Riawani Elyta: 5 Tempat Asyik Wisata Kuliner di Batam

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Thursday, 28 July 2016

5 Tempat Asyik Wisata Kuliner di Batam



Apa yang pertama kali muncul dibenakmu saat mendengar nama Batam? Kota yang letaknya berdekatan dengan negara tetangga Singapura? Kota yang punya ikon jembatan Barelang? Or tempat nyari gadget murah?

Semuanya bener. Tetapi, ada satu lagi yang kamu mungkin belum tahu, bahwa di kota Batam ini, juga terdapat banyak destinasi kuliner yang layak kamu coba.

Berikut 5 (lima) tempat wisata kuliner yang recommended untuk kamu coba saat berkunjung ke Batam :

1.       Resto Ikan Bakar Nelayan
Dari namanya aja, langsung ketahuan deh kalau resto ini menyediakan beraneka jenis sea food. Tahu sendiri dong, kalau Kepulauan Riau itu emang kaya dengan fresh sea-food dishes, nggak terkecuali di Batam.

Resto Ikan Bakar Nelayan

Nah, resto yang udah eksis sejak 3 tahun lalu ini, berlokasi di belakang Bank Panin Nagoya, Batam. Buat kamu yang beragama Islam, jangan khawatir untuk nyobain kuliner di sini, karena resto ini udah mengantongi sertifikat halal dari MUI. Diantara menu andalannya, ada cumi goreng tepung, bawal asam pedas, ikan putih bakar, sayur campur, dan lain-lain. harganya juga cukup terjangkau. Misalnya nih, untuk bawal asam pedas, harganya Rp.25 ribu/ons, cumi goreng tepung Rp.60 ribu/porsi, dan ikan putih bakar Rp.20 ribu/ons.

bawal asam pedas

cumi goreng tepung

sayur campur
Yang nggak kalah menarik, resto ini menyediakan ruang terpisah untuk smoking and non-smoking area. Jadi buat kamu yang mau ajak anak-anak ke tempat ini, nggak perlu khawatir si kecil bakal terpapar asap rokok. Kamu tinggal pilih aja non-smoking area yang adem dengan full air conditioner.

2.       House of Coffee
Buat kamu yang muda dan berjiwa muda, yang doyan ngopi or nongkrong cantik sambil ngopi, cafe yang satu ini boleh dicoba. Cafe yang mulai beroperasi sejak 31 Januari 2016 ini terletak di Teras Ruko Marina Mas, Batu Aji arah Marina, nggak jauh dari hotel Merlion.

House of Coffee
Sesuai namanya, cafe ini menyediakan beragam varian sajian minuman berbasis kopi juga yang non-kopi. Diantaranya ada Espresso, Americano, Cappuccino, Moccachino, Caramel Latte untuk yang Espresso-based, ada green tea, black forest dan red velvet untuk yang non-coffee. Buat kamu yang penggemar varian teh, di sini juga tersedia vanilla tea, lychee tea, strawberry tea dan lemon tea.

daftar harga minuman
Nggak hanya minuman, cafe ini juga menyediakan berbagai jenis makanan jajanan seperti beraneka jenis hidangan ayam (ayam penyet, ayam lada hitam, dll), nasi goreng, mie, sandwich, dan snacks.

diantara menu hidangan di House of Coffee
Saat datang ke cafe ini, view pertama yang langsung memanjakan mata adalah interiornya yang bertema dekorasi kayu, mulai dari meja dan kursi, dinding dilapis kayu, hingga rak penyajian yang juga terbuat dari kayu. Dan seperti konsep cafe pada umumnya, cafe yang buka dari pukul 10 pagi hingga 11 malam ini juga punya live music yang menyajikan lagu-lagu top 40, country, dan sebagainya.

interior House of Coffee
Oh ya, cafe ini juga menjual pakaian sejenis distro lho. Hanya saja, koleksinya emang belum banyak. Sepertinya, ke depan akan terus dikembangkan sesuai konsep yang tertera di pelang namanya “coffee & clothing”.

3.       Waroeng Nasped AB Pelita
Waroeng Nasped ini sebelumnya berlokasi di Batam Centre. Karena beberapa alasan, kini pindah lokasi ke daerah Pelita. Buat kamu yang ngerasa belum kenyang kalo belum makan nasi dan teman-temannya, resto ini bisa kamu jadiin pilihan. 

warung Nasped
Untuk lauk pauknya ada berbagai varian menu hidangan ayam, seperti ayam bakar, ayam setan, ayam penyet, ayam kremes dan ayam cabe hijau. Untuk hidangan berbasis kuah dan sayuran, ada sup ayam, sup tulang, sayur asam, plecing kangkung, cah toge dan lain-lain.
 
ayam telur asin
Apa yang bikin resto ini recommended adalah rasanya yang nggak mengecewakan. Bumbunya unik dan bikin nagih. Tekstur ayam dan dagingnya juga lembut. Nggak hanya makanan, dessert-nya juga nggak kalah lezat lho, terutama Mix Fruit Ice dan Mango Ice yang ada topping es krimnya. Srluppp!
mix fruit ice

4.       Kungfu Chicken
Hayo ngacung, siapa yang suka kelaperan malam-malam, or hobi nyari jajanan malam-malam? Buat kamu yang masuk golongan “lapar malam” ini, kamu bisa nyobain food stall Kungfu Chicken yang berlokasi di Food Court P’Jabat a.k.a Pusat Jajanan Batam, Seraya Atas. Namanya juga food court yak, jadi, tentu aja di sini ada banyaaak pilihan jajanan. Tapi kali ini kita mau ceritain satu aja dulu ya, yaitu Kungfu Chicken.

Kungfu Chicken
Kungfu Chicken ini menghadirkan varian menu ayam dengan pilihan menu Barbeque, Seaweed, Spicy, Sweet & Sour, dan Green Onion. Salah satu hidangan yang recommended di sini adalah crispy chicken fillet. Rasanya garing di luar dan lembut di dalam. Balutan tepungnya juga proporsional. Harganya? Rp. 20 ribu untuk 2 pcs, dan ini udah cukup ngenyangin buat makan sendiri.

Kungfu Chicken Barbecue

Kungfu Chicken Sawed
Untuk bumbunya, bagi penyuka rasa asam manis pedas, kamu bisa pilih yang barbecue, untuk yang pingin rasain uniknya taste rumput laut, silakan pilih yang seaweed. Dijamin deh, kelar dari sini, lambung dan selera kamu sama-sama terpuaskan :).
  
5.       Kerak Jala Food Point Nagoya Hill

Kerak Jala ini sebenarnya adalah makanan jajanan tradisional Melayu yang terbuat dari tepung gandum, dan bentuknya seperti jala. Aslinya sih, kerak jala ini dimakan dengan kuah kari. Namun sekarang udah banyak dilakukan modifikasi dan inovasi. Salah satunya adalah Kerak Jala yang berlokasi di Food Point Nagoya Hill lantai 2 ini.

Gerobak Kerak Jala
Seperti pada gambar, kamu bisa lihat kerak jala dengan topping seperti pizza : ada sosis, keju, dan paprika. Cara makannya adalah dengan digulung terlebih dahulu. Selain topping gurih, juga terdapat pilihan topping manis seperti durian es krim. Harganya? Hanya Rp.15 ribu per porsi dan ini udah cukup ngenyangin kok.

Sebenarnya, masih banyak lagi tempat-tempat wisata kuliner lainnya di Batam. Untuk info lengkapnya kalian bisa cek di www.batam-dine.com


Bagi kalian yang penasaran sama tempat-tempat kuliner di atas dan pingin mengobati rasa penasaran itu dengan berkunjung ke Batam, sebaiknya booking hotel di Airy Rooms aja, karena selain harganya murah, fasilitasnya juga oke. Setiap kamar memiliki 7 jaminan fasilitas mencakup : AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur bersih, shower air hangat, air minum gratis, dan WiFi gratis.


Ini contoh fasilitas yang tersedia di Airy Rooms Nagoya Dian Centre Baloi Batam.

https://www.airyrooms.com/hotel/airy-nagoya-polaris-sakti-batam
kamar tidur

bangunan tampak depan

lobi hotel

restoran

toilet
Untuk booking dan reservasi, atau ingin tahu lebih banyak tentang hotel murah di Batam, silakan langsung capcuss aja ke www.airyrooms.com ya. 

Selamat berkunjung ke Batam dan selamat memanjakan selera dengan wisata kuliner di Batam :).


Sumber tulisan dan gambar :

8 comments:

  1. asiiik, numpang beken di blog mbak Ria ^_^

    ReplyDelete
  2. wah saya belum pernah ke satupun tempat di atas mbak
    padahal udah di Batam lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dapet infonya juga dari temen2 di batam nih mbak

      Delete
  3. Tempat wisata di Batam juga seru-seru ya, Mbak. *belum pernah ke situ sih. Kemarin pas nulis artikel soal Batam menarik. Eh, Mbak Riawani ini satu daerah sama Kamal, Mbak Ade Wulan dll? *serunya* Btw, kangen baca cerbernya Mbak di Femina. :)

    ReplyDelete
  4. Lapeeeeer... Saya sempat bilang ke suami kalau ada tawaran kerja di Batam terima aja. Hehehe...

    ReplyDelete
  5. kalo aku pernah ke Batam cuma kuliner di Mall, paling ke sop ikan apa itu namanya lupa... supnya seger..

    ReplyDelete
  6. hanya HOC yang pernah aku datangi, selebihnya belum coba...
    makasih tambahan info kulinernya...

    ReplyDelete