Riawani Elyta: 5 Kiat (bagi wanita) untuk Meraih Kebahagiaan *)

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Friday, 30 October 2015

5 Kiat (bagi wanita) untuk Meraih Kebahagiaan *)

"Kita mencari kalung permata dari ruangan ke ruangan yang sebetulnya ada di leher kita sendiri" (Rumi - filsuf)

Kalimat bijak ini, jika kita sederhanakan bunyinya kira-kira begini : bahwa kebahagiaan itu sebenarnya ada di dalam hati dan diri kita sendiri. Jadi, letaknya kebahagiaan itu adalah di dalam hati. Bukan semata-mata dari apa yang terlihat. Karena yang tampak di permukaan bisa saja menipu. Kita melihat seseorang yang hidup bergelimang harta. Kelihatannya ia bahagia. Padahal, siapa yang tahu, bahwa jauh di lubuk hati, ia justru merasa kesepian dan ketakutan. Tak heran, banyak seleb dunia yang meski di luar terlihat sukses dan kaya-raya, justru memilih mengakhiri hidup dengan bunuh diri. Suatu pertanda bahwa prestasi dan harta melimpah yang mereka miliki, ternyata tidak mampu mengantarkan mereka pada kebahagiaan.

Kata orang, wanita selalu identik dengan air mata. Namun sesungguhnya, ada banyak hal yang bisa kita lakukan (sebagai wanita) untuk membuat diri dan hati merasa bahagia.

Berikut adalah 5 (lima) diantaranya :
1. Bersyukur
Mensyukuri apa yang telah diberikan Allah swt berlandaskan kecintaan kita kepadaNya adalah sumber kebahagiaan sejati yang tak bisa dibeli. Saat kita bersyukur, maka hati kita pun akan terasa lapang oleh kebahagiaan, bahkan nikmat yang kita rasakan pun akan dilipatgandakan oleh Allah swt.


2. Berbagi
Fitrah manusia sebagai makhluk sosial membuat kita selalu butuh orang lain termasuk berbagi dengan orang lain. Hidup akan terasa kering dan hampa jika kita tidak saling berbagi. Dan dengan berbagi, sesungguhnya kita juga sedang menjemput kebahagiaan. Ketika melihat orang merasa senang dengan pemberian kita, maka kita pun akan merasakan kesenangan yang sama atau bahkan lebih besar, saat apa yang kita bagikan dapat memberi manfaat untuk orang lain, maka di situ pun kita akan merasa bahagia. Semakin sering berbagi atas dasar mengharapkan ridho Allah semata, insya Allah rasa bahagia dalam diri kita pun akan terus diperbaharui dan bertahan lebih lama.

3. Melepaskan diri dari masalah
Sobat mungkin akan berkata, bahwa hidup tak pernah lepas dari masalah. Namun adanya masalah jugalah yang dapat mendewasakan kita dalam bersikap dan melatih kita untuk mengambil solusi yang tepat. Maka, disinilah rasa bahagia bisa kita raih, yaitu ketika kita berhasil mengatasi sebuah masalah dan menghentikan masalah tersebut dari merongrong batin kita dengan rasa cemas dan khawatir.

4. Memiliki materi
Poin yang satu ini kesannya memang hedonis, namun tak dapat dipungkiri bahwa materi adalah salah satu sarana untuk meraih kebahagiaan. Karena dengan materi, kita berpeluang mendapatkan fasilitas hidup yang lebih nyaman dan rasa terjamin dari segi finansial. Hanya satu hal yang harus kita ingat, bahwa materi bukanlah 'pembeli' kebahagiaan, jika kita gagal mengendalikan diri, bukan tak mungkin, yang terjadi adalah hal sebaliknya, kitalah yang harus mengorbankan kebahagiaan demi mengejar materi.
Dan apa yang lebih penting, adalah selalu merasa cukup dengan rejeki yang diberikan Allah. Besar kecilnya materi bukanlah indikator besar kecilnya rasa bahagia yang kita miliki, tetapi lebih ditentukan oleh sebesar mana rasa syukur kita atas pemberian Allah.

5. Belanja
Hayo, siapa di sini yang suka melipur lara dengan pergi belanja atau minimal cuci mata? Berbelanja atau shopping bagi wanita sering menjadi cara ampuh untuk membahagiakan diri. Bahkan cara ini punya nama lho, yaitu retail therapy. Wanita akan merasa bahagia saat sudah berada di tengah lautan produk dan membelanjakan uangnya untuk mendapatkan produk-produk favoritnya  : pakaian, tas tangan, sepatu, asesoris dan lainnya.
Namun, meraih bahagia lewat retail therapy ini biasanya hanya memberi output yang temporer. Bahagia setelah shopping akan dengan cepat menguap begitu menyadari berapa uang yang tersisa di dompet atau setelah melihat nominal tagihan kartu kredit :D

Dari kelima hal di atas, mana yang paling terbukti mendatangkan rasa bahagia untuk kalian? Atau kalian punya tips lain untuk meraih kebahagiaan? :)
*)Artikel pernah dimuat di Ummi online dengan perubahan seperlunya









3 comments:

  1. kalo sedang stress dan sedang ada dana, biasanya saya pergi belanja sekaligus cuci mata mbak :)

    setuju banget sama point 1, saat kita bersyukur rasanya hati jadi lebih tenang dan membuat kita memandang semua hal dengan positif :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iyaa....shopping itu memberi rasa happy meski temporer :D

      Delete
  2. meraih kebahagiaan tidak harus rumit. hal sederhana bisa membuat bahagia. hanya kita ngga tau bagaimana harus menyikapi problem ini. ada kalanya curhat dari orang yang salah akhirnya bahagianya dicuri. banyak rumus matematika bahagia. agama islam telah meletakkan dasar bahagia dalam keseharian kita.

    ReplyDelete