Riawani Elyta: Rosella : Bunga Cantik yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Saturday, 15 August 2015

Rosella : Bunga Cantik yang Bermanfaat untuk Kesehatan


gambar dari sini
Teman-teman kenal dengan bunga cantik ini nggak? Namanya juga secantik tampangnya lho : Rosella, atau nama latinnya Hibbicus sabdarifa. Nggak sekadar cantik, tetapi tumbuhan berwarna merah darah ini juga sudah lama dikenal memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Berikut di antaranya :
  1. Kaya serat sehingga sangat baik untuk menjaga pencernaan
  2. Kaya akan vitamin C yang dapat menangkal efek buruk dari radikal bebas dan mencegah penuaan dini
  3. Tinggi kalsium untuk mencegah pengeroposan tulang
  4. Dapat membantu mencegah berbagai penyakit degeneratif seperti hipertensi, penyakit jantung, kanker, dan sebagainya. Ini dikarenakan rosella juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral diantaranya : vitamin A, B, C, D, potasium, beta karoten, kalsium, niacin dan sebagainya.
  5. Kandungan berbagai vitamin dan mineral tersebut juga membuat tanaman ini dapat membuat kulit menjadi lebih kencang, sehat, cerah sehingga sangat membantu proses peremajaan kulit.
  6. Dapat menetralisir racun di dalam tubuh atau detoksifikasi
  7. Membantu mengatasi sakit batuk, sariawan dan sakit tenggorokan
  8. Dan lain-lain

Saat ini kita dapat menemukan olahan rosella dalam berbagai produk suplemen, makanan dan minuman seperti sirup, teh, selai ataupun dikeringkan. Namun untuk meraih manfaatnya dengan optimal, kita dianjurkan untuk mengonsumsinya dengan cara menyeduh kelopak keringnya bersama air panas selama beberapa menit lalu diminum.


Nah, kalau kebiasaan kami di rumah, rosella ini kami olah menjadi sirup yang lezat sehingga semua orang di rumah menyukainya. Caranya nggak susah kok. Ini langkah-langkahnya :
  1. Pisahkan kelopak bunga rosella dari bijinya, lalu cuci bersih-bersih.
  2. Rebus sampai kelopak layu dan air rebusan berwarna merah pekat
  3. Saring air rebusan ini lalu didihkan kembali bersama gula. Perbandingannya 1 kg rosella dengan 1,5 kg gula pasir
  4. Setelah matang, dinginkan lalu masukkan ke dalam teko kaca
  5. Simpan di dalam kulkas, dan jika ingin meminumnya, kalian tinggal mencampurnya dengan air putih dan es batu

Sirup rosella asli ini memiliki rasa mirip sirup black currant yang asam, manis dan segar. Baik dikonsumsi secara rutin dan insya Allah dapat menjaga kondisi kesehatan serta membantu proses penyembuhan. Selain untuk dikonsumsi sendiri, kalianjuga bisa menyajikan sirup rosella ini sebagai minuman yang lezat dan sehat kepada para tamu yang berkunjung ke rumah.


Ingin sehat dengan mengonsumsi minuman yang lezat? Sirup rosella buatan sendiri ini layak untuk kalian coba :)


13 comments:

  1. Ga kuat kalau rosella.

    Assemnyaaa bikin lambungku perih, Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya saya juga gitu mak. Jadi nyiasatinnya minumnya dikit2 en setelah perut diisi

      Delete
  2. Papaku yang rajin banget dulu nanem ini dibuat teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo tanahnya cocok bisa rajin juga ini bunga tumbuhnya ya mak

      Delete
  3. Di Malang banyak teh rosela kemasan, cukup mudah dicari :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya bagian produk2 herbal itu ya mak

      Delete
  4. Aku suka teh rosela, adem di tenggorokan. hehe

    ReplyDelete
  5. Mak gusti : tergantung kita ngasih gulanya, yg suka manis komposisi gulanya boleh sampe 2 : 1 sepanjang nggak punya riwayat penyakit diabet gpp

    ReplyDelete
  6. Rosella.... byk khasiatnya...tp dimana dapetnya ya...kok aku gk prnh liat :)

    ReplyDelete
  7. padahal sangat mudah penenemannya juga

    ReplyDelete