Riawani Elyta: Kiat Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi Menuju Kebebasan Finansial [Book Review]

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Wednesday, 13 April 2016

Kiat Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi Menuju Kebebasan Finansial [Book Review]

Kiat Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi
“Financial freedom is available to those who learn about it and work for it.” 
– Robert Kiyosaki.

That’s true. Kebebasan finansial adalah sebuah kondisi yang affordable. Bisa diusahakan oleh siapapun.  Dan tentu saja, untuk mencapai hasil yang kita harapkan dari usaha tersebut, kita perlu mempelajari ilmunya terlebih dahulu.

Jujur saja, selama ini, saya termasuk orang yang mengelola keuangan pribadi berdasarkan intuisi belaka. Tidak didasarkan pada ilmu dan perencanaan yang matang. Jadi, saat pertama kali membuka lembar buku Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi ini,  saya sempat merasa khawatir. Khawatir bahwa pola pengelolaan keuangan saya selama ini ternyata melenceng jauh dari standar idealnya.

Tetapi, Alhamdulillah, kekhawatiran saya tidak menjelma kenyataan. Setelah menamatkan buku ini, saya bisa menarik napas lega. Pengelolaan finansial saya selama ini ternyata nggak jelek-jelek amat. Meski juga belum benar-benar rapi dan terkontrol.

Mungkin diantara kamu ada yang penasaran, apa sih isi buku ini? Apa kita bakal disuguhkan dengan rumus-rumus akuntansi dan kalkulasi finansial yang njelimet? Atau kita bakal dilarang belanja ini-itu demi mencapai kondisi keuangan yang sehat?

Daripada kamu tambah penasaran, yuk ikuti ulasan saya untuk buku karya mbak Herlina P Dewi ini.

Kuis Kenali Dirimu menjadi pembuka buku ini sebelum kita melangkah pada pembahasan utama. Ini adalah kuis pengenalan tipe diri kita dalam hal mengelola keuangan. Ada 3 (tiga) tipe yang tercantum di sini : tipe superboros, tipe perhitungan dan tipe supertertib.

Dari hasil kalkulasi poin jawaban, saya ternyata termasuk tipe perhitungan, yaitu orang yang bisa menikmati hidup tanpa takut jatuh miskin. Orang yang membelanjakan uang sesuai bujet, tidak kalap menghabiskan gaji namun tetap mau meminjamkan uang pada yang butuh tanpa merusak rencana keuangan (hal. 11). Horee!

Tetapi, hal ini nggak lantas membuat saya merasa seratus persen “aman”. Saya tetap merasa perlu menambah ilmu agar kualitas pengelolaan keuangan saya meningkat. Karena kita nggak pernah tahu situasi apa yang bakal kita hadapi di masa depan, bukan?

Itu sebabnya, saya pun segera membuka lembar demi lembar buku ini dengan antusias. Buku ini terbagi atas 5 chapter. Chapter 1 berjudul Pentingnya Merencanakan Keuangan Pribadi, yang terbagi atas 3 sub bab : Teknik Menyusun Anggaran, Mengelola Keuangan Suami Istri dan Mengelola Rekening Bank.

Pada sub bab Teknik Menyusun Anggaran, penulis memaparkan mengapa kita perlu menyusun anggaran, bagaimana cara menyusun anggaran, bagaimana menyiasati jika anggaran defisit dan bagaimana supaya penyusunan anggaran berhasil.

Sub bab berikutnya yaitu Mengelola Keuangan Suami Istri, sangat tepat untuk dibaca oleh yang sudah berumah tangga. Di sini, penulis memaparkan akan pentingnya komunikasi yang baik antar pasutri dalam hal mengelola keuangan rumah tangga, pentingnya keterbukaan, dan alternatif solusi bagi pasutri yang mengalami dilema ketika istri dihadapkan pada 2 (dua) pilihan : lebih baik bekerja atau tidak.

Sementara untuk sub bab berikutnya yaitu Mengelola Rekening Bank, cocok untuk dibaca oleh yang masih lajang maupun yang sudah berumah tangga. Karena di sini penulis membagi tips mengelola rekening bagi si lajang, bagi pasutri, juga dampak dari penggunaan rekening bersama.

Banyak tips menarik dan bermanfaat dibagikan pada chapter ini. Contohnya saja, jika kita seorang lajang, kita tidak dianjurkan untuk memiliki banyak rekening bank. Dua saja sudah cukup. Karena semakin banyak rekening, berarti semakin banyak pula biaya administrasi yang harus kita tanggung (hal. 52).

Melangkah ke Chapter 2, penulis menyajikan kiat Mengelola Pemasukan yang dibagi atas 4 (empat) sub bab yaitu : Mengelola Pendapatan Bulanan, Mencari Penghasilan Tambahan, Mengelola THR dan Manajemen Utang.  Buat kamu yang sudah bekerja dan memiliki penghasilan, Chapter ini penting banget buat dibaca. Karena berapa pun besarnya pemasukan, jika tidak dikelola dengan baik, tetap saja berpeluang mengalami defisit. Apalagi jika pemasukan kita pas-pasan atau bahkan benar-benar defisit ya?

Di Chapter ini, kita akan memperoleh banyak ilmu tentang mengelola pemasukan, diantaranya kiat-kiat mengelola bujet bulanan, mengatur isi dompet agar bisa lebih berhemat, menjalankan usaha sampingan tanpa mengganggu pekerjaan utama, jurus jitu antitekor saat Lebaran tiba, tujuh langkah bebas utang, dan lain-lain.

Selain mengelola pemasukan, hal lain yang tak kalah penting adalah Mengelola Pengeluaran. Kalian akan menemukan pembahasan lengkap tentang ini di Chapter 3 yang terbagi atas 4 (empat) sub bab, yaitu : Mengubah Kebiasaan Belanja, Pengeluaran “nakal” perempuan, Bijak Menggunakan Kartu Kredit dan Pengeluaran yang Bisa Dipangkas.

Diantara semua Chapter, sepertinya pembahasan pada chapter ini deh, yang paling seru. Apa pasal? Karena boleh jadi, diantara kebiasaan buruk dalam membelanjakan uang yang dipaparkan di Chapter ini, adalah kebiasaan yang pernah atau bahkan sering kita lakukan.

Tapi....kamu nggak perlu khawatir saat “dosa-dosa” membelanjakan uang dikupas habis-habisan di sini. Karena, penulis juga membeberkan kiat-kiat jitu agar kita bisa terhindar dari dosa-dosa tersebut. 

Contohnya saja, pada sub bab Pengeluaran “nakal” perempuan, disebutkan bahwa salah satu “dosa” pengeluaran yang kerap dilakukan perempuan, adalah pengeluaran karena latah. Lihat teman kantor pake tas baru yang branded, kita juga pingin. Lihat teman pamer jam tangan yang chic, kita pun merasa ketinggalan jika belum punya. 

Nah, untuk mengatasi problema latah ini, ada beberapa tips yang diberikan. Salah satunya yang menarik : boleh-boleh saja kita berkompetisi dalam hal berbelanja, tetapi, bagaimana jika yang dikompetisikan itu adalah sesuatu yang memiliki nilai investasi? Ketimbang berkompetisi dalam hal “membeli” penampilan, kenapa nggak bersaing dalam hal membeli perhiasan emas atau logam mulia? Semakin sengit kompetisi berlangsung, maka semakin banyak investasi terkumpul. Untungnya pun jadi dobel. Kita tetap bisa bersaing, tetapi investasi kita juga bertambah (hal. 132). Asyik dan seru, bukan?

Dan setelah mengupas tuntas tentang Mengelola Pengeluaran, tibalah Saatnya Berpikir tentang Masa Depan, yang menjadi judul pembahasan pada Chapter 4. Chapter ini terbagi atas 3 (tiga) sub bab : Perempuan Harus Menabung, Asuransi Itu Penting dan Memilih Produk Investasi.

Sesuai judulnya, pada Chapter ini kita akan diajak berpikir lebih dalam akan pentingnya pengelolaan keuangan untuk masa depan. Pada sub bab Perempuan Harus Menabung misalnya, penulis membagi beberapa alasan penting kenapa perempuan harus menabung, diantaranya terkait kondisi fisik perempuan yang lebih rentan dibandingkan laki-laki sehingga biaya kesehatan yang dibutuhkan akan lebih tinggi, perempuan yang sudah berkeluarga dan bekerja punya peluang untuk menabung karena biaya hidup umumnya ditanggung oleh suami, dan lain-lain.

Salah satu tips penting di sini adalah pembentukan dana darurat. Yaitu uang yang dipakai dalam kondisi mendesak. Dianjurkan untuk kita menabung dana darurat yang besarnya 3 – 6 kali biaya hidup per bulan dan batasi akses terhadap dana darurat agar kita tidak tergoda untuk menggunakannya (hal. 162 – 163).

Buku ini ditutup dengan kiat menjaga kondisi keuangan kita agar tetap Aman Sepanjang Tahun. Pada chapter terakhir ini, penulis menyajikan info-info penting terkait Mitos-mitos Seputar uang, 7 Masalah Keuangan dan solusinya, serta Resolusi Keuangan Bulanan.

Sub bab favorit saya dari Chapter ini adalah 7 Masalah Keuangan dan solusinya. Karena membahas tentang masalah keuangan yang berhubungan dengan kehidupan sosial. Misalnya saja, bagaimana sikap kita terhadap pembayaran bon saat makan beramai-ramai di restoran, bagaimana menghadapi teman lama yang datang meminjam uang atau bahkan yang nggak kunjung mengembalikan pinjaman, bagaimana menyikapi pengeluaran yang di luar rencana, khususnya saat sedang bepergian atau liburan bersama teman-teman, dan sebagainya.

Jujur saja, saya termasuk orang yang nggak tega terhadap teman yang datang meminjam. Ironinya, diantara yang meminjam, juga banyak yang nggak mengembalikan, hiks. Jadi, dengan tips-tips di sini, saya jadi  tahu kapan harus bersikap tegas, dan kapan harus fleksibel. Mengingat menjaga hubungan sosial itu sangat penting. Tetapi juga jangan sampai membebani diri kita sendiri.

Setelah menamatkan buku ini, hal pertama yang saya lakukan adalah mengevaluasi pengelolaan keuangan saya selama ini dan mencocokkannya dengan prinsip-prinsip yang termuat di dalam buku ini.

Jika dituangkan dalam bentuk tabel, evaluasi ala saya kira-kira bentuknya seperti ini :

Tabel 1
Pentingnya Merencanakan Keuangan Pribadi
(daftar aktivitas dari Chapter 1)

No.
Aktivitas pengelolaan keuangan
Sudah
Belum
Ket
1.
Menentukan target




-        Jangka pendek
V



-        Jangka menengah
V



-        Jangka panjang

V

2.
Menyusun data pemasukan

V

3.
Menyusun data pengeluaran

V


4
Merencanakan untuk menambah penghasilan
V


5.
Merencanakan untuk mengurangi pengeluaran

V


6.
Mendokumentasikan semua aktivitas keuangan

V


Demikian seterusnya untuk Chapter-chapter berikutnya. Dari hasil evaluasi ini saya berkesimpulan, bahwa sejauh ini – Alhamdulillah – pengelolaan keuangan saya sudah cukup baik. Saya sudah melakukan investasi meski jenisnya masih yang konvensional, saya tidak terlalu sering melakukan “dosa-dosa” pengeluaran, dan saya juga tidak punya masalah dengan utang kartu kredit karena saya memang tidak punya kartu kredit sebiji pun, hehe.

Namun, masih ada yang belum saya lakukan, yaitu pencatatan terhadap semua aktivitas keuangan. Saya memang sulit disiplin untuk yang satu ini. Mudah-mudahan saja, jika aktivitas pencatatan ini berhasil saya terapkan dengan konsisten nantinya, pengelolaan keuangan saya pun akan lebih baik dan mudah-mudahan juga akan berbanding lurus dengan kondisi keuangan saya.

Akhirnya, saya menyimpulkan bahwa : this book is very recommended! Baik untuk kamu yang masih lajang, terlebih-lebih untuk yang sudah berkeluarga. Yuk simak list alasannya kenapa buku ini layak menjadi koleksi bacaan dan referensimu dalam mengelola keuangan :


  1.  Mudah dipahami
Yup. Buku ini dituturkan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, sehingga siapapun kamu, bahkan yang paling awam terhadap ilmu finansial sekalipun, akan mudah memahaminya.

2.      Aplikatif
Buku ini nggak melulu berisi narasi. Tetapi juga dilengkapi kuis-kuis, tabel-tabel simulasi dan contoh kasus, sehingga setelah membacanya, kamu bisa langsung mempraktekkan ilmu yang diajarkan dengan mengikuti contoh tabel simulasi yang diberikan.

contoh kolom pencatatan pengeluaran bulanan


3.      Solutif
Buku ini nggak hanya memaparkan berbagai kasus dan permasalahan dalam mengelola keuangan, tetapi juga sekaligus menyajikan alternatif solusinya. Solusi yang disajikan juga tergolong praktis, logis dan fleksibel. Contohnya saja, bagi kamu yang sulit mengerem hobi belanja dan melakukan pengeluaran “nakal”, kamu tetap diperkenankan melakukannya, dengan syarat, tidak boleh melebihi 5% dari total pemasukan. Fleksibel, bukan? :)

4.       Memorable
Pernah nggak kamu membaca buku nonfiksi tetapi setelah menutupnya kamu pun lupa apa isinya? Entah karena bahasanya yang kelewat tinggi, ataupun pembahasannya yang cukup njelimet.

Untuk buku ini, insya Allah isinya bakal mudah nempel di ingatan. Karena selain praktis dan mudah dipahami, pada setiap chapternya, buku ini menyediakan kolom yang berisi kesimpulan dan juga poin-poin penting dari chapter tersebut. Jadi buat kamu yang superpelupa  sekalipun dan malas baca ulang untuk mengingat keseluruhan isinya, kamu cukup menandai halaman yang berisi kolom konklusi ini dan membacanya saat diperlukan.

Ini nih contoh kolom konklusinya
Atau jika kamu punya buku untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran, kamu bisa fotokopi gambar kolom-kolom ini lalu menempelnya di buku tersebut. Jadi setiap kali kamu mencatat arus keluar masuk kas pribadimu, kamu juga bisa sekaligus diingatkan dengan tips-tips penting tersebut.
 
Ini bisa jadi pengingat kalau ditempel di buku catatan keuanganmu, bukan? :)

5.       Quotable
Pada pembuka setiap chapter, terdapat kutipan-kutipan inspiratif yang memotivasi. Kamu dapat menyalinnya di karton lalu tempelkan di dinding, atau dijadiin quotepict (jangan lupa tuliskan sumbernya ya), lalu dibagikan di akun media sosialmu agar sewaktu-waktu bisa kamu baca untuk tetap menginspirasi atau memotivasi diri dan juga menginspirasi orang lain.

Saya sertakan beberapa kutipan di sini :
“Too many people spend money they haven’t earned, to buy things they don’t want, to impress people they don’t like. – Will Smith”

“Rich people have small TV and big libraries, and poor people have big TV and small libraries – Zig Ziglar”.

“When planning for a year, plant corn. When planning for a decade, plant trees. When planning for life, train and educate people – Chinese proverb quotes”.

Jadi, buat kamu yang sering mengalami defisit pemasukan, sulit mengendalikan pengeluaran, selalu gagal menabung, utang terus menumpuk, dan lain-lain, juga buat kamu yang ingin lebih peduli dalam mengelola keuangan pribadi, lebih baik segera cari buku ini deh di toko buku, pelajari isinya lalu praktekkan. Mudah-mudahan, kamu akan menjadi pribadi yang (lebih) cerdas dalam mengelola keuangan pribadi dan nggak lama lagi, you can say YES to financial freedom!

Judul buku             : Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi
Penulis                   : Herlina P Dewi
Penerbit                 : Stiletto Book
Tebal                      : 215 hal
Tahun                    : 2015



76 comments:

  1. saya juga mengelola uang masih pake feeling, belum pake perhitungan dll. kayaknya perlu baca buku ini.. thanks sharingnya, mba..

    ReplyDelete
  2. justru kalao pakai hitungan ? adm suka pelit

    ReplyDelete
  3. kalau ga pakai accounting suka keceplosan juga

    ReplyDelete
  4. yang aman pakai feeling hidup tak boros,tak mewah-mewahan dan tak lupa sedekahkan ke tetangga yg membutuhkan 2,5% utk keberkahan dan celengan

    ReplyDelete
  5. Hidupku masuk ke dalam tahap super boros, rasanya gak ada uang yang bisa disimpan -,-

    ReplyDelete
  6. Halo,
    Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Mrs Rose Anna, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (roseannamoore70@gmail.com)

    ReplyDelete
  7. PINJAMAN CEPAT PENAWARAN ONLINE DI GRACE MORGAN PINJAMAN PERUSAHAAN ... Rahmat Morgan Pinjaman Perusahaan adalah penyedia terkemuka pinjaman Seluruh Dunia Tidak peduli apa kondisi keuangan Anda, kami dapat membantu Anda cash.We sendiri memberikan pinjaman untuk konsolidasi utang, perbaikan rumah, tanpa jaminan pinjaman, pinjaman kredit buruk, pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman mahasiswa, pinjaman Auto, mengurangi Utang Kartu kredit, Real Estate dan hipotik pada tingkat bunga 2%. menawarkan pinjaman online kami cepat dan mudah untuk apply.it adalah 100% Dijamin dan safe.do hubungi kami sekarang untuk lebih jelasnya AT Gracemorganloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  8. Apakah Anda mencari pinjaman? Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Global Finance Terbatas memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. silahkan hubungi kami melalui e-mail melalui: (oliviadaniel93@gmail.com)

    DATA APLIKASI

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Sex:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi sekarang di tempat kerja:
    10) Pendapatan Bulanan:
    11) Jumlah pinjaman yang diperlukan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda menerapkan sebelum:
    16) Tanggal Lahir:
    Terima kasih,

    ReplyDelete
  9. Apakah Anda mencari investasi dan kredit swasta? Mencari lagi karena Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Global Finance Terbatas memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau, silahkan hubungi kami melalui e-mail melalui: (elizabethpatrickglobalfinance@gmail.com)

    APLIKASI DATA

    1) Nama:
    2) Negara:
    3) Alamat
    4) Negara:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi sekarang di tempat kerja:
    10) pendapatan bulanan:
    11) dibutuhkan jumlah Pinjaman:
    12) durasi pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda menerapkan sebelum:
    16) Tanggal Lahir:
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  10. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    ReplyDelete
  11. Apakah Anda mencari pinjaman? Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Global Finance Terbatas memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. silahkan hubungi kami melalui e-mail melalui (bellaalbert6@gmail.com)


    DATA APLIKASI

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Sex:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi sekarang di tempat kerja:
    10) Pendapatan Bulanan:
    11) Jumlah pinjaman yang diperlukan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda menerapkan sebelum:
    16) Tanggal Lahir:
    Terima kasih,

    ReplyDelete
  12. Halo, saya Mrs mulia Ovia, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda? anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lagi karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan bahwa kami membuat handal dan penerima bantuan dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: (preciousovia39@gmail.com)

    ReplyDelete
  13. Halo,
    Saya Mrs Olivia Daniel, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di:
    (Oliviadaniel93@gmail.com)

    ReplyDelete
  14. Apakah Anda dalam utang? Apakah Anda perlu dana untuk membayar sewa Anda? kau finansial turun dan Anda perlu beberapa dana untuk menjaga bisnis Anda di? Anda ingin memiliki industri dan dana Anda tidak oke? Apakah Anda ingin membangun atau membeli rumah? kami menawarkan sejumlah uang yang besar itu. Di sini kita untuk membantu, semua yang kita butuhkan dari Anda adalah informasi Anda tahu lebih banyak. Jadi mengapa tidak menghubungi kami di alyasaadaburahlenders@gmail.com

    ReplyDelete
  15. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2%. Hore !!! Ini hampir sampai ke akhir tahun ini dan kami berada di Lucy Badan Kredit, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Pinjaman Durasi: ____________
    Pinjaman bunga: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Lucysmithloanfirm
    (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  16. Kesaksian !!! Kesaksian !!! kesaksian !!!

    Halo semuanya,
    Nama saya Faridah, saya ingin menggunakan media ini untuk meluncur kesaksian bagaimana ALLAH mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman dan perusahaan pinjaman nyata yang telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, dari miskin untuk seorang wanita kaya yang saya sekarang dapat membanggakan sehat dan kehidupan kaya tanpa stres atau kesulitan keuangan. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan saya scammed beberapa jumlah Rp20,200,000 Aku menjadi begitu disapointed dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman pinjaman online yang sekarang akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk bertemu teman saya EVRITA AZIS yang baru-baru mendapat pinjaman online, Anda masih bisa menghubungi dia jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut dan bantuan melalui emailnya: {ervitaazis@gmail.com}, kita membahas masalah kami dan kemudian kesimpulan dia bercerita tentang seorang wanita yang disebut Mrs Lucy Smith yang merupakan CEO dari Lucy Smith Loan perusahaan jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman ($ 150,988USD) dengan tingkat bunga rendah dari 2%, sehingga dia meyakinkan saya bahwa saya di perusahaan yang tepat di mana saya dapat menerima jumlah pinjaman dari keinginan saya, mereka memberi saya formulir aplikasi peminjam pinjaman untuk mengisi dan kembali, aku semua itu, memberi mereka semua informasi yang mereka butuhkan dari saya, jadi saya diberi syarat dan kondisi dari perusahaan mereka semuanya berjalan lancar tanpa penundaan untuk saya terbesar kejutan saya menerima pesan dari bank bahwa account saya dikreditkan dengan ($ 150,988USD) oleh Nyonya Lucy Smith, WOW ..aku hampir pingsan, jadi saya langsung email dia bahwa saya telah menerima uang pinjaman saya berhasil, sehingga saudara-saudara saya di luar sana masih mencari pinjaman, saya akan saran Anda untuk menyenangkan menghubunginya melalui email mereka: (Lucysmithloanfirm@gmail.com) dia tidak tahu aku melakukan ini saya berdoa agar ALLAH akan memberkati dia untuk hal-hal baik yang ia lakukan dalam hidup saya.
    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut dan bantuan melalui email saya: {faridahendah007@gmail.com}

    ReplyDelete
  17. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  18. Anda mencari jasa rental mobil di Jogja terbaik yang paling direkomendasikan?? Kami harap rentalanjogja.com menjadi solusi yang tepat bagi Anda. Kuruma Sewa Mobil Jogja menyediakan jasa sewa mobil jogja harian dan mingguan dengan armada terbaru dan terawat.
    sewa bus jogja menyediakan berbagai tipe bus-bus pariwisata antar kota maupun dalam kota. Bus-bus yang kami sediakan selalu dalam kondisi prima dan baik. Dari segi fisik luar maupun kondisi mesin, bus kami telah melalui standar cek sebelum digunakan. 

    ReplyDelete
  19. aasalamaluikum, saya adalah syahir neni, ibu muslim dari Kuching, Sarawak Kuching dewan kota utara di malaysia, saya ingin menggunakan medium ini untuk memperingatkan semua pencari pinjaman harus berhati-hati karena ada penipu di blog ini. i bodoh di sini di situs ini pada tahun lalu saya dari segi keuangan ke bawah, dan dalam keputusasaan, saya telah ditipu oleh peminjam banyak palsu di blog ini. Saya telah hampir menyerah sampai saya pergi di televisi tentang perusahaan yang berkembang pesat perusahaan pinjaman terpercaya bernama Devya Ajjaade rumah kredit yang mengkonfirmasi saya pinjaman tanpa jaminan Rm 579,000 pada tingkat yang sangat rendah 1% dalam 4 jam tanpa tekanan dan penundaan, mereka sangat cepat dan cepat untuk menyampaikan dana dengan biaya transfer dan biaya pendaftaran seperti yang lain di blog ini. ia akan menarik minat Anda untuk mengetahui bahwa saya mendapat pinjaman saya pada 5 Januari 2017, kini saya memiliki proposal bisnis saya bekerja sekarang jika Anda butuhkan, besar, murni kontak pinjaman investasi yang cepat melalui: ((devyajjaade.loanfirm@gmail.com)) , Anda perlu tahu bahwa perusahaan itu tidak tahu bersaksi im dalam media, im sangat senang untuk melakukan ini, e-mail saya adalah (nenisyahir@gmail.com) dapat allah memberkati dan dimana doa-doa Anda pada tahun ini seperti saya

    ReplyDelete
  20. aasamalekum, adakah anda memerlukan pinjaman, melakukan memerlukan pinjaman segera, adakah anda memerlukan pinjaman cepat, adakah anda memerlukan pinjaman peribadi, adakah anda memerlukan pinjaman yang besar, adakah anda memerlukan pinjaman perniagaan, Adakah anda memerlukan pinjaman untuk pelaburan terlebih dahulu, adakah anda memerlukan pinjaman jangka panjang, adakah anda memerlukan pinjaman jangka pendek, adakah anda mendapatkan pinjaman tidak bercagar, membayar pinjaman hari yang anda perlukan, adakah anda memerlukan hari yang buruk pinjaman, keseluruhan pinjaman ibu negeri yang saya perlukan, adakah anda mahu pinjaman kereta, adakah anda mahu Morgage pinjaman, adakah anda mahu pinjaman bercagar, adakah anda mahu pinjaman rumah, Kemudian firma pinjaman yang membawa kembali kita pakej yang serendah 1%, pinjaman tanpa faedah, anda bebas untuk mendapatkan anda pinjaman cepat, untuk merealisasikan matlamat anda pada tahun baru ini, semoga allah memberkati anda, inshaillah e-mel kenalan <(aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  21. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

    ReplyDelete
  22. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

    ReplyDelete
  23. Saya seorang pemberi pinjaman kredit lisensi yang sah, Layanan Saya Cantumkan Berikut:

    * Investor Pinjaman
    *Konsolidasi hutang
    *Hipotek kedua
    * Pinjaman Bisnis
    *Pinjaman pribadi
    * Pinjaman International
    * Pinjaman Perusahaan

    Mohon kembali untuk lebih detail jika Anda tertarik untuk memperoleh pinjaman tanpa masalah.

    Email: mymiracleloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  24. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 1%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

    ReplyDelete
  25. Kabar baik.

    Aku Karen Mark, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui perusahaan pinjaman oleh kerajaan Inggris untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank. Tidak memerlukan banyak dokumen. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: karenmarkfinancialloancompany@gmail.com
    Kami akan memberikan kami yang terbaik.

    ReplyDelete
  26. Sveiki,
    Aš esu ponia Olivia Danielius, privati ​​paskola skolintojas, kuris suteikia gyvenimo laiko alternatyviąsias paskolas. Ar jums reikia paskolos skubiai sumokėti savo skolų ar jums reikia paskolą, siekiant pagerinti jūsų verslą? Jums buvo atmestas bankų ir kitų finansų įstaigų? Ar jums reikia konsolidavimo paskolą arba hipoteką? ieškote daugiau, nes mes esame čia, kad visas savo finansines problemas praeities dalykas. Mes skolinti lėšas asmenims, kuriems reikia finansinės paramos, kurie turi bloga kredito ar reikia pinigų apmokėti sąskaitas, investuoti į verslą esant 2% norma. Noriu naudoti šią laikmeną Jums pranešti, kad mes teikiame patikimą ir gavėjo pagalbą ir bus pasirengę pasiūlyti paskolą. Taigi Susisiekite su mumis šiandien elektroniniu paštu:
    (Oliviadaniel93@gmail.com)


    Application Data

    1) Vardas, pavardė:
    2) Šalis:
    3) Adresas:
    4) valstybė:
    5) Lytis:
    6) Šeimyninė padėtis:
    7) Pareigos:
    8) Telefono numeris:
    9) Dabartinė padėtis vietoj darbo:
    10) Mėnesio pajamos:
    11) Paskolų suma, kurios reikia:
    12) Paskolos trukmė:
    13) Tikslas Paskolos grąžinimo būdas:
    14) Religija:
    15) Ar jūs taikyti anksčiau:
    16) Gimimo data:
    Ačiū,

    ReplyDelete
  27. Hello Sir / Madam,

    Anda membutuhkan pinjaman uang antar individu untuk mengatasi kesulitan keuangan akhirnya memecahkan kebuntuan yang dipicu oleh bank, oleh penolakan terhadap file mereka untuk menerapkan? Saya seorang ahli keuangan mampu membuat pinjaman dalam jumlah yang anda butuhkan dan dengan kondisi yang membuat hidup lebih mudah. Berikut ini adalah daerah di mana saya dapat membantu:
    * Keuangan
    * Lend Lease
    * Kredit investasi
    * Auto pinjaman
    * Konsolidasi Utang
    * Jalur kredit
    * Kedua mortgage
    * Kredit Penebusan
    * Pinjaman pribadi

    jadi jika anda tertarik dalam mendapatkan pinjaman asli cukup Email:
    guaranteloanfinancescompany@gmail.com |

    Terima kasih

    ReplyDelete
  28. AKHIR TAHUN PINJAMAN DI RATE SANGAT RENDAH.
    Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman untuk lokal, internasional dan juga perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    ReplyDelete
  29. AKHIR TAHUN PINJAMAN DI RATE SANGAT RENDAH.
    Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman untuk lokal, internasional dan juga perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    ReplyDelete
  30. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  31. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    ReplyDelete
  32. Apakah Anda di Kesulitan Keuangan? Apakah Anda memerlukan pinjaman hipotek? Apakah Anda membutuhkan pinjaman uang tunai besar untuk memulai bisnis? Anda perlu kapita intensif pinjaman besar untuk keperluan pertanian? Anda telah ditipu dan pinjaman Denie di khawatir tentang masa lalu tidak lebih, Anda berada di tempat yang tepat pinjaman Anthony yuliana, hamba tuhan di sini untuk meletakkan senyum di wajah Anda, kami memberikan pinjaman kepada umat Islam dan semua agama di dunia , dengan tingkat bunga rendah dari 1%. mendaftar sekarang melalui email: (((Anthony.yulianalenders@gmail.com
       ))) Pinjaman kami cepat dan mendesak pengiriman dalam waktu kurang dari 2 jam Penurunan kas dalam account Anda dengan penundaan, Anda perlu tahu adalah biaya pendaftaran dan transfer yang dibutuhkan, kami berkomitmen untuk melayani Anda lebih baik

    ReplyDelete
  33. KABAR BAIK ! KABAR BAIK !! KABAR BAIK!!
    nama saya ahmad dari Jarkata, karena Raja Saudi Salman tiba di Indonesia pada escalato emas, bersama dengan 506 ton bagasi, dua limusin dan 1.000 staf, AASIMAHA Adila PINJAMAN PERUSAHAAN memiliki harus membantu indonesia dengan pinjaman besar saya ingin bersaksi bekerja dengan baik dari allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Indonesia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di blogger pinjaman internet. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 5-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka untuk menyatakan investasi real estat saya. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh pemberi pinjaman palsu yang menempatkan saya dalam utang di Februari 2017, suatu malam saya melihat sebuah iklan berita bisnis di telivison berbicara tentang sebuah perusahaan pinjaman ARAB SAUDI yang membantu orang untuk investasi dan pinjaman utang pada tingkat rendah dari 1% perusahaan pinjaman handal yang AASIMAHA ADILA AHMED pINJAMAN. i diterapkan aku pinjaman saya Rp960,000,000 dari AASIMAHA Adila sangat mudah dan cepat dalam pengiriman dalam waktu 4 jam yang saya diterapkan, jika Anda ingin kontak pinjaman nyata perusahaan pinjaman muslim yang membantu para janda dan orang lain dalam kebutuhan AASIMAHA Adila PINJAMAN. menghubungi mereka melalui e-mail .. (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (musaahmed081@gmail.com) jika Anda menemukan kesulitan atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman. mungkin allah memberkati saudi arabia perusahaan ibu muslim yang membuat orang bahagia dan semua orang di daerah saya yang berlaku sekarang, banyak mendapat pinjaman dari ibu saudi hari ini, jangan lewatkan kesempatan yang raja kunjungan saudi keluar

    ReplyDelete
  34. KABAR BAIK ! KABAR BAIK !! KABAR BAIK!!
    nama saya ahmad dari Jarkata, karena Raja Saudi Salman tiba di Indonesia pada escalato emas, bersama dengan 506 ton bagasi, dua limusin dan 1.000 staf, AASIMAHA Adila PINJAMAN PERUSAHAAN memiliki harus membantu indonesia dengan pinjaman besar saya ingin bersaksi bekerja dengan baik dari allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Indonesia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di blogger pinjaman internet. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 5-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka untuk menyatakan investasi real estat saya. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh pemberi pinjaman palsu yang menempatkan saya dalam utang di Februari 2017, suatu malam saya melihat sebuah iklan berita bisnis di telivison berbicara tentang sebuah perusahaan pinjaman ARAB SAUDI yang membantu orang untuk investasi dan pinjaman utang pada tingkat rendah dari 1% perusahaan pinjaman handal yang AASIMAHA ADILA AHMED pINJAMAN. i diterapkan aku pinjaman saya Rp960,000,000 dari AASIMAHA Adila sangat mudah dan cepat dalam pengiriman dalam waktu 4 jam yang saya diterapkan, jika Anda ingin kontak pinjaman nyata perusahaan pinjaman muslim yang membantu para janda dan orang lain dalam kebutuhan AASIMAHA Adila PINJAMAN. menghubungi mereka melalui e-mail .. (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (musaahmed081@gmail.com) jika Anda menemukan kesulitan atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman. mungkin allah memberkati saudi arabia perusahaan ibu muslim yang membuat orang bahagia dan semua orang di daerah saya yang berlaku sekarang, banyak mendapat pinjaman dari ibu saudi hari ini, jangan lewatkan kesempatan raja saudi telah mengatakan kepada semua perusahaan pinjaman di arab untuk membantu Indonesia warga dengan pinjaman untuk meningkatkan standar hidup di indonesia

    ReplyDelete
  35. Halo,
    Saya Nyonya Alicia Radu, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda dalam setiap jenis kesulitan keuangan? Kebutuhan pinjaman untuk konsolidasi utang, pada tingkat konstruksi 2%, pinjaman real estate, pembiayaan kembali, pribadi, tujuan bisnis atau uang darurat? Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita yang berpikir untuk memperluas bisnis Anda menawarkan pinjaman dari semua jenis. jika tertarik hubungi kami hari ini melalui (aliciaradu260@gmail.com)


    DATA APLIKASI

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Seks:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi sekarang di tempat kerja:
    10) Pendapatan Bulanan:
    11) Jumlah pinjaman yang diperlukan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda diterapkan sebelum:
    16) Tanggal Lahir:
    Terima kasih,

    ReplyDelete
  36. Apakah Anda mencari pinjaman asli? saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk menginformasikan semua orang bahwa Mrs Helen Wilson pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kita berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di:
    (helenwilson719@gmail.com) Jadi, jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan saya Anda dapat menghubungi kami hari ini.

    Jumlah maksimum yang meminjamkan adalah 600,000,000.00 berikut ini
    Mata uang: Dollar Amerika Serikat, Euro dan Great British Pound

    DATA PEMOHON

    1) Nama Lengkap: ...... .............
    2) Negara: ........................
    3) Alamat: ......... ............
    4) Negara: ................ ...........
    5) Jenis Kelamin: ............. ...........
    6) Status Pernikahan: ..............
    7) Pekerjaan: ............. ......
    8) Nomor Telepon: ................
    9) posisi Saat ini di tempat kerja: .... ..........
    10) Pendapatan Bulanan: ........................ ....................
    11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ............ ....
    12) Pinjaman Durasi: ....................
    13) Tujuan Pinjaman: ....................
    14) Agama: ....................................
    15) Apakah Anda diterapkan sebelum: .................
    16) Tanggal lahir: ................
    Terima kasih dan Tuhan memberkati Anda semua

    ReplyDelete
  37. Halo semua,
    Nama saya Marcia retnawati kota Batan Miroto Semarang di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang untuk menyenangkan hati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di sini untuk scam Anda keluar dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar 100 juta dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 6 juta tanpa mengambil pinjaman, mereka meminta lagi dan lagi untuk biaya, saya membayar hampir 6 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman,

    Tuhan kemuliaan, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja diterapkan untuk pinjaman, dan ia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya kepada Ibu Alicia Radu, dan saya diterapkan untuk 500 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tapi aku punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena saya diselamatkan dari mendapatkan miskin.

    jadi saya nasihat semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi
    Mrs Alicia Radu, melalui email: aliciaradu260@gmail.com

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut melalui email: Marciaretnawati450@gmail.com

    sekali lagi terima kasih untuk semua membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    ReplyDelete
  38. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  39. Apakah Anda mencari pinjaman pinjaman asli? Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan kesempatan hidup pinjaman. Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Tidak terlihat lagi karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda menjadi sesuatu dari masa lalu. Pinjaman kami kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis dengan tarif 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan dan penerima yang andal dan bersedia menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di:
    Silahkan hubungi kami melalui e-mail via patriciajames205@gmail.com. Jadi jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan saya, Anda bisa menghubungi kami hari ini.
    Terima kasih

    Nyonya Patricia James

    ReplyDelete
  40. Hello semua orang yang melihat ini di seluruh dunia, ada banyak scammers di situs ini, aku punya kabar baik untuk berbagi. silahkan bergabung dengan saya untuk menjadi bahagia dan berterima kasih kepada perusahaan pinjaman. Aku baru saja pinjaman dari ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN sah. Ini adalah bagaimana saya mendapat kontak mereka. Aku melihat kesaksian Mrs Nuliana Novi Indonesia di forum ini tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari mereka dan dia memberi mereka sebuah email kepada semua orang "elinajohnson22@gmail.com" jadi saya segera email mereka dan mereka menanggapi email saya, Jujur, pada awalnya saya begitu banyak takut karena saya telah kehilangan uang saya begitu bodoh sebelumnya. Tapi, saya terkejut bahwa kurang dari 3 jam setelah, pinjaman dari RP 700.000.000, saya diterapkan untuk benar-benar ditransfer ke rekening saya. Seluruh proses itu sederhana. dan pinjaman mendesak pada tingkat 2% aku cepat Tidak ada biaya. Tidak ada penjamin yang dibutuhkan dari saya. sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa hal itu benar. Saya pikir saya sedang bermimpi ketika saya mendapat peringatan dari bank saya. Sekarang hati saya penuh dengan sukacita. Saran saya sederhana untuk semua orang yang mencari dorongan yang tulus untuk mendapatkan jumlah pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai proyek adalah untuk email mereka sekarang dan Anda akan terkejut betapa saya terkejut. Saya ingin terutama terima Nuliana novi untuk memberikan kontak mereka di forum ini. Dan jika Anda memanggil mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka, silakan menyebarkan kabar baik sehingga orang lain juga dapat manfaat. terima kasih, email mereka lagi ^elinajohnson22@gmail.com
    ^, Nama saya Wahyuni ​​Elvin Hubungi saya, di sini adalah email saya wahyunielvin@gmail.com
     Catatan: semua scammers meminta biaya pendaftaran, hati-hati, semuanya adalah scam. mungkin Tuhan memberkati Anda semua
    Terima kasih

    ReplyDelete
  41. KABAR BAIK ! KABAR BAIK !! KABAR BAIK!!
    nama saya ahmad dari Jarkata, karena Raja Saudi Salman tiba di Indonesia pada escalato emas, bersama dengan 506 ton bagasi, dua limusin dan 1.000 staf, AASIMAHA Adila PINJAMAN PERUSAHAAN memiliki harus membantu indonesia dengan pinjaman besar saya ingin bersaksi bekerja dengan baik dari allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Indonesia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di blogger pinjaman internet. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 5-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka untuk menyatakan investasi real estat saya. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh pemberi pinjaman palsu yang menempatkan saya dalam utang di Februari 2017, suatu malam saya melihat sebuah iklan berita bisnis di telivison berbicara tentang sebuah perusahaan pinjaman ARAB SAUDI yang membantu orang untuk investasi dan pinjaman utang pada tingkat rendah dari 1% perusahaan pinjaman handal yang AASIMAHA ADILA AHMED pINJAMAN. i diterapkan aku pinjaman saya Rp960,000,000 dari AASIMAHA Adila sangat mudah dan cepat dalam pengiriman dalam waktu 4 jam yang saya diterapkan, jika Anda ingin kontak pinjaman nyata perusahaan pinjaman muslim yang membantu para janda dan orang lain dalam kebutuhan AASIMAHA Adila PINJAMAN. menghubungi mereka melalui e-mail .. (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (musaahmed081@gmail.com) jika Anda menemukan kesulitan atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman. mungkin allah memberkati saudi arabia perusahaan ibu muslim yang membuat orang bahagia dan semua orang di daerah saya yang berlaku sekarang, banyak mendapat pinjaman dari ibu saudi hari ini, jangan lewatkan kesempatan raja saudi telah mengatakan kepada semua perusahaan pinjaman di arab untuk membantu Indonesia warga dengan pinjaman untuk meningkatkan standar hidup di indonesia

    ReplyDelete
  42. KABAR BAIK ! KABAR BAIK !! KABAR BAIK!!
    nama saya ahmad dari Jarkata, karena Raja Saudi Salman tiba di Indonesia pada escalato emas, bersama dengan 506 ton bagasi, dua limusin dan 1.000 staf, AASIMAHA Adila PINJAMAN PERUSAHAAN memiliki harus membantu indonesia dengan pinjaman besar saya ingin bersaksi bekerja dengan baik dari allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Indonesia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di blogger pinjaman internet. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 5-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka untuk menyatakan investasi real estat saya. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh pemberi pinjaman palsu yang menempatkan saya dalam utang di Februari 2017, suatu malam saya melihat sebuah iklan berita bisnis di telivison berbicara tentang sebuah perusahaan pinjaman ARAB SAUDI yang membantu orang untuk investasi dan pinjaman utang pada tingkat rendah dari 1% perusahaan pinjaman handal yang AASIMAHA ADILA AHMED pINJAMAN. i diterapkan aku pinjaman saya Rp960,000,000 dari AASIMAHA Adila sangat mudah dan cepat dalam pengiriman dalam waktu 4 jam yang saya diterapkan, jika Anda ingin kontak pinjaman nyata perusahaan pinjaman muslim yang membantu para janda dan orang lain dalam kebutuhan AASIMAHA Adila PINJAMAN. menghubungi mereka melalui e-mail .. (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (musaahmed081@gmail.com) jika Anda menemukan kesulitan atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman. mungkin allah memberkati saudi arabia perusahaan ibu muslim yang membuat orang bahagia dan semua orang di daerah saya yang berlaku sekarang, banyak mendapat pinjaman dari ibu saudi hari ini, jangan lewatkan kesempatan raja saudi telah mengatakan kepada semua perusahaan pinjaman di arab untuk membantu Indonesia warga dengan pinjaman untuk meningkatkan standar hidup di indonesia

    ReplyDelete
  43. BERITA BAIK !!! BERITA BAIK !!! BERITA BAIK !!!
    assalamalekum,Jurjani Budi nama saya, sila berhati-hati semua pemberi pinjaman pinjaman dalam penulis blog itu adalah palsu, mereka semua isu kelulusan palsu dan gaji palsu dokumen, saya mahu menggunakan media untuk mengingatkan semua orang yang mencari pinjaman untuk berhati-hati dengan palsu kerana mereka di mana-mana beberapa bulan lalu, saya adalah dari segi kewangan dalam hutang, dan kerana keperluan, putus asa dan bank saya merawat untuk merampas rumah perniagaan saya bankrap, saya telah bodoh oleh syarikat yang dipanggil pinjaman dalam talian, saya tidak berputus asa sehingga kawan saya merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang dipercayai dipanggil Puan AASIMAHA Adila yang memberi pinjaman pinjaman tidak bercagar RM 660,000 pada 1% kepentingan ratre dalam masa kurang 2 jam tanpa tekanan, pada mulanya ia adalah seperti mimpi bagi saya sehingga saya mendapat terbukti kejatuhan tunai dalam telefon bimbit saya, sila tidak terpakai dalam pemberi pinjaman pinjaman yang tidak mempunyai bukti penghantaran tunai kepada pelanggan, i mendapat bukti saya dan jelas pinjaman i reciever dari saudi arabia syarikat pinjaman muslim, saya menggalakkan rakan-rakan Islam malaysia yang memerlukan pinjaman untuk sila hubungi Puan AASIMAHA Adila melalui : /aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com/ Berhati-hati anda juga boleh menghubungi saya untuk maklumat lanjut melalui: jurjanibude0811@gmail.com

    ReplyDelete
  44. Sebagai bagian dari layanan masyarakat di dunia industri mobile mobile telah memutuskan kepada jutaan di seluruh dunia untuk menjadi bos bisnis dan memiliki investasi besar, ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa toyota telah membuka kesempatan finansial bagi setiap orang yang membutuhkan keuangan. bantuan. Kami memberikan pinjaman bunga 1% kepada perorangan, perusahaan dan perusahaan dengan syarat dan ketentuan yang jelas dan dapat dimengerti. Hubungi kami hari ini dengan e-mail di: (toyotacommunityfoundation@gmail.com)

    ReplyDelete
  45. Assalamu'alaikum wr wb,

    Sebagai periode Ramadhan sudah dekat, saya ingin merekomendasikan sebuah organisasi pinjaman islam saya menemukan online untuk semua saudara-saudara muslim yang sedang mencari pinjaman cepat untuk cepat menyelesaikan masalah yang mendesak. Saya mendapat pinjaman dari 800 juta untuk memperluas pabrik pengolahan makanan dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya merekomendasikan mereka karena ada begitu banyak palsu pinjaman perusahaan online. Saya diarahkan kepada mereka oleh kakak saya yang juga mendapat pinjaman dari mereka. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan bahwa mereka benar-benar asli. Mereka tidak seperti kebanyakan western perusahaan pinjaman yang palsu. Jadi saya mengajukan pinjaman tanpa jaminan agunan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum Islam dan peraturan yang berlaku. Tidak ada jaminan yang dibutuhkan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka pinjaman proses cepat dan sederhana. Tapi Anda harus dapat meyakinkan kepada mereka bahwa anda akan membayar kembali pinjaman. Saya ingin menyarankan semua muslim sejati untuk menghubungi mereka (islamicloanempowerment@gmail.com)

    Wassalamu alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  46. Saya Nyonya Maria Pedro, Apakah Anda memerlukan pinjaman segera untuk melunasi hutang Anda atau Anda memerlukan pinjaman untuk memperbaiki bisnis Anda? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek atau keperluan lain? Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Cari tidak lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu! Kami memberikan pinjaman kepada perusahaan, entitas swasta dan individu dengan tingkat bunga rendah dan terjangkau sebesar 2% untuk jangka waktu 1-20 tahun dan masa tenggang enam bulan sebelum dimulainya cicilan bulanan. Anda bisa menghubungi kami melalui e-mail via: (mariapedroguaranteetrustloan@gmail.com)

    APLIKASI DATA

    1) Nama:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Jenis Kelamin:
    5) status perkawinan:
    6) Pekerjaan:
    7) Nomor Telepon:
    8) posisi di tempat kerja:
    9) penghasilan bulanan:
    10) Jumlah pinjaman:
    11) durasi pinjaman:
    12) Tujuan pinjaman:
    13) Tanggal Lahir:
    Terima kasih

    ReplyDelete
  47. Halo, nama saya Yusi Retnowati dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak kreditor pinjaman palsu di internet, tapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah scammed oleh 8 kreditur pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang karena berhutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang mengenalkan saya pada pemberi pinjaman pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Karen Mark Financial Loan Company yang mendapat pinjaman saya sebesar 500 juta rupiah Indonesia (lima ratus juta rupiah di Indonesia) Kurang Dari 24 jam Tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut saat memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa ada penundaan atau kekecewaan, jadi saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik tersebut sehingga orang dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Karen Mark

    Saya ingin Anda mempercayai Ibu Karen Mark dengan sepenuh hati karena dia sangat membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi perusahaan melalui email: (karenmarkfinancialloancompany@gmail.com)
    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya, jika Anda merasa sulit mengajukan pinjaman dari perusahaan. (Yusiretnowati010@gmail.com). Tuhan tolong dan hati-hati

    ReplyDelete
  48. Halo,
    Nama saya Marcia Retnawati dari kota Batan Miroto Semarang di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, sehingga banyak kreditur pinjaman di sini adalah scammers dan mereka hanya di sini untuk menipu Anda dari Uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar 100 juta dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 6 juta tanpa mengambil pinjaman, mereka berkali-kali meminta bayaran, saya membayar hampir 6 juta uang jadi saya tidak mendapat pinjaman,

    Tuhan jadilah kemuliaan, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja mengajukan pinjaman, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia mengenalkan saya kepada Ibu Alicia Radu, dan saya mengajukan 500 juta, saya pikir itu adalah sebuah lelucon dan Sebuah penipuan, tapi saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena saya selamat dari kemiskinan.

    Jadi saya saran semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk dihubungi
    Ibu Alicia Radu, via email: aliciaradu260@gmail.com

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: Marciaretnawati450@gmail.com

    Sekali lagi terimakasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    ReplyDelete
  49. Assalamu'alaikumwr wb, saya ingin merekomendasikan islam yang murni pinjaman organisasi saya menemukan online untuk semua saudara-saudara muslim yang sedang mencari pinjaman cepat untuk dengan cepat untuk memecahkan masalah yang mendesak. Saya mendapat pinjaman dari mereka bulan yang lalu. Saya tahu bahwa ada banyak penipu online. Tapi saya diarahkan kepada mereka oleh kakak saya yang juga mendapat pinjaman dari mereka. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan bahwa mereka benar-benar asli. Jadi saya mengajukan pinjaman tanpa jaminan agunan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum-hukum Islam dan peraturan. Tidak ada biaya tersembunyi. Anda harus bisa memberikan jaminan kepada mereka bahwa anda akan membayar kembali pinjaman. Itu semua yang mereka butuhkan dari Anda. Saya ingin menyarankan semua muslim sejati untuk menghubungi mereka. email mereka di (islamiccreditunion@gmail.com)

    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  50. Assalamu'alaikum wr wb,

    Sebagai periode Ramadhan hampir berakhir, saya ingin merekomendasikan sebuah organisasi pinjaman islam saya menemukan online untuk semua saudara-saudara muslim dan saudari yang sedang mencari pinjaman cepat untuk cepat menyelesaikan masalah yang mendesak. Saya mendapat pinjaman dari 800 juta untuk memperluas pabrik pengolahan makanan dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya merekomendasikan mereka karena ada begitu banyak palsu pinjaman perusahaan online. Saya diarahkan kepada mereka oleh kakak saya yang juga mendapat pinjaman dari mereka. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan bahwa mereka benar-benar asli. Mereka tidak seperti kebanyakan western pinjaman perusahaan palsu. Jadi saya mengajukan pinjaman tanpa jaminan agunan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum Islam dan peraturan yang berlaku. Tidak ada jaminan yang dibutuhkan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka pinjaman proses cepat dan sederhana. Tapi Anda harus bisa meyakinkan mereka bahwa anda akan membayar kembali pinjaman. Saya ingin menyarankan semua muslim sejati untuk menghubungi mereka (islamicloanempowerment@gmail.com)

    Wassalamu alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  51. JAMINAN TRUST LOAN
    Saya Nyonya Maria Pedro, Apakah Anda memerlukan pinjaman segera untuk melunasi hutang Anda atau Anda memerlukan pinjaman untuk memperbaiki bisnis Anda? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek atau keperluan lainnya? Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Cari tidak lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu! Kami memberikan pinjaman kepada perusahaan, entitas swasta dan individu dengan tingkat bunga rendah dan terjangkau sebesar 2% untuk jangka waktu 1-20 tahun dan masa tenggang enam bulan sebelum dimulainya cicilan bulanan. Anda bisa menghubungi kami via e-mail via: c
    APLIKASI DATA

    1) Nama:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Jenis Kelamin:
    5) Status perkawinan:
    6) Pekerjaan:
    7) Nomor Telepon:
    8) posisi di tempat kerja:
    9) penghasilan bulanan:
    10) Jumlah pinjaman:
    11) durasi pinjaman:
    12) Tujuan pinjaman:
    13) Tanggal Lahir:
    Terima kasih

    ReplyDelete
  52. Anda benar Herman. Ada kebenaran dalam komentar Anda. Saya juga telah menerima pinjaman dari organisasi ini bernama organisasi islam internasional pinjaman. Saya dihubungi (islamicloanempowerment@gmail.com) pinjaman mereka menurut hukum Islam. Mereka sangat tulus. Terima kasih untuk berbagi informasi ini.

    ReplyDelete
  53. Nama saya Mia Fitriani adalah warga negara Indonesia. Saya telah scammed oleh 4 kreditur internasional yang berbeda di internet, semua berjanji untuk memberi saya pinjaman dan semua gagal, saya kehilangan uang hasil jerih payah saya. Suatu hari, saat browsing melalui internet tidak berdaya, saya menemukan kesaksian seorang wanita bernama INDRIATY MANIRJO, yang juga dibodohi oleh kreditur pinjaman palsu, namun akhirnya dikaitkan dengan perusahaan pinjaman legit bernama MAGRET SPENCER LOAN COMPANY dimana dia akhirnya mendapatkan pinjamannya. , Jadi saya memutuskan untuk menghubungi perusahaan pinjaman yang sama dan kemudian menceritakan kisah saya tentang bagaimana saya telah dibodohi oleh 4 kreditur yang berbeda.

    Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui email dan mereka meyakinkan saya untuk memberi saya pinjaman kepada perusahaan tersebut dan juga mengatakan kepada saya bahwa telah membuat keputusan yang tepat untuk menghubungi mereka. Saya mengisi formulir permohonan pinjaman dan melanjutkan semua permintaan dari saya dan kepada Tuhan menjadi kemuliaan saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp50.000.000 dari perusahaan besar ini (magretspencerloancompany@gmail.com),

    Dikelola oleh Nyonya Magret Spencer, jadi saya sangat senang hari ini karena MAGRET SPENCER LOAN COMPANY telah mengubah hidup saya.

    Jadi saya berkata pada diri sendiri bahwa saya akan membagikan karya bagus dari Mrs. MAGRET SPENCER. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi perusahaan Email di atas dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dengan 24 jam dan ini adalah Email saya {miafitriani133@gmail.com}.

    ReplyDelete
  54. BERITA BAIK, BERITA BAIK
    Ini untuk mewartakan kepada orang-orang asia bahwa AASIMAHA ADILA, adalah perusahaan pinjaman muslim terbaik yang pernah saya datangi sepanjang hidup saya membantu saya dan keluarga saya dengan pinjaman untuk membayar hutang dan memulai usaha lagi mereka telah membuka kesempatan finansial untuk semua Mereka yang membutuhkan bantuan keuangan dari pinjaman besar.AASIMAHA ADILA lende dengan tingkat 1% dan mereka memberikan pinjaman kepada janda dan duda, jika Anda memerlukan pinjaman jangka panjang dan besar untuk modal investasi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
    Akan menarik untuk mengetahui bahwa banyak pemberi pinjaman di sini adalah palsu saya dan almarhum suami saya sering ditipu oleh pemberi pinjaman pinjaman palsu dimana kita menipu sekitar Rp127 juta pada bulan maret, namun, ibu saudi muslim meminjam uang dalam jumlah besar Rp850 Jt dengan penundaan dan tidak meminta Kami membayar biaya pendaftaran atau pajak dan biaya transfer, semoga semuanya memberkati ibu perusahaan.

    Tolong, saya juga menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa pemberi pinjaman berikut palsu, jangan hubungi mereka.
    A) wilson_Gyna8.loankredit@gmail.com
    B) donalanny20. lenders@yahoo.id
    C) miminedi@.krediuniongmail.com
    D) adutyuyani.finance@gmail.com

    Terima kasih telah membaca ,
    Email saya adalah..muthiafadlika2020@gmail.com
    Email perusahaan AASIMHA ADILA LOAN FIRM adalah
    (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
    ,BBM PIN # (D8DA4EA9

    ReplyDelete
  55. Saya adalah Widya Okta dari SURABAYA, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete
  56. Nama saya Jurjani Budi dari Subang Jaya malaysia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada scamers dan curang di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial tegang dan putus asa ketika toko saya terbakar, saya pergi ke bank saya tidak memenuhi syarat untuk pinjaman saya scammed oleh beberapa kreditur dan serikat kredit online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal yang disebut pinjaman tanpa jaminan AASIMAHA Adila AHMED PINJAMAN FIRM sebesar Rm 850 juta dalam waktu kurang dari 4 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga hanya 1%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres dan belajar lession dari kesalahan mereka. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi {aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com} Anda dapat juga menghubungi saya di emai saya {jurjanibude0811@gmail.com} Tidak ada biaya yang diperlukan harapan saya dan sukacita dipulihkan
    e-mail: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
    BBM PIN # (D8DA4EA9)

    ReplyDelete
  57. CERITA SUKSESKU
    Halo teman dan keluarga saya, tolong saya ingin kalian semua berhati-hati di internet. Saya akan meminta saran agar Anda tidak mengajukan pinjaman di internet karena tidak semuanya nyata, ini adalah tipuan, mereka akan meminta Anda mengirimkan uang untuk pendaftaran, transfer, biaya asuransi dan tetap saja Anda tidak akan mendapatkan pinjaman Anda, mereka Semua pencuri Saya telah menjadi korban di 4 kreditur yang berbeda di sini dan saya mengirim pelukan uang karena saya sangat ingin mendapatkan pinjaman ini dan saya dipercaya sebagai pertama kalinya, namun saya tidak dapat memperoleh pinjaman darinya. Harap Anda harus sangat berhati-hati sehingga Anda tidak akan tertipu seperti saya, jika Anda benar-benar ingin mendaftar di internet, hanya ada satu kreditur kredit saya yang sangat percaya karena setelah saya mencoba beberapa tempat dan saya tertipu, saya adalah Begitu banyak rasa sakit karena saya memiliki banyak hutang untuk membayar, jadi teman saya di kantor membantu saya untuk menemukan pemberi pinjaman pinjaman yang nyata dan sah dan kami menemukan pemberi pinjaman baru AASIMAHA ADILA, dan kami menerapkannya di perusahaan, jadi saya Teman adalah salah satu dari Membantu saya untuk mengikuti semua peraturan dan peraturan dan agar Tuhan mendapat kemuliaan saya mendapat pinjaman dari perusahaan sekitar Rp 962 juta pada 1%. Jadi jika Anda memerlukan modal ventura atau pinjaman modal besar, Anda harus menghubungi AASIMAHA ADILA dan mengikuti peraturan dan peraturan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu kurang dari 3 jam, pengiriman uang sangat cepat dan cepat yang dapat Anda capai. Dia di emailnya di (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
    PIN BBM # (D8DA4EA9)
    .
    Anda masih bisa menghubungi saya di email saya di
    Hendidi01@gmail.com

    ReplyDelete


  58. Apakah Anda mencari pinjaman usaha? Pinjaman pribadi, pinjaman rumah, pinjaman mobil, pinjaman mahasiswa, pinjaman konsolidasi hutang, pinjaman tanpa jaminan, modal usaha, dll. Atau ditolak pinjaman dari bank atau lembaga keuangan dengan alasan apapun. Kami adalah pemberi pinjaman swasta, memberikan kredit kepada pelaku bisnis dan perorangan dengan suku bunga rendah dan suku bunga 2% yang rendah. Jika Anda tertarik dengan pinjaman? Hubungi kami hari ini di (josephinharroldloanservices@gmail.com) dan dapatkan pinjaman hari ini.
    Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak atau bantuan keuangan lainnya? Kita

    Menawarkan semua jenis pinjaman sampai dua persen (2%) bunga. Email kami sekarang via: josephinharroldloanservices@gmail.com dengan informasi berikut

    nama lengkap
    Lahir ::
    Negara:
    Pendudukan:
    Jumlah pinjaman:
    Durasi pinjaman:
    tujuan:
    pendapatan bulanan:

    Kirimkan kami sekarang melalui (josephinharroldloanservices@gmail.com)

    ReplyDelete
  59. CERITA SUKSESKU
    Halo teman dan keluarga saya, tolong saya ingin kalian semua berhati-hati di internet. Saya akan meminta saran agar Anda tidak mengajukan pinjaman di internet karena tidak semuanya nyata, ini adalah tipuan, mereka akan meminta Anda mengirimkan uang untuk pendaftaran, transfer, biaya asuransi dan tetap saja Anda tidak akan mendapatkan pinjaman Anda, mereka Semua pencuri Saya telah menjadi korban di 4 kreditur yang berbeda di sini dan saya mengirim pelukan uang karena saya sangat ingin mendapatkan pinjaman ini dan saya dipercaya sebagai pertama kalinya, namun saya tidak dapat memperoleh pinjaman darinya. Harap Anda harus sangat berhati-hati sehingga Anda tidak akan tertipu seperti saya, jika Anda benar-benar ingin mendaftar di internet, hanya ada satu kreditur kredit saya yang sangat percaya karena setelah saya mencoba beberapa tempat dan saya tertipu, saya adalah Begitu banyak rasa sakit karena saya memiliki banyak hutang untuk membayar, jadi teman saya di kantor membantu saya untuk menemukan pemberi pinjaman pinjaman yang nyata dan sah dan kami menemukan pemberi pinjaman baru AASIMAHA ADILA, dan kami menerapkannya di perusahaan, jadi saya Teman adalah salah satu dari Membantu saya untuk mengikuti semua peraturan dan peraturan dan agar Tuhan mendapat kemuliaan saya mendapat pinjaman dari perusahaan sekitar Rp 962 juta pada 1%. Jadi jika Anda memerlukan modal ventura atau pinjaman modal besar, Anda harus menghubungi AASIMAHA ADILA dan mengikuti peraturan dan peraturan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu kurang dari 3 jam, pengiriman uang sangat cepat dan cepat yang dapat Anda capai. Dia di emailnya di (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
    PIN BBM # (D8DA4EA9)
    .
    Anda masih bisa menghubungi saya di email saya di
    Hendidi01@gmail.com

    ReplyDelete
  60. Apakah Anda membutuhkan dana untuk pengeluaran barang modal seperti investasi pada bisnis yang baru dipahami atau Anda memerlukan dana untuk proyek yang sangat besar, Apakah Anda berhutang budi satu sama lain atau yang Anda butuhkan untuk pencarian terobosan keuangan lebih jauh seperti CABOT FINANCIAL SERVICES menawarkan semua jenis pinjaman yang mungkin bisa Anda pikirkan adalah pinjaman pribadi, pinjaman gaji, pinjaman konsolidasi hutang, pinjaman usaha, pinjaman mobil, kami juga dapat memberi pinjaman kepada Anda sangat besar sehingga Anda dapat proyek-proyek seperti konstruksi, Proyek surya bahkan usaha bisnis yang membutuhkan modal tambahan yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi kami di alamat di bawah ini {{Website: www.cabotfinancial.co.uk
    E-mail: cabotfinancialservice@gmail.com}}

    ReplyDelete
  61. Hiu pinjaman di INDONESIA adalah orang yang kejam dan jahat, mereka sama sekali tidak memiliki wajah manusiawi, mereka terlalu ketat, atau Anda ditolak oleh perusahaan pinjaman lain karena Anda tidak dapat memberikan semua kredit 5C Untuk memberi Anda kualifikasi untuk mendapatkan pinjaman atau Anda ditolak oleh Banks sebagai hasil dari sejarah kredit Anda yang buruk atau Anda bangkrut dan dari semua indikasi Anda memerlukan pinjaman untuk meningkatkan kehidupan finansial Anda. Di sini kita seperti kita menawarkan pinjaman dari semua Macam itu bayar hari, konsolidasi hutang, pinjaman pribadi dan banyak lagi silahkan hubungi kami hari ini melalui alamat kontak kami di bawah ini
    Website: https: //iskandarlestari.wordpress.com
    E-mail {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
    BBM INVITE: {D8980E0B}

    ReplyDelete
  62. Hiu pinjaman di INDONESIA adalah orang yang kejam dan jahat, mereka sama sekali tidak memiliki wajah manusiawi, mereka terlalu ketat, atau Anda ditolak oleh perusahaan pinjaman lain karena Anda tidak dapat memberikan semua kredit 5C Untuk memberi Anda kualifikasi untuk mendapatkan pinjaman atau Anda ditolak oleh Banks sebagai hasil dari sejarah kredit Anda yang buruk atau Anda bangkrut dan dari semua indikasi Anda memerlukan pinjaman untuk meningkatkan kehidupan finansial Anda. Di sini kita seperti kita menawarkan pinjaman dari semua Macam itu bayar hari, konsolidasi hutang, pinjaman pribadi dan banyak lagi silahkan hubungi kami hari ini melalui alamat kontak kami di bawah ini
    Website: https: //iskandarlestari.wordpress.com
    E-mail {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
    BBM INVITE: {D8980E0B}

    ReplyDelete
  63. Halo

    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda memerlukan dana untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan jumlah yang Anda butuhkan (Annisa Ahmad) ke sini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami menginvestasikan Di properti, proyek / bisnis dan juga menawarkan semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, untuk orang yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah anda ditolak oleh bank lain atau kreditor? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga terjangkau, kami juga membutuhkan layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui email di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor
    Email: annisaahmadlaoncompany@gmail.com

    ReplyDelete
  64. Halo

    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda memerlukan dana untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan jumlah yang Anda butuhkan (Annisa Ahmad) ke sini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami menginvestasikan Di properti, proyek / bisnis dan juga menawarkan semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, untuk orang yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah anda ditolak oleh bank lain atau kreditor? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga terjangkau, kami juga membutuhkan layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui email di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor
    Email: annisaahmadlaoncompany@gmail.com

    ReplyDelete
  65. Halo

    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda memerlukan dana untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan jumlah yang Anda butuhkan (Annisa Ahmad) ke sini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami menginvestasikan Di properti, proyek / bisnis dan juga menawarkan semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, untuk orang yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah anda ditolak oleh bank lain atau kreditor? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga terjangkau, kami juga membutuhkan layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui email di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor
    Email: annisaahmadlaoncompany@gmail.com

    ReplyDelete
  66. Assalamu'alaikum wr wb,

    Jika Bank anda mengatakan tidak untuk anda untuk pinjaman, di sana adalah tempat asli di mana anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin merekomendasikan sebuah organisasi pinjaman islam saya menemukan online untuk semua saudara-saudara muslim dan saudari yang sedang mencari pinjaman cepat untuk cepat menyelesaikan masalah yang mendesak. Saya mendapat pinjaman sebesar Rp800.000.000.00 aku digunakan untuk merenovasi sekolah saya dan yang lainnya onece aku digunakan untuk memperluas pabrik pengolahan makanan. Saya mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya merekomendasikan mereka karena ada begitu banyak palsu pinjaman perusahaan online. Saya diarahkan kepada mereka oleh kakak saya yang juga mendapat pinjaman dari mereka. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan bahwa mereka benar-benar asli. Mereka tidak seperti kebanyakan western pinjaman perusahaan itu adalah palsu. Jadi saya mengajukan pinjaman tanpa jaminan agunan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum Islam dan peraturan yang berlaku. Tidak ada jaminan yang dibutuhkan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka pinjaman proses cepat dan sederhana. Tapi Anda harus bisa meyakinkan mereka bahwa anda akan membayar kembali pinjaman. Saya ingin menyarankan semua muslim sejati ke kontak Email mereka: (islamicloanempowerment@gmail.com)

    Wassalamu alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  67. jangan mengajukan pinjaman adalah situs, saya bodoh oleh banyak pemberi pinjaman palsu di situs ini, nama saya Lisa Teddy, korban penipuan di tangan kreditur palsu saya telah kehilangan sekitar Rm 55,000.00 karena saya butuh modal besar Rm 970.000 untuk membayar utang saya dan memulai bisnis lagi. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi bisnis saya hancur, dan dalam proses saya kehilangan anak saya. Aku tidak tahan ini terjadi lagi pada bulan Juli 2016, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik, tegas Ny Aasimaha Adila Pinjaman dari kerajaan saudi, yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman pada perusahaan pada tingkat 1% a ibu yang baik saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan mungkin allah terus memberkati Anda. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak scammers luar sana, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, dan ingin mengamankan pinjaman cepat, cukup sign in dengan Mrs Aasimaha adila melalui email: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini: (teddyliza2020@gmail.com). jika Anda memiliki keraguan, silakan dia adalah satu-satunya yang handal dan terpercaya di asia, silakan Anda perlu tahu bahwa pemberi pinjaman palsu akan meminta Anda untuk membayar (biaya seperti pendaftaran, biaya pemindahan, biaya pajak, biaya asuransi dan administrasi biaya, mereka juga meminta ATM pin kartu silakan becareful.) yang saudi perusahaan ibu kerajaan tidak dikenakan biaya apapun, perusahaan muslim yang jujur ​​membantu orang di daerah saya sekarang adalah ((aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com))terima kasih untuk membaca dan good luck insya allah
    PIN BBM # (D8DA4EA9) Ikuti kami di instagram @
    Aasimahaadilaahmed.loanfirm
    Whatapp us @ +16315685535

    ReplyDelete
  68. We are Ireland based major/Direct providers of Fresh Cut BG, SBLC, POF, MTN, Bonds and CDs and this financial instruments are specifically for lease and sale.We are one of the leading Financial instrument providers with offices all over Europe.
    we always deliver on time and precision as Set forth in the agreement. You are at liberty to engage our leased facilities into trade programs, project financing, Credit line enhancement, Corporate Loans (Business Start-up Loans or Business Expansion Loans), Equipment Procurement Loans (Industrial Equipment, Air crafts, Ships, etc.) as well as other financial instruments issued from AAA Rated bank such as HSBC Bank Hong Kong, HSBC Bank London, Deutsche Bank AG Frankfurt, Barclays Bank , Standard Chartered Bank and others on lease at the lowest available rates depending on the face value of the instrument needed, Our Terms and Conditions are reasonable.
    DESCRIPTION OF INSTRUMENTS:
    1. Instrument: Bank Guarantee (BG)/SBLC (Appendix A)
    2. Total Face Value: 10M MIN to 50B MAX USD or Euro
    3. Issuing Bank: HSBC, Deutsche Bank Frankfurt, UBS or any Top 25 .
    4. Age: One Year, One Day
    5. Leasing Price: 4+ 1%
    6. Sale Price: 32+2%
    7. Delivery by SWIFT .
    8. Payment: MT103-23
    9. Hard Copy: Bonded Courier within 7 banking days.
    If you have need for Corporate loans, International project funding, etc. or if you have a client that requires funding for his project or business, We are also affiliated with lenders who specialize on funding against financial instruments, such as BG, SBLC, POF or MTN, we fund 100% of the face value of the financial instrument.
    Inquiries from agents/ brokers/ intermediaries are also welcomed; do get back to us if you are interested in any of our services and for quality service.
    Name : Abban Kangan
    E-mail : abbankangan@gmail.com
    Skype id :abbankangan@gmail.com

    ReplyDelete
  69. Halo, saya Ainah Ann, saat ini saya tinggal di indonesia. Saya hampir muak dengan kehidupan beberapa bulan yang lalu karena saya membutuhkan uang untuk membayar tagihan saya, dan karena situasi saya, saya sangat ingin mendapatkan pinjaman untuk membayar tagihan saya yang sudah dikeluarkan dan membiayai bisnis saya. Semua usaha saya untuk mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman swasta dan korporasi internet ini benar-benar sia-sia.
     
    Poin terakhir saya untuk mengatakan selamat tinggal pada pencarian pinjaman adalah ketika Tuhan menyerahkan kepada saya sarana rezeki saya untuk bisnis dan mata pencaharian saya sampai saat ini, yang memberi saya pinjaman sebesar 750 juta Rupee Indonesia. Saya hanya harus bersaksi secara online ini karena saya tahu ada banyak orang di luar sana yang mencari jenis perbuatan baik ini, dan pada saat yang sama saya harus menceritakan dunia tentang kesempatan besar yang menanti mereka.
     
    Mengamankan pinjaman tanpa jaminan, Tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada penandatanganan, dan, hanya dengan tingkat bunga 2% saja dan rencana pembayaran dan jadwal yang lebih baik. Jangan buang waktu lagi, dan bayar tagihan Anda dengan bantuan Maureen Kurt Financial Service. Anda dapat menghubungi dia melalui (maureenkurtfinancialservice@gmail.com). Dia adalah wanita yang baik hati dan kebajikan, jadi jangan takut untuk bertemu dengannya untuk meminta bantuan. Jika ada keraguan atau ketakutan, Anda selalu bisa menghubungi saya melalui ainahann10@gmail.com

    ReplyDelete
  70. Mencari pinjaman usaha, pinjaman pribadi, perumahan, pinjaman mahasiswa pinjaman mobil, pinjaman konsolidasi, modal ventura pinjaman tanpa jaminan; Dll. Atau menolak pinjaman dari bank atau kesepakatan satu atau lebih alasan keuangan. Hal ini lebih mungkin bahwa kepercayaan Anda Solusi ini! Dan pemberi pinjaman swasta gembala meminjamkan perusahaan dan individu dalam tingkat rendah dan terjangkau sebesar 2%. Apakah kamu tertarik? Kontak setelah mengonversi pinjaman dalam waktu 48 jam. HUBUNGI KAMI garciajsacramento@gmail.com

    ReplyDelete
  71. Selamat hari semua orang,

    Ini untuk memberi tahu masyarakat umum bahwa ONE BILLION RISING FUND saat ini menawarkan Pinjaman jangka panjang dan jangka pendek kepada badan-badan perusahaan dan koperasi yang secara serius memerlukan dukungan finansial untuk meningkatkan bisnis atau kebutuhan keuangan lainnya dengan tingkat suku bunga rendah. untuk segala bentuk pinjaman keuangan, di bagian manapun di dunia Ini terjangkau, dengan suku bunga rendah, fasilitas dijamin, Mari kita memiliki aplikasi Anda sekarang dengan rincian Anda untuk diproses lebih lanjut hubungi kami dengan informasi berikut di bawah ini.
    via email: onebillionrisingfund@gmail.com
    BBM: D8E814FC
    kami menawarkan pinjaman dalam berbagai mata uang

    DOLLAR
    POUND
    EURO
    NAIRA
    IDR

    Tarima Kasih

    ReplyDelete
  72. PINJAMAN PELUANG:

    Apakah kamu butuh pinjaman? Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan jenis pinjaman? Atau apakah Anda khawatir secara finansial ?. Apakah Anda memiliki hutang untuk melunasi? Kami memberikan pinjaman ke bagian manapun di dunia, Suku Bunga Pinjaman kami adalah 3% per tahun dengan durasi yang dapat dinegosiasikan terlepas dari status Lokasi atau status kredit. Untuk mendapatkan pinjaman hari ini Hubungi kami melalui email Perusahaan Alamat di: clarabannyloaninvestmentplc@gmail.com: http://clarabannyloaninve.wix.com/clarabannyinvestment

    CATATAN: Kami memberikan minimal (5.000 $ / €) sampai maksimum (500,000.000 $ / €) E.T.C. Permintaan pinjaman harus dinyatakan dalam DOLLAR AS ATAU EURO, dan MURRENCY yang digunakan lainnya.

    Pencari pinjaman yang berminat adalah mengisi formulir Permohonan Pinjaman di bawah untuk Persetujuan .

    (BORROWERS INFORMASI)

    Nama lengkap:......................
    USIA.............................
    STATUS PERNIKAHAN..................
    Kontak Alamat:...........................
    Negara....................................
    Negara...................................
    Telepon:.....................................
    E-mail:.....................................
    Pendudukan:................................
    Pendapatan bulanan:............................
    Agama:..................................
    Keluarga terdekat:...............................

    (PINJAMAN INFORMASI)


    Jumlah yang Dibutuhkan sebagai Pinjaman: .....................
    Durasi Pinjaman: .............................
    Tujuan Pinjaman: ................................
    Jaminan:................................
    Sudahkah anda mengajukan pinjaman? .......................
    Cara pembayaran: bulanan atau tahunan? ....................
    Apakah Anda berbicara atau mendengar bahasa Inggris? .............................

    Terima kasih karena kami menunggu tanggapan cepat Anda, kami siap melayani Anda.

    Salam Hormat,
    Clara Banny Pinjaman Perusahaan.

    ReplyDelete


  73. Hati-hati disini Tidak ada yang bisa membantu Anda di sini atau bahkan menyarankan bagaimana Anda bisa mendapatkan bantuan finansial. sebagian besar jawaban dari pemberi pinjaman pinjaman di sini, Anda HARUS mengabaikannya, karena mereka adalah SCAMS ... SCAM yang sebenarnya ... saya adalah korban yang saya robek ribuan dolar ... terima kasih Tuhan atas saudara Kristen yang merujuk saya ke sebuah organisasi pinjaman yang dibentuk oleh beberapa Christian Women Trust Fund. Ini disebut wanita Kristen Trust-funds Cooperative Organization (C.W.T.C.O) Mereka menjadikan hidup saya berharga dan memberinya arti. Ketika saudara perempuan itu memberi saya kontak mereka, saya menghubungi mereka. Kemudian saya meminta pinjaman dengan semua bukti yang diperlukan untuk membuktikan bahwa saya benar-benar membutuhkan pinjaman, mereka menyetujui pinjaman sebesar $ 250.000,00 dalam 48 jam setelah memenuhi persyaratan yang diperlukan, pinjaman saya disimpan di rekening bank saya tanpa agunan. Meskipun saya sangat gugup dengan organisasi pinjaman pada awalnya karena pengalaman buruk saya sebelumnya, terutama ketika masalah saya menyelesaikan tuntutan pendaftaran diajukan, saya berpegang pada keyakinan saya karena kerabat saya merujuk saya, mendapatkannya dibersihkan , dan sebagaimana Tuhan seharusnya memilikinya, sedikit yang saya tahu bahwa kekurangan finansial saya sampai pada akhir. Jika bukan karena rujukan cepat dari seorang saudari kristen ke sumber asli ini, saya akan menyesali kehidupan total saya, karena pada saat itu saya hanya menceraikan ayah anak saya, dan anak saya (Kennett) dihadapkan pada kehidupan dan situasi kematian Saya dihadapkan dengan tagihan rumah sakit dan saya juga dihadapkan pada penyitaan di apartemen saya. Rincian organisasi GOD-SENT ini tidak akan diungkapkan untuk saat ini karena takut peniruan identitas (karena telah diketahui bahwa beberapa orang tidak benar-benar membutuhkan bantuan keuangan, namun mereka hanya ingin mengumpulkan uang dari organisasi pinjaman asli ini) . Dan karena alasan inilah mereka tidak memberikan pinjaman apapun. Anda harus bisa meyakinkan mereka dengan baik, dan memberikan bukti yang bagus untuk menunjukkan bahwa Anda benar-benar membutuhkan pinjaman sebelum mereka dapat menyetujuinya untuk Anda. Tuduhan mereka sangat terjangkau dan dapat diandalkan dibandingkan dengan banyak orang di luar sana, tingkat suku bunga mereka hanya 4%, dari sedikit pengembalian dana perbaikan 1-10 tahun, dan sedikit pemeriksaan kredit. Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, untuk alasan keamanan saya hanya bisa memberikan alamat email mereka. Rangkullah inisiatif baru ini. Jangan ragu untuk menghubungi mereka melalui Email karena petugas pinjaman mereka / petugas keliling Perry Smith akan hadir untuk Anda dan Anda akan bebas dari penipuan dan beban keuangan.
    Hubungi Email ... christainwomen.trustloanfirm@gmail.com or christianwomen.loanfirm2016@financier.com

    ReplyDelete
  74. Selamat siang semua orang saya Zalina Dianto Kota Malaka malaysia saya akan senang untuk berbagi kisah sukses besar yang terjadi dalam hidup saya untuk semua orang tahu bahwa dalam kehidupan Anda mungkin memiliki waktu yang buruk jangan khawatir waktu yang baik pasti akan datang hanya bersabar dan memiliki fokus mendapat bagian dari pengalaman hidup saya, saya ingin mengucapkan terima kasih (AASIMAHA Adila AHMED PINJAMAN FIRM) untuk kebaikan mereka, ketulusan, setia dan kejujuran pada hidup saya. Hanya beberapa bulan Kembali, saya mencari pinjaman dari Rm165,000.00 seperti saya kehabisan uang untuk bisnis saya dan saya tidak bisa membayar tagihan dan pekerja saya lagi. Saya scammed RM37,000 pengalihan palsu penipuan pinjaman ATM dan saya memutuskan untuk tidak mendapatkan terlibat dalam bisnis seperti lagi saya tidak pernah tahu bahwa sebuah perusahaan nyata seperti (AASIMAHA Adila AHMED PINJAMAN FIRM) masih ada di Asia sampai mantan tenante saya (Mr Budi Jurjani) yang bercerita tentang sebuah perusahaan mengakui pinjaman besar di Asia saya meminta nya untuk alamat dia mengatakan kepada saya mereka berada di Arab Saudi namun memiliki email (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) karena penampilan dan perbuatan saya dia meyakinkan saya bahwa jika saya menerapkan saya akan memberikan kredit untuk bisnis pada awalnya saya berdebat dengan dia saya meyakinkan ketika ia mengatakan kepada saya bahwa uang yang kita membayar utang dan memulai bisnisnya adalah dari ((AASIMAHA Adila AHMED pINJAMAN FIRM) yang merupakan perusahaan asli, meskipun saya tidak pernah percaya padanya, saya membuat sidang dan saya senang saya lakukan, saya diberi jumlah pinjaman dari Rm165,000.00, oleh perusahaan ini ((AASIMAHA Adila AHMED pINJAMAN FIRM) tidak ada biaya transfer atau pendaftaran Jika Anda membutuhkan asli, pinjaman legit atau bantuan keuangan dan Anda dapat diandalkan, terpercaya dan mampu membayar kembali pada saat jatuh tempo dana saya akan saran Anda untuk menghubungi :( aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) dan Anda bebas dari penipuan di internet. Semua berkat (AASIMAHA Adila AHMED PINJAMAN FIRM) untuk memulihkan kehidupan ke bisnis saya. Apakah Anda dari Asia dan di luar mencari pinjaman yang sangat Asli? kisah sukses memiliki perubahan dengan (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) ,,, email saya .. (zalinadiato@gmail.com

    ReplyDelete
  75. Kami adalah perusahaan kredit global yang menyadari tingkat keuangan dan kemiskinan di asia, eropa dan afrika, banyak keluarga di asia menganggur, tunawisma dan tidak memiliki makanan untuk dimakan sehingga kami bersedia membantu orang yang membutuhkan pinjaman finansial, pribadi pinjaman, modal ventura di ($, RM, IDR,Rp dll) meskipun, banyak orang di dunia telah dibodohi oleh pemberi pinjaman palsu dan menipu hal ini dengan tulus kami menjaminkan pinjaman sebesar 100% dengan tingkat bunga pinjaman sebesar 1.1% saja juga menawarkan kredit finansial untuk memulai bisnis dan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar tagihan, modal komersial yang bagus, untuk menunjukkan minat menghubungi kami hari ini melalui e-mail {kreditreserve.cashloan@gmail.com}
    Catatan: Kami juga membantu Anda mendapatkan pekerjaan di kantor kosong dengan gaji yang baik setiap bulan, baik yang terampil maupun yang tidak terampil, memiliki pekerjaan dengan gaji yang baik di manapun di dunia ini.
    tolong, perhatikan bahwa pinjaman minimumnya adalah Rp 50 jt jika anda berasal dari indonesia

    website .. http://www.gridw.pl/tematy/212-program-globe-w-polsce
    BBM; DE429AED
    alamat kantor perusahaan
    PricewaterhouseCoopers Pvt Ltd
    Prestige Palladium Bayan, lantai 8
    129-140, Jalan Greams
    Chennai, Tamil Nadu 600 006
    India

    ReplyDelete
  76. Alamat kantor perusahaan
    PricewaterhouseCoopers Pvt Ltd
    Prestige Palladium Bayan, lantai 8
    129-140, Jalan Greams
    Chennai, Tamil Nadu 600 006
    India.

    Penawaran pinjaman riil dan garansi 100% mengubah kehidupan finansial Anda

    Kami adalah perusahaan kredit global yang menyadari tingkat keuangan dan kemiskinan di asia, eropa dan afrika, banyak keluarga di asia menganggur, tunawisma dan tidak memiliki makanan untuk dimakan sehingga kami bersedia membantu orang yang membutuhkan pinjaman finansial, pribadi pinjaman, modal ventura di ($, RM, IDR dll,Rs) meskipun, banyak orang di dunia telah dibodohi oleh pemberi pinjaman palsu dan menipu hal ini dengan tulus kami menjaminkan pinjaman sebesar 100% dengan tingkat bunga pinjaman sebesar 1.1% saja juga menawarkan kredit finansial untuk memulai bisnis dan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar tagihan, modal komersial yang bagus, untuk menunjukkan minat menghubungi kami hari ini melalui e-mail {kreditreserve.cashloan@gmail.com}
    Catatan: kami juga membantu Anda mendapatkan pekerjaan di kantor kosong dengan gaji yang baik setiap bulan baik yang terampil dan tidak terampil membuat Anda memiliki pekerjaan dengan gaji yang baik di manapun di dunia ini.

    kamu tulus
    Petugas publik
    BBM; DE429AED

    ReplyDelete