Riawani Elyta: [RESENSI BUKU] Menjadi Cantik dalam 2 Minggu dengan Air Putih : Terapi Air Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Tuesday, 20 October 2015

[RESENSI BUKU] Menjadi Cantik dalam 2 Minggu dengan Air Putih : Terapi Air Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan



Penyebab paling umum yang mengganggu fungsi tubuh, baik pada pria maupun wanita adalah stres. Namun pada wanita, ada satu penyebab lain, yakni dehidrasi kronis. Ini adalah kondisi kekurangan cairan hingga dua persen selama tiga bulan berturut-turut hingga menghambat fungsi tubuh. Salah satu pemicu dehidrasi kronis pada wanita adalah kegemaran mengonsumsi teh dan kopi.  Para wanita yang mengalami ketergantungan pada kopi umumnya tidak tertarik minum air putih karena faktor rasanya. Inilah yang membuat kopi cenderung merusak tubuh wanita. 

Alasan lainnya, peminum kopi kehilangan air lebih banyak karena kopi memiliki efek diuretik (hal. 38). Kekurangan air mengakibatkan berat badan mudah bertambah, kulit memburuk, penuaan dini, sembelit, mudah lelah dan mudah terserang penyakit (hal. 39). Beberapa orang yang kekurangan air juga mengalami pembengkakan tubuh disebabkan ginjalnya bermasalah (hal. 53).

Pada bab selanjutnya, disebutkan bahwa teh tidak lebih baik dari kopi, karena teh juga merangsang pembuangan air lebih banyak dan menimbulkan rasa ingin buang air (hal. 77). Itu sebabnya, wanita penggemar teh juga rentan mengalami dehidrasi kronis.

Dalam program penurunan berat badan, air putih bukan sekadar pelengkap, tetapi merupakan syarat utama (hal. 108). Kegagalan dalam diet bisa disebabkan karena teh dan kopi tetap dikonsumsi selama diet, padahal dapat mengganggu kerja diuretik dan mengurangi kadar air dalam tubuh sehingga menyebabkan dehidrasi.  Keberhasilan diet adalah menyelesaikan dehidrasi sejak awal. Diet berhasil apabila tidak terjadi dehidrasi (hal. 110).

Air berion yang banyak diiklankan dapat meningkatkan kesehatan tubuh ternyata juga tidak dapat menggantikan fungsi air putih. Ini disebabkan air berion hanya memberikan sedikit cairan bagi tubuh dibandingkan air putih  (hal. 119). Minuman lain yang juga berbahaya bagi tubuh adalah minuman beralkohol.  Disinyalir bahwa sebagian besar penderita kanker payudara adalah wanita yang suka minum minuman beralkohol dan mengalami kegemukan.  Minuman beralkohol juga dapat memicu kanker hati, kanker kerongkongan, kanker faring dan kanker jenis lain (hal. 122).

Disarankan agar para wanita peminum kopi dan teh untuk merawat kecantikan dengan air putih. Kebiasaan minum dua liter air putih setiap hari selama dua minggu akan membawa perubahan positif pada tubuh, diantaranya kulit menjadi kenyal dan lembut, berat badan turun tanpa diet ketat, terhindar dari kegemukan, rasa letih berkurang, dan bebas masalah sembelit (hal. 172).

Bagi mereka yang ingin melakukan terapi air putih untuk kelangsingan, dianjurkan agar menulis Agenda Minum. Agenda ini berisi daftar semua yang diminum mulai bangun tidur hingga tidur lagi pada malam hari. Setelah itu, pisahkan jenis air yang diminum, berapa mili liter untuk air putih dan berapa mili liter untuk air jenis lainnya. Agenda ini akan memperlihatkan sudah sejauh mana kita minum air putih dalam jumlah yang cukup (hal. 187).

Selanjutnya, dianjurkan untuk menaikkan target setelah dua minggu, yaitu mencapai minimal 1,5 liter sampai 2 liter air putih sehari (hal. 189). Sementara untuk para wanita yang ingin menurunkan berat badan, disarankan untuk minum air hingga lebih dari tiga liter. Orang yang minum cukup air juga memiliki risiko kecil untuk mengalami batu ginjal. Kegemukan, batu ginjal, dan sembelit sesungguhnya benar-benar dapat diatasi dengan minum air putih (hal. 240).

Buku yang ditulis oleh Dokter Klinik Kesehatan ini akan membuka mata kita bahwa banyak penyakit sebenarnya berawal dari kurang minum air putih. Demikian pula sebaliknya, banyak penyakit akan mudah teratasi dan dicegah dengan mengonsumsi air putih yang cukup.

Judul               : Menjadi Cantik dalam 2 Minggu dengan Air Putih
Penulis             : Yoo Taiwoo
Penerbit           : Qanita
Tahun              : 2015
Jumlah             : 264 hal
ISBN               : 978-602-1637-63-0

Dimuat di Koran Jakarta edisi Selasa, 20 Oktober 2015

11 comments:

  1. Waaah berguna banget. Iya ya harus punya jadwal untuk mengontrol seberapa banyak konsumsi air putih kita. Coba ah. Biasanya cukup 1 liter sehari saja. Pantes kulit masih berasa kering.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mencoba Lina :) makasih udh mampir. Saya juga kadang sulit nyukupin 2l sehari

      Delete
  2. Harus cukup minum air putih nih saya

    Thanks sdh mengingatkan dari review singkat ini mb :)

    ReplyDelete
  3. saya banget. tiap hari harus ngopi maksimal 2 gelas, jadi suka lupa minum air putih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss mbak...aq juga suka ngopi 2 cangkir sehari :)

      Delete
  4. Air putih, kayaknya sederhana tapi kaya manfaat ya, Mak. Harus makin rajin konsumsi air putih nih :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya maks, si air bening yang kaya manfaat :)

      Delete