Riawani Elyta: Resensi Buku Blog Gratis dan Praktis Omset Fantastis ; MENDULANG OMZET MELALUI INTERNET BAGI PELAKU BISNIS

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Wednesday, 16 September 2015

Resensi Buku Blog Gratis dan Praktis Omset Fantastis ; MENDULANG OMZET MELALUI INTERNET BAGI PELAKU BISNIS

Internet telah mengubah cara manusia dalam menjalani kehidupan. Semakin hari, jumlah pengguna internet semakin bertambah. Hal ini menjadi potensi besar bagi para pelaku bisnis untuk menjangkau target pemasaran yang lebih luas dengan biaya yang lebih terjangkau. Apalagi, seiring diberlakukannya perdagangan bebas ASEAN mulai tahun 2015, persaingan bisnis sudah tentu akan semakin ketat.
Sayangnya, masih banyak pelaku bisnis di negeri ini, khususnya bisnis UKM yang belum memanfaatkan internet dengan optimal. Melalui buku ini, penulis memberi panduan praktis memanfaatkan internet untuk meningkatkan pemasaran.  Dan salah satu sarana pemasaran internet yang dapat digunakan adalah blog. Bahkan blog gratis sekalipun dapat menjadi senjata ampuh pemasaran internet.

Penulis menekankan pentingnya eksistensi di internet dengan memiliki website atau blog untuk mempublikasikan profil perusahaan atau bisnis. Blog dapat digunakan untuk berbagai kegiatan pemasaran, seperti mengedukasi pasar, membangun kesadaran akan citra perusahaan hingga melakukan penjualan (hal.8). Langkah selanjutnya adalah dengan menetapkan tujuan pemasaran sehingga seseorang dapat melakukan strategi pemasaran internet  secara tepat.

Pemasaran lewat blog tidak akan terlepas dari konten blog atau artikel. Pemasaran lewat artikel memiliki berbagai keunggulan, diantaranya bebas biaya, dapat meningkatkan kepercayaan dari target pasar, dan meningkatkan popularitas produk (hal. 19). Dalam hal ini, penulis memberikan tips melakukan riset kata kunci dan tren di internet untuk menentukan konsep artikel yang menarik minat banyak pembaca.

Pada bab selanjutnya, diuraikan panduan lengkap langkah-langkah memulai blog, membuat artikel dan halaman di blog, serta melengkapi blog. Untuk bisa meningkatkan omzet, seorang pelaku bisnis harus menciptakan lebih banyak penjualan. Dan penjualan tak terlepas dari strategi pemasaran. (hal. 149). Untuk itu, terdapat 3 (tiga) strategi pemasaran internet yang perlu dilakukan, yaitu mengedukasi dan membangun kepercayaan pasar serta membentuk citra perusahaan melalui blog. (hal. 153).

Ketiga strategi tersebut dapat diupayakan dengan cara produktif menulis di blog. Ada tiga rahasia utama agar produktif dalam menulis, yaitu memiliki banyak ide, memiliki bahan tulisan dan lancar menulis. (hal. 164). Agar memiliki banyak ide dan bahan tulisan, seseorang dianjurkan untuk banyak membaca buku dan blog atau situs yang relevan, serta mencari tahu apa yang menjadi kegelisahan atau kebutuhan target pembaca. Selanjutnya agar lancar menulis, dianjurkan untuk sering berlatih menulis.

Untuk meningkatkan omzet lewat blog, seorang pelaku bisnis harus mampu meningkatkan jumlah orang yang melihat penawaran di blog  dan meningkatkan konversi penjualan. (hal. 167). Cara lain adalah dengan merekomendasikan produk jenis lain kepada orang yang telah membeli produk sebelumnya. Strategi ini juga bisa dilakukan dengan mengajak orang-orang yang sudah membeli produk untuk menjadi pembaca blog dan bergabung dengan komunitas yang dimiliki. (hal. 170).

Pada bagian akhir, penulis membagi tips jitu bagaimana mendatangkan trafik blog, yaitu dengan melakukan SEO (Search Engine Optimization), mengunjungi blog lain, menjadi penulis tamu di blog lain, mengirim konten blog ke situs populer, membagikannya di sosial media, hingga memanfaatkan media lainnya seperti youtube dan e-book.

Dengan uraian yang praktis dan mudah dipahami, buku ini cocok untuk para pelaku bisnis atau pembaca yang ingin meraih penghasilan melalui blog. Buku ini akan membuka wawasan kita, bahwa cara gratis bukanlah hal mustahil untuk meraih omzet yang fantastis. Dan cara itu bisa dilakukan dengan memanfaatkan sarana blog di internet secara optimal. Oleh karenanya, sudah semestinya setiap pelaku bisnis dan individu yang ingin meraih sukses, memberdayakan internet agar mampu bersaing dalam menghadapi perkembangan jaman dan meningkatkan penghasilan.
---------------------------------------------------
 Judul buku      :           Blog Gratis dan Praktis Omset Fantastis


Penulis             :           Jefferley Helianthusonfri

Penerbit           :           Elex Media

Tahun              :           2015

Tebal               :           220 hal

Jenis                :           Non Fiksi

*) Resensi dimuat di Koran Jakarta edisi Selasa, 15 September 2015

Bagi teman-teman yang ingin mengirim resensi ke Koran Jakarta, berikut syarat-syaratnya :
1. Panjang resensi max. 600 kata
2. Cantumkan biodata dan nomor rekening di bawah resensi
3. Lampirkan scan KTP dan cover buku yang diresensi
4. Resensi dikirim ke : opinikoranjakarta@gmail.com


6 comments:

  1. resensi utk koran jakarta, boleh buku fiksi mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dimuat, ada pemberitahuan gak mba?

      Delete
    2. Nggak ada. Kita cek sendiri di webnya. Biasanya kalau dimuat, jarak 2 hari dari kita kirim

      Delete
  2. Wowww... blognya tampilan baruuuu... lebih kece ini mbaaaaak.... xixixiii
    Mungkin bodynya dilebarin dikit lagi kali yak, biar 'related post'-nya muat empat biji dan gak menurun ke bawah, hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank u mbak. Dibuatin nih mbak. Saya mah gaptek kronis hehe. Iya x ya biar muat

      Delete