Riawani Elyta: Martabak Tropica, Martabak Manis Paling Enak di Bandung, yummy :D

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Saturday, 27 February 2016

Martabak Tropica, Martabak Manis Paling Enak di Bandung, yummy :D

Martabak Tropica


Penggemar martabak manis ayo merapaat! Karena saya mau cerita tentang Martabak Tropica, Martabak Manis Paling Enak di Bandung. Meski usianya belum genap setahun, martabak manis yang satu ini nggak takut bersaing sama brand yang sudah lebih dulu eksis lho. Bahkan pak Bondan Winarno yang mengunjungi kedai ini pada 6 Januari lalu, nggak ragu menulis testimoni di linimasa twitternya kalo martabak manis Tropica ini memang hebring!


Terletak di samping In & Out Eatery persimpangan Jl. Wayang dan Jl. Burangrang, (sebelah Bank Mandiri), kedai martabak di Bandung ini relatif mudah ditemukan. Selain ditandai dengan plang nama yang cukup besar didepannya, juga terdapat running text box di sisi Jalan Burangrang.

Kita langsung aja deh ya, sebenarnya apa sih kelebihan martabak paling top di Bandung ini?
Saat bicara tentang kuliner, ada 4 (empat) faktor penting yang ngefek banget pada popularitas sebuah brand, yaitu Product, Process, Service and Price. Yuk, kita intip satu per satu, keunggulan apa aja yang dimiliki martabak Tropica dalam keempat faktor ini :

1. Product (produk).
Apa yang terbayang di benakmu saat seseorang bertanya tentang kualitas sebuah produk kuliner? Pasti deh nggak jauh-jauh dari ini : penampilan, aroma, dan tentu aja.....rasa. Nah, untuk urusan ini, martabak manis Tropica udah “megang” banget. Kalian lihat aja deh, slide gambar-gambar produknya berikut ini.  
(sumber gambar : IG.kedaimartabaktropica.bandung)




Kalo kamu nggak ngiler lihat gambar-gambar di atas, penyebabnya hanya ada dua : kamu sedang luar biasa kekenyangan sampe-sampe ditawarin minum aja udah geleng kepala, or kamu emang nggak doyan sama martabak manis. Kucing saya aja langsung melet-melet lidah lihat gambar-gambar ini :D *becanda, ding*

Untuk variasi rasa dan jenis, martabak manis Tropica ini juga juaranya deh dalam hal inovasi dan kreativitas. Berikut varian jenis martabak manis Tropica :

  • Martabak Original

Ini seperti martabak manis pada umumnya. Setelah dimasak, diisi topping lalu dilipet dua dan dipotong-potong. Toppingnya juga yang secara umum udah kita kenal, seperti keju, kacang, cokelat, pisang, atau padupadan keju-cokelat, cokelat-kacang, pisang-keju dan sebagainya sesuai permintaan pembeli.

  • Martabak Favorit
Yang ini baru modifikasinya. Ada isi black sweet keju, Oreo, Toblerone, Green Tea, Hersey, dan sebagainya. Dari nama-namanya aja udah kebayang ‘kaan betapa ‘kekinian’nya martabak yang satu ini?

  • Martabak Tipis Kering (tipker)

Buat kamu yang suka makan crepe, tekstur dan rasa adonan martabak tipker Tropika ini bakalan cocok buat kamu. Dengan kulit luar yang tipis dan crunchy serta diisi topping pilihan, ini bisa jadi alternatif cemilan yang enak dan ringan di perut, khususnya buat kamu yang baru aja habis menyantap makanan berat dan lagi kepingin nyari yang manis-manis.

  • Martabak Blacksweet
Yang ini warna kulit luarnya memang hitem manis, terbuat dari adonan charcoal atau arang bambu dan rasa kopi. Untuk toppingnya ada dua pilihan : keju dan kismis.

  • Martabak Duo

Nggak hanya nyanyi aja yang bisa duo, martabak juga bisa. Untuk martabak duo Tropika ini, kamu juga bisa pilih sendiri jenis adonannya. Mau kombinasi red velvet – green tea, original – blacksweet, keju – pandan, dan sebagainya, hayo aja.

  • Martabak Pizza

Varian yang satu ini cara penyajiannya mirip pizza. Jadi kulit martabaknya tetep dibiarkan terbuka lalu ditaburi macam-macam topping dengan pola segitiga seperti pizza slice. Jumlah toppingnya tersedia sesuai ukuran. Untuk ukuran large misalnya, toppingnya tersedia dalam 8 slices. Kalian juga bisa pilih sendiri jenis toppingnya sesuai selera.

  • Martabak 10 Rasa

Varian yang ini baru aja di-launching pada bulan Desember 2015. Tersedia dalam satu ukuran dan diatasnya ada 10 jenis topping yang bisa kalian pilih sendiri. Bisa dibayangin deh, kita bakal nemu sensasi yang memanjakan lidah banget, habis nyicip topping keju, lanjut cokelat, habis itu green tea, trus dipungkas ama topping kacang yang legit. Masih pingin lagi? Ayo lanjut dengan topping duren, dijamin nagih!

Keistimewaan varian ini, selain pada toppingnya yang ‘rame’ dan penampilannya yang bikin laperr, tekstur adonannya juga tebel, lembut dan berongga. Jadi dimakan tanpa topping juga udah enak.

  • Martabak Cakalang
Dari namanya, mungkin ada yang nanya, cakalang itu sejenis ikan ya?
Yup, benar sekali. Cakalang ini masih sepupuan sama ikan tuna dan tongkol. Dan khusus varian ini, resepnya langsung diberikan pak Bondan Winarno saat beliau mengunjungi kedai Martabak Tropika. Kamu boleh browsing deh, ini adalah varian martabak cakalang pertama di Indonesia! Istimewanya lagi, cakalang yang digunakan adalah cakalang fresh, didatangkan langsung dari Manado dan bukan cakalang dalam kemasan. Berpadu dengan adonan martabak yang lembut dan tebal, topping cakalang ini pas banget buat kalian yang menggemari rasa gurih dan eksotik.

Selain unggul dalam topping, martabak Tropika ini juga unggul dalam adonan kulit dan olesannya. Selain bertekstur tebal, lembut, padat dan berongga, olesan susu dan margarin-nya juga tidak berlebihan sehingga nggak bikin enek. Merk susu manis, margarin dan bahan-bahan lainnya juga dipilih dari brand yang berkualitas sehingga rasanya dijamin eksklusif dan aromanya wangi menggiurkan.

Buat kalian yang ingin membeli martabak Tropika untuk dibawa pulang atau dijadiin oleh-oleh, jangan khawatir, karena packagingnya menarik, terjamin dan kotak dusnya udah lolos standar food grade yang tahan panas.

2. Process (proses)
Dari produk, kita beralih ke proses. Kedai Martabak Tropika ini mengusung konsep open kitchen, atau dapur terbuka, sehingga pengunjung bisa melihat langsung proses pembuatannya. Kalian bisa lihat sendiri bagaimana pegawainya bekerja tanpa menyentuh langsung adonan karena tangan mereka dibungkus plastik. Selain itu, adonannya juga tidak diaduk secara manual atau menggunakan tangan, melainkan dengan mixer khusus. Ini membuat kadar higienitas pembuatan martabak manis Tropica sangat terjamin.  

suasana dapur yang bersih, gambar dari www.niaharyanto.com


3.  Service (pelayanan)
Apa harapan pelanggan saat mereka melangkahkan kaki untuk mencicipi produk kuliner selain urusan rasa? tentu saja pelayanan yang baik. Percaya deh, rasa yang istimewa bakal terkesan biasa-biasa saja jika tidak didukung oleh pelayanan yang baik. Untungnya, hal itu nggak kita temukan di Kedai Martabak Tropika. Para pelayannya ramah-ramah, dan mereka akan menjawab dengan senang hati jika kalian mau tanya-tanya tentang varian rasa yang cocok untuk dipadupadankan.

Nomor antrian di sini juga udah teregistrasi dengan sistem komputer sehingga waktu pengerjaan untuk pesanan berlangsung secara teratur. Jadi nggak ada tuh ceritanya yang datang duluan pesanannya malah telat dianter dibandingkan yang datang belakangan.

Meskipun martabak identik dengan makanan takeaway, di sini juga tersedia tempat untuk dine-in lho buat kamu yang pingin makan langsung di tempat. Area untuk makan ini juga sudah dilengkapi fasilitas wifi, sehingga kamu nggak bakal bete saat nunggu pesanan datang.
tempat untuk dine-in

4. Price (harga)
Ada rasa, ada harga. Setuju? Jadi, dengan semua keunggulan dan kelebihan yang dimiliki oleh Martabak manis Tropika, mulai dari pilihan bahan yang berkualitas, rasa dan tekstur yang – pinjem istilah Pak Bondan – maknyuss, serta pelayanan yang prima, harga yang dibandrol di kedai ini udah pas bangetlah. Kamu nggak bakal nyesel dengan uang yang kamu keluarkan karena ‘pengembaliannya’ adalah dalam ujud seporsi martabak manis yang sedep banget.

Martabak Tropika ini juga tersedia dalam 4 ukuran mulai dari tipis, medium, large dan special yang bisa kalian pilih sesuai ukuran kantong dan ukuran lambung.





Oh ya, untuk pembelian minimal Rp.50.000, kalian akan mendapat satu kupon yang tinggal kalian isi dengan identitas dan nantinya akan diundi. Hadiahnya juga keren lho, ada hadiah smartphone yang diundi setiap bulan dan pemenang grandprize akan mendapat 1 unit motor Honda Beat. Wuihh.

So, buat kalian yang berdomisili di Bandung, jangan sampe nggak mampir apalagi nggak tahu ya, kalo di kota kalian tercinta ada Kedai Martabak manis Tropika yang martabaknya paling lezat se-Bandung. Atau bisa jadi se-Indonesia Raya! Dan setelah mampir, jangan lupa dicicipin atau dibawa pulang, setelah itu kabarkan ke teman-teman yang lain pengalaman kalian menikmati Martabak Manis Tropika. Dengan begitu, kalian udah ikut berpartisipasi mempopulerkan destinasi kuliner di kota kalian. Siapa tahu aja, ke depan nanti Martabak Tropika bisa menjadi salah satu ikon kuliner kota Bandung. Jadi setiap kali ada turis atau pendatang yang mau nyari tempat kuliner yang asyik, martabak manis Tropika bisa kalian rekomendasikan dengan penuh kebanggaan.

Apalagi nih ya, pada tahun 2016 ini, Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) mulai diberlakukan. Itu artinya, kita harus siap tempur menghadapi persaingan dunia usaha tingkat Asean. Malu dong, kalo negara kita tercinta ini hanya sekadar jadi pasar penampung produk luar. Jadi, mari kita dukung produk lokal kita dengan mencintai produk lokal termasuk produk kulinernya serta mempopulerkannya kepada masyarakat.

Dan buat kalian yang punya rencana jalan-jalan ke Bandung, jangan lupa mampir dan nyicip Martabak Manis Tropika, martabak manis paling enak di Bandung ini ya. Bukan yang lain :D
                                                                                                                             



6 comments:

  1. Kapan ya martabak manis Tropica ada di Surabaya, mbak? Kepengen nyobain nih. Apalagi yang sepuluh rasa itu, duh bikin ngileerr :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa....itu enaknya pas lagi laper2 trus pesen yg 10 rasa 😀

      Delete
  2. Semoga buka cabang di Balikpapan :D

    ReplyDelete
  3. Nama cakalang kaya namanya ikan di desaku mbak.
    Eh pengen nyobain martabak tropica ini nih hhhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa ya rasa martabak isi ikan? Unik deh kayanya

      Delete