Riawani Elyta: Review Novel Lost and Found + Better Book

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Thursday, 10 November 2016

Review Novel Lost and Found + Better Book

Review Novel Lost and Found + Better Book
Di tengah pasaran buku – khususnya novel – yang tengah menurun, kabar-kabar akan optimisme dan upaya positif untuk menggairahkan minat baca, selalu membuat saya antusias dan bersyukur. Salah satunya adalah terobosan Better Book yang mengemas buku dalam packaging istimewa bersama benda-benda mungil eksklusif.

Namun, sebelum saya mengulas lebih lanjut tentang Better Book, saya mau mengulas dulu novel yang menjadi paket edisi perdana Better Book pada bulan Oktober lalu, yaitu novel Lost and Found karya Dy Lunaly.

Novel ini bercerita tentang Illa yang membuka sebuah toko bernama My Ex-Boyfriend di sudut jalan Braga. Sesuai namanya, toko ini khusus menjual barang pemberian mantan (kekasih). Bukan tanpa alasan kalau Illa membuka toko yang unik ini. Illa pernah mengalami kekerasan dan penyiksaan oleh mantan pacarnya, Danang. Tentu saja, bukan hal mudah untuk Illa mengobati luka hatinya atas perlakuan Danang. Bukan hal mudah pula untuknya membuka hati kepada seorang pria yang kemudian hadir dalam hidupnya, Pandu.

Bagi Illa, apa yang dilakukan Danang tak hanya membuat hatinya patah, tetapi juga hancur berderai, dan kepercayaannya terhadap cinta nyaris sirna.

Akankah rasa percaya terhadap cinta yang telah pergi jauh dapat kembali hadir dalam hidup Illa? Dan akankah trauma masa lalu menjadi tembok penghalang bagi Illa untuk merajut kebahagiaan masa depan?

Tentu.....bukan ulasan yang baik kalau endingnya langsung saya bocorin di sini.

Setelah NY Overheels dan My Wedding Dress, Lost and Found adalah novel ketiga dari Dy Lunaly yang saya baca, dan sejauh ini, Lost and Found, - menurut saya – adalah karya terbaik Dy. Sepanjang cerita, saya selalu membayangkan seperti apa rasanya berada di dalam toko My Ex –Boyfriend yang digambarkan dengan baik oleh Dy. Saya juga ikut terbawa oleh apa yang dirasakan Illa saat cinta yang sudah ada didepan mata, terhalang oleh bayang-bayang masa lalu yang terus saja menghantui hidupnya. Meski ending novel ini tergolong predictable, penceritaan Dy yang sweet, natural dan mengalir membuat saya susah untuk melepas novel ini hingga akhir.

Kalau ada sisi yang ingin saya kritisi, tak lain adalah typo, yang makin ke belakang, kemunculannya terhitung cukup sering. Juga bagian yang ditulis dengan huruf miring terasa kurang konsisten, karena di bagian awal khusus diperuntukkan bagi flashback yang menceritakan tentang kenangan Illa bersama Pandu, makin ke belakang mulai bercampur dengan kisah-kisah lain termasuk kisah di masa kini.

Judul novel ini, di satu sisi memang pas banget dengan jalan ceritanya. Tetapi di sisi lain, ternyata sudah cukup banyak digunakan oleh novel-novel luar, sehingga ketika saya browsing gambar sampulnya di internet, saya menemukan beragam novel dengan judul yang sama. Barulah saat menambahkan nama penulisnya, gambar sampul novel ini langsung muncul.

Novel yang ditulis dengan pov 1 dan berlatar kota Bandung khususnya jalan Braga ini juga ditaburi kalimat-kalimat indah. Sebagian tertuang sebagai judul chapter. Sebagiannya lagi menyebar didalam cerita. Saya tutup ulasan singkat ini dengan kutipan prolog yang menjadi simpul awal dari keseluruhan cerita ini :

“Setiap benda akan patah. Termasuk hati.
Beruntungnya, seandainya ini bisa disebut sebagai keberuntungan, hati merupakan satu-satunya organ tubuh yang bisa beregenerasi. Mampu menumbuhkan sendiri bagian yang hilang. Mungkin inilah penyebab kita bisa jatuh dan patah hati berulang kali sepanjang hidup kita.
Di dunia medis dokter bisa memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh hati untuk beregenerasi hingga kembali utuh. Di dunia nyata, tidak. Tidak ada teori atau persamaan matematika yang bisa kita gunakan untuk menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan agar hati kita kembali sempurna dan siap untuk kembali jatuh hati.”

Judul                     :  Lost and Found
Penulis                 : Dy Lunaly
Penerbit               : Grasindo
Tebal                     :  243 hal
Terbit                    : 2016

Tentang Better Book
Sesuai janji di awal, sekarang saya mau melanjutkan cerita tentang Better Book. Saya udah cerita ya kalau Better Book ini mengemas buku, khususnya novel bersama benda-benda mini eksklusif dalam satu paket yang istimewa? Nah, kamu pingin tahu apa saja benda-benda yang ada dalam paketnya? Ini dia :
-           
      
1. Novel bertanda tangan langsung penulisnya
-          
2. Pouch kain motif imut


3. Pembatas buku edisi terbatas
-                 
4. Notes spesial



Untuk edisi perdana bulan lalu, satu paket diatas harganya hanya Rp.95ribu rupiah. Enggak mahal ‘kan? Untuk satu buku + printilan-printilan eksklusif yang hanya ada di Better Book?

Untuk para penulis, paket ini bisa jadi sarana promosi yang menarik lho. Juga menjadi sarana untuk membahagiakan pembaca dengan cara yang menyenangkan. Dan buat kamu yang book lover, bookaholic, bookmania, apapun namanya, sepertinya belum afdol deh kalo belum menjadikan paket Better Book ini sebagai koleksi pribadimu. Kamu juga bisa jadiin paket ini sebagai hadiah istimewa kepada sesama pencinta buku, dan pada teman-teman yang kurang tertarik baca buku. Siapa tahu, dikasih hadiah berupa paket buku semenarik ini bisa menarik minat mereka untuk baca buku juga. Jadinya, kamu udah ikut berkontribusi untuk meningkatkan minat baca orang-orang terdekatmu, selain insya Allah berpahala dengan memberi hadiah yang bermanfaat, bukan?

Penasaran dengan edisi spesial Better Book setiap bulannya? Follow aja akun IG @betterbook_idn dan twitter @betterbook_idn untuk info-info komplitnya. Pada masa pre-order, kamu juga bisa pesan paket Better Book dengan harga diskon lho.

Selamat menikmati buku dengan cara yang istimewa bersama Better Book ya. Semoga, membaca buku akan menjadi pengalaman istimewamu saat dikelilingi oleh benda-benda yang istimewa, dan minat membaca bangsa ini juga akan membaik untuk masa depan kita bersama yang lebih baik☺.

3 comments:

  1. jadi keliatan lebih menarik ya mba...

    ReplyDelete
  2. Aku berharap novel baru Lyta akan secantik ini juga tampilannya. The soonest ya Ta <3

    ReplyDelete
  3. aduh aku baru tau ada yang jual paket buku begini. gimana caranya? bisa buku apa aja? atau dari penerbit tertentu? manis banget yaa apalagi buat hadiah yang langsung dipaket ke orang yang mau kita asih.

    hope some day kalo novel ke sekianku terbit, kepengen banget dipaket gini. sama benda-benda imut dan manis.

    btw lagi, itu tema novelnya unik banget sih. duh andai yaa kenangan juga bisa dijual, pasti lumayan hahahah

    ReplyDelete