Riawani Elyta: 5 Kiat Hemat Membeli Baju Lebaran

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Wednesday, 1 June 2016

5 Kiat Hemat Membeli Baju Lebaran

 
5 Kiat Hemat Membeli Baju Lebaran

Hadirnya bulan suci Ramadhan hanya tinggal menghitung hari. Selain mempersiapkan diri menyambut kedatangan bulan nan mulia ini, sebagian besar umat muslim juga mulai bersiap-siap menyambut Lebaran. Kenapa? Karena banyak umat muslim yang ingin fokus beribadah di bulan suci Ramadhan. Jadi, segala keperluan Lebaran yang bisa dipersiapkan jauh-jauh hari, sudah bisa dicicil sejak sebelum Ramadhan. Salah satunya adalah membeli baju Lebaran.

Meskipun membeli baju baru bukanlah suatu kewajiban, tetap saja banyak orang ingin punya penampilan baru di hari Lebaran. Masalahnya, keinginan terkadang nggak didukung oleh kemampuan (budget). Oleh sebab itu, perencanaan pengeluaran yang matang dan hati-hati mutlak dilakukan, termasuk dalam hal membeli baju Lebaran.

Saya seorang ibu dengan 3 (tiga) anak berbeda usia. Mulai dari balita hingga abege. Selain itu, saya juga punya beberapa saudara yang tinggal di rumah. Setiap Lebaran datang, meskipun keluarga nggak menuntut dibelikan baju baru, tetap saja saya ingin membelikan sesuatu yang baru meski hanya berupa selembar t-shirt. Untuk itu tentu aja ada kiat-kiat khusus yang saya lakukan agar baju baru tetap terbeli tanpa membuat tabungan menipis.
 
Berikut 5 kiat hemat membeli baju Lebaran ala saya :
  •        Cek stok baju di lemari
Sebelum berbelanja, saya biasanya mengecek dulu stok baju di lemari. Apakah celana panjang anak saya udah kependekan? Apakah baju koko suami sudah kekecilan? Apakah gamis lama saya masih enak dipakai? Dan sebagainya.

Dengan mengecek stok baju di lemari, kita akan terhindar dari penyesalan karena membeli baju yang jenisnya masih banyak, ataupun membeli baju yang tidak terlalu dibutuhkan sementara yang lebih diperlukan justru tidak dibeli.

Cara ini juga bisa membantu kita memilih baju baru yang sifatnya cukup sebagai pelengkap baju lama sehingga nggak menguras banyak dana. Misalnya, tahun ini kita cukup membeli rok bermotif untuk dipadupadankan dengan tunik lama yang berwarna polos.
  •      Bawa uang secukupnya saat pergi berbelanja
Sebelum pergi berbelanja, sebaiknya lakukan dulu kalkulasi di rumah : berapa lembar yang akan dibeli? Berapa kisaran harganya? Berapa stok dana untuk pembelian tak terduga atau harga yang di luar prediksi? Dan sebagainya. Ini sangat membantu dalam mengira-ngira berapa jumlah uang yang sebaiknya kita bawa. Kalaupun perlu membawa ATM, jangan tergoda untuk membelanjakan uang dalam jumlah jauh lebih besar dari rencana semula ya.

  •        Berbelanja saat perut kenyang, badan segar dan mood baik
Kondisi fisik dan psikis sangat besar pengaruhnya terhadap pengambilan keputusan, termasuk keputusan untuk membeli sesuatu. Pastikan perutmu sudah cukup terisi sebelum pergi berbelanja ya. Juga jangan terlalu kenyang karena bikin malas dan mengantuk. Berbelanja dengan perut keroncongan, selain mengurangi konsentrasi juga akan menambah pengeluaran untuk beli makanan. Bawa air mineral dalam tas agar asupan cairan tetap terjaga sehingga kita terhindar dari lemas karena dehidrasi.

Psikis yang terkendali juga akan memudahkan kita dalam berbelanja dengan efektif. Kita nggak mudah tergoda dengan bujukan pedagang untuk membeli sesuatu yang sebenarnya kurang kita butuhkan. Kita juga akan memilih dengan cermat sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu.

  •        Membeli baju yang bisa dipadupadankan
Ingin belanja hemat tapi tetap tampil gaya? Belilah baju dan pelengkapnya yang bisa dipadupadankan. Contohnya, seperti yang baru-baru ini saya lakukan saat belanja baju untuk Lebaran. Saya membeli gamis polos dan beberapa outer cardigan yang bisa dipadupadan. Hasilnya? Saya bisa punya baju dengan 3 (tiga) gaya berbeda seperti di bawah ini :


  •        Belanja diskon
Menjelang Lebaran, banyak pusat-pusat perbelanjaan menggelar diskon belanja yang menggiurkan. Kamu bisa memanfaatkan penawaran ini untuk berburu baju dengan harga miring. Salah satunya diskon koleksi baju Lebaran di Zalora. Selain kamu nggak perlu berdesak-desakan saat belanja, kamu juga bisa menemukan berbagai jenis baju Lebaran komplit di sini, mulai dari untuk dewasa, anak-anak, pria, dan wanita, baju koko, tunik, abaya, gamis, hijab dan sebagainya dalam berbagai model yang sedang in dan elegan.

Sudah siap-siap membeli baju Lebaran? Semoga tips-tips di atas bisa membantu ya :)


4 comments:

  1. Tahun kemarin beli mukena di Zalora buat lebaran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pingin nyoba ah belanja di zalora :)

      Delete
  2. Qu baru beli sepatu doank di zalora blm prnh beli baju, mau cobain ah sapa tau diskon hahaha

    ReplyDelete
  3. Diskon Zalora memang nggak pernah bohong mba :D

    ReplyDelete