Riawani Elyta: Resensi Novel Anak Misteri Sosok Wangi : Memperkenalkan Madura dalam kisah petualangan

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Thursday, 9 June 2016

Resensi Novel Anak Misteri Sosok Wangi : Memperkenalkan Madura dalam kisah petualangan

Review Novel Anak

Sinopsis :
Akhir minggu yang sedikit panjang karena Senin tanggal merah, Andara diantar mamanya untuk berlibur di rumah nenek Ica sahabatnya di Bangkalan, Madura. Kebetulan, mama Andara yang seorang penulis, mendapat tugas meliput di Sumenep, kira-kira dua jam dari Bangkalan.


Saat tiba di rumah sang nenek, Andara merasakan sambutan yang dingin dari sang pemilik rumah. Nenek Ica hanya cemberut dan tidak mau tersenyum. Rupanya, baru saja terjadi pencurian di rumah tersebut. Yang dicuri adalah tiga lembar batik gentongan yang sangat mahal. Nenek Ica memiliki sebuah toko batik. Dan nenek tidak mau melapor polisi karena ia yakin batik yang hilang itu masih berada di sekitar kediamannya.

Andara lalu mengajak Ica untuk mencari batik itu. Satu-satunya petunjuk yang ditinggalkan si pencuri adalah bau parfum yang menyengat. Masalahnya, ada tiga orang pegawai di rumah nenek, atau biasa dipanggil Mbah Nek, memakai parfum dengan bau yang sama.

Namun, Andara dan Ica tak ingin menyerah. Mereka bertekad menemukan sang pencuri dan membuat Mbah Nek kembali tersenyum.

Berhasilkah mereka menemukan pencurinya? Kenapa mereka dilarang masuk ke gudang belakang? Siapa diantara tiga orang dengan parfum yang sama, yang sudah mencuri batik gentong? Atau barangkali, ada orang lain? Temukan jawabannya di dalam novel karya mbak Erlita Pratiwi ini ya.

____________________________

Membaca novel berlatar Madura ini, sejenak mengembalikan saya pada masa kecil. Masa ketika saya tergila-gila dengan serial Trio Detektif, dan selalu penasaran dengan pemecahan misteri oleh ketiga remaja cowok tersebut.

Dan novel Misteri Sosok Wangi ini, cukup berhasil mengobati kerinduan saya dengan novel sejenis serial Trio Detektif, tetapi dalam versi lokal. Oh ya, omong-omong soal lokalitas, novel ini cukup kental menonjolkan muatan yang satu ini. Kita nggak hanya diajak menelusuri destinasi-destinasi wisata yang ada di Bangkalan, Madura lewat perjalanan Andara dan Ica, tetapi kita juga akan diperkenalkan dengan “wajah” Madura dari banyak sisi. Misalnya saja tentang kondisi geografis Madura, karakteristik suku Madura, asal usul nama Bangkalan, proses pembuatan batik gentongan, makanan khas Madura dan sebagainya.

Info-info ini diselipkan di dalam cerita disertai keterangan tambahan berupa fakta-fakta unik terkait info tersebut plus ilustrasi pendukung pada setiap babnya. Jadi, membaca novel ini, kita nggak hanya disuguhkan dengan petualangan seru kedua tokohnya Andara dan Ica, tetapi juga dapat menambah pengetahuan tentang Indonesia yang kaya dengan keindahan alam dan juga budaya ini.

Dan tentu saja, ini adalah cara yang cerdas dalam menyajikan sebuah bacaan anak yang nggak sekadar menghibur, tetapi juga dapat mengedukasi.

Buku ini cocok untuk dibaca anak-anak dalam range usia kira-kira di atas sepuluh tahun hingga remaja, dan tetap asyik dibaca oleh orang dewasa. Siklus pemecahan misterinya tetap disesuaikan dengan nalar dan logika kedua tokoh ceritanya, juga nggak ada adegan yang menjurus pada hal-hal yang negatif. Pokoknya, novel ini recommended deh buat anak-anak dan remaja yang haus bacaan menghibur sekaligus dapat menambah pengetahuan.

Judul                     : Misteri Sosok Wangi
Penulis                 : Erlita Pratiwi
Penerbit               : Kiddo
Tebal                     : 175 hal
Terbit                    : Maret 2016

No comments:

Post a Comment