Riawani Elyta: Belum sebulan bergabung dengan 8share, celengan saya nambah Rp.600 ribu rupiah

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Wednesday, 25 November 2015

Belum sebulan bergabung dengan 8share, celengan saya nambah Rp.600 ribu rupiah

gambar dari sini
Aha. Judul yang provokatif sekali ya. Mirip iklan bisnis online yang menjanjikan penghasilan jutaan dengan bekerja dari rumah. Tetapi, kalian jangan manyun dulu ya, atau buru-buru ngacir karena mengira konten ini berisi iklan serupa. Sebaiknya bacalah dulu sampai selesai biar kalian nggak berprasangka yang bukan-bukan.

Awal bergabung dengan 8share, jujur aja, saya sempat mutung dan ngambek, nggak mau lagi membagikan tautan setelah beberapa minggu bergabung. Apa pasal? Karena meski sudah melakukan share dan mendapat cukup banyak kunjungan atau unique visit (UV), kok ya jumlah imbalan saya nggak nambah-nambah?

Saking mutungnya, saya pernah membalas email 8share dengan melancarkan protes soal ini. Tadinya saya pikir protes saya bakal dicuekin. Eh ternyata tidak, sodara-sodara. Email saya dibalas! Bersama penjelasan bahwa jika kita menginginkan imbalan dalam bentuk uang, maka yang dibagikan itu adalah tautan dengan kode RP.  Dari info itu saya baru tahu kalau yang saya share sebelumnya adalah artikel-artikel dengan kode BP (bonus point). Oalaah.....malunya. Setelah mendapatkan penjelasan itu, baru deh saya kembali aktif melakukan share.

Mungkin diantara kalian ada yang bertanya-tanya, apa sih 8share itu?
Ini adalah tempat ngumpul para pengguna media sosial yang tertarik mendapatkan uang ekstra atau barang-barang gratis dengan cara membagikan tautan konten bersponsor (special) dari 8share sesuai negara tertentu. Bagi kalian yang aktif di sosial media dan senang berbagi hal-hal baru yang menarik, bergabung bersama 8share bisa kalian jadikan pilihan. Karena selain kalian mendapat akses untuk membagikan tautan artikel-artikel menarik setiap hari, kalian juga berpeluang mendapat hadiah berupa barang atau imbalan berupa uang dari setiap special yang dibagikan.

Cara menjadi bagian dari 8share cukup mudah. Kalian tinggal klik di sini dan ikuti langkah-langkahnya. Setelah itu, kalian tinggal memasang aplikasi 8share di ponsel untuk mendapatkan info terkini tentang artikel-artikel terbaru dan update perolehan imbalan. Oh ya, imbalan akan diberikan untuk setiap unique visit (UV), atau setiap kali special yang kamu bagikan di-klik oleh pengunjung dari Indonesia. Perhatikan juga kodenya. Ada tautan dengan kode BP untuk perolehan bonus berupa barang setelah mencapai nilai akumulatif tertentu, dan ada tautan dengan kode RP untuk perolehan dalam bentuk uang sebesar Rp.250,- per kunjungan (unique visit). Imbalan dalam bentuk uang akan ditransfer ke rekening kalian setelah cash out mencapai Rp.150.000,-

Dari puluhan tautan artikel yang pernah saya bagikan, berikut adalah 3 (tiga) judul artikel dengan perolehan angka UV terbanyak yang pernah saya dapatkan, yaitu :

  1. Cewek ini rajin mengumpulkan uang pecahan Rp.20.000. Yang terjadi kemudian, sangat di luar dugaan!
gambar dari sini
Tautan ini berhasil mendapatkan 50 Unique Visit dalam tempo sejam setelah saya bagikan. Dan ini adalah rekor tertinggi saya sejauh ini. Artikel yang berisikan 2 (dua) cara menabung, yaitu menabung berdasarkan tanggal dan menabung khusus uang pecahan 20 ribu rupiah. Cara pertama dibagikan oleh pengguna facebook Amalia Putri yang sampai saat ini sudah di-share oleh lebih dari 21 ribu orang. Sedangkan cara kedua dibagikan oleh pengguna facebook bernama Vindry Harfrida.

2.      Ajaib kalau ada yang bisa baca 13 twit Raditya Dika ini tanpa tertawa terbahak-bahak
Siapa tak kenal Raditya Dika? Penulis buku humor yang mengawali kepenulisannya lewat tulisan-tulisannya di blog ini, sekarang sudah menjadi salah satu seleb papan atas dengan jumlah follower mencapai 11 juta orang. Belum termasuk para liker fanpage di facebook dan follower IG-nya. Untuk urusan penjualan bukunya, Raditya juga mencetak angka tak kurang fenomenal. Salah satu bukunya yang pernah saya beli, tercatat sudah 39 kali mengalami cetak ulang. Belum lagi aktivitasnya di kancah perfilman dan standing comedy. Jadi wajar saja kalau banyak yang meminati twit-twit khas Raditya Dika. Hanya beda tipis dengan specials di posisi teratas, twit-twit Raditya Dika ini berhasil mendapatkan 50 Unique Visit dalam tempo dua jam setelah saya bagikan.

3.      Tahukah anda apa keistimewaan uang Rp.20.000?
Special ini kontennya sama dengan poin 1. Dan terbukti, meski sudah beberapa kali dibagikan dengan judul yang berbeda-beda, artikel ini tetap menarik perhatian. Tips seputar pengelolaan finansial memang selalu menjadi favorit. Apalagi, tips yang satu ini tergolong cukup praktis dan mudah untuk dipraktekkan siapa saja. Untuk special yang ini, saya mendapat kunjungan sebanyak 36 Unique Visit.

Nah lho, cerita soal yang enam ratus ribu itu ....mana?
Ho-ho, udah penasaran nih kayanya, atau jangan-jangan, ada yang telanjur berprasangka kalau itu cuma akal-akalan aja biar artikel ini ramai dikunjungi?. Don’t worry. Saya nggak selicik itu lah yaw. Jadi, ketika viral menabung yang dibagikan Amalia dan Vindry mulai heboh di facebook, saya masih belum terlalu peduli. Tetapi begitu dibagikan lewat 8share, dan dalam beberapa kali share yang saya lakukan selalu menyedot antusias pengunjung, bahkan melampaui respons untuk special-special lainnya, baru deh saya termotivasi untuk melakukan hal yang sama. Malu dong, udah membagikan hal yang bermanfaat dan direspons dengan baik oleh banyak orang, tetapi saya sendiri ogah mempraktekkannya?

Maka, bersama teman di kantor, kami lalu sepakat untuk mulai menabung sesuai tanggal terhitung awal bulan ini. Saya juga mempraktekkan cara yang satu lagi, menabung khusus pecahan Rp.20.000,-. Dan alhamdulillah, belum sebulan, saya udah bisa menabung enam ratus ribu rupiah. Lebih tepatnya, Rp. 665.000,-. Yang Rp.200.000,- dari pengumpulan uang Rp.20.000,- selebihnya dari menabung sesuai tanggal. Untuk menabung sesuai tanggal, saya memang sengaja menabung ekstra di awal bulan agar begitu masuk tanggal dua puluhan, saya nggak perlu menyisihkan uang lagi. Maklumlah ya, makin dekat akhir bulan, untuk menyisihkan duit buat ditabung itu rasanya suliiit banget.
tabungan saya sejak 1 Nov


 Sebelum kenal dengan metode ini, boro-boro saya mau menabung ratusan ribu di rumah setiap bulan. Yang ada, setiap akhir bulan, isi dompet saya biasanya lebih didominasi uang recehan.

Tuh ‘kan, judul tulisan ini nggak ada unsur provokasinya, bukan? Terkadang, persepsi kita terhadap perolehan imbalan itu memang hanya terbatas pada hitam dan putih. Jadi, saat disebutkan bahwa satu unique visit untuk special 8share adalah senilai Rp.250,-, maka kita cenderung mempersepsikan bahwa hanya senilai itulah perolehan kita.

Padahal, sesuatu yang bermanfaat akan selalu memberi nilai lebih atau extra value. Tak hanya untuk diri kita sendiri tetapi juga untuk orang lain. Berikut saya tampilkan capture komen-komen dari teman-teman facebook yang sudah mempraktekkan viral menabung di bawah tautan 8share yang saya bagikan :



Nah, terbukti bukan, kalau sesuatu yang bermanfaat itu nggak ada ruginya untuk dibagikan? Ketimbang  mengisi status dengan curhat-curhat nggak jelas, atau membagi gambar dan info yang ujung-ujungnya ternyata hoax, ‘kan lebih baik membagikan artikel yang bermanfaat?

Di 8share, ada beragam artikel bisa kamu bagikan, mulai dari yang bersifat hiburan, film, lifestyle atau gaya hidup, berita dan keuangan, makanan hingga teknologi.
Dan kamu juga nggak perlu khawatir kalau tautan yang kamu bagikan bakal sama persis dengan teman-teman 8sharer yang lain. Karena 8share juga menyesuaikan tema special dengan profilmu. Jadi kalau kamu seorang cowok, kamu nggak bakal dikasih tautan special tentang kesehatan ibu hamil atau seputar menstruasi misalnya.

Trus, bagaimana kita tahu kalau imbalan dari 8share ini pasti akan diberikan? Kamu bisa klik sini untuk membaca informasi termasuk testimoni mereka yang sudah pernah mendapatkannya. Kalau ada hal-hal yang masih meragukan, kamu tinggal kirim pertanyaanmu melalui email dan mereka akan menjawab keragu-raguanmu itu.

Nah, demikian yang bisa saya ceritakan tentang 8share. Bergabung bersama 8share, bukan hanya semata-mata tentang share demi imbalan Rp.250,- per unique visit, atau barang-barang menarik dengan akumulasi bonus point, tetapi tentang bagaimana kita bisa membagikan manfaat sebanyak-banyaknya pada sesama, mengajak orang lain melakukan sesuatu yang bermanfaat dan merasakan manfaat yang sama pula untuk diri kita sendiri. Siapa tahu saja, manfaat yang kita dapatkan lebih dari sekadar bertambahnya celengan enam ratus ribu rupiah sebulan, melainkan ada enam ratus ribu manfaat lainnya yang bisa kita bagikan dan rasakan, dan semoga saja, ada nilai jariah yang mengalir ke tabungan pahala kita, untuk setiap informasi bermanfaat yang kita bagikan dan bermanfaat untuk orang lain.

27 comments:

  1. Wah, keren keren, ini cara baru mencari uang di internet, harus di coba

    ReplyDelete
  2. terus terang, saya msh blm bs nabung 20 rb an perhari... tp tetep usaha nabung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang 20rban gak harus tiap hari mbak. Pas ketemu uang 20rb aja jadi nggak terlalu berat :)

      Delete
  3. Nabung di rumah hanya efektif untuk jangka pendek. Selanjutnya, akan semakin berkurang nilainya karena per tahun inflasi rata2 10%. Sebaiknya tetap ditaruh di bank, minimal ada sharing bagi hasilnya sebagai penyeimbang inflasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar kalo udh 6 digit yg di rumah baru ditabung di bank :)

      Delete
  4. Saya mah udah pernah nabung seperti itu mba, tapi sayangnya seminggu nabung seminggu khilaf.. :D

    ReplyDelete
  5. belum pernah coba, belum punya celengan #alesan :)

    ReplyDelete
  6. Waah coba ah mbak..
    makasih ya sudah share

    ReplyDelete
  7. Aku jg ikutan 8share, eh tapi udah lewat aja gitu. Awal2 semangat share, eh tapi kok trus fb saya jd papan reklame? Nah loh?! Dilemma deh, mangkanya saya blom jalanin lagi.
    Anyway yg 20rb itu memang fenomenal, aku ngikutin movement nya via twitter, tapi akunya sendiri blom nyoba. Wkwkwkwk.
    Salam kenal ya mbak. Makasih kunjungannya ke blog basa Inggris ala ala saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga. Saya ngeshare nya juga pilih2 hehe

      Delete
  8. 8share emmm sy coba dalami dulu,,ntar lo sudah paham sy gabung.

    ReplyDelete
  9. saya udah lama gabung di 8share tapi baru beberapa kali bagikan artikel mereka di medsos :)

    ReplyDelete
  10. Apa ini artikel buat kontes 8share itu?
    Berarti menang?

    ReplyDelete
  11. semoga kita bisa ambil positifnya di 8share

    ReplyDelete
  12. cewek pekerja keras. keren

    ReplyDelete
  13. Wow tampilan keren,.. perlu di coba tuh...

    ReplyDelete
  14. bisa nih di coba thanks ya infonya

    ReplyDelete
  15. wah..saya juga pengguna 8share.. tpi uang nya masih dikit :(

    ReplyDelete
  16. kalo saya sih pernah menabung dirumah, tp terkadang penyakit bokek selalu bisikin untuk menyomot tabungan saya di celeng, dan alhasilnya celengan saya berkurang terus. gagal deh saya buat menabung. adakah cara untuk mengantisipasi biar celengan aman ? hehhee terima kasih atas infonya

    ReplyDelete
  17. terus terang aq kok blm ngeh ya,,,hehr

    ReplyDelete