyata gitar banyak jenisnya ya

    ReplyDelete
  2. Pengen beliin buat suami kasian suka minjem tp lgsg ditagih lagi hahaha...

    ReplyDelete
  3. Duh, makin kepingin beli gitar :(

    Salam,
    Roza.

    ReplyDelete
  4. jadi malah inget seseorang yang ngajarin saya main gitar

    salam
    nia

    ReplyDelete
  5. Aku suka yang nomor satu sama dua si, enak aja gitu mainnya :)

    Salam,
    Pink

    ReplyDelete
  6. ada banyak jenis gitar ternyata ya mbak

    ReplyDelete