Riawani Elyta: Mari Ringankan Masalah Orang Lain bersama AtmaGo

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Friday, 26 February 2016

Mari Ringankan Masalah Orang Lain bersama AtmaGo

Ringankan masalah bersama AtmaGo
Banyak orang bilang, kalau sosial media dan komunikasi yang dilakukan di jaman ini “menjauhkan yang dekat, dan mendekatkan yang jauh”. Orang-orang asyik berkomunikasi dengan mereka yang terpisah jarak, namun kepada orang-orang terdekat, mereka justru mengalami lack of communication.

Tak heran, jika dalam perjalanannya, sosial media membawa dampak pada sifat individualisme dan apatis yang kian mengental. Orang-orang lebih peduli pada peristiwa di belahan dunia lain yang bisa mereka akses melalui sosial media ketimbang peristiwa yang terjadi di sekitar lingkungan mereka sendiri.


Untuk itulah, sebuah terobosan baru hadir melalui AtmaGo. Ini adalah aplikasi berbasis komunitas yang menawarkan layanan kepada masyarakat dalam bentuk saling berbagi informasi.  Aplikasi yang disokong oleh Atma Connect, sebuah organisasi nirlaba asal San Fransisco, Amerika Serikat ini, sejak diluncurkan pada Januari 2015, telah memiliki lebih dari 18.000 user, 100.000 page view, dan 5.000 posting dan balasan.

Di sini, para user bisa saling berbagi pengetahuan, solusi, memposting pertanyaan dan jawaban atau komentar. Para user juga bisa saling berbagi informasi tentang even penting, pendidikan hingga kesempatan karir.

Aplikasi yang mengusung motto “warga bantu warga” ini, bertujuan untuk menciptakan masyarakat mandiri yang dapat menyelesaikan masalah di lingkungan mereka sendiri dengan konsep gotong royong melalui internet. Sejauh ini, para user AtmaGo telah menerbitkan ribuan posting. Dan posting yang paling sering muncul, adalah berkisar seputar :

  • Saling tukar informasi tentang melindungi barang-barang dari banjir
  • Tips menghemat air
  • Kiat meningkatkan gizi dan kesehatan keluarga
  • Informasi tentang daerah rawan kejahatan dan rawan bencana
  • Berbagi informasi real time tentang harga makanan dan bahan bakar
  • Berbagi informasi tentang peluang usaha, bisnis kecil dan pendidikan
  
FAQ seputar AtmaGo

Bagaimana cara bergabung di AtmaGo?

Seperti juga sosial media lainnya, kita tinggal masuk ke lamannya di sini, klik Daftar >> isi form >> Sign Up.
tampilan di AtmaGo setelah saya mendaftar

Setelah mendaftar, apa yang bisa saya lakukan dan dapatkan dari situs ini?
Sesuai tujuannya, yaitu mewujudkan lingkungan yang lebih baik dengan saling  bantu, kita bisa saling berbagi informasi yang bermanfaat, mulai dari solusi atas beragam masalah, informasi tentang lowongan pekerjaan, beasiswa, jual beli barang, dan sebagainya.

Melalui situs ini, kita juga bisa bertanya tentang solusi atas masalah tertentu, yang nantinya akan dijawab oleh user lain.  Misalnya saja, kita membutuhkan jasa baby sitter terpercaya di daerah A, maka user lain yang tinggal di daerah tersebut dan memiliki informasinya, bisa memberitahukannya pada kita. Informasi tersebut akan dikirim AtmaGo ke email atau SMS kita. Situs ini juga dilengkapi dengan pencarian wilayah untuk mempermudah kita menemukan solusi atas masalah yang terjadi di daerah kita.

Kolom untuk memasukkan komentar dan pertanyaan
 
Kalau begitu, apa bedanya AtmaGo dengan sosial media yang lain? ‘kan saya juga bisa bertanya lewat facebook atau twitter?
Bedanya, AtmaGo adalah media yang fokus pada tujuan untuk saling bantu memecahkan persoalan. Jadi, jika kita butuh solusi atau informasi dalam waktu cepat, AtmaGo-lah tempatnya. Ini berbeda dengan sosial media lain yang kontennya sangat majemuk dan membutuhkan waktu ekstra untuk menemukan informasi  yang kalian butuhkan.

Jadi, kelebihan AtmaGo dibandingkan sosial media lain, apa dong? ‘kan nggak seru kalo nggak upload foto dan narsis-narsisan?

Nah, berikut ini kelebihan aplikasi AtmaGo dibandingkan sosial media lain :

  •   Simpel
Aplikasi ini dibuat ringan, ramah bandwith, dan memiliki tampilan sederhana sehingga bisa diakses dengan cepat dan mudah.

  • Informatif
Ada enam (6) kategori yang terdapat di AtmaGo, yaitu jual beli, berbagi solusi, lapor masalah, angkutan umum, rekomendasi dan karier. Kita bisa menemukan informasi atau melaporkan masalah sesuai kategori tersebut di situs ini.

  •  Bebas resiko baper
Tahu sendiri ‘kan, kalau di sosial media, pada umumnya orang lebih suka membagikan sesuatu yang berhubungan dengan diri sendiri dan kadang bisa memancing reaksi negatif user lain tanpa mereka menyadarinya. Nah, di situs ini, kita nggak bakal ketemu hal-hal yang  bikin baper, karena segala aktivitas di sini tujuannya memang murni untuk berbagi dan tentu saja minim narsis.

  • Memperoleh penghargaan
Yup. Meskipun usianya masih dini, AtmaGo telah membuktikan kerja kerasnya dengan menyabet penghargaan Global Amplify Urban Resilience Challenge 2016 yang digelar oleh IDEO.org. Ini adalah penghargaan berskala internasional untuk upaya memperkuat ketahanan warga dalam menghadapi berbagai tantangan. Dan dalam penghargaan ini, AtmaGo berhasil menyisihkan 350 nominator lainnya.


Apa rencana inovasi AtmaGo kedepan? 
Saat ini, situs ini masih dalam tahap pengembangan. Jadi, dalam hal cakupan wilayah, untuk sementara masih terbatas di Jabodetabek, Malang dan Lamongan. Ke depan, AtmaGo akan mengembangkan versi Androidnya dan memastikan Emergency Warning Systems (EWS) yang dimiliki pemerintah sampai kepada warga melalui AtmaGo sehingga informasi dapat tersebar secara luas. 

Nah, itulah sekilas info tentang AtmaGo. Bagi kalian yang ingin memanfaatkan sosial media secara efektif, menjalin silaturahmi secara online dan membantu meringankan masalah orang lain, situs AtmaGo adalah pilihan yang tepat.

2 comments:

  1. Baru tahu ada komunitas yang apik
    Semoga membernya bisa saling memberi manfaat
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete