Riawani Elyta: ASUS Zenfone 2 550ML ; Kinerja Prosesor Hebat Harga Bersahabat

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Friday, 4 March 2016

ASUS Zenfone 2 550ML ; Kinerja Prosesor Hebat Harga Bersahabat

ASUS Zenfone 2 550ML


Aku melihat perempuan itu lagi. Seperti juga hari-hari yang kemarin. Ia tampak terburu-buru. Hanya sempat melempar senyum. Tidak ada sapa atau sekadar say hello. Seakan ketinggalan mengejar bis atau kereta akan membuat seluruh harinya kacau. Tetapi, bukan itu yang selalu membuatku mengernyit. Melainkan beban yang terpanggul dibahunya. Ransel cokelat yang tak pernah absen dari punggungnya itu tampak terlalu berat untuk tubuhnya yang mungil. Ransel berisi laptop dan segala perangkatnya. Seperti yang pernah dia katakan padaku saat pertama kali kami berjumpa. Pekerjaannya mengharuskannya membawa piranti itu setiap hari. Dan setiap hari pula, wajahnya selalu kulihat meringis. Seakan beban di bahunya itu sesungguhnya sudah berada di luar batas kekuatannya.

Aku juga kerap melihatnya berjalan cepat seraya menjepit ponsel pintarnya di telinga, seraya tangannya mencatat sesuatu di nota kecilnya. Sungguh, pemandangan yang kujumpai hampir setiap hari itu terkadang membuatku iba. Andai dia punya sedikit waktu luang, ingin sekali aku mengajaknya singgah, lalu bercerita tentang sesuatu yang dapat membantunya terlepas dari semua beban itu.  

Aku ingin bercerita tentang ASUS Zenfone 2 550 ML kepadanya, wanita beransel cokelat yang selalu terburu-buru itu. Aku tidak tahu apakah dia seorang yang tahu banyak tentang vendor. Sejauh ini, aku belum pernah melihat laptop yang ia pakai. Tetapi, barangkali saja ia termasuk diantara yang belum tahu, bahwa ASUS yang telah lebih dulu tersohor di jagat perangkat IT dengan produk notebook, PC, motherboard, dan sebagainya itu, saat ini juga turut meramaikan industri smartphone dengan seri andalannya : ASUS Zenfone.

Atau mungkin, wanita itu juga termasuk diantara yang belum tahu, bahwa eksistensi ASUS di industri smartphone bukan sekadar ‘bermain-main’ atau ikut meramaikan, tetapi seri tersebut pernah booming pada tahun 2014 berkat spesifikasinya yang mumpuni juga harga yang terjangkau dibandingkan kompetitor lain.

Tetapi, ada hal penting lain yang ingin kuceritakan padanya. Bahwa tahun lalu, ASUS telah kembali merilis produk terbarunya : ASUS Zenfone 2 ZE550ML. Smartphone terbaru dari ASUS yang hadir dengan mengusung 3 (tiga) keunggulan sekaligus : fitur yang menarik, kinerja yang optimal dan tentu saja, harga yang bersahabat dibandingkan produk kompetitor.  

Mungkin kau juga merasa penasaran ? Baiklah. Sambil menanti kesempatan yang tepat untukku menceritakan pada wanita beransel cokelat itu, sepertinya tak ada salahnya aku menceritakannya kepadamu. Siapa tahu saja, kau juga termasuk diantara orang-orang yang selalu menjalani hari-harimu dengan keterburu-buruan seperti wanita itu.

Aku akan memulainya dari kemasan. Bagiku, kemasan adalah ‘wajah’ awal yang mewakili performa sebuah produk. Untuk kemasan smartphone, setidaknya ada 3 syarat yang harus dipenuhi : kokoh,  menampilkan data lengkap sesuai isi didalamnya, dan juga ......menarik. 
 


Nah, kemasan ASUS Zenfone 2 ZE550ML ini, Alhamdulillah sudah memenuhi ketiga kriteria tersebut. Produk ini dikemas dalam boks berukuran 16 x 8,5 x 6cm berwarna merah dan putih sesuai warna smartphone yang ada di dalamnya. Di sisi kanan boks, kamu bisa melihat sejumlah fitur kunci yang menjadi highlight dari ZenFone 2 yaitu konektivitas data 4G, layar HD, Bluetooth 4.0 dan kamera. Untuk mengeluarkan unit ZenFone-nya, kamu tinggal menarik “laci” dari boks pembungkusnya.

Oh ya. Ada 3 distributor resmi ZenFone di Indonesia yaitu Erajaya Swasembada (TAM), Synnex Metrodata dan Datascrip. Jadi, jika kau merasa tertarik, jangan coba-coba beli ASUS Zenfone di luar 3 distributor itu ya, karena itu berarti ZenFone yang bersangkutan tidak resmi.

Selanjutnya, properti. Sini, mari kita intip isi boksnya. Produk ini dilengkapi dengan handheld ZenFone, kartu garansi, buku panduan, adapter, kabel USB dan lembar informasi cara melepas casing. Jadi buat kamu yang nggak terlalu familier dengan utak-atik ponsel, nggak perlu khawatir saat membeli produk ASUS Zenfone 2, karena panduannya udah lengkap tersedia.
gambar dari www.technoup.com

Kabelnya memiliki dua fungsi, yaitu sebagai kabel charger dan kabel data. Jadi selain buat charging, kabel ini juga bisa kamu gunakan sebagai alat transmisi data saat menghubungkan ZenFone 2 ke notebook atau PC. Dengan demikian, kamu bisa mentransfer foto atau dokumen lainnya dari dan ke ZenFone 2, menjalankan fitur PC Link, ataupun melakukan charging via port USB.

Inilah salah satu yang ingin kukatakan pada wanita beransel cokelat itu. Kupikir, sesekali dia harus meninggalkan ranselnya di rumah demi kesehatan bahu dan punggungnya. Cukuplah dia membawa ASUS Zenfone 2 yang sudah berisi data penting dari laptopnya yang sudah ia pindahkan dengan bantuan kabel data.

*Emangnya kuat tuh smartphone nampung data banyak-banyak?*

Ah, kau semakin penasaran nampaknya. Tenang, nanti akan kita bincangkan di bagian kinerjanya.

Now, it’s time to talk about.....design! Yess! Perbincangan yang pastinya ditunggu-tunggu olehmu yang mengutamakan performa dan desain sebuah gawai.
Pada ZenFone 2 ini, vendor ASUS semakin meningkatkan performa dan desainnya dengan Zen Spirit yang menggambarkan keseimbangan antara keindahan dan kekuatan.
 
gambar dari www.idtechnoasia.com

Loudspeaker utamanya ditempatkan di posisi belakang bawah smartphone. Kenapa di bawah? Karena dari hasil eksperimen, output suara dari loudspeaker tersebut mampu menghasilkan suara yang kencang namun tidak pecah meski pada volume tinggi.

Tombol power kini digeser ke posisi atas, di dekat speaker output. Di bagian atas ini juga tersedia port audio 3,5mm untuk earphone dan audio input untuk noise cancellation. Nah, fitur ini nih yang penting banget saat kamu menelpon di tengah kondisi sekitar yang bising.
Untuk tombol volume, kini posisinya dipindahkan ke belakang body smartphone yang  sekaligus berfungsi sebagai tombol shutter untuk mengambil foto selfie. Tujuannya untuk mempermudah pengoperasian smartphone dengan satu tangan. 
 
Ah. Aku jadi membayangkan wanita itu yang tengah mengepit ponselnya di telinga. Kupikir, dia tak perlu melakukannya lagi jika yang ada di genggamannya adalah ASUS Zenfone 2 550ML ini.  Karena ASUS ZenFone 2 juga dirancang ergonomis. Sisi belakangnya dibuat melengkung agar sesuai dengan kontur telapak tangan. Ketebalan 1,09cm di bagian tengah dan 0,39 cm di sisi-sisinya juga membuatnya terasa lebih nyaman digenggam.

gambar tombol shutter
Bentang layar sebesar 5,5 inci milik ZenFone 2 juga tak lantas membuat dimensi smartphone ini terlihat bongsor. Dengan merampingkan bezel, panjang yang 15,2cm dan lebar hanya 7,72cm membuat 72 persen dari luas penampang body merupakan bagian layar. Persentase ini lebih tinggi dibanding sejumlah smartphone premium besutan produsen lain.

LCD modul yang digunakan menawarkan tingkat kecerahan hingga 400nits. Tingkat kecerahan ini cukup tinggi sehingga kamu masih dapat melihat tampilan dengan jelas meski saat berada di luar ruangan. Lapisan Optical Clear Adhesive ditambahkan pada layar menawarkan kejelasan hingga 99%.

Lapisan berikutnya, yakni sensor, menawarkan response time yang sangat cepat, hanya 60 milidetik setelah mendapatkan sentuhan jari. Artinya, nyaris tidak ada jeda saat melakukan swipe, mengklik aplikasi atau saat bermain game. Di pasaran sendiri, rata-rata smartphone Android memiliki response time layar antara 80 sampai 100 milidetik.

Selain responsif, layar ASUS ZenFone 2 juga mendukung fitur Glove Mode. Jika diaktifkan, layar tersebut akan menjadi sensitif meski jarimu terbungkus sarung tangan. Di bagian atasnya, ASUS menghadirkan Corning Gorilla Glass 3 untuk meningkatkan daya tahan terhadap goresan ataupun benturan ringan. Terdapat juga lapisan anti-fingerprint setebal 20 nanometer menyelimuti cover glass. Ini memungkinkanmu untuk melakukan tap, slide ataupun swipe pada layar tanpa meninggalkan bekas sidik jari saat tanganmu dalam kondisi bersih.

Pada ASUS ZenFone 2, teknologi yang digunakan adalah Dual SIM Dual Active karena menggunakan dua buah transceiver, satu transceiver untuk masing-masing slot SIM.
Kelebihannya, kedua SIM card selalu dalam kondisi aktif. Artinya, saat kamu sedang melakukan panggilan telepon dengan lawan bicara, SIM card lain tetap dapat menerima SMS atau panggilan masuk. Kamu bisa pilih untuk hold pembicaraan dengan lawan bicara pertama untuk menerima panggilan dari SIM kedua, lalu melanjutkan kembali dengan lawan bicara pertama saat komunikasi pada SIM kedua sudah selesai.

Lalu, bagaimana pula dengan antarmuka? Lini produk ZenFone menggunakan antarmuka ZenUI yang dibuat lebih sederhana dan mudah digunakan. ZenUI memberi kebebasan untukmu mengkostumisasi antarmuka, mulai dari ikon, jenis huruf sampai wallpaper dan jenis tema yang beragam, sesuai selera dan kepribadian. Kamu tinggal menggantinya seperti apa yang kamu inginkan.

gambar dari www.asus.com
 
Salah satu fitur terbaru lainnya dari ZenFone 2 yang perlu kamu ketahui adalah ZenMotion. Di sini, kamu bisa melakukan gerakan tertentu untuk melakukan berbagai aktivitas. Cukup lakukan Tap Tap, atau Swipe untuk menyelesaikan beragam hal dengan mudah. Misalnya, kamu tinggal menulis huruf C di layar untuk menjalankan kamera, W untuk browser, S untuk aplikasi pesan, e untuk email, Z untuk ASUS Boost dan V untuk melakukan panggilan telepon.
 
Gestur Tap Tap untuk mode One Hand memungkinkanmu meletakkan seluruh bagian di layar ZenFone 2 dalam jangkauan satu tangan. Caranya : Tap ganda di tombol Home dan ini akan mengecilkan ZenUI untuk digunakan dengan satu tangan. Mau membuka, cukup mengetuk dua kali pada layar, mau mengunci, Tap Tap pada ruang kosong di home. Sangat mudah dan praktis, bukan?
gambar dari www.asus.com


Aku ingin sejenak mengalihkan topik pada wanita beransel cokelat. Melihat ritme kesibukannya, aku yakin dia memiliki banyak informasi penting yang terpaksa dia pending untuk dibaca. Padahal, di kemudian hari, boleh jadi kesibukan membuatnya lupa dari mengakses informasi itu kembali. Nah, aku perlu memberitahunya bahwa ASUS Zenfone 2 550ML akan sangat membantunya dalam hal ini. Karena ponsel pintar ini memiliki fitur Do It Later untuk menyimpan semua informasi penting itu. Dan saat kita sedang tidak sibuk, kita bisa melihat list Do It Later dan melanjutkan membaca halaman web yang sudah kita simpan. Termasuk artikel menarik dari media sosial, berita penting, email penting yang jika mengabaikannya bisa membawa konsekuensi buruk. Misalnya saja, email tentang deal kesepakatan bisnis dari kolega, atau draft naskah yang harus segera kau koreksi andai kau seorang editor freelance, dan sebagainya. Kamu tinggal menambahkannya ke Do It Later, maka semua tugas akan terdaftar dengan baik.

Kamu juga penasaran dengan sekuriti? Pada ZenFone 2, ASUS sudah menyediakan beberapa modus pengamanan. Mulai dari pengamanan standar, seperti instalasi dari Unknown sources (pemblokiran instalasi aplikasi tak resmi, merupakan fitur pengamanan standar dari Android OS), fitur Lock screen, Screen pinning, Kids Mode, sampai aplikasi pengamanan Dr. Safety dari TrendMicro.

Yang tak kalah menarik pada ZenFone 2 adalah Kids Mode. Buat kamu yang punya anak atau keponakan yang hobi mencoba-coba smartphone, maka kamu bisa mengunci aplikasinya sehingga tidak digunakan oleh anak. Kamu juga bisa memblokir agar smartphone tidak bisa menerima panggilan saat berada di Kids Mode, kecuali jika sang anak mengetahui PIN-nya.
Kids Mode, gambar dari www.asus.com
Untuk pengamanan data lebih lanjut, ASUS bekerjasama dengan Trend Micro menyediakan software Dr. Safety di ZenFone 2. Selain bisa melakukan scanning terhadap ancaman security ataupun privice, pengguna juga bisa mendapatkan proteksi saat ZenFone 2 miliknya hilang.

Jika diaktifkan, pengguna bisa mencari lokasi di mana ZenFone 2-nya berada memanfaatkan Google Maps. Dari jauh, pengguna juga bisa mengunci SIM card-nya agar tidak digunakan oleh orang yang tidak berhak. Bisa juga mengirimkan pesan dari jauh agar orang yang menemukan ZenFone 2 tersebut menghubungi sang pemilik lewat pesan yang bisa dibuat oleh pemilik. Opsi lain, ZenFone 2 yang hilang bisa dihapus secara parsial, misalnya kontak, informasi akun dan isi SD card, atau bahkan menghapus apapun yang ada di sana.

Terakhir, ada fitur SnapView. Nah, ini juga yang penting untuk diketahui wanita beransel cokelat itu. Aku yakin, seperti juga kamu dan milyaran orang di muka bumi, dia pasti memiliki kehidupan pribadi dan kehidupan pekerjaan. Maka dia dan kamu, bisa memanfaatkan SnapView di ASUS ZenFone, selayaknya kita memiliki 2 smartphone.

Di akun pertama kita bisa menyimpan aplikasi-aplikasi, file-file, foto, video pribadi, dan di login lain kita dapat menginstalasikan aplikasi pekerjaan, menyimpan email kantor, tugas-tugas dan lain-lain. Dengan demikian, kita bisa memisahkan antara kehidupan pribadi dan profesional meskipun hanya punya satu smartphone.
 
Nah, buat kamu-kamu yang hari ini isi smartphone-nya masih gado-gado, di situ ada foto keluarga, di situ juga ada dokumentasi rapat kantor yang penting, kusarankan, saatnya untuk beralih ke ASUS Zenfone 2 550ML deh, agar kehidupan pribadi dan pekerjaan kamu bisa ter-manage dengan baik.


fitur Snap View, gambar dari www.asus.com
Lalu, bagaimana pula dengan konektivitas? ASUS ZenFone 2 merupakan smartphone yang sudah mendukung konektivitas jaringan 4G LTE. Meski 4G LTE belum meluas, namun ASUS ZenFone 2 sudah kompatibel dengan jaringan operator GSM yang menggelar 4G LTE.

Sepertinya, kamu sudah tak sabar ingin tahu lebih banyak tentang kamera smartphone ini. Untuk kau ketahui, ASUS ZenFone 2 memiliki teknologi kamera yang lebih baru, yakni PixelMaster Camera 2.0. untuk menghasilkan foto berkualitas.

Untuk mendukung pengambilan foto, ASUS ZenFone 2 dilengkapi dual tone flash demi menghasilkan warna lebih alami pada gambar. Kamera depannya beresolusi 5 megapiksel dengan wide-angle Lens yang mencakup hingga 85 derajat untuk mengoptimalkan selfie. Kamera depan kini juga mendukung Low Light Mode dan Zero Shutter Lag.

Ada 4 modus baru dihadirkan, yakni Effect, Time Lapse, Super Resolution dan Manual. Modus Effect sebenarnya sudah ada di ZenFone awal yang bisa ditambahkan saat kamu memotret dengan modus Auto. Namun untuk memudahkan, kini modus tersebut berdiri sendiri.
 
Pada modus Time Lapse, kamu bisa memilih interval mulai dari 1 sampai 5 detik sebelum kamera memotret otomatis. Pada Super Resolution, ZenFone 2 memanfaatkan teknik pemrosesan gambar khusus yang mengombinasikan 4 foto 13MP untuk dijadikan sebuah gambar dengan kualitas tinggi. Hasilnya, bagaikan diambil dengan kamera 52MP!
 
gambar dari www.teknologi.metrotvnews.com
Yang paling menarik adalah fitur Manual Mode. Dengan fitur ini, pengguna ZenFone 2 akan merasa bagaikan memotret dengan kamera DSLR kelas atas.

Untuk kamera depan dengan resolusi 5MP dan mendukung PixelMaster 2.0, kini ada 9 modus yang bisa dipilih dari sebelumnya hanya ada 5 pilihan mode pemotretan. Yang baru adalah Effect, Selfie Panorama, Low Light, Time Lapse. Modus baru yang paling menarik adalah Selfie Panorama, di mana kamera akan mampu memotret hingga sudut pandang yang luas hingga 140 derajat menggunakan kamera depan.
 
hasil jepretan ASUS Zenfone 2, gambar dari www.technoup.com
Adapun untuk merekam video, kamera ASUS ZenFone 2 dapat merekam video berkualitas HD(1280 x 720p). Untuk menyempurnakan video, pengaturan White balance, Exposure value, dan Video stabilization disediakan. Video preference pun bisa dipilih. Apakah pengguna akan fokus pada performa video atau akan fokus pada kualitas (dengan frame-rate yang diturunkan).

Jika album foto tidak cukup, kamu juga dapat membuat film dari koleksi foto dengan aplikasi ZenUI MiniMovie, di mana pengguna bisa merakit slideshow foto yang menarik, lengkap dengan judul film serta background musik.

Sepertinya, inilah bagian terpenting yang perlu diketahui si wanita berambut cokelat. Bahwa ASUS ZenFone 2 versi ZE550ML dengan RAM 2GB, storage 16GB ini, diperkuat dengan prosesor quad core Intel 64-bit (Moorefield) Z3560 berkecepatan 1.8GHz. 

Prosesor yang digunakan ASUS Zenfone 2 ZE550ML ini merupakan varian terbaru, yaitu Intel Atom berarsitektur baru yang menawarkan performa lebih tinggi namun dengan konsumsi daya lebih efisien. Prosesor quad core Intel Atom Z3560 ini punya kecepatan hingga 1,8GHz sehingga menawarkan kinerja yang lebih hebat.
Wuihh. Ini memang smartphone yang paling pas buat kamu yang selalu aktif, produktif, dan dinamis.

Bagaimana pula dengan baterai? ASUS ZenFone 2 menggunakan baterai Lithium-Polymer non removable berkapasitas 3000mAh. Ia menawarkan energi yang cukup untuk memasok daya bagi aktivitas penggunanya, mulai dari terbit sampai terbenam matahari.

Tak hanya menawarkan kapasitas yang cukup besar untuk memasok daya bagi smartphone, ZenFone 2 juga dilengkapi fitur ASUS BoostMaster Technology, yang membuat kita bisa mengisi ulang baterai dari kondisi kosong sampai 60 persen hanya dalam 39 menit.
*Apaaa? Hanya 39 menit udah bisa ngecharge sampe 60 persen?*
Iya benar. Canggih bukan?

Kau mungkin masih bertanya apalagi keunggulan Prosesor Intel Z3560 sehingga aku merasa sangat perlu menceritakannya pada si wanita berambut cokelat? Sini kuberitahu. Prosesor ini memiliki performa hingga 3 kali lebih tinggi dibanding sebelumnya, dan kecepatan hingga 7 kali lebih pesat pada gaming. Jadi bermain game, menjelajah web, dan memutar video HD akan berjalan dengan lancar. Menjalankan beberapa aplikasi secara multitasking juga tidak masalah.

ASUS juga menyediakan fitur ASUS Support. Fitur ini dipersembahkan ASUS untuk melayani penggunanya jika ia mengalami masalah dengan ZenFone miliknya. Ada tiga menu yang bisa dipilih : Assistance, ZenUI Apps, dan News.

Pada Asistance, kamu bisa mencari bantuan untuk mengatasi masalah terhadap berbagai hal yang mungkin terjadi di ZenFone. Mulai dari Software, System, Battery dan lain-lain, tersedia solusinya di sini. Jika membutuhkan penjelasan lebih lanjut, bisa lewat Contact ASUS. Di sana, kamu bisa mencari tahu nomor yang bisa dihubungi di tiap negara, atau berinteraksi dengan tim ASUS dan sesama pengguna ZenFone lewat ZenTalk.
Kamu juga bisa langsung berinteraksi di User forum yang spesifik terkait masalah yang kamu hadapi, tanpa perlu membuka browser dan mencari-cari informasi di dunia maya, cukup dari menu ZenFone yang sudah terhubung ke Internet.

Apakah aku sudah memberitahumu kalau smartphone ini tersedia dengan harga yang sangat bersahabat? Untuk kamu ketahui, bahwa spesifikasi yang diusung ASUS Zenfone 2 ini sudah sangat layak untuk menyaingi smartphone dari berbagai merek terkemuka yang beredar saat ini. Prosesor Intel Atom Z3580 Quad-core 2.3GHz 64-bit plus dukungan RAM yang berkapasitas 4GB, tentu saja sudah lebih dari cukup untuk bersaing dengan perangkat lain di pasaran yang harganya bisa sangat ‘wah’. Namun untuk kau ketahui juga, ASUS membanderol perangkat ini dengan harga yang jauh di bawah perangkat kompetitor kelas atas. Ya. Dengan semua keunggulan yang dimiliki ASUS Zenfone 2 550ML, smartphone ini dibandrol dengan harga di kisaran 2 jutaan. Berapa persisnya? Sebaiknya kamu browsing aja deh ya, karena aku hanya seorang pengguna, bukan penjual.:D

Ah, tak terasa, aku sudah bercerita panjang lebar kepadamu. Tetapi, kepada si wanita beransel cokelat, sepertinya aku akan terlebih dulu memberinya beberapa clue singkat, karena dari gelagatnya, sepertinya dia adalah manusia yang selalu terjepit oleh kesibukan dan hanya punya sedikit waktu luang untuk mendengar.

Pertama, akan kukatakan padanya bahwa dia bisa bekerja dengan lebih efektif dan efisien menggunakan perangkat ASUS Zenfone 2 550ML yang memiliki prosesor hebat berkekuatan setara notebook. Penggunaan prosesor quad core Intel generasi Moorefield, RAM yang lega dan sistem operasi Android terkini akan memberinya pengalaman bertelekomunikasi yang lancar bak tengah melaju di jalan tol.

Fitur-fitur terbaru yang dihadirkan, membuat ASUS ZenFone 2 akan menjadi sahabat yang pas untuknya dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Baik aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan, aktivitas pribadi ataupun jika ingin sekadar menghilangkan penat dengan bermain game. Dengan mobilitasnya yang sangat tinggi, dia juga tidak perlu menenteng laptop kemanapun pergi, karena berbagai fungsi laptop sudah bisa disubstitusi oleh smartphone ASUS Zenfone 2 berkat kinerjanya yang optimal.

Jika dia tertarik, akan kulanjutkan dengan clue yang kedua, bahwa smartphone yang telah mengalami penyempurnaan ini jauh lebih baik dibandingkan generasi pertamanya dan sejauh ini, menjadi generasi terbaru ASUS yang sangat memuaskan dalam berbagai unsur, baik dari segi desain, fitur, performa dan juga koneksivitas.

Setelah itu, barulah aku memberinya clue yang ketiga, bahwa dengan prosesor berkekuatan setara notebook yang dimiliki ASUS Zenfone 2 550ML, smartphone ini tersedia dalam harga yang sangat terjangkau dibandingkan produk kompetitor. Harga yang membuatnya tak perlu khawatir untuk memenuhi seabreg kebutuhan penting lainnya sebagai manusia produktif masa kini.

Ah, sepertinya aku masih perlu mengatakan kepadanya, atau juga kepadamu, bahwa dengan bantuan ASUS Zenfone 2 550ML ini, aku cukup bekerja dari rumah dengan santai dan rileks tanpa harus memberati punggungku dengan laptop, dan aku juga masih bisa bermain game sementara saldoku terus bertambah setiap bulan.....
 
gambar dari www.pixabay.com
 



6 comments:

  1. Wah kereen. Apalagi buat sy yg sudah terbiasa nulis di hape :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yan kapasitas layarnya lumayan gede

      Delete
  2. ngemas tulisannya cakep bd sih mak, kece euy
    btw asus memang oke bgd dah ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak di rumah piranti IT saya rata2 ASUS

      Delete