Riawani Elyta: #4TahunKEB : 4 Kesan Positif, 4 Level Perubahan, dan 4 Keberhasilan Besar

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Monday, 25 January 2016

#4TahunKEB : 4 Kesan Positif, 4 Level Perubahan, dan 4 Keberhasilan Besar

Wow......tak terasa, usia Kumpulan Emak Blogger (KEB) sudah 4 tahun ya. Kalau untuk manusia, usia 4 tahun ini berada pada fase keemasan (golden time). Masa ketika sel-sel otak mengalami perkembangan maksimal dengan dukungan stimulasi yang optimal.

Melihat kiprah KEB sejauh ini, nggak salah jika dikatakan, bahwa saat ini KEB juga tengah berada dalam masa keemasannya. Ini tidak hanya ditandai dengan jumlah anggota yang kian bertambah, aktivitas online dan offline yang terus meningkat, tetapi KEB juga telah berhasil mendorong para anggotanya menjadikan blog lebih dari sekadar sarana curhat, ekspresi diri dan belajar menulis, tetapi sekaligus menjadi sarana untuk menuju perubahan positif dalam kehidupan. KEB telah berhasil mendorong para anggotanya untuk saling berbagi inspirasi, motivasi dan informasi yang bermanfaat, sekaligus meraih penghasilan lewat blog.

Saat melihat ke belakang, sebenarnya saya udah bergabung dengan KEB lebih dari setahun. Tetapi, jujur saja, saya memang baru aktif mengikuti perkembangan dunia blogging dalam beberapa bulan terakhir. Dan ini semata-mata karena faktor prioritas. Di tahun-tahun sebelumnya, saya memang lebih fokus menulis buku. Rata-rata, tenggat waktu yang diberikan penerbit untuk menyelesaikan satu buku tidak lebih dari tiga bulan, bahkan ada yang hanya satu bulan. Begitu selesai satu buku, dateline penulisan buku berikutnya sudah menunggu. Jadi, dengan ritme sepadat itu, ditambah kesibukan domestik dan kantoran, otomatis, saya nggak punya banyak waktu untuk ngeblog.

Alhamdulillah, belakangan ini kesibukan menulis buku lumayan berkurang, jadinya saya punya lebih banyak waktu untuk mempelajari dunia blogging. Iya benar. Saya masih berada pada tahap belajar. Dan tentu saja, saat menyebut kata blogging, yang pertama muncul di benak saya adalah KEB. Selain karena KEB adalah komunitas blogger pertama yang saya ikuti, ada 4 (empat) kesan positif saya terhadap KEB, yaitu :

1.      KEB adalah komunitas dengan tingkat interaksi dan keaktifan yang luar biasa. Baik aktivitas online maupun offline. Untuk aktivitas online, setiap hari minimal ada 10 anggota yang membagikan tulisan terbaru dari blog masing-masing. Dan semakin hari, tulisan para anggota juga semakin baik. Terlihat nyata, bahwa masing-masing anggota terus berusaha meningkatkan kualitas konten blognya.

Apalagi, perkembangan teknologi informasi dan internet itu, kecepatannya nggak nanggung-nanggung. Kalau dulu, kita mungkin udah merasa puas melihat tulisan di blog yang hanya didukung gambar sekadarnya. Tetapi sekarang? Saat kita melakukan blogwalking, terutama ke blog yang keren-keren, kita nggak hanya akan menemukan tulisan yang berkualitas dan enak dibaca, tetapi juga dimanjakan dengan visual-visual pendukung seperti gambar-gambar menarik, infografis hingga video. Nah, diantara blog yang keren-keren itu, termasuklah blog milik para emak-emak KEB.

Dari sisi aktivitas offline-nya pula, KEB secara rutin menggelar pertemuan dan acara-acara yang bertujuan mempererat silaturahim juga menambah pengetahuan blogging para anggota. 
Acara Syukuran 4 tahun KEB

 2.      KEB adalah komunitas dengan latar belakang anggotanya yang sangat beragam. Mulai dari keberagaman a) profesi : ibu rumah tangga, pegawai, pekerja lepas, dan sebagainya. b) Status : ada yang sudah menikah, ada yang masih lajang. c) Domisili : Sebagian besar tinggal di Indonesia, beberapa anggota berdomisili di luar negeri, dan d) keahlian personal : ada yang jago memasak, bikin web-desain, berkebun, menjahit, dan sebagainya. Hebatnya, keberagaman itu justru menjadi potensi untuk saling berbagi dan menginspirasi, bukannya menjadi sumber polemik dan perpecahan.


3.      KEB selalu memotivasi para anggotanya untuk menjadi lebih baik. Setiap bulan, KEB memilih 1 (satu) orang blogger sebagai Blog of the Month. KEB juga mengadakan pemilihan Srikandi Blogger pada tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, para pengurus dan anggota juga rajin membagikan informasi tentang kompetisi-kompetisi blog dan menyemangati semua anggota untuk ikut serta. Ini merupakan booster untuk para anggota agar terus terpacu meningkatkan keaktifannya, kualitas tulisannya dan juga kualitas personalnya.
Logo Blog of the Month bulan Des 2015

 4.      KEB adalah grup dengan integrasi yang solid. Secara online, KEB tergolong aktif memanfaatkan berbagai platform sosial media seperti grup facebook, web komunitas, instagram dan juga twitter. Secara offline, seperti telah saya sebutkan di awal, KEB rutin mengadakan pertemuan dan acara untuk para anggota, baik yang digelar di ibukota maupun di daerah.
platform sosial media KEB
 
Arisan Ilmu di Makassar


Sesuai dengan tema ulang tahun KEB yang ke-4 : Berkarya untuk Perubahan dalam Perbedaan, saya menganalogikan KEB sebagai “lifestyle mobile-schooling”. Iya benar. KEB ibarat “sekolah” yang ilmu-ilmunya bisa diakses secara mobile dan ada beragam ilmu tentang kehidupan bisa kita dapatkan didalamnya. Dengan didukung keberagaman perbedaan para anggota, masing-masing saling berbagi dan menginspirasi sesuai potensi, pengetahuan dan passion masing-masing.

Cukup kita meluangkan waktu – katakanlah 1-2 jam sehari -  untuk blogwalking ke tulisan-tulisan terbaru para emak KEB, kita sudah bisa menambah wawasan dan pengetahuan dalam banyak hal. Pingin dapet ilmu merias wajah? Kiat-kiat optimasi blog? Panduan jalan-jalan irit? Tips mengatasi anak tantrum? Review buku atau film terbaru? Semuanya ada. Dan semuanya gratis. Hehehe.

Bayangkan. Jika semua ilmu dan informasi itu hanya bisa kita dapatkan di lembaga-lembaga pendidikan dan seminar-seminar (yang berbayar), berapa banyak waktu harus kita sediakan, dan berapa banyak pula biaya yang harus kita keluarkan?

Apalagi sekarang, rata-rata emak blogger menulis dengan gaya santai, komunikatif, dan apa yang ditulis, pada umumnya bersumber dari pengalaman sendiri. Kita pun merasa nyaman saat membacanya, nggak merasa digurui, tetapi seperti sedang mendengarkan sahabat kita sendiri tengah curhat dan berbagi.

Buat saya, perkembangan dan aktivitas KEB dengan segala perbedaan dan keberagamannya itu, punya kontribusi sangat besar dalam mendorong perubahan para anggotanya ke arah yang lebih positif. Saya menggolongkan perubahan-perubahan itu dalam 4 (empat) level, yaitu :

Level 1 : berani menulis, berekspresi dan berbagi
Banyak kaum wanita dengan segudang pengalaman dan pengetahuan, tetapi nggak punya keberanian untuk menulis. Khawatir kalau tulisannya nggak bagus, nggak ada yang mau baca, dan sebagainya. Nah, bersama KEB, semua anggota khususnya yang masih pemula, akan terdorong dan tersemangati untuk rajin menulis dan berbagi. Karena salah satu manfaat penting komunitas, adalah untuk meningkatkan motivasi kita dalam menekuni bidang yang disukai.

Level 2 : mendorong untuk meningkatkan kualitas tulisan dan blog
Semakin sering menulis, sudah pasti, kualitas tulisan juga akan semakin baik. Dan seperti yang sudah saya sebutkan di atas, selain mendorong para anggotanya untuk rajin menulis, emak-emak KEB juga rajin berbagi ilmu seputar dunia blogging, baik yang digelar lewat even offline maupun online.

Tahu sendiri ‘kan, ilmu-ilmu seputar dunia blogging itu sangat banyak dan cepat banget perkembangannya. Jadi, kalau kita memang pingin jadi blogger yang berkualitas, menguasai ilmu-ilmu blogging ini sangatlah dianjurkan.

Nah, berhubung saya termasuk blogger yang masih berada pada level 2 ini, saya sangat merasakan perubahan positif sejak rajin mengikuti aktivitas KEB, meskipun baru sebatas aktivitas online. Maklumlah, tinggal jauh  di pulau, membuat kesempatan untuk mengikuti aktivitas offline juga jadi terbatas.

Jujur aja, awal-awal ngeblog, saya orangnya gaptek kronis. Jangankan memahami tentang optimasi blog, SEO, traffic, page rank dan bla bla bla itu, dalam hal ilmu-ilmu dasar ngeblog seperti masalah template, tata letak, statistik dan sebagainya itupun, ilmu saya masih cetek banget.

Alhamdulillah, di bawah bimbingan emak-emak KEB yang keren-keren dan nggak pelit ilmu, pengetahuan saya tentang blogging perlahan-lahan mulai membaik. 

Founder dan Makmin KEB
 
Level 3 : menemukan niche dan kekuatan tulisan
Di saat awal-awal ngeblog, nggak semua blogger langsung menemukan kekuatan tulisannya. Juga nggak semua bisa langsung menetapkan niche dari blognya. Kira-kira, dia ingin dikenal sebagai blogger apa ya? Nah, dengan ngeblog bersama-sama di KEB, proses identifikasi tersebut akan berlangsung lebih cepat. Didukung ilmu-ilmu seputar blogging yang dibagikan di KEB dan aktivitas blogwalking, kita akan lebih cepat tahu jenis tulisan yang menarik banyak pengunjung, artikel yang  paling enjoy kita menulisnya, tulisan apa yang berpotensi jadi viral, dan sebagainya. Kita juga bisa mengenali tulisan-tulisan milik blogger lain yang menarik. Baik menarik dari segi konten maupun dari sisi visual pendukungnya.

Level 4 : meningkatkan kualitas hidup dan memperluas silaturahim
Adanya silaturahim online a.k.a blogwalking, juga silaturahim offline lewat pertemuan-pertemuan para anggota KEB, membuat silaturahim antar anggota juga menjadi kian luas dan erat. Selain itu, seperti sudah saya sebutkan sebelumnya, bahwa KEB itu ibarat lifestyle mobile-schooling. Dengan beragamnya latar belakang dan keahlian personal para anggota, membuat ilmu-ilmu yang dibagikan lewat blog juga sangat variatif. Insya Allah, kalau kita rajin melakukan blogwalking dan serius mengaplikasikan ilmu-ilmu yang bermanfaat tersebut dalam kehidupan sehari-hari, maka kualitas hidup kita juga akan meningkat. Misalnya saja, yang tadinya nggak punya ide untuk menambah penghasilan keluarga dari rumah, setelah rajin berkunjung ke blog yang fokus membahas tentang ini, jadi terinspirasi untuk memulai usaha rumahan.

Omong-omong tentang penghasilan, sudah bukan rahasia lagi, bahwa pada beberapa tahun terakhir, jumlah blogger yang berhasil memonetisasi blognya terus meningkat, termasuk di kalangan emak-emak KEB. Penghasilan melalui blog antara lain bisa diperoleh dari job review, program afiliasi, hadiah lomba dan juga google adsense. Dan buat saya, perubahan pada level keempat inilah, yang paling memotivasi para blogger untuk lebih serius ngeblog, hehehe. Siapa juga ya yang nggak bakal mupeng, jika blognya yang tadinya hanya sekadar menjadi sarana berlatih menulis, berbagi dan berekspresi, lalu meningkat menjadi sarana untuk meraih penghasilan.

Dan bersama KEB, perubahan positif pada level ini akan selalu didukung. Beragam ilmu seputar monetisasi blog, informasi terkait kerjasama review, lomba-lomba blog berhadiah, dan sebagainya, akan dengan mudah kita temukan di grup KEB sepanjang kitapun rajin mengikuti dan berinteraksi didalamnya.

Selain perubahan positif untuk para anggota, selama empat tahun berkarya, KEB juga terbukti punya andil untuk mendorong perubahan positif dalam skala yang lebih besar, yaitu :

1.      Mendorong peningkatan jumlah blogger
Wakil Presiden ASEAN Blogger Chapter Indonesia Amril Taufik Gobel mengatakan, jika pada 2008 tercatat hanya ada 500 ribu blogger aktif, maka per akhir 2011 melonjak menjadi 5 juta blogger atau bertambah sepuluh kali lipat. Dan jumlah itu terus mengalami peningkatan hingga hari ini.

Selain faktor kemudahan dalam aplikasi blog, akses internet yang lebih cepat dan murah, peluang untuk meraih penghasilan dari blog semakin terbuka, tak dipungkiri, faktor eksistensi komunitas seperti KEB turut berperan penting dalam mendorong peningkatan jumlah ini.

2.      Mengajak lebih banyak praktisi untuk berbagi lewat blog
Saat ini, KEB telah beranggotakan lebih dari dua ribu blogger perempuan dengan latar belakang, keahlian dan profesi yang sangat beragam. Dan KEB terbukti mampu menjadikan perbedaan ini sebagai kekuatan besar untuk saling menginspirasi dan berbagi. Bayangkan saja jika lebih banyak perempuan negeri ini saling berbagi ilmu pengetahuan dan keahlian  lewat tulisan, dan tulisan itu bisa diakses secara luas, maka sudah tentu, hal itu akan mempercepat proses transfer ilmu yang sangat variatif dan bermanfaat kepada lebih banyak orang.

3.       Meningkatkan budaya menulis
Eksistensi blog sebagai sarana menulis dan adanya komunitas yang aktif menggiatkan aktivitas menulis blog seperti KEB, memberi pengaruh cukup signifikan terhadap budaya menulis. Khususnya menulis online. Dan budaya menulis itu sendiri, adalah budaya intelektual yang dapat mendukung sebuah peradaban bangsa yang maju, kritis, dan berpikiran cerdas.

4.      Menguatkan eksistensi dan apresiasi terhadap profesi blogger
Dulu, fungsi blog pada umumnya hanya terbatas sebagai sarana ekspresi diri, curhat  pribadi dan dokumentasi tertulis atas kegiatan sehari-hari. Tetapi, berkat kemajuan teknologi informasi dan didukung peran aktif komunitas seperti KEB, telah memberi dampak sangat signifikan terhadap eksistensi dan apresiasi publik terhadap para blogger di masa kini. Blogger tak lagi dianggap sebagai penulis di ranah personal, tetapi telah mendapat pengakuan di wilayah profesional, dengan terus meningkatnya kepercayaan pihak perusahaan, instansi dan lembaga terhadap para blogger dalam hal kerjasama publikasi dan promosi.
Dan ini merupakan perubahan positif yang sangat menggembirakan. Karena lebih banyak orang berpeluang meraih penghasilan melalui blog termasuk para ibu rumah tangga, tanpa harus meninggalkan rumah untuk bekerja di sektor formil.

Sebagai rangkuman dari tulisan ini, dapatlah saya katakan, bahwa selama empat tahun ini, KEB terbukti berhasil menginspirasi semangat berkarya dalam perbedaan. 

Terakhir, saya ucapkan selamat milad yang ke-4 untuk KEB, semoga KEB tetap menjadi komunitas blogger perempuan terdepan, selalu semangat dalam berbagi inspirasi dan menggalang kekuatan dari perbedaan, serta tak pernah letih mendorong para blogger perempuan negeri ini untuk terus berkarya menuju perubahan ke arah yang lebih baik. Amin.

Sumber gambar : web dan akun sosial media KEB

http://emak2blogger.com/2016/01/20/lomba-blog-4tahunkeb-dan-xl-berhadiah-lebih-dari-rp-10-juta/


18 comments:

  1. banyak hal positif yang sudah didapat dari KEB ya, walaupun even2 KEB secara langsung ngak bisa hadir tapi KEB selalu di hati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak. saya belum pernah ikutan acara offline KEB tapi insya Allah selalu ngikutin grup online nya

      Delete
  2. semoga KEB jaya terus! Aamiin. Saya gak sempat ikutan ajang ini mba hiks

    ReplyDelete
  3. Banyak banget ilmu yg didapat di KEB ini ya.. semoga tetap kompak buat KEB dan menjadi inspirasi buat bloger2 yg lain...

    ReplyDelete
  4. titi teliti dah nulisnya
    keren..semua info KEB tercakup disini

    ReplyDelete
  5. Serba 4 ... :)
    Benar kata Mbak Eni, Mbak Lyta teliti sangat :)

    ReplyDelete
  6. Aku juga merasakan manfaat gabungvdi KEB sungguh bahagia byk ilmunya

    ReplyDelete
  7. Semoga makin betah deh ya di keb

    ReplyDelete
  8. Terima kasih sudah berpartisipas ya, mak :)

    ReplyDelete