Riawani Elyta: Resensi Buku 9 Langkah Cepat Selesaikan Outline Tulisan Fiksi dan Non Fiksi

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Monday, 30 November 2015

Resensi Buku 9 Langkah Cepat Selesaikan Outline Tulisan Fiksi dan Non Fiksi

Resensi :
Dari semua metode penulisan, ada satu cara yang memungkinkan proses penulisan bisa berlangsung dalam waktu singkat, yaitu membuat outline terlebih dahulu. Outline adalah rencana yang memuat garis besar dan ide yang tersusun secara terstruktur, sistematis dan logis (hal.6).


Beberapa fungsi dan manfaat outline, diantaranya menjadi panduan agar pembahasan tidak melebar, menghindarkan kebuntuan dalam menulis, menentukan jenis data dan referensi serta membuat proses menjadi lebih terarah (hal. 8).

Meskipun outline sangat penting, masih banyak pendapat yang salah, diantaranya bahwa outline hanya membuang-buang waktu, membatasi imajinasi, sulit berkreasi dan memperlambat proses (hal. 11-13). Padahal outline justru dapat menghemat waktu, membantu mengelompokkan ide dan mengatur aliran imajinasi.

Buku ini memaparkan 9 (sembilan) langkah cepat menyelesaikan outline untuk penulisan fiksi dan non fiksi, terdiri dari : pengenalan outline, persiapan merancang outline, Mind Map, proses membuat outline, mengembangkan outline menjadi naskah, dari outline non fiksi menjadi naskah non fiksi, dari outline fiksi menjadi novel, kesalahan dan saran untuk menghindarinya, serta tips menggunakan outline dari penulis best seller dunia.

Pada langkah persiapan merancang outline, terdapat beberapa peralatan yang harus disiapkan, diantaranya kertas polos, kertas lipat, pulpen, spidol, post it dan soft ware mind map, yang bertujuan mempermudah proses (hal. 19-23). Selanjutnya, dianjurkan untuk merancang tema, judul dan sasaran pembaca.

Pada langkah mind map, dikemukakan 7 (tujuh) langkah Mind Map ala Tony Buzan, dimulai dari menggambar di kertas kosong, menggambar ide utama, mewarnai, membuat cabang-cabang utama, menggambar garis lengkung, menulis kata kunci hingga membuat cabang-cabang ide (hal. 50-56). Mind Map dapat mendorong penulis menjadi lebih kreatif, belajar lebih efektif dan menemukan hal-hal baru. Selain Tony Buzan, terdapat beberapa tokoh dunia yang menggunakan Mind Map, yaitu Charles Darwin, Albert Enstein, Galileo Galilei, Thomas Alva Edison, Leonardo da Vinci dan Bill Gates.

Beberapa kiat dalam mengembangkan outline menjadi naskah utuh, diantaranya menulis setiap hari, menggunakan time schedule, menulis dulu baru merevisi dan mengatasi kebuntuan dalam menulis (hal. 98 – 110). Di dalam outline harus terdapat poin-poin penting meliputi tema, judul, tujuan penulisan, inti masalah, solusi, kesimpulan, data dan fakta, pengalaman pribadi untuk menguatkan, dan penggunaan tanda bullet yang berbeda untuk menunjukkan sistematika penulisan.

Untuk menulis naskah non fiksi, penulis harus terlebih dulu mengenali berbagai jenis non fiksi, menggunakan teknik cepat dalam menulis, dan merancang jumlah halaman. Sedangkan untuk menulis naskah fiksi atau novel, ada 3 (tiga) tahapan yang harus dilalui, yaitu membuat sinopsis, membuat deskripsi per bab dan mengembangkan outline menjadi naskah utuh (hal. 137).

Ada beberapa jenis kesalahan dalam menulis outline, diantaranya outline terlalu dangkal dan belum sempurna. Maka untuk mengatasinya, disarankan untuk mewawancarai orang yang ahli di bidangnya, banyak membaca dan berdiskusi (hal. 153).

Buku ditutup dengan tips menulis dengan menggunakan outline dari para penulis best seller dunia, seperti John Grisham, J.K. Rowling, John Sandford, Nina Amir, Sylvia Plath dan Henry Miller. Juga disertakan contoh outline untuk penyusunan naskah fiksi dan non fiksi, serta lembar-lembar latihan yang dapat digunakan untuk panduan menyusun outline.

Buku ini sangat penting dijadikan panduan bagi para penulis agar proses penyusunan buku baik fiksi maupun non fiksi dapat dilakukan dengan lebih mudah, efektif dan menghemat waktu.

Judul buku      :           9 Langkah Cepat Selesaikan Outline Tulisan Fiksi dan Non Fiksi
Penulis             :           Monica Anggen
Penerbit           :           Grasindo
Tahun              :           2015
Jenis                :           Non Fiksi Self Improvement
ISBN               :           9786023752287


14 comments:

  1. kayaknya ini buku yang wajib dimiliki oleh seorang penulis yah mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Bisa bantu nulis lbh efektif kalo pake outline

      Delete
  2. Pengen nulis buku tp niat aja kalo blm action ga jadi2 :p

    ReplyDelete
  3. akkk butuh nih bukunya buat melancarkan memuluskan aliran otakku yang lagi mampet ide huhuhu

    ReplyDelete
  4. Godaan terberat adalah melawan "pelanturan"
    Apalagi jika pelanturannya itu kita rasa sebagai sebuah ide yang cemerlang

    ReplyDelete
  5. udah baca buku ini, keren isinya, ada contoh outline juga :D

    ReplyDelete
  6. Jadi pengen beli bukunya, tapi kalo udah beli masalahnya adalah bisa di praktekin apa nggak hehehe... *jitakdirisendiri*

    ReplyDelete
  7. Penasaran dengab buku ini. Pasti nulis bisa lancar deh

    ReplyDelete
  8. Halo, mba. Saya jadi tertarik beli.bukunya setelah baca artikel ini. Rekomen dong mba buku lain yang bisa dijadikan panduan menulis fiksi? Hehe.. Terima kasih.

    ReplyDelete
  9. apakah outline sama dengan plot?

    ReplyDelete