Riawani Elyta: Belanja di Sistalisius, bukti kecintaan kita pada produk etnik lokal

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Wednesday, 23 December 2015

Belanja di Sistalisius, bukti kecintaan kita pada produk etnik lokal



Kalian sudah tahu belum? Bahwa terhitung akhir tahun ini, kita akan menyongsong diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)? Itu berarti, lalu lintas perdagangan dan investasi di kawasan Asia Tenggara bakal lebih terbuka. Akan muncul banyak tantangan dan peluang baru. Produksi barang dan jasa kita pun akan bersaing dengan produksi negara se- Asia Tenggara.

Nah, menghadapi semua ini, para pengusaha lokal kudu berjuang keras lho, untuk bisa meningkatkan kreatifitas, kualitas dan daya saing. Kalau enggak, kita bakal ketinggalan dan hanya akan jadi penonton. Sayang banget ‘kan, sebagai negara terbesar dengan jumlah penduduk tertinggi se-Asia Tenggara, kita justru hanya jadi konsumen dan menjadi tujuan pasar dari produk-produk negara Asean lainnya?

Oleh karena itu, sebagai warga negara yang baik, sudah semestinya kita ikut mendukung dunia wirausaha dalam menghadapi era pasar bebas Asean ini. Dan salah satu bentuk kontribusi yang dapat kita lakukan dalam kapasitas kita sebagai konsumen, ya tentu aja dengan meningkatkan penggunaan produk dalam negeri. Iya. Karena “sekadar” mencintai saja belum cukup. Kecintaan itu juga harus kita buktikan dengan lebih banyak membeli dan menggunakan produk lokal. Apalagi, produk lokal kita nggak kalah bagus kok dibandingkan produk luar.

Sebut saja diantaranya, produk etnik handmade. Di Indonesia, ada banyak brand-brand etnik terkemuka yang memproduksi fashion etnik berkualitas. Mulai dari Maika Etnik, Konoka Kids, Mokamula, Katia, Lahla Beljicka, Molluca, hingga Modipla. Seluruh produk ini dibuat secara handmade mulai dari tas etnik, dompet, hingga HPO. Dan saya nggak ragu untuk mengatakan, kalau produk-produk etnik lokal ini punya kualitas yang mampu bersaing dengan produk luar, selain unggul tentu saja pada ciri etniknya yang berbasis budaya lokal.

Perkenalan saya dengan produk etnik lokal ini berawal dari rekomendasi seorang teman. Waktu itu, kebetulan saya lagi pingin beli produk yang "beraroma" Indonesia. Teman saya lalu merekomendasikan produk HPO Mokamula. Dan ternyata produknya memang oke banget. Selain coraknya yang cakep, harganya terjangkau, bahannya bagus dan kuat, apa yang nggak kalah penting, kapasitasnya juga banyak. Muat untuk uang kertas, uang logam, kartu-kartu, HP hingga tablet. Maklumlah ya, namanya ibu-ibu, kalau kemana-mana pasti bawaannya banyak. Nah, dengan HPO Mokamula ini, selain terkesan lebih efisien, secara penampilan juga bikin kita lebih kelihatan muda dan stylist. Ini nih HPO Mokamula koleksi saya :



Yang warna coklat, itu umurnya udah di atas dua tahun lho, tapi kondisinya masih bagus dan utuh. Yang hitam juga usianya udah lebih dari setahun.

Selain untuk pemakaian sendiri, saya juga membelinya untuk ibu, tante dan kakak saya, eh ternyata semuanya pada ngefans. Mereka lalu pesen dan pesen lagi. Saya juga pernah bekerjasama dengan distributor produk untuk mensponsori kuiz yang saya gelar di sosial media. Tujuan saya, tentu saja untuk memperkenalkan produk lokal ini kepada lebih banyak orang. Saya berharap, masyarakat kita akan lebih mencintai dan bangga menggunakan produk etnik lokal serta tak ragu untuk mempromosikannya. 

Nah, buat kalian yang juga ingin mendukung upaya penguatan produk lokal dan penasaran dengan produk-produk etnik lokal dari brand-brand yang sudah saya sebutkan di atas, kalian bisa mendapatkannya di distributor resmi Mokamula Bandung yaitu Sistalisius.

Sistalisius adalah online shop penyedia produk-produk etnik untuk para wanita dari berbagai brand terkemuka, dan segmentasinya fokus pada wanita menengah ke atas dari usia 15-35 tahun. Sistalisius yang punya motto “we serve you from the heart” ini memiliki ciri khas dan keunggulan pada pelayanannya yang mengedepankan dari hati ke hati, ramah, santun, dan peduli pada kebutuhan para wanita. Disamping itu, para personel Sistalisius juga telah memiliki pengalaman beberapa tahun di bidang online shop.

Ini nih beberapa produk etnik yang tersedia di Sistalisius :

 Mokamula Funda Bag Zapote Rauna, harganya Rp.145.000,-


Tas Lahla Beljicka Flamenco, harganya Rp.230.000,-


Small Bag Valkey Aprisia, harganya Rp.110.000,-

Tuh, tampilannya keren dan lucu-lucu ‘kan?
Cara pesannya juga gampang. Kalian tinggal masuk ke website-nya (www.sistalisius.com), pilih produknya, hubungi customer service melalui nomor kontak (BBM, WA, SMS) yang tertera di website, lalu transfer, dan produk yang kalian pesan akan segera dikirim ke alamat. Untuk pemesanan dalam kuantitas tertentu, kalian bakal dapat potongan harga khusus lho. Dan kesempatan juga terbuka luas buat kalian yang ingin jadi dropshipper atau reseller.

Dengan membeli produk etnik buatan lokal, kalian nggak hanya mendapatkan produk berkualitas yang berciri budaya lokal dengan harga terjangkau. Apa yang nggak kalah penting, kalian juga sudah ikut berkontribusi dalam penguatan produk lokal untuk menyongsong pasar terbuka ASEAN. Kalau sektor wirausaha negeri ini berkembang pesat, dampak positifnya juga akan kembali kepada kita-kita. Lapangan kerja akan terbuka luas, kreativitas akan terpacu, produksi barang dan jasa lokal akan semakin dikenal oleh masyarakat mancanegara, dan pendapatan negara dari sektor ekonomi kreatif juga akan terus meningkat. 

Nah, sudah siap untuk menyongsong pasar terbuka ASEAN? Yuk kita cintai produk dalam negeri, dan buktikan kecintaan kita dengan lebih banyak membeli dan menggunakan produk lokal. Jangan lupa ya, beli produk etnik lokal, ke Sistalisius aja :D



7 comments:

  1. Ini tas yang lagi ngtren di kalangan ibu2. Yang oranye itu cakep juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. bahannya bagus nggak berbulu, coraknya juga unik2

      Delete
  2. tasnya bagus2. saya juga punya satu dan masih awet sampai skr

    ReplyDelete
  3. Tidak harus saya malu apalagi gengsi karena umur saya yang sudah 'dekat senja' tapi tidak juga bsa sesukses 'sahabat' Riawani Elyta ini. Sebagai guru, seumur adik, anak atau teman Riawani Elyta ini tentu saja sangat membanggakan sekaligus mengharukan saya. Haru? Karena sekarang saya baru tahu, padahal orang-orang seperti ini wajib diketahui guru seperti saya agar menjadi motivasi buat siswa-siswi di sekolah. Terima kasih, karena membaca Batam Pos, saya akhirnya berselancar di web ini. Selamat dan sukses selalu, Rawani Elyta.

    ReplyDelete
  4. Produk Indonesia ini kalau di jual di luar harganya bisa melambung, hingga 5-10x lipat lho. Serius.

    ReplyDelete