Riawani Elyta: Bikin Brownies Kukus dengan biaya kurang dari Rp.20 ribu? Ini caranya

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Friday, 22 January 2016

Bikin Brownies Kukus dengan biaya kurang dari Rp.20 ribu? Ini caranya

Udah lama juga ya saya nggak post resep kue? Kali ini saya mau nge-post resep brownies, tetapi bahannya dicampur dengan kentang kukus. Jadi rasa dan aromanya juga unik dan berbeda dari brownies kukus biasa. Selain itu, brownies kentang kukus ini juga sangat ekonomis. Dengan biaya kurang dari Rp.20 ribu, kita udah bisa bikin brownies kukus yang enak dan lembut.
Resep dasar brownies ini saya peroleh dari cookpad, dan setelah saya modif sedikit, inilah komposisi bahan-bahan versi ekonomisnya :

3 butir kentang
4 butir telur
1 gelas belimbing gula pasir
1 sdt SP
40 gr susu kental manis
50 gr margarine dicairkan
150 gr terigu
1 sdm cokelat bubuk

Cara membuat :
1. Kukus kentang sampai lembut lalu haluskan


2. Kocok telur, gula dan SP sampai adonan kental.


3. Masukkan susu manis, margarine cair dan tepung terigu sambil diaduk pelan

4. Tambahkan kentang halus, aduk rata

5. Bagi dua adonan. Satu bagian dicampur dengan cokelat bubuk
6. Panaskan kukusan. Masukkan adonan cokelat ke dalam loyang 22 x 22 x 7 cm yang sudah dioles margarine dan dialas kertas roti. Kukus 10 menit
7. Tambahkan adonan putih. Kukus 40 menit sampai matang

8. Keluarkan adonan dari loyang, potong-potong dan sajikan.


Untuk kira-kira 25 potong.

Perkiraan biaya (sesuai harga yang berlaku di kota saya) :
Jumlah
satuan
Nama bahan
Harga (Rp)
3
butir
kentang
2.400
4
butir
telur
4.200
1
gelas
Gula pasir
1.500
1
sdt
SP
1.000
40
gr
Susu kental
1.700
50
gr
margarine
1.500
150
gr
terigu
1.200
1
sdm
Cokelat bubuk
1.000


BBM / gas
4.000
Total
18.500

Selamat mencoba :)

25 comments:

  1. Mau dong mbak mencicipi browniesnya.... #wajahmemelas #usapperut

    ReplyDelete
  2. Wow... Brownies kentang. Penasaran pengen nyoba... Tandain dulu ah. Makasih sharingnya mbak...

    ReplyDelete
  3. Wow... Brownies kentang. Penasaran pengen nyoba... Tandain dulu ah. Makasih sharingnya mbak...

    ReplyDelete
  4. OOh brownisnya pakai kentang juga ya, pasti jadinya empuk banget yaa. Kapan2 deh nyobain *ngelirik kumpulan resep yang teronggok begitu saja, di rak buku* >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Pake kentang jd lembut meski irit margarin n telur

      Delete
  5. ga nyangka kentang bs jd brownies, mungkin dia lelah jadi perkedel :D
    thx mba, kapan2 tak coba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya wik..sesekali dia juga ingin tampil manis hihihi

      Delete
  6. Replies
    1. Gak harus koq mbak. Pake manual jg bisa tp agak lama ngaduknya

      Delete
  7. dirimu jago banget mba Ria, buat kue beginian dilihatnya enak banget
    itu SP apaan ya?(Gaptek kue)
    terus kalau gad amixer bs ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. SP itu bahan pengembang kue mbak. Biasanya di toko2 jual bahan kue or swalayan ada mbak. Bisa koq mbak gak pake mixer. Tp lumayan pegel jg ngaduknya sampe kental. Dgn mixer sekitar 10mntan udh kental

      Delete
    2. barti kalau bahan pengembang, selain SP bisa ya. dulu aku pernah beli, lupa apa namanya buat pengembang donat itu, mba. iya ya bisa bayangin capeknya gak pakai mixer hihihi

      Delete
  8. wah mantap sekali sampai ada rincian biaya sekaligus. Nice

    ReplyDelete
  9. cobain ah entar sore makasih resepnya mbak ;)

    ReplyDelete
  10. Wah gampang ya tinggal mixernya sy blm ada :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduk manual bisa koq mbak tp agak lama emang

      Delete
  11. wuahhh murah banget kalo gini bisa jadi bisnis mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisaa...tp krn dikukus gak tahan lama mbak

      Delete
  12. Hmmm enak nih, Mbak Lyta ... TFS :)

    ReplyDelete