Riawani Elyta: Perawatan Wajah untuk Kulit Lebih Sehat

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Tuesday, 22 March 2016

Perawatan Wajah untuk Kulit Lebih Sehat



Perawatan wajah untuk kulit lebih sehat itu sangat penting. Karena bisa menghasilkan muka yang bersih dan kinclong. Nggak heran, banyak jenis obat dan peralatan ditawarkan dengan janji akan hasil maksimal namun dengan cara instan. Biasanya, hanya beberapa waktu saja obat dari jenis ini mampu membuat wajah menjadi putih dan bersih. Ini dikarenakan bahan baku pembuatannya mengandung zat kimia seperti mercury. Dan kandungan cream oles yang dijual bebas di pasaran tersebut berbahaya karena belum terdaftar pada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), yaitu  Badan yang memiliki legalitas untuk menyatakan layak atau tidaknya makanan dan obat yang dijual di masyarakat. Tanpa adanya surat resmi dari BPOM, obat atau makanan belum teruji keamanannya.

Hal tersebut juga berlaku pada obat-obatan berupa cream untuk merawat wajah. Beberapa kasus menunjukkan betapa berbahayanya mercury yang terkandung pada sebagian besar cream wajah. Dalam 2 hari pemakaian, kulit muka akan langsung terlihat putih, namun lama-kelamaan semakin memerah seperti terbakar. Ditambah lagi deraan rasa panas saat berada di bawah sinar matahari langsung. Jika hal ini terjadi, segeralah hentikan pemakaian obat tersebut dan lakukan konsultasi ke dokter. Oh ya, satu hal lagi yang harus diperhatikan. Biasanya harga yang ditawarkan untuk obat berupa cream wajah ini harganya murah. Secara logika, tidak mungkin barang bagus harganya murah, bukan? 

Berbagai perawatan wajah ditawarkan oleh skin care ternama. Tempat seperti ini terbukti aman karena di bawah pengawasan dokter ahli kulit dan kecantikan. Namun harga yang ditawarkan untuk satu kali treatment biasanya lumayan mahal. Harga tergantung jenis perawatan apa yang akan dilakukan. Jika kulit wajah kita tergolong sensitif, maka perawatan yang diberikan juga lebih khusus dan membutuhkan budget lebih tinggi. Akan tetapi, demi menunjang kecantikan, mereka yang memiliki kelebihan dana, rela menghabiskan waktu untuk merawat kulit wajah agar semakin bersinar. Banyak varian yang ditawarkan kepada pelanggan, seperti treatment dengan laser, coklat bahkan emas. Untuk satu kali perawatan saja, ada yang budgetnya bisa mencapai harga satu unit sepeda motor!

Namun bagi kita yang memiliki budget pas-pasan, kita tetap bisa merawat kulit wajah agar tetap terlihat sehat dan segar, kok. Diantaranya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur. Perawatan dengan bahan alami ini tidak memiliki efek samping sama sekali. Contohnya dengan menggunakan beras. Di pagi hari saat kita akan memasak nasi, air cucian beras yang pertama kali bisa kita tampung. Biarkan selama 1 hari. Kemudian, endapan air beras tersebut bisa dioleskan pada wajah.

Cara lain adalah dengan menggunakan jeruk lemon. Perawatan wajah dengan jeruk lemon ini sangat mudah. Iris buah lemon, peras airnya untuk minuman, selanjutnya kulit bagian dalam yang masih terdapat sedikit bulir lemon bisa diusapkan pada seluruh wajah. Lakukan hal tersebut secara teratur setiap hari agar kulit wajah terlihat sehat dan berseri. Karena perawatan wajah untuk kulit lebih sehat itu sudah pasti sangat penting

5 comments:

  1. Tomat juga bisa dan sangat bagus Mba untuk kulit wajah :)

    ReplyDelete
  2. Kalo aku waktu masih abege, suka bikin masker dari bengkoang. Bikin adem kulit wajah, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. aha, iya, inget dulu pernah punya salon langganan, dia pake bahan tradisional, termasuk bengkoang, wortel, kalo dioles di wajah sejuuuk

      Delete
  3. Aku kadang suka coba pake susu mbak, sebelumnya susu ku taruh di kulkas dulu biar adem :)

    ReplyDelete