Riawani Elyta: Pengumuman Pemenang GA Jejak Kaki Misterius

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Sunday, 6 March 2016

Pengumuman Pemenang GA Jejak Kaki Misterius



Assalamualaikum wr.wb.
Sebelumnya - mewakili teman-teman kontributor antologi Jejak Kaki Misterius - saya ucapkan terima kasih atas partisipasi teman-teman semua dalam giveaway kami ini. Dan sebelum saya mengumumkan, saya ingin menyimpulkan dua hal dari jawaban para peserta :


Pertama, 3 (tiga) judul yang paling menarik perhatian dan bikin penasaran adalah Jejak Kaki Misterius, Pencuri Berlonceng dan Peta Ingatan Ule. Judul Jejak Kaki Misterius dianggap menarik karena ini yang menjadi judul pada cover. Jadi, sepertinya ada alasan tertentu kenapa judul ini yang terpilih untuk ditampilkan di cover  *penulisnya siapa ya, uhukk*.

Sedangkan untuk Pencuri Berlonceng dan Peta Ingatan Ule, kedua judul ini dianggap mampu memancing banyak pertanyaan, kenapa ya pencuri kok berlonceng? Harusnya kan pencuri diem-diem aja? Apa jangan-jangan pencurinya seekor kucing? Lalu, ingatan kok ada petanya? Apa ini semacam mind map, atau apa?

Kesimpulannya, judul ternyata punya potensi besar untuk membangkitkan rasa penasaran dan menarik perhatian pembaca, apalagi untuk fiksi bergenre misteri, judul punya porsi khusus untuk dipikirkan matang-matang agar kesan misteri langsung terasa begitu kita membaca judulnya.

Kedua, untuk ciri-ciri buku anak yang baik, rata-rata menjawab bahwa buku anak memerlukan ketiga unsur ini : performa, konten dan visual. Performa terkait dengan material buku, mengingat anak-anak, terutama usia balita suka lasak kalo baca buku dan belum bisa menjaga buku dengan baik, jadi sebaiknya materialnya (cover dan isi dalam) terbuat dari bahan yang tidak mudah rusak atau terlipat. Untuk konten, rata-rata menyebutkan bahwa konten buku anak yang baik, tidak cukup hanya sekadar menghibur, tetapi juga harus mampu memancing imajinasi, kreativitas dan yang terpenting adalah, mengandung pesan moral. Sementara untuk visual, disarankan agar buku anak memiliki ilustrasi yang menarik, bebas unsur pornografi dan SARA serta sesuai dengan usia mereka, karena anak-anak umumnya menyukai buku yang dilengkapi gambar menarik.

Nah, dalam menilai jawaban peserta, unsur yang dipertimbangkan kurang lebih sama. Performa  terkait dengan penampilan secara keseluruhan, seperti tulisan yang enak dibaca, keserasian tulisan dengan desain blog, EYD yang baik dan minim typo, dan sebagainya. Konten terkait dengan bobot tulisan, keunikan, dan kedalaman menggali tema. Sementara visual, meski porsi penilaiannya paling kecil, tetapi turut menjadi penentu di saat terdapat beberapa artikel dengan bobot performa dan konten yang  sama bagusnya.

Setelah membaca saksama jawaban-jawaban peserta, Bismillahirrahmanirrahim, inilah nama-nama 3 (tiga) pemenang GA Jejak Kaki Misterius berikut url link tulisannya, sebagai berikut :

Pemenang 1
Sayekti Ardiyani

Pemenang 2
Sri Darmawati

Pemenang 3
Oci YM

Selamat kami ucapkan buat para pemenang. Silakan kirim nama lengkap, alamat dan no. Hp melalui inbox facebook Riawani Elyta, atau DM twitter @RiawaniElyta, atau email riawanielyta@gmail.com dengan subjek Pemenang GA Jejak Kaki Misterius.

Buat yang belum menang, jangan kecewa ya, insya Allah di blog ini akan terus diadakan giveaway secara kontinyu. Jadi rajin-rajin aja pantengin akun sosmed saya dan blog ini ya.

Terima kasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan kepada sponsor Penerbit Indiva dan para kontributor antologi Jejak Kaki Misterius. Untuk pengiriman hadiah, akan langsung dikirim dari masing-masing sponsor kepada para pemenang.

Sampai jumpa di giveaway-giveaway mendatang :)


Salam,
Riawani Elyta & para kontributor antologi Jejak Kaki Misterius
 

9 comments:

  1. Alhamdulillah ... give away nya juga memberi hikmah tips menulis ya mbak.... 😊

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah ... give away nya juga memberi hikmah tips menulis ya mbak.... 😊

    ReplyDelete
  3. selmat ya utk para pemenang :)

    ReplyDelete
  4. alhamdulillah... terima kasih mbak Riawani....

    baru kali ini menang juara 1 lomba blog..... :)

    ReplyDelete
  5. Selamat kepada semua peserta dan panitianya :)

    telat banget saya ya gak tahu infonya jadi ga bisa ikutan GA-nya :)

    ReplyDelete