Riawani Elyta: Ironman 70.3 Bintan 2016, Even Internasional Bergengsi diikuti para "bintang" atlet Internasional

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Saturday, 27 August 2016

Ironman 70.3 Bintan 2016, Even Internasional Bergengsi diikuti para "bintang" atlet Internasional



28 Agustus 2016, Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau kembali menggelar even bergengsi berskala internasional : Ironman 70.3. Nah, sebelum perhelatan besar itu dimulai, saya mau mengupas dulu asal usul olahraga Ironman ini.

 Asal usul even Ironman
Rangkaian even Ironman adalah kompetisi olahraga terbesar yang diikuti oleh para peserta internasional. Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1978, para partisipan telah membuktikan bahwa tak ada yang tak mungkin saat berhasil melewati garis finish pada pertandingan uji ketahanan paling menantang di dunia ini.

Even Ironman yang memiliki tagline “Anything is Possible” ini terkenal sebagai even bergengsi, diikuti oleh para peserta atlet internasional, juga didukung oleh sponorship produk berkualitas. Awalnya, Ironman hanya memiliki satu jenis pertandingan. Dalam perkembangannya, Ironman terus membuktikan diri sebagai even pertandingan global dengan tak kurang dari 190 pertandingan saat ini di bawah lima brand yang unik : IRONMAN®, IRONMAN® 70.3®, 5150™ Triathlon Series, Iron Girl® dan IRONKIDS®.

Cameron Brown
Ironman 70.3 Bintan diikuti oleh para "bintang" internasional
Nah, pada Ironman yang akan digelar di Bintan pada 28 Agustus ini, legenda IRONMAN Cameron Brown yang memenangkan METAMAN Bintan pada tahun 2014 lalu dikabarkan akan kembali berpartisipasi lho, dan tentu saja beliau berambisi ingin mengulang prestasinya kembali. Selain Brown, ada juga juara Ironman lainya KATE BEVILAQUA yang akan berlaga pada Sesi Profesional Wanita. Dengan demikian, event Ironman kali ini kembali dimeriahkan oleh para atlet “bintang” tingkat internasional. Kita tunggu saja apakah para bintang ini dapat kembali menunjukkan sinarnya pada perhelatan Ironman 70.3 Bintan :)

Sedikit mengupas prestasi Brown yang berasal dari New Zealand ini, pria ini memiliki catatan cukup spektakuler dengan berhasil lima kali naik podium pada Kejuaraan di Kona dan tercatat 12 kali menang pada IRONMAN New Zealand. Saat ini Brown tengah menghadapi persaingan ketat untuk meraih hadiah pertama senilai US $5000 dan 750 pro poin kualifikasi dunia pada tahun 2017. Diantara daftar nama pesaing ketatnya tercatat warga Australia David Dellow dan Clayton Fettell, dari Swedia Fredrik Croneborg dan rekan senegaranya Brown’s Fellow, yang semuanya memiliki catatan kemenangan yang tak kalah memukau.

Ajang pertandingan wanita pula sepertinya bakal menjadi tontonan favorit karena Bevilaqua akan menghadapi tantangan terbesar dari sesama warga Australia yakni Alise Selsmark dan Amanda Wilson. Dengan demikian, semua pencetak waktu tercepat akan bertanding di Ironman 70.3 Bintan, dan pemenang akan menjadi peserta terbaik yang berhasil membuktikan kemampuan mereka bertanding di tengah cuaca negeri tropis yang panas.

Lokasi dan rangkaian acara Ironman
Pertandingan yang terdiri dari olahraga renang, bersepeda dan lari ini akan dimulai di garis start yang berlokasi di tepi pantai Lagoi Bay. Di sini, 1000 atlet siap berkompetisi untuk mengejar  30 tempat kualifikasi yang tersedia pada Ironman 70.3 Kejuaraan Dunia di Amerika Serikat yang akan digelar pada September 2017. Menjadi pemenang pertama pada kejuaraan kualifikasi di sirkuit 70.3 kejuaraan Bintan ini, akan memberikan  satu peluang pertama untuk meraih Golden Tiket.

Pertandingan akhir pekan ini akan berpusat di sekitar IRONMAN VILLAGE di area Plaza Lagoi Resort Bintan yang indah dan hanya menempuh jarak dekat dari Pelabuhan Utama Pulau Bintan. Bintan terletak di depan Singapura, dengan sebagian besar atlet  transit menuju pertandingan dengan pelayaran 50 menit dari ibu kota.

1000 atlet berbondong-bondong ke Pulau Bintan untuk akhir pekan yang mengesankan ini disponsori oleh Organizer Metasport dengan mengusung Logo Sponsor Baru yakni Wonderful Indonesia. Para atlet mendapatkan tas lengkap berisi perlengkapan olahraga dan goody bag lainnya dari para sponsor event, termasuk persembahan dari sponsor baru yakni Indofood, yang memberikan  sederet produk premiumnya yakni Ichi Ocha Green Tea, Indomie, Indomilk, dan Club Water.

Latihan renang, bersepeda dan lari telah dilakukan pada 26 Agustus, sementara Race Expo dibuka pada jam 10 pagi tanggal 27 Agustus.  Video pengarahan pertandingan akan diputar setiap 30 menit, juga ada sesi tandatangan yang akan memberikan kesempatan bagi atlet amatir dan para penonton untuk berbaur dengan para pro.

Ajang olahraga menarik lainnya di akhir pekan yakni perlombaan Ironkids pada Sabtu, 27 Agustus. 200 anak-anak yang mengikuti perlombaan lari diberikan penghargaan medali di garis finish. Saat tulisan ini saya post, ajang Ironkids baru saja berakhir dengan sukses.  

Aksi kompetisi akan dimulai pada jam 6 pagi [28/8] dan seterusnya hingga saat Cam Brown dan para atlet pro menyelam ke dalam Laut Cina Selatan yang bersih dan hangat, dimana para pemenang diharapkan akan melewati garis finish sekitar 4 jam berikutnya.

Pembagian hadiah dan kualifikasi pertandingan dunia akan berlangsung pada sore hari setelah peserta terakhir mencapai garish finish dengan perkiraan total waktu sekitar 8 jam 30 menit.

Tuh, seru banget 'kan?
Yuk, rame-rame saksikan even internasional bergengsi Ironman 70.3 di Kabupaten Bintan :D 

Sumber tulisan dan gambar :
www.ironman.com
www.batampos.co.id
www.live.ironmanlive.com

16 comments:

  1. wiiih mantap ya, dan perlu fisik yang kuat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya karena ada 3 pertandingan yg harus diikuti

      Delete
  2. Even2 seperti ini sangat bagus untuk mempromosikan pariwisata di Indpnesia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar. Apalagi even yg melibatkan orang2 dr mancanegara sbg partisipan

      Delete
  3. nama eventnya mengingatkan pd satu sosok Ironman dan sesuai pertandingannya, berat boo seperti triathlon ya.. renang, sepeda, lari, wuihh ngos2an kalo aku mah hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya mbak...ini lomba kelas atlet kawakan mah. Sepedaan renang n marathon dijabanin estafet

      Delete
  4. Wow.. Anak muda jaman sekarang mah ke warung depan aja pakai motor. Eh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini yg ikut juga dominan orang luar. Mungkin krn fisik mrk lbh survive ya

      Delete
  5. Wah, senang kalau Indonesia bisa jadi tuan rumah even internasional. Sekaligus untuk promosi pariwisata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Semoga lbh byk even internasional yg diselenggarakan di indonesia

      Delete
  6. untuk info pagelaran bmx pon nasional di selenggarakan di kota ciamis

    ReplyDelete
  7. wah keren nih, selain menguji nyali, :)

    ReplyDelete