Support Me on SociaBuzz

Support Me on SociaBuzz
Dukung Blog Ini

Strategi Pengelolaan Keuangan Pegawai Negeri untuk Masa Pensiun yang Lebih Baik


gambar dari sini


Masa pensiun, bagi sebagian besar pegawai negeri menjadi masa yang dinanti-nanti. Inilah masanya terbebas dari rutinitas pekerjaan, saatnya untuk hidup santai, juga lebih aktif terlibat dalam kegiatan sosial di masyarakat. Dan meski tak lagi bekerja, seorang pensiunan pegawai masih mendapat uang pensiun setiap bulan. Inilah salah satu faktor yang membuat profesi pegawai negeri tergolong ramai peminat. Dalam anggapan banyak orang, dengan menjadi pegawai negeri, masa depan akan terjamin.

      Tetapi pada faktanya, tak sedikit pegawai negeri yang justru dilanda rasa khawatir saat masa pensiun datang. Mereka justru tak ingin cepat-cepat pensiun. Rasa cemas akan berkurangnya jumlah penghasilan, membuat mereka rela bekerja kembali pasca pensiun. Saya kerap bertemu pegawai yang telah pensiun, tetapi masih wara-wiri di kantor dengan seragam kerja. Mereka ternyata kembali bekerja sebagai tenaga honorer atas permintaan sendiri. Pada umumnya, mereka ini adalah pegawai yang saat pensiun masih staf biasa sehingga tak sungkan untuk kembali bekerja meski hanya sebagai tenaga honorer.

Lain pensiunan staf, lain pula yang pejabat. Tak sedikit dari golongan ini yang mengalami post power syndrome. Yaitu ketakutan akan hilangnya penghargaan masyarakat atas dirinya saat memasuki masa pensiun. Bukan hal mudah untuk berpisah dari semua fasilitas dan kemudahan, perlakuan hormat dari bawahan, juga saat berganti status dari seorang pejabat menjadi pensiunan. Saya jadi teringat cerita orang tua saya tentang pensiunan pejabat yang setiap harinya tetap bangun pagi dan mengenakan seragam kantor seakan-akan dia masih aktif bekerja.

Di luar masalah kekhawatiran dan syndrome, ada satu kebiasaan pegawai negeri baik yang dilakukan kalangan staf maupun pejabat, yaitu berutang atau melakukan pinjaman pada bank. Di tempat saya bekerja, jumlah pegawainya ada 30 orang. Dan dari jumlah itu, sebanyak 25 orang atau mencapai persentase 80%, memilih berutang pada bank dengan konsekuensi gaji dipotong setiap bulan. Dan ini terjadi di semua instansi pemerintah daerah tempat saya berdomisili.

Alasan mereka bermacam-macam. Mulai dari membayar cicilan rumah, perabotan, kendaraan, biaya berobat, biaya sekolah anak, dan lain-lain. Saat saya bertanya kenapa harus berutang, rata-rata jawaban mereka seragam : bagaimana bisa membeli semua fasilitas hidup (rumah, kendaraan, perabotan, gadget dan lain-lain) kalau tidak dengan berutang? Jika harus menabung, mau berapa lama baru bisa membeli?  Bahkan ada juga yang sambil berguyon mengatakan, negara yang begini besar saja masih berutang, apalagi kita yang cuma  pegawai?

Hal inilah sebenarnya yang banyak menjerat pegawai negeri pada kelalaian mengelola keuangan sehingga saat menjelang pensiun, dana cadangan yang mereka miliki sangat minim. Tak sedikit yang menjadikan kebiasaan berutang pada bank sebagai suatu “kebutuhan”. Begitu angsuran lama selesai, mereka langsung melakukan pinjaman baru. Bahkan ada yang sudah meminjam saat angsuran utang sebelumnya belum jatuh tempo. Dengan fluktuasi suku bunga bank untuk pinjaman (biasanya pada kisaran rata-rata 3-6% untuk masa angsuran 5 – 10 tahun), maka saat jatuh tempo, total bunga yang harus dibayarkan hampir sama dengan besarnya pinjaman. Otomatis, pegawai yang berutang secara terus menerus sulit menabung mengingat besarnya gaji yang dipotong untuk membayar angsuran setiap bulan.

Tetapi, tentu saja tidak semua pegawai negeri mengalami kondisi demikian. Setahun lalu, saya sempat ngobrol dengan seorang rekan kantor yang akan memasuki masa pensiun. Menurutnya, sebut saja namanya ibu Diana, saat dikeluarkan Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Nasional (ASN), yang salah satu isinya adalah menaikkan batas usia pensiun pegawai negeri yang sebelumnya 56 tahun menjadi 58 tahun, para pegawai yang sudah memasuki usia 56 tahun diberi pilihan apakah masih bersedia bekerja atau tidak bersedia. Jika tidak bersedia maka pegawai bersangkutan harus mengajukan permohonan berhenti.

Ketika itu, dari 70 orang pegawai di daerah saya yang sudah berusia 56 tahun termasuk ibu Diana, ternyata hanya dua orang termasuk ibu Diana yang mengajukan permohonan berhenti. Selebihnya, atau sejumlah 68 orang lainnya memilih untuk melanjutkan masa tugas hingga mencapai usia 58 tahun.

Saat saya tanyakan kepada ibu Diana kenapa memilih berhenti, beliau menjawab, selain karena ingin bebas dari rutinitas pekerjaan yang sudah dilakoninya selama 30 tahun, apa yang tak kalah penting, beliau sudah memiliki sumber penghasilan lain yang mampu menopang masa depan keluarganya. Beliau dan suami telah lama merintis bisnis sampingan dalam bidang farmasi, dan kini, usaha tersebut telah memberi mereka pemasukan rutin yang lebih dari cukup.

Dari kisah ibu Diana dan fenomena “berutang” yang dilakukan sebagian besar pegawai negeri, saya menarik kesimpulan, bahwa cerah tidaknya masa depan atau masa pensiun seorang pegawai, serta kesiapannya menghadapi masa pensiun, berbanding lurus dengan pengelolaan keuangan yang bijak sejak usia produktif atau saat masih bekerja.

Jujur saja, jika dipanjangkan usia, saya ingin menikmati masa pensiun dengan kondisi finansial yang baik seperti ibu Diana. Saya juga tidak ingin mengalami post power syndrome dan dilanda kecemasan berlebihan karena ketidaksiapan dalam hal finansial saat memasuki masa pensiun. Saya yakin, semua pegawai negeri juga menginginkan hal serupa dan tak ingin terjebak dalam rentetan utang. Untuk itu, sejak awal perlu disadari dan dipahami kondisi yang akan dihadapi saat pensiun seperti berikut ini :

-          Pemasukan lebih kecil
Meskipun masih mendapatkan “gaji” bulanan, tetap saja, penghasilan yang diperoleh jauh lebih kecil. Seorang pensiunan pegawai negeri yang memiliki masa kerja 30 tahun misalnya, hanya berhak menerima uang pensiun perbulan maksimal 75% dari gaji pokok terakhir. Untuk yang masa kerjanya lebih sedikit, persentasenya juga akan lebih kecil. Jadi jika gaji pokok terakhir seorang pegawai negeri dengan masa pengabdian 30 tahun adalah Rp.3.000.000,-, maka uang pensiun yang akan dia terima adalah Rp.2.250.000,- / bulan.

-          Tidak mendapat pemasukan di luar gaji
Saat masih bekerja, seorang pegawai negeri berpeluang mendapat tambahan penghasilan di luar gaji, misalnya dalam bentuk honorarium tim, uang perjalanan dinas, uang makan, tunjangan beban kerja, dan sebagainya. Namun saat pensiun, pintu untuk pemasukan lain-lain itu telah tertutup. Seorang pensiunan hanya bergantung pada uang pensiun bulanan jika tidak memiliki sumber pemasukan yang lain.

-          Terikat dengan peraturan
Sebagai abdi masyarakat, pegawai negeri terikat dengan regulasi pemerintah. Dan regulasi ini juga bisa berubah-ubah termasuk regulasi tentang pensiun. Misalnya saja, saat ini uang pensiun dibayar bulanan, namun tak menutup kemungkinan, ke depan bisa berubah menjadi pembayaran sekaligus di awal masa pensiun. Apalagi, wacana akan hal inipun sempat digulirkan. Bagi pegawai negeri yang kurang mampu mengelola keuangan dengan baik, sebesar apapun uang yang dibayarkan di awal masa pensiun, tetap saja akan cepat terkuras.

Oleh karena itu, seorang pegawai negeri perlu melakukan strategi pengelolaan keuangan dengan bijak agar kecemasan dan ketidaksiapan kondisi finansial saat memasuki masa pensiun tak sampai terjadi. Berikut adalah 3 (tiga) strategi yang dapat dilakukan : 

1.        Menabung setiap hari
Terkait kebiasaan menabung, Warren Buffet  menyarankan hal berikut : Do not save what is left after spending but spend what is left after saving. Sisihkan terlebih dulu penghasilan untuk ditabung sebelum membelanjakannya dan bukan sebaliknya, baru menabung saat bersisa. Hal ini sudah saya lakukan sejak mulai bekerja. Setiap menerima gaji, saya langsung menyimpannya di bank dan hanya menyisakan seperlunya di dalam dompet. Waktu itu, gaji pegawai masih dibayar tunai. Sampai sekarang pun, saat gaji telah dibayar melalui rekening, saya hanya mengambil separuhnya di awal bulan. Selama bertahun-tahun saya sengaja tidak menggunakan ATM agar penarikan uang hanya saya lakukan saat benar-benar perlu.

Namun tidak semua pegawai negeri bisa menerapkan cara demikian. Ini antara lain disebabkan kebiasaan berutang dan tidak menjadikan menabung sebagai prioritas. Kalau ada sisa, barulah menabung. Kalau tidak ada yang bisa disisihkan, toh bulan depan masih menerima gaji, dan saldo di bank masih terisi oleh dana yang berasal dari utang. Ternyata, bekerja pada “zona nyaman” turut berdampak pada rendahnya motivasi seseorang untuk menabung.

Nah, bagi pegawai negeri yang punya prinsip demikian, ada cara lain untuk menabung, yaitu dengan menyisihkan sedikit uang setiap hari. Dulu, orang tua saya pernah bercerita tentang nenek yang selalu menyisihkan segenggam beras setiap hari untuk disimpan. Saat mengalami masa susah (ketika itu adalah masa penjajahan Jepang di mana warga pribumi kerap mengalami kekurangan pangan), “tabungan” beras itulah yang kemudian dikeluarkan dan dimasak untuk anak-anaknya.

Kebiasaan ini kemudian dilakukan juga oleh ayah saya. Kebetulan, kedua orang tua saya pegawai negeri. Ayah menyiapkan satu kotak di atas lemari dan meminta ibu untuk menyimpan uang di dalam kotak itu setiap hari. Tidak perlu banyak, tetapi setiap hari harus selalu diisi.

gambar dari sini

Baru-baru ini saya menemukan tips viral di media sosial (dari akun facebook Amalia Putri) tentang cara menabung dengan prinsip serupa. Yaitu menabung setiap hari sesuai tanggal dimulai dari uang seribu rupiah. Jadi pada tanggal satu, kita menabung sebesar seribu rupiah, tanggal dua, dua ribu rupiah, tanggal tiga, tiga ribu rupiah dan seterusnya. Meski terlihat sederhana, dalam 30 hari kita bisa menabung sebesar Rp. 465.000,-. Dalam setahun, jumlahnya menjadi 12 (bulan) x Rp. 465.000,- = Rp. 5.580.000,-. Jika ini rutin dilakukan, maka dalam sepuluh tahun kita sudah memiliki tabungan sejumlah Rp. 55.800.000,-.

Cara menabung yang demikian dapat dipraktekkan oleh pegawai negeri juga bagi anda yang kesulitan mengikuti saran Warren Buffet. Pepatah “sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit” terbukti benar untuk metode ini. Anda ingin mencobanya? :)
2.        Menghindari berutang pada bank secara terus menerus
Meski profesi pegawai negeri termasuk pekerjaan di zona nyaman, bukan berarti benar-benar bebas goncangan. Contohnya saja, pada tahun 2015 ini terjadi penurunan jumlah bagi hasil migas dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah. Padahal sumber pembiayaan terbesar rata-rata daerah berasal dari dana bagi hasil. Sebagai dampaknya, beberapa daerah terpaksa menghentikan pembayaran tunjangan beban kerja pegawai negeri dan proyek-proyek fisik serta merumahkan tenaga honorer. Nah, bayangkan saja saat tunjangan pegawai dihentikan, sementara angsuran bank belum lunas, bagaimana seorang pegawai yang berutang bisa menutupi kebutuhan hidupnya sehari-hari?

Lantas, jika tidak dengan berutang, bagaimana caranya agar pegawai negeri tetap mampu mencukupi kebutuhan primer dan sekundernya? Berikut kiat-kiatnya :
-            menekan pola hidup konsumtif.
Menjadi pegawai negeri, apalagi jika masih staf biasa, memang tidak menjanjikan penghasilan yang berlebih. Jadi sebaiknya jangan gampang tergoda untuk memiliki barang-barang bermerk dan sedang trend. Lebih baik menjalani pola hidup hemat dan menekan kebutuhan konsumtif daripada keteteran mengatur keuangan.
Kendalikan rasa iri terhadap rekan-rekan kerja yang berlomba-lomba membeli barang mewah. Lebih baik fokus mengelola “asap dapur” kita sendiri daripada sibuk membanding-bandingkan dengan pencapaian orang lain.

-            melakukan kalkulasi yang cermat dan menetapkan skala prioritas
Seorang pegawai negeri harus mempertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan untuk mencicil rumah, kendaraan, perabotan dan sebagainya dengan cara berutang. Jika gaji setiap bulan masih pas-pasan untuk mencukupi kebutuhan primer, lebih baik menunda dulu keinginan memiliki barang-barang yang membutuhkan biaya besar. Jika belum mampu membeli kendaraan roda empat misalnya, lebih baik bertahan dengan kendaraan roda dua atau mengandalkan transportasi umum saja dulu.
Bagi pegawai negeri yang hanya mengandalkan satu pemasukan, misalnya hanya suami yang bekerja, kalkulasi ini tentu harus dilakukan dengan lebih cermat. Dahulukan kebutuhan pokok daripada membeli fasilitas. Jangan mudah tergoda dengan arisan barang atau ikut-ikutan membeli gadget keluaran terbaru jika harus mengorbankan dana yang seharusnya digunakan untuk kebutuhan pokok.

-            Memiliki pekerjaan sampingan untuk mendapatkan passive income
Seorang pegawai negeri tidak dilarang mempunyai usaha sampingan sebagai sumber passive income selama tidak mengganggu tugas dan tanggung jawabnya sebagai pegawai. Apalagi, saat ini banyak jenis usaha sampingan yang bisa dikerjakan secara online atau dengan bantuan gadget sehingga tidak menyita banyak waktu.  Contohnya saja, saat ini saya memiliki profesi sampingan sebagai penulis dan membuka kursus online. Dengan  passive income yang saya dapatkan, Alhamdulillah saya jadi terbantu untuk mencukupi kebutuhan keluarga dan terhindar dari utang.

3.        Melakukan investasi dan asuransi
Pegawai negeri juga sangat dianjurkan melakukan investasi jangka panjang sebagai persiapan masa pensiun. Disarankan untuk berinvestasi pada aset yang nilainya stabil atau terus meningkat seperti properti, tanah, ataupun logam mulia. Ini mengingat mata uang rupiah terus mengalami inflasi dan penurunan nilai. Sebagai perbandingan, jika sepuluh tahun lalu gaji satu juta rupiah sudah mencukupi biaya hidup sebulan, sekarang, untuk bertahan hingga akhir bulan kita butuh dana hingga lima kali lipat dari jumlah tersebut.

Dalam membeli aset investasi juga harus disertai pemahaman dan penelitian terlebih dahulu. Misalnya saja saat akan membeli aset berupa tanah, pastikan dulu bahwa itu adalah tanah bersertifikat atau minimal punya alas hak dan tidak memiliki riwayat sengketa. Jika ingin membeli aset berupa rumah, pertimbangkan terlebih dulu faktor-faktor penting seperti kondisi rumah, posisi, aksesibilitas dan fasilitas penting lainnya seperti air, listrik, saluran pembuangan dan sebagainya. Jika ingin memiliki aset berupa emas, lebih baik membelinya dalam bentuk emas batangan daripada perhiasan karena memiliki nilai jual lebih tinggi.

Untuk pegawai negeri, dana pembelian aset ini bisa dicadangkan dari pemasukan di luar gaji, misalnya dari honorarium tim atau tunjangan beban kerja yang diterima setiap bulan sehingga tidak mengganggu gaji yang diprioritaskan untuk kebutuhan primer.

Dalam hal asuransi, saat ini seluruh pegawai negeri wajib mengikuti program asuransi pemerintah yang dananya dipotong dari gaji bulanan. Meski demikian, jika memiliki kelebihan dana, tak ada salahnya mengikuti program asuransi lain yang dikelola oleh perusahaan terpercaya. Salah satunya adalah PT. Sunlife Financial Indonesia. Perusahaan ini menawarkan berbagai produk asuransi unggulan untuk memenuhi kebutuhan akan simpanan dan investasi sekaligus memberikan manfaat perlindungan, diantaranya adalah Sun FortuneLink, Brilliance@ Fortune, Brilliance@ Sejahtera dan Brilliance@ One Protection Plus. Untuk lebih detailnya tentang masing-masing produk bisa dilihat di situs www.sunlife.co.id.

Bagi pegawai negeri yang sulit menyisihkan dana untuk membeli aset dalam rangka investasi jangka panjang, bisa memilih alternatif produk yang ditawarkan oleh PT. Sunlife Financial Indonesia sehingga mendapatkan dua manfaat sekaligus, yaitu asuransi dan investasi.

Selain melakukan strategi pengelolaan keuangan, hal lain yang tak boleh diabaikan adalah menjaga kesehatan. Bukankah sehat itu “mahal”? Saya teringat almarhum paman saya yang saat masih bekerja terkenal sangat workaholic. Dia bahkan tidak pernah mengambil cuti selama puluhan tahun bekerja. Setelah pensiun pun beliau masih aktif bekerja di kantornya.

Namun beberapa tahun setelah pensiun, beliau divonis mengidap kanker. Uang yang dikumpulkan dari kerja keras puluhan tahun pun terkuras untuk biaya berobat hingga akhirnya beliau wafat. Ini sekadar contoh bagi kita yang masih produktif bekerja, bahwa menjaga kesehatan itu sangatlah penting. Karena apa yang kita lakukan sekarang, akan membawa dampak pada masa depan. Meskipun kita telah mengikuti program asuransi kesehatan yang menanggung biaya pengobatan, tetap saja kehidupan di masa tua tidak akan berlangsung nyaman dan bahagia jika tubuh kita sakit-sakitan.

Satu hal lagi yang tak boleh kita lupakan, bahwa masa produktif sebaiknya tidak hanya diisi dengan kerja keras mengumpulkan uang, tetapi juga mendidik anak-anak kita menjadi manusia dewasa yang mandiri dan bertanggung jawab. Karena pada kenyataannya, tak sedikit orang tua yang seharusnya hidup tenang di masa pensiun, justru harus menanggung biaya hidup anak-anaknya yang sudah dewasa tetapi masih sepenuhnya bergantung kepada orang tua dan belum mampu untuk mandiri.

Menjadi pegawai negeri bukanlah jaminan akan masa depan atau masa pensiun yang lebih baik dibandingkan mereka yang bukan pegawai negeri. Oleh karenanya, melakukan pengelolaan keuangan dengan bijak mutlak dilakukan sejak menerima gaji pertama. Maka ketika masa pensiun itu datang, kita pun siap menyambutnya tanpa harus merasa khawatir akan kekurangan penghasilan serta dapat menikmati masa tua dengan tenteram dan bahagia bersama keluarga tercinta.


Referensi :
www.sunlife.co.id
www.facebook.com/amalia.putri  

Artikel diikutsertakan dalam Sun Anugerah Caraka Kompetisi Menulis Blog 2015

17 comments

  1. Mari berinvestasi.

    Nabung itu...
    Duh, sampai susah ngomongnya, Mba.

    Sukses lombanya ya, Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin...makasih ya udah berkunjung :)

      Delete
    2. ,,.,KISAH NYATA ,
      Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
      Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI jambrong di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB AKI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).

      ANDA JUGA BISA BERKONSULTASI MASALAH LAIN SEPERTI : TOGEL,PELARIS,SANTET,TUYUL,PERCINTAAN/ASMARA ATAU MASALAH GAIB LAINNYA.
      INI TIDAK AKAN BERHASIL TANPA ADA KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN DALAM DIRI ANDA SENDIRI

      Catatan: satu kata sudah cukup untuk orang bijak dan terima kasih banyak atas bacaan kesaksian dan kabar baik saya
      Tuhan memberkati kalian semua!

      Delete
  2. Bermanfaaat bangettt, aku yg irt kudu bisa memantain juga nih gaji miswa dg baik

    ReplyDelete
  3. insyaAllah mbak Lyta ngga bakal mengalami Post Power Syndrome ....novelis, blogger, penulis serba bisa dan pinter masak...itu semua adalah investasi lho, cuman kadang kita nggak nyadar seperti yang saya tulis di sini :)
    http://braveandbehave.blogspot.com/2015/09/bijak-mengelola-keuangan-demi-kemapanan.html

    ReplyDelete
  4. Terima aksih Mba semoga menabung setiap hari bisa menjadi inspirasi & berkah untuk kita semua..
    Amiin

    ReplyDelete
  5. BERITA BAIK UNTUK SEMUA ORANG

    Nama saya Amisha dari bogor di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp500,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 24 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 24 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.

    Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah FANCY LOAN COMPANY. Saya kehilangan jumlah 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Suzan bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp700.000.000 dan mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah tanpa agunan.

    Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang Anniesa Hasibuan perusahaan mode saya

    Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
    Ibu Suzan email: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (Amisha1213@gmail.com), dan maria yang baru saja mendapat pinjaman dari suzan di: (maaria9925@gmail.com) dan Karina yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Suzan, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Suzan, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya:( Lukman.karina@yahoo.com).

    ReplyDelete

  6. widya Tarmuji, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan baik Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan beberapa daSaya ri kata-kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi, Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman curang di internet, tetapi mereka sangat asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban 6 kreditor pemberi pinjaman, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya, kemudian memperkenalkan saya ke sebuWah perusahaan pinjaman yang kredibel, TRACYMORGANLOANFIRM. Saya mendapat pinjaman Rp. 800.000.000 dari TRACYMORGANLOANFIRM dengan tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi MRS melalui email: (TRACYMORGANLOANFIRM@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: (widyatarmuji@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Tn. Tonimark, email: (Tonimark28@gmail.com). Apa yang saya lakukan adalah memastikan bahwa saya tidak pernah dipenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sebagaimana disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan baik Tuhan melalui TRACYMORGANLOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete
  7. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete
  8. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    ReplyDelete
  9. Hubungi kami:
                                    (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
                                      WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
                                        Tel .... (+ 44) 7480 729811

    Apakah Anda memerlukan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi dan mendesak? Pencarian Anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Jika Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan dengan alasan apa pun jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda karena kami adalah solusi untuk kemalangan finansial Anda. Kami telah menyediakan Miliaran (mata uang berbeda) dalam pinjaman bisnis kepada lebih dari 32.000 pemilik bisnis. Kami menggunakan teknologi risiko yang kami tentukan sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat tumbuh urusanmu. kami menawarkan pinjaman untuk semua jenis dengan tingkat bunga rendah dan juga jangka waktu untuk membayar kembali pinjaman. Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk membayar tagihan? atau Anda merasa perlu memulai bisnis baru? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi dalam spesialisasi apa pun yang akan menguntungkan Anda? ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY bertujuan untuk memberikan layanan keuangan profesional yang sangat baik e_mail: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    ReplyDelete